Objek Studi Pedagogi Olahraga

Diposting pada

Objek Studi Pedagogi Olahraga

Pedagogi olahraga merupakan salah satu cabang disiplin pengetahuan olahraga yang senantiasa membicarakan mengenai keterampilan atas pengetahuan dasar dalam hal mengajar.

Atas dasar inilah pedagogi olahraga sangat diperlukan para guru untuk mengajarkan pendidikan olahraga kepada peserta didik, baik untuk SD, SMP, SMA, ataupun perguruan tinggi. Alasannya, karena pedagogi olahraga sangat baik untuk mencapai pembelajarannya yang lebih efektif  dan efisien dari pada hanya sekedar belajar sendiri tanpa adanya dampingan atau bantuan guru yang mengajar.

Pedagogi Olahraga

Pedagogik merupakan suatu ilmu yang memberikan ketrampilan dalam hal mendidik. Kata pedagogi sendiri berasal dari negara Belanda disebut paedagoog yang artinya pendidik atau ahli didik. Hal ini tentusaja berkaitan dengan proses pembalajaran olahraga yang berfokus pada hal yang akan dipelajari.

Karena dalam arti olahraga ada banyak hal yang bisa dipelajari maka melalui objek studi pedagogi olahraga inilah kita bisa melihat secara kesulurahan materi penjaskes yang diberikan.

Objek Studi Pedagogi Olahraga

Adapun untuk obek studi pedagogi olahraga, antara lain sebagai berikut;

  1. Gerak (movement)

Gerak merupakan proses kegiatan yang mencangkup aktivitas sehingga melibatkan secara langsung anggota badan untuk memperoleh suatu gerakan yang bisa dipelajari.

Pada dasarnya gerak dalam pendidikan jasmani adalah hal yang umum dan justru bagian paling utama untuk bisa dipelajari. Karena dengan gerakan-gerakan itu pula peserta didik bisa mengenal jenis olahraga yang ada di Indonesia.

Contoh Gerak dalam Sudi Pedagogi Olahraga

Misalnya saja seperti mempelajari teknik dasar pencak silat yang memang menjadi salah satu latihan kekuatan dan kecepatan. Dimana teknik gerakan dalam pencak silat dilakukan secara berkesinambungan serta dijalankan dengan prosedur yang sistematis.

  1. Bermain (play)

Perlu anda ketahui bahwa dalam pedagogi olahraga, seorang guru tidak hanya memberikan pelajaran secara teori. Akan tetapi ada praktek yang bisa dilakukan dan pada tahap itu bisa diberikan pula permainan yang mendidik, khususnya pada pelajaran olahraga.

Contoh Bermain dalam Sudi Pedagogi Olahraga

Mempraktekan langsung adanya sistem permainan yang ada dalam pendidikan jasmani. Seperti memberikan penjelas atas jenis permainan bola kecil dan bentuk permainan bola besar dengan tidak serta merta hanya mengulas secara teoristisnya saja.

  1. Pelatihan (training)

Pelatihan yang juga dikenal dengan istilah training merupakan salah satu objek studi pedadodi olahraga yang mana pada pelatihan ini diharapan peserta didik lebih menguasai jenis olahraga tertentu yang menjadi bakatnya agar bisa memperoleh kemampuan yang lebih baik.

Contoh Pelatihan dalam Sudi Pedagogi Olahraga

Mislanya saja memperikan praktek dalam berbagai jenis permainan dalam materi sebelumnya seorang tenaha pendidik mengenalkan dahulu teknik pelatihan yang bisa diberikan serta menjelaskan serangkaian aturan-aturan yang berlaku dalam permainan.

Tujuan Pedagogi Olahraga

Sedangkan beberapa tujuan mempelajari pedagogi olahraga. Antara lain;

  1. Membantu peserta didik agar mampu memahami dan menjalani segala kegiatan olahraga dengan baik
  2. Dapat hidup secara bermakna
  3. Dapat turut memuliakan kehidupan
Kesimpulan

Dari penjelasan yang diberikan. Dapatlah dikatakan bahwa pedagogi olahraga bukan hanya berisi ruang lingkup saja, akan tetapi ada objek studi pedagogi olahraga yang bisa dipelajari. Disini terlihat bahwa peran guru menjadi hal utama, karena guru mempunyai tanggung jawab secara penuh untuk mengambil keputusan terkait apa yang akan dipelajari, bagaimana akan dipelajari, ketika akan dipelajari, dan jika materi telah dipelajari.

Nah, demikinalah artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan objek studi yang ada dalam pedagogi olahraga, contoh, beserta dengan tujuannya. Semoga memberikan wawasan bagi kalian semuanya yang sedang membutuhkan.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *