Tujuan dan Manfaat Karate dalam Kehidupan Sehari-hari

Diposting pada

Tujuan dan Manfaat Karate

Pernahkah anda mendengar istilah karate? Karate merupakan salah satu bentuk bela diri (pencak silat) yang sangat baik untuk seseorang yang ingin memiliki ilmu perlindungan baik untuk dirinya sendiri maupun orang lain yang memerlukan bantuan. Pada bela diri ini ada beberapa teknik karate yang bisa dipelajari yaitu mulai dari kihon (teknik dasar), kata (jurus), dan kumite (pertarungan). Yang kesemuanya cocok untuk dilakukan pada wanita, pria, anak-anak, remaja, dan orag dewasa.

Sedangkan untuk sejarah karate di Negara Indonesia sendiri, awal mulanya yaitu karena kedatangan mahasiswa yang kuliah di Jepang dan pulang ke Indonesia sebagai karateka. Nama pemuda tersebut ialah Drs. Baud A.D. Adikusumo, beliau merupakan mahasiswa sekaligus karateka yang berhasil mendapatkan sabuk hitam saat bersekolah di Jepang. Setelah kembali ke Indonesia, beliau mengajarkan kepada orang lain dan banyak yang tertarik. Hingga akahirnya dibentuklah PORKI (Persatuan Olahraga Karate-Do Indonesia) yang menjadi cikal bakal FORKI (Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia).

Karate

Definisi karate ini umumnya dibedakan berdasarkan kemampuan dalam menghafal teknik atau setiap gerakan maupun jurus. Tingkatan tiap kemampuan yang dimiliki setiap karateka ini dibedakan berdasarkan sabuk yang mereka miliki.

Setiap tingkatan sabuk yang semakin tinggi bisa diperoleh setelah para karateka melakuk,an sesi ujian sabuk. Sedangk,an untuk tingkatan sabuk itu sendiri ada 7 jenis mulai dari sabuk putih, kuning, orange, hijau, biru, coklat, dan hitam.

Tujuan Karate

Olahraga karate pada dasarnya sangat diminati banyak orang karena memiliki tujuan yang baik. Antara lain;

  1. Membangun kemandirian

Sikap mandiri merupakan seseorang yang dapat melakukan segala sesuatu dengan kemampuan yang mereka miliki. Sehingga mereka percaya diri atas apa yang mereka miliki. Karate ini membuat individu merasakan tidak adanya ketergantungan pada orang lain atau disebut pula kemandirian.

Karena seni bela diri ini membantu setiap individu untuk bisa berlatih teknik bela diri yang suatu saat bisa membantu dirinya sendiri maupun orang lain apabila mengalami kejadian yang tidak diinginkan.

  1. Membangun sportifitas

Sportifitas merupakan sikap anti curang yang mana karakter ini bisa dipicu dari seni bela diri karate. Perlu anda ketahui bahwa bela diri ini tidak hanya bermaksud untuk kebaikan fisik saja, melainkan ada banyak hal lain yang ingin dicapai seperti mental atau karakter yang baik.

Maka dari itu tidak heran jika dalam karate jiwa kebersamaan antara satu sama lain begitu erat dan dibentuk pula sikap saling mendukung agar setiap individu mempunyai kepribadian yang semakin baik.

  1. Membangun jiwa satria

Jiwa satria merupakan jiwa keberanian yang muncul dalam diri seseorang. Karate merupakan salah satu cara yang bisa membangun jiwa satria ini. Karena dalam bela diri ini individu akan dilatih untuk memiliki kemampuan yang baik dalam menghadapi musuh, sehingga mereka merasa memiliki ilmu atau bakat yang sudah ada dalam dirinya terlbih lagi kemampuan tersebut telah dilatih dengan baik.

Maka keberanian bisa muncul dengan lebih mudah dan selama jalan yang ditempuh benar maka seorang karateka wajib untuk melindungi dirinya maupun orang lain yang membutuhkan.

  1. Meningkatkan sikap disiplin

Disiplin adalah sikap yang menunjukkan tepat waktu, tanggung jawab dan segala hal harus terstruktur dengan baik. Pada bela diri karate seseorang akan diajarkan untuk memiliki sikap disiplin. Karena pada olahraga ini tiap individu wajib untuk datang tepat waktu, tanggung jawab terhadap tugas dan kewajiban serta lain sebagainya yang membiasakan mereka lebih bisa bersikap disiplin.

  1. Membentuk fisik yang sehat dan kuat

Kegiatan karate merupakan hal yang sangat baik untuk membentuk fisik sehat dan kuat. Maka dari itu olahraga atau bela diri ini banyak diminati individu atau orang-orang karena membantu mereka untuk memiliki daya tahan tubuh lebih kuat dan sehat.

