Jenis Latihan Daya Tahan dan Kekuatan Yang Biasa Dilakukan

Diposting pada

Macam Latihan Daya Tahan

Latihan daya tahan pada hakekatnya dapat berupa latihan kardiovaskular yang mampu melatih kekuatan pada tumbuh. Jenis latihan kardiovaskular melibatkan latihan dalam senam aerobik dalam jangka waktu yang lama pada tingkat tertentu, biasanya cukup intens untuk meningkatkan kebugaran jasmani. Pelatihan kekuatan untuk ketahanan mencakup latihan pelatihan resistensi dengan repetisi yang lebih tinggi.

Bahkan dengan teknik latihan sebagian besar otot berkedut lambat. Beberapa otot sudah memiliki serat berkedut yang lebih lambat daripada yang lain dan telah ditentukan sebelumnya untuk periode gerakan yang lebih lama, misalnya otot betis dan otot stabilisator tulang belakang kita berkontraksi setiap kali kita berjalan atau berlari. Latihan daya tahan juga baik untuk manajemen penurunan berat badan karena membakar banyak kalori secara keseluruhan dan sebagian besar dari lemak.

Daya Tahan

Latihan ketahanan sangat penting untuk berbagai arti olahraga ketahanan. Contoh menjadi salah satu dasar terpenting adalah acara lari jarak jauh (800 meter ke atas untuk maraton dan ultra-maraton) dengan tingkat pelatihan ketahanan yang dibutuhkan meningkat seiring dengan jarak lomba.

Dua contoh populer lainnya adalah bersepeda (terutama bersepeda jalan) dan renang kompetitif. Ketiga olahraga ketahanan ini digabungkan dalam triathlon.

Jenis Latihan Daya Tahan

Adapun untuk macam-macam bentuk dalam latihan daya tahan ini. Antara lain sebagai berikut;

  1. Squat Jump

Squat jump adalah salah satu bentuk gerakan yang bisa digolongkan ke dalam latihan kekuatan dan ketahanan sebab membuat kita harus mempertahankan posisi tubuh berulang kali seraya berjongkok (squat) dan melompat (jump) secara bersamaan.

Cara melakukan squat jump, yaitu:

  1. Berdiri secara tegak dan kemudian angkatlah salah satu kaki hingga berada di depan.
  2. Posisikan kedua tangan di belakang kepala.
  3. Tekuklah kedua kaki anda sampai salah satu tumit anda menyentuh lantai, tapi tubuh harus tetap tegak lurus dan tangan tetap diatas kepala.
  4. Lakukan lompatan dan pendaratan pada posisi kaki yang bergantian dari posisi saat melompat. Artinya, kaki yang sebelumnya di depan menjadi di belakang dan begitu seterusnya.
  5. Lakukan berulang kali untuk dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita.
  1. Split Jump

Selain squat jump, kita juga bisa melatih daya tahan tubuh melalui gerakan split jump. Daya tahan tubuh yang dihasilkan melalui latihan yang satu ini diketahui sangat efektif. Latihan ini termasuk juga olahraga yang berguna untuk mengecilkan perut buncit.

Cara melakukan split jump, yaitu:

  1. Posisikan satu kaki didepan dan satu kaki dibelakang dan tertempel di lantai.
  2. Lakukanlah penurunan tubuh, lalu lakukan gerakan melompat ke udara.
  3. Ketika mendarat pastikan untuk melakukan pergantian salah satu posisi kaki pada saat melompat diudara sehingga kaki kanan di depan menjadi kaki kanan dibelakang dan sebaliknya. Pastikan pula ketika mendarat anda perlu memposisikan posisi tumit berdekatan dengan pantat.
  1. Push Up

Gerakan push up adalah salah satu jenis olahraga yang memberikan fungsi untuk menguatkan otot bisep serta otot trisep, sehingga otot akan tampak lebih bertambah dan indah.

Cara melakukan push up, yaitu:

  1. Posisikan badan secara tengkurap dengan kedua tangan berada disisi kanan kiri badan.
  2. Lakukanlah dorongan badan ke atas dan ke bawah dengan pusat kekuatan pada tangan secara utuh.
  3. Setelah itu, posisikan kaki dan badan secara tegak lurus lagi kemudian badan akan turun tanpa menyentuh lantai lalu naikan kembali secara berulang-ulang. Kombinasi dari gerakan-gerakan itulah yang akan menjadikan tubuh mempunyai daya tahan tubuh yang lebih kuat.
  1. Pull Up

Selain push up, gerakan dalam arti pull up juga bisa membantu kita dalam meningkatkan daya tahan tubuh, selain itu, olahraga yang satu ini cukup mudah dan murah untuk bisa dilakukan sendiri di rumah. Kita cukup melakukannya satu set saja.

Cara yang menjadi teknik dalam melakukan pull up , yaitu:

  1. Kaki ditekuk hingga menyentuh tumit.
  2. Angkat tubuh beberapa kali tubuh hingga terjadi pergerakan dan reaksi otot di tubuh.
  3. Ulangi beberapa kali lagi untuk daya tahan tubuh yang semakin terlatih.
  1. Squat Thrust

Squat thrust merupakan jenis latihan daya tahan tubuh yang ketika dilakukan akan memberikan reaksi efek pada kaki, lengan, serta dada, yang pada akhirnya kita akan mengalami peningkatan daya tahan tubuh pada seluruh sistem organ tubuh secara keseluruhan.

Cara melakukan squat thrust, yaitu:

  1. Posisikan badan membungkuk ke belakang serta kedua tangan menyentuh lantai.
  2. Lanjutkan dengan seperti hendak latihan plank. Artinya, kita bisa melanjutkannya dengan memosisikan kaki diluruskan ke belakang, lebarkan, lalu satukan.
  3. Lakukan berulang-ulang hingga batas akhir stamina kita. Terus lakukan keesokan harinya lagi, dan lagi, hingga kita bisa meningkatkan daya tahan tubuh kita.

Macam Daya Tahan

Disisi lainnya, setidaknya terdapat dua macam daya tahan, yaitu:

  1. Daya tahan umum, merupakan kemampuan daya tahan seseorang dalam penggunaan paru, sistem jantung serta peredaran darah secara efektif guna dapat melakukan kerja secara kontinyu yang melibatkan kontraksi sejumlah otot-otot dengan intensitas tinggi dalam waktu yang cukup lama.
  2. Daya tahan otot, merupakan kemampuan seseorang dalam menggunakan ototnya agar dapat berkontraksi secara terus menerus di dalam kurun waktu yang relatif lama dengan serta beban tertentu.
Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa latihan daya tahan adalah tindakan berolahraga untuk meningkatkan daya tahan. Istilah latihan daya tahan umumnya mengacu pada pelatihan sistem aerobik sebagai lawan dari sistem anaerob. Kebutuhan akan daya tahan dalam olahraga sering diprediksikan sebagai kebutuhan daya tahan otot jantung dan kardiovaskular sederhana.

Akan tetapi, masalah daya tahan jauh lebih kompleks. Hal tersebut dapat ditunjukkan bahwasanya daya tahan dalam olahraga sangat berkaitan erat dengan pelaksanaan keterampilan dan teknik. Seorang atlet yang terkondisi dengan baik dapat juga didefinisikan sebagai, atlet yang mampu melaksanakan tekniknya secara konsisten dan efektif dengan sedikit usaha.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan macam-macam bentuk daya tahan dan latihan kekuatan yang bisa dilakukan dalam berolahraga. Semoga memberikan referensi untuk kalian yang membutuhkannya pada saat ini.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *