Pengertian Sit Up, Cara Melakukan, dan Manfaatnya

Diposting pada

Pengertian Sit Up

Sit up adalah latihan kekuatan perut klasik yang dilakukan dengan berbaring telentang dan mengangkat tubuh. Sit up bisa dimulai setelah posisi tubuh berbaring dengan punggung di lantai, biasanya dengan lengan di dada atau tangan di belakang kepala, lutut ditekuk dalam untuk mengurangi stres pada otot-otot punggung dan tulang belakang, dan kemudian mengangkat kedua tulang punggung atas dan bawah dari lantai.

Manfaat yang bisa diperoleh dengan mekaukan sit up diantaranya yaitu meningkatkan kekuatan otot perut, meningkatkan performa atletik, dan lain-lain. Akan tetapi, kelemahan utama situp adalah kemungkinan cedera punggung dan leher bagian bawah. Oleh sebab itu, kita harus menghindari kesalahan-kesalahan yang dapat membuat kita cedera.

Sit Up

Sit up/curl-up adalah latihan fisik di mana seseorang menggunakan otot-otot perut untuk mengangkat tubuh dari posisi terlentang ke posisi duduk dan kemudian berbaring kembali tanpa menggerakkan kaki.

Selain otot perut, sit up juga melatih kelompok otot lainnya, termasuk dada, fleksor pinggul, punggung bawah, dan leher, sehingga sit up bisa juga dikatakan sebagai latihan multi-otot. Sel-sel otot lebih aktif secara metabolik daripada sel-sel lemak. Ini berarti mereka membakar kalori bahkan saat istirahat.

Dengan membantu kita membangun otot, sit up akan membantu kita membakar lebih banyak kalori dalam jangka panjang. Juga, otot inti yang kuat dapat membantu memperbaiki postur. Postur yang baik dapat meningkatkan penampilan tanpa penurunan berat badan.

Pengertian Sit Up

Sit-up adalah latihan ketahanan perut untuk menguatkan dan mengencangkan otot-otot perut. Ini mirip dengan crunch (sit-up yang menargetkan rektus abdominis dan juga mengerjakan obliques eksternal dan internal), tetapi sit-up memiliki jangkauan gerak yang lebih lengkap dan kondisi otot tambahan.

Pengertian Sit Up Menurut Para Ahli

Adapun definisi sit up menurut para ahli, antara lain:

Merriam-Webster

Sit up adalah latihan pengkondisian yang dilakukan dari posisi telentang dengan mengangkat tubuh ke posisi duduk dan kembali ke posisi semula tanpa menggunakan lengan atau mengangkat kaki.

Collins Dictionary

Sit up adalah latihan yang dirancang untuk memperkuat otot-otot perut dengan berulang kali bergerak dari posisi berbaring ke posisi duduk.

Cara Melakukan Sit Up

Berikut ini cara yang benar dalam melakukan sit up, yaitu:

  1. Posisi tubuh harus benar. Pertama-tama yaitu baringkan tubuh pada alas yang nyaman misalnya matras. Jangan menggunakan alas yang terlalu empuk atau terlalu keras.
  2. Lutut ditekuk sehingga membentuk sudut 90 derajat, dan telapak kaki menyentuh alas.
  3. Kedua tangan diletakkan di atas bahu secara berlawanan, sehingga tangan saling bersilangan tepat di atas dada. Atau bisa juga tangan diletakkan dibelakang kepala.
  4. Mulailah angkat tubuh dengan menggunakan otot perut sambil membuang nafas.
  5. Turunkan tubuh secara perlahan dengan otot perut yang menahan tubuh agar turun secara perlahan (tidak secara hentakan) sambil mengambil nafas.
  6. Lakukan gerakan ini berulang-ulang. Jangan memaksakan tubuh jika memang sudah tidak kuat melakukannya.

Manfaat Sit Up

Sit up adalah latihan otot tubuh bagian tengah (otot perut) tradisional yang sering digunakan dalam program latihan karena kesederhanaan dan efektivitasnya. Berikut adalah beberapa manfaat melakukan sit up secara rutin, diantaranya yaitu:

  1. Kekuatan otot perut

Kekuatan otot perut adalah salah satu motivator terbesar untuk melakukan sit up. Dengan memperkuat dan mengencangkan otot perut, kita bisa mengurangi risiko sakit punggung dan cedera. Kita juga dapat bergerak dengan lebih mudah saat menyelesaikan rutinitas harian Anda dan berpartisipasi dalam kegiatan dalam makna atletik.

