Jenis Latihan Fisik dan Penjelasannya

Diposting pada

Macam Latihan Fisik

Persiapan fisik merupakan salah satu hal yang begitu penting dalam suatu latihan untuk mencapai prestasi yang sangat tinggi. Hal ini dikarenakan dari persipan fisik itulah seseorang akan mengetahui kelebihan sekaligus kekurangan yang ada pada dirinya masing-masing. Bahkan dengan begitu seseorang dalam arti atletik akan memahami seberapa penting latihan fisik untuk mengatur kondisi tubuhnya supaya lebih kuat dan sehat.

Selain itu dalam latihan fisik yang perlu ditingkatkan antara lain mulai dari kondisi fisik, teknik, strategi, kematangan mental, kerjasama, pengalaman bertanding, dan kekompakan. Sehingga tanpa adanya latihan  yang maksimal maka para atletik mungkin saja tidak bisa mencapai prestasi terbaiknya. Karena latihan fisik itu sendiri sangat penting untuk meningkatkan kualitas fungsional organ tubuh sesuai dengan cara kerjanya yang baik dan optimal dalam suatu cabang olahraga tertentu.

Latihan Fisik

Latihan fisik hekakatnya terdiri dua kata yaitu latihan dan fisik. Fisik sendiri sebetulnya merupakan suatu hal yang mampu dilihat secara kasat mata yaitu anggota tubuh manusia. Sedangkan untuk latihan adalah serangkaian proses dari kegiatan yang dilakukan secara berulang-ulang untuk mencapai pembentukan tubuh yang lebih maksimal atau baik.

Latihan fisik ini setidaknya mengajarkan banyak hal mulai dari pembentukan teknik (technical build up), kekuatan (stregth), kecepatan (speed), kelincahan (agelity), kelentukan (flexibility), pembentukan kematangan juara, keseimbangan dan koordinasi, daya tahan  (endorance), pembentukan taktik (tactical builp up), dan pembentukan mental (mental build up).

Jenis Latihan Fisik

Latihan fisik bukan hanya mengajarkan kekuatan tubuh saja, melainkan ada banyak hal yang dilakukan seperti salah satu contohnya ialah memupuk pengalaman yang banyak untuk bisa diambil pelajaran dalam menghadapi lawan disetiap pertandingan.

Adapun macam bentuk latihan fisik, antara lain ialah sebagai berikut;

  1. Plank

Latihan Fisik Plank
Plank

Plank merupakan salah satu jenis latihan fisik yang banyak dilakukan. Bahkan plank ini sendiri memiliki manfaat yang sangat bik untuk melatih otot-otot inti tubuh seperti perut serta melatih tulang belakang.

  1. Push up

Latihan Fisik Push up
Push up

Push up adalah jenis olahraga tradisional dan modern yang tidak asing lagi, baik antara laki-laki dan perempuan bisa melakukan olahraga push up ini. Manfaat yang diperoleh denga melakukan push up yaitu mampu mengencangkan otot lengan, mengecilkan perut, dan membakar kalori.

  1. Sit up

Sit up adalah salah satu jenis latihan fisik yang bisa membantu seseorang memperoleh postur tubuh yang semakin baik dan memperindah bentuk perut. Sehingga dengan tujuan latihan sit up ini seseorang bisa menunjukkan postur tubuh atletisnya.

  1. Pull up

Laihan fisik berupa olahraga pull up ini memiliki banyak manfaat salah satunya yaitu sangat baik untuk memperkuat otot lengan.

  1. Squat Jump

Squat jump adalah salah satu jenis latihan fisik yang sangat baik untuk melatih kekuatan otot punggung, perut, serta paha. Akan tetapi yang pasti sebelum melakukan olahraga ini diharpakan mampu menguasasi bentuk teknik squat jump agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Lari cooper

Lari cooper merupakan salah satu jenis olahraga lari yang memiliki manfaat untuk mengukur beban fisik seseorang baik dari pernapasanm, keseimbangan, kekuatan otot, dan daya tahan jantung.

  1. Shuttle run

Latihan Fisik Shuttle run
Shuttle Run

Latihan fisik berupa kegiatan shuttle run merupakan jenis latihan yang dilakukan dengan cara lari bolak – balik antara dua batas yang berjarak 10 meter. Manfaat melakukan shuttle run ini yaitu bisa melatih kesigapan dan membuat kaki menjadi lebih kuat.

  1. Latihan Kekuatan

Latihan kekuatan biasanya lebih sering melibatkan alat beban, seperti dumbel dan barbell. Tentunya dengan latihan kekuatan ini membuat tubuh lebih kuat dan tidak mudah terserang penyakit karena mempunyai kebugaran jasmani yang sangat baik.

  1. Latihan Daya Tahan (Endurance /Aerobic Exercise)

Latihan daya tahan tubuh merupakan salah satu tipe latihan fisik yang melibatkan langsung kemampuan otot dalam berakitivas fisik tanpa mersakan kelelahan berlebih.

Perlu anda tahu bahwa berbagai jenis latihan daya tahan ini tidak menyebabkan seseorang membentuk otot lebih besar karena pada latihan ini lebih difokuskan untuk sistem kardiovaskular yaitu menjaga kesehatan jantung dan pernapasan.