  1. Menambah ilmu menguasai beladiri

Melalui seni bela diri karate yang sering anda lakukan, maka secara tidak langsung hal tersebut mampu menambah ilmu untuk menguasai bela diri. Tentunya hal ini sangat berguna untuk masing-masing individu, karena mereka bisa melihat bakat yang ada dalam dirinya sekaligus bisa sebagai perlindungan diri atas semua hal yang bisa membahayakan.

  1. Menuju prestasi tingkat daerah, nasional dan Internasional

Karat bukan hanya sebagai seni bela diri, namun olahraga ini juga sangat baik untuk meningkatkan prestasi individu.

Prestasi tersebut bisa diperoleh melalui ajang perlombaan yang bisa diikuti untuk menunjukkan kemampuan atau bakat seni bela diri karate tersebut. Semakin baik dan meningkat maka prestasi tersebut bisa lebih meluas hingga ke dunia internasional.

Manfaat Karate

Manfaat karate itu sendiri diuraikan sebagai berikut;

  1. Menguatkan Otot Lengan dan Kaki

Manfaat karate yang sangat penting yaitu mampu menguatkan otot lengan dan kaki. Apakah anda tahu mengapa bagian lengan dan kaki menjadi bagian yang paling utama? Karena pada seni bela diri ini, bagian lengan dan kaki lebih sering digerakan dalam berbagai gaya karate itu sendiri.

Tidak heran jika kedua bagian tersebut mendapatkan hasil yang paling utama yaitu dengan kuatnya otot. Umumnya bagian lengan lebih sering digunakan untuk memukul, sedangkan kaki digunakan untuk menendang.

  1. Mempertahankan Diri

Seni bela diri karate juga sangat baik untuk mempertahankan diri. Mempertahankan diri disini maksudnya ialah bentuk perlindungan bagi siapa saja yang hendak menyerang. Maka dari itu tidak heran jika karate banyak diminati pula oleh kaum wanita, agar mereka mampu menunjukkan bahwa mereka juga memiliki perlindungan diri dari kemampuan yang dimiliki.

  1. Meningkatkan Konsentrasi

Karate termasuk bela diri yang mengharuskan seseorang untuk bisa berkonsentrasi dalam melakukan setiap gerakannya.

Hal ini bertuuan agar setiap gerakan bisa sampai pada sasaran yang hendak dituju. Maka sangat disarankan agar karateka bisa berlatih dan mempersiapkan dirinya dengan sebaik mungkin pada saat akan memulai pertandingan atau gerakan karate.

  1. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Karate dianggap bisa meningkatkan rasa percaya diri, karena pada seni bela, diri ini seseorang diharuskan untuk menunjukkan setiap gerakan yang ditampilkan pada dirinya masing-masing. Sehingga mau tidak mau, mereka harus bersikap tegas dan harus percaya diri dengan kemampuan yang mereka punya.

Apalagi jika gaya atau teknik dalam bela diri selalu dipelajari terus menerus maka akan menambah kemampuan yang mereka punya dan semakin meningkatkan rasa percaya diri.

  1. Menambah Teman

Dalam bela diri karate setiap orang akan bertemu dengan orang-orang baru yang sama-sama melakukan latihan karate. Sehingga dalam olahraga ini anda bisa menambah teman atau relasi yang lebih banyak lagi. Sebagai bentuk jaringan sosial kepada sesama.

  1. Memperbaiki pertumbuhan dan perkembangan fisik

Pertumbuhan dan perkembangan fisik merupakan salah satu hal yang hendak dicapai setelah kegiatan karate dilakukan.

Karena pada seni bela diri ini seseorang akan diajarkan banyak hal yang berkaitan dengan latihan kekuatan, keseimbangan, latihan kelentukan tubuh. sehingga secara tidak langsung karate bisa memperbaiki pertumbuhan atau perkembangan fisik secara lebih cepat.

  1. Mengembangkan kecakapan intelektual

Karate tentunya mengharuskan individu menghafal setiap gerakan atau gaya yang perlu dipelajari. Maka hal tersebutlah akan senantiasa mampu mengembangankan kecapakan intelektual setiap orang. Serta menambah rasa solidaritas kepada sesama.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang telah di uraikan dapatlah dikatakan bahwa karate di negara Indonesia sendiri menjadi salah satu seni bela diri yang banyak diminati.

Bahkan tak jarang dalam lembaga pendidikan (sekolah), karate sering menjadi ekstrakurikuler yang diajarkan diluar jam sekolah. Hal ini disebabkan karena karate termasuk salah satu cabang olahraga atau seni bela diri yang tak perlu diragukan lagi manfaatnya.

Demikianlah artikel yang bisa kami berikan dan uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan tujuan yang menajdi manfaat melakukan bela diri karate dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberikan edukasi bagi semua kalangan yang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.