Tujuan Utama Permainan Tolak Peluru

Diposting pada

Tujuan Olahraga Tolak Peluru

Istilah olahraga tolak peluru pasti sudah tidak asing lagi didengar banyak orang. Perlu anda ketahui bahwa sejarah tolak peluru sendiri yang ada di Indonesia berawal pemerintahan kolonial Belanda yang ikut memasukan permainan tolak peluru ke dalam mata pelajaran sekolah. Akan tetapi pada waktu itu arti olahraga tolak peluru ini hanya boleh dimainkan oleh keluarga bangsawan Belanda saja.

Semakin berkembangnya zaman, maka pada tanggal 3 September 1990 terbentuklah yang namanya organisasi Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI). Dari organisasi itulah maka tolak peluru semakin berkembang dan bisa dimainkan oleh berbagai kalangan di seluruh tanah nusantara.

Tolak Peluru

Tolak Peluru merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan untuk mencapai lemparan atau tolakan dengan sejauh-jauhnya. Umumnya tujuan utama tolak peluru yang digunakan dalam olahraga ini berasal dari bahan besi dengan bentuknya yang oval dan memiliki berat yang berbeda-beda.

Adapun untuk berat besi dalam tolak peluru tersebut. Antara lain;

  1. Ukuran 3 kg
  2. Ukuran 4 kg
  3. Ukuran 5 kg
  4. Dan ukuran 7 kg

Tujuan Tolak Peluru

Ada beberapa tujuan yang melakukan permainan tolak peluru. Antara lain;

  1. Berusaha menolak bola yang berat dengan jarak sejauh-jauhnya

Perlu anda ketahui bahwa setiap gerakan olahraga pasti memiliki tujuan yang hendak dicapai. Sama halnya dalam permainan tolak peluru ini, anda perlu tahu bahwa dalam olahraga ini ada tujuan yang ingin diperoleh yaitu berusaha menolak bola dengan jarak yang sejauh-jauhnya.

Tentunya untuk mendapatkan tujuan ini setiap orang yang melakukan tolak peluru perlu berlatih dengan giat. Selain itu gerakan yang dilakukan harus sesuai dengan teknik tolak peluru yang benar. Bukan hanya itu tapi, pemain juga harus mengerti aturan permainan tolak peluru yang berlaku agar bisa memahami olahraga ini secara lebih baik lagi.

  1. Menambah pengetahuan teknik tolak peluru

Tujuan diadakannya olahraga tolak peluru ini tentunya untuk menambah pengetahui dari teknik atau cara bermain olahraga ini.

Apalagi tolak peluru merupakan salah satu jenis olahraga yang masuk dalam mata pelajaran pendidikan jasmani di sekolah. Sehingga secara tidak langsung teori maupun praktek bisa diajarkan guru kepada para peserta didiknya.

  1. Melatih keseimbangan tubuh

Tahukah anda bahwa memiliki latihan keseimbangan tubuh adalah hal yang sangat penting. Dengan berlatih atau melakukan tolak peluru maka anda bisa melatih keseimbangan tubuh secara lebih baik.

Karena pada tolak peluru ini beberapa gerakan yang dilakukan ialah menyeimbangkan tubuh dengan baik agar bisa melakukan tolakan pada peluru yang dipegangnya. Bahkan dalam olahraga ini seseorang harus bisa menjaga kestabilan kakinya dengan baik, sehingga secara tidak langsung keseimbangan tubuh bisa lebih terjaga.

  1. Melatih kedisplinan

Rasa kedisiplinan juga menjadi salah satu tujuan dari olahraga tolak peluru ini. Apakah anda tahu bahwa peserta didik yang diajarkan gurunya materi tolak peluru ini harus mampu memperhatikan dengan baik, tujuannya agar pada saat praktek berlangsung bisa melakukan setiap gerakan dengan baik.

Maka dari itu mau tidak mau, peserta didik harus memiliki rasa disiplin dalam dirinya untuk menerima setiap materi, datang sesuai jadwal, tidak terlambat dan mengikuti latihan dengan rutin. Hal ini berguna agar permainan tolak peluru bisa dilakukan dengan lebih baik lagi.

  1. Meningkatkan keberanian

Bukan hanya kedisiplinan yang bisa dilatih dalam olahraga tolak peluru. Akan tetapi sikap berani juga lebih bisa ditingkatkan. Karena setiap orang harus menunjukkan kemampuannya melakukan gerakan tolak peluru ini secara mandiri.

Sehingga mereka harus memiliki sikap berani dan mencoba hal-hal yang sebelumnya belum dimengerti. Oleh karena itu setiap orang harus melakukan latihan secara maksimal agar memiliki sikap keberanian yang lebih tinggi lagi.

  1. Membantu koordinasi fisik

Koordinasi fisik merupakan pengaturan tubuh yang bisa dilakukan oleh setiap orang agar mereka mempunyai kontrol tubuhnya secara lebih baik. Melalui koordinasi tubuh itu sendiri maka individu bisa memperoleh tingkat kesehatan yang semakin baik dan menjaganya agar tidak mudah terserang penyakit.

Perlu anda ketahui dengan tolak peluru ini, seseorang bisa melatih dirinya untuk bisa bergerak secara lebih baik. Dengan demikian maka mereka bisa lebih mudah mengkoordinasikan tubuhnya untuk memiliki tingkat kekuatan, keseimbangan, dan kebugaran jasmani yang semakin bagus.

  1. Melatih kecepatan gerak

Tujuan terakhir dari tolak peluru yaitu melatih kecepatan gerak. Mengapa olahraga ini bisa melatih kecepatan gerak? Jawabannya karena pada olahraga ini seseorang diajarkan untuk, latihan kecepatan gerakan menolak peluru dengan baik dan memakai tenaga yang sekuat-kuatnya.

Maka dari itulah secara tidak langsung tolak peluru mampu melatih kecepatan gerak dan kekuatan agar menjadi semakin terbiasa.

Nah, demikianlah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan tujuan utama dalam melakukan olahraga tolak peluru. Semoga memberikan edukasi serta literasi bagi segenap pembaca yang sedang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.