  1. Latihan Kelentukan

Latihan kelenturan atau kelenturan termasuk jenis latihan fisik yang sangat baik untuk meningkatkan kemampuan otot dan sendi dalam beraktivitas. Sehingga dengan kelenturan ini pula maka bisa meningkatkan mobilitas, performa latihan, dan mengurangi resiko cedera.

  1. Latihan Keseimbangan

Mempunyai keseimbangan dalam tubuh tentunya hal yang sangat baik dan berguna untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Latihan keseimbangan ini termasuk salah satu jenis latihan fisik yang mampu meningkatkan kemampuan dalam mengendalikan sekaligus menstabilkan postur tubuh dalam berakitivitas.

  1. Back Up

Latihan fisik dengan melakukan arti back up sangat baik untuk memperkuat otot punggung. Back up ini bisa anda lakukan dengan mengawali sikap tidur telungkup dan merapatkan kaki dengan meletakkan kedua tangan di belakang kepala.

Kemudian gerakan bisa dilakukan dengan cara mengangkat badan hingga bagain dada tidak menyentuh lantai. Gerakan ini bisa dilakukan untuk latihan fisik agar membuat tubuh semakin kuat.

  1. Jalan kaki

Apakah anda tahu bahwa ternyata jalan kaki termasuk salah satu jenis latiahn fisik. Melakukan jalan cepat atau lambat pada kaki membuat tubuh tidak malas bahkan bisa membantu seseorang untuk memperkuat tulang, menurunkan kadar kolesterol, dan mencegah berbagai penyakit seperti diabetes maupun jantung.

Tidak hanya itu dengan melakukan latihan fisik berupa jalan kaki ternyata anda juga bisa memperbaiki suasana hati menjadi lebih baik lagi.

  1. Berenang

Olahraga renang adalah salah satu jenis olahraga yang menyenangkan untuk dilakukan, bahkan olahraga yang satu ini bisa dilakukan oleh semua jenis umur.

Latihan fisik berupa olahraga renang ini ternyata sangat baik untuk membantu meredakan ketegangan sendi sekaligus membuat gerakan tubuh menjadi lebih leluasa. Olahraga renang juga menjadi salah satu latihan fisik yang sangat sangat baik untuk penderita radang sendi (artritis) sehingga bisa menjaga kesehatan tubuh dengan lebih baik.

  1. Senam

Latihan Fisik Senam
Senam

Senam termasuk salah satu jenis latihan fisik yang mampu menjaga kesehatan otot dan membuat tubuh menjadi lebih fleksibel. Maka dari itu kegiatan senam ini termasuk salah satu latihan fisik yang bisa dipilih untuk membuat tubuh menjadi lebih bugar.

  1. Angkat Beban

Latihan Fisik Angkat Beban
Angkat Beban

Latihan fisik berupa angkat beban memang menjadi ciri khas yang paling utama. Melalui olahraga angkat beban anda tidak harus melakukannya di tempat gym, namun anda bisa mlakukannya dirumah dengan menggunakan peralatan seperti dumble dan barble

Apabila anda tidak mempunyai alat semacam itu maka bisa memanfaatkan peralatan yang ada seperti timba berisi air atau sisa botol tak terpakai yang diberi isi kerikiril atau lainnya. Tujuan latihan beban ini sangat baik untuk membuat tubuh menjadi lebih kuat.

  1. Naik Turun Tangga

Latihan Fisik Naik Turun Tangga
Naik Turun Tangga

Jenis latihan fisik terakhir yang bisa anda lakukan dengan sangat mudah yaitu olahraga naik turun tangga. Walaupun pada olahraga yang satu ini dianggap memiliki gerakan yang sangat sederhana namun ternyata mempunyai manfaat yang begitu banyak.

Apabila gerakan naik turun tangga dilakukan secara rutin maka bisa berdampak pada lebih kuatnya otot dan tulang bagian kaki.

Kesimpulan

Dari penjelasna yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa latihan fisik pada dasarnya sangat dikenal untuk meningkatkan kebugaran jasmani. Sedangkan untuk pengertian latihan fisik adalah program inti yang dilakukan dalam pembinaan atlet agar memperoleh kekuatan fisik yang maksimal untuk mencapai prestasi dalam suatu cabang olahraga.

Selain itu dengan latihan fisik ini pula maka setiap atlet akan memahami berbagai teknik maupun strategi yang baik sebelum melakukan pertandingan. Latihan fisik juga bisa meningkatkan daya tahan, melatih kelentukan persendian, meningkatkan kekuatan otot, dan membuat tubuh lebih lincah.

Seperti yang disampaikan diatas, bahwa latihan fisik membuat seseorang memiliki kebugaran jasmani yang tinggi. artinya seseorang mempunyai kesanggupan dan kemampuan tubuh untuk beradaptasi terhadap segala pembebanan fisik yang diberikan kepadanya serta tidak mudah menimbulkan kelelahan yang berlebihan.

Program latihan kondisi fisik yang dilakukan dengan disiplin maka bisa membuat seseorang menjadi lebih terampil karena mempunyai pengalaman yang lebih banyak dan menjadikan tubuh semakin kuat dalam setiap gerakannya.

Nah, demikinalah artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkaitan dengan macam-macam latihan fisik yang bisa dengan mudah kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi edukasi bagi semuanya.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.