  1. Performa atletik

Otot perut yang kuat dihubungkan dengan peningkatan kekuatan otot dan daya tahan pada atlet. Inti yang kuat memberi tubuh kita postur, stabilitas, dan bentuk yang tepat, memungkinkan kita tampil di level yang lebih tinggi selama olahraga atau aktivitas fisik apa pun.

  1. Keseimbangan dan stabilitas yang lebih baik

Otot perut yang kuat membantu menjaga tubuh kita seimbang dan stabil saat bergerak sepanjang aktivitas harian dan atletik. Sit up membantu otot panggul, punggung bagian bawah, dan pinggul kita bekerja sama dengan otot perut. Keseimbangan yang baik membuat kita cenderung jatuh dan melukai diri sendiri.

  1. Peningkatan fleksibilitas

Menggerakkan tulang belakang membantu kita melonggarkan kekakuan di tulang belakang dan pinggul. Sit up membuat pinggul dan punggung kita lebih fleksibel, yang meningkatkan mobilitas dan meredakan ketegangan dan ketegangan. Peningkatan fleksibilitas meningkatkan sirkulasi dan konsentrasi, mengurangi stres, dan meningkatkan tingkat energi.

  1. Mengurangi risiko sakit punggung dan cedera

Sit up juga membangun kekuatan di punggung bawah, pinggul, dan panggul. Otot perut yang kuat memungkinkan sakit punggung dan cedera lebih kecil kemungkinannya. Sementara itu adalah kepercayaan umum bahwa situp dapat menyebabkan cedera.

Sebuah studi tahun 2010 tentang tentara AS menemukan bahwa dimasukkannya atau dikecualikannya sit up dalam program latihan menghasilkan hasil yang sama dalam hal cedera muskuloskeletal. Selama kita berhati-hati saat melakukan sit up, kemungkinan besar itu bermanfaat dan bahkan bisa meredakan sakit punggung.

  1. Penguatan diafragma

Sit up adalah cara yang bagus untuk melatih pernapasan diafragma. Sit up menyebabkan kompresi perut, yang dapat memiliki efek positif pada diafragma kita. Diafragma yang kuat dan budaya hidup sehat dapat memperbaiki pola pernapasan, mengurangi stres, dan meningkatkan daya tahan atletik.

Sebuah studi melihat efek dari beberapa latihan perut dalam hal tekanan diafragma. Sit up ditemukan bermanfaat dalam memperkuat diafragma dan meningkatkan fungsi pernapasan. Diperlukan studi yang lebih besar dan lebih mendalam untuk memperluas temuan ini.

Kesalahan dalam Melakukan Sit Up

Berikut ini beberapa kesalahan yang harus kita hindari ketika melakukan sit up, diantaranya yaitu:

  1. Memulai sit up ketika posisi tubuh belum nyaman

Sit up harus dilakukan dengan benar agar tidak terjadi cedera, cara melakukannya yaitu posisi tubuh berbaring telentang di atas tempat tidur atau matras khusus, kemudian kedua lutut yang rapat ditekuk, sedangkan kedua tangan ada di belakang kepala. Ketika merasa posisi tersebut sudah benar dan kita siap, tubuh bagian atas kita angkat ke depan.

Banyak dari kita yang kurang memahami mengerti kapan tubuh benar-benar siap untuk melakukan sit up. Ketika posisi tubuh sebenarnya belum pas, tapi gerakan sit up sudah dimulai begitu saja bisa mengakibatkan beberapa bagian tubuh kurang nyaman atau bahkan terasa sakit karena sedikit kesalahan.

  1. Gerakan sit up terlalu cepat

Melakukan sit up dengan gerakan terlalu cepat atau terburu-buru bukanlah hal yang baik untuk dilakukan, karena malah menyebabkan cedera beberapa otot tubuh kita. Tanpa terburu-buru, kita dapat mencegah berbagai bentuk cedera sekaligus bisa mengatur nafas dengan baik dan benar. Saat dilakukan dengan benar, maka hasil yang diperoleh fisik pun menjadi lebih maksimal.

  1. Leher serta kepala menegang

Salah satu gerakan sit up yang dianggap salah yaitu posisi leher dan kepala menjadi tegang. Saat dalam gerakan mengangkat tubuh bagian atas ke arah depan alias dalam gerakan mencoba bangun, kita hanya perlu mengandalkan bagian otot perut saja.

Ketegangan yang terjadi di leher, kepala dan bahkan bahu disebabkan karena kita berfokus di sana. Ketika sit up, kontraksi seharusnya terjadi di bagian perut dan hanya perutlah yang sebenarnya perlu menegang.

  1. Memosisikan telapak tangan di belakang kepala

Pada umumnya sit up dilakukan dengan posisi kedua telapak tangan disatukan tepat di belakang kepala sambil tubuh bagian atas naik dan turun, hal itu justru sebaiknya tidak dilakukan. Kedua tangan sebaiknya berada di depan dada dalam posisi menyilang sebab fokus kontraksi ada di perut.

Dengan menyilangkan tangan di depan dada, kinerja otot perut akan menjadi lebih maksimal. Atau jika belum terbiasa, sebagai alternatif kita bisa mencobanya dengan posisi kedua tangan ditekuk hingga hampir sampai ke telinga.

  1. Berharap seluruh lemak perut terbuang

Sit up memang bentuk latihan otot yang juga dapat diandalkan sebagai salah satu cara membakar lemak, tapi bukan berarti lemak bisa terbuang begitu saja. Perlu kita tanamkan dalam diir kita bahwa tujuan awal sit up sebaiknya bukan untuk membuang lemak dari tubuh secara menyeluruh.

Akan tetapi, untuk menguruskan badan dan membentuk otot, kita perlu berfokus pada latihan kardio saja lebih dulu. Arti olahraga kardio seperti jalan cepat, lari dan jogging merupakan contoh latihan fisik yang dapat membakar lemak lebih dulu. Setelah lemak berkurang, pembentukan dan penambahan massa otot perut bisa dilakukan melalui ber sit up ria.

  1. Dagu menyentuh dada

Ketika melakukan gerakan sit up, khususnya variasi crunch, leher dapat menjadi kaku dan tegang sebab jarak terlalu dekat antara dagu dan dada (dagu menyentuh dada). Jadi, pastikan agar jarak dagu tak menyentuh dada dan ada jarak sekitar sekepalan. Dengan melakukan ini, kita juga dapat menurunkan risiko leher menjadi tegang.

Cedera yang Disebabkan Sit Up

Kelemahan utama dari sit up adalah bahwa banyak orang melakukan jumlah repetisi yang direkomendasikan. Sepuluh hingga 20 kali sit up yang dilakukan dengan kecepatan stabil dan dengan gerakan yang tepat lebih baik daripada 100 yang ceroboh.

Tetapi saran tersebut sering diabaikan. Menekuk tulang belakang secara terus-menerus bisa menyebabkan cedera punggung seiring waktu karena gaya tekan 340 kg yang diberikan pada tulang belakang, menurut penelitian yang dilakukan di University of Waterloo. Melakukan sejumlah besar sit up secara teratur meningkatkan risiko kerusakan tulang belakang.

Melakukan situp dengan posisi yang tidak benar tidak akan membuat perut menjadi kaku dan juga menyebabkan kerusakan. Bentuk yang benar untuk sit up adalah berbaring di lantai dengan lutut ditekuk dan kaki rata di lantai, dekat dengan pinggul.

Kita juga harus menjaga punggung kita tetap rata di lantai. Saat menghembuskan napas, kencangkan otot perut dan angkat tubuh bagian atas dari tanah. Untuk mencegah cedera, jaga agar kepala kita sejajar dengan tubuh kita dan hindari menggunakan tangan kita untuk menarik leher dan kepala ke atas.

Tangan harus memberikan stabilitas dan dukungan yang lembut untuk kepala. Saat melakukan situp dengan penyelarasan yang tidak tepat, kita meningkatkan kemungkinan merusak tulang belakang dan mengurangi efektivitas latihan.

Maka, itulah tadi penjelasan lengkap yang bisa kami tuliskan kepada segenap pembaca terkait dengan pengertian sit up menurut para ahli, cara melakukan, manfaat, kesalahan dalam melakukan, dan cidera-cidera yang bisa disebabkannya. Semoga memberikan edukasi, trimakasih.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *