Tujuan Latihan Beban dan Manfaatnya

Diposting pada

Tujuan dan Manfaat Latihan Beban

Makna olahraga merupakan salah satu jenis kegiatan yang bisa memberikan banyak manfaat untuk tubuh. kegiatan olahraga sendiri juga cukup banyak macamnya mulai dari yang ringan hingga berat. Salah satu jenis olahraga tradisional yang sudah dikenal banyak orang adalah latihan beban.

Latihan pada dasarnya diartikan sebagai kegiatan atau proses yang berjalan secara sistematis dan dilakukan dalam jangka waktu yang cukup lama sekaligus berulang kali pelaksanaannya. Sama halnya dengan latihan, maka latihan beban ini memiliki prosedur yang sama yaitu berlatih untuk melakukan kegiatan angkat beban yang dengan jangka waktu yang rutin agar dapat membentuk tubuh yang lebih ideal.

Latihan Beban

Latihan beban pada umumnya dibedakan menjadi dua hal yaitu beban luar/outer load dan beban dalam/inner load. Beban luar adalah latihan beban yang bisa dilihat secara langsung dan wujudnya nyata. Sedangkan beban dalam adalah latihan beban yang memiliki pengaruh langsung terhadap fisiologis dari atlit atau memberikan pengaruh dari dalam yaitu berupa kenaikan denyut nadi.

Sedangkan istilah kata latihan dan dalam bahasa inggris memiliki berbagai makna mulai dari practice, exercises, dan training. Pengertian latihan itu sendiri yaitu kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan, kemampuan seseorang dalam berolahraga.

Tujuan Latihan Beban

Latihan beban dilakukan oleh atlit sudah pasti karena memiliki tujuan yang sangat baik untuk daya tahan dalam tumbuh. Berikut penjelasannya;

  1. Hipertropi (pembesaran otot)

Latihan beban dapat membantu seseorang untuk membesarkan otot. Oleh karena itu tidak heran jika banyak kaum pria yang sering melakukan latihan beban agar memiliki bentuk tubuh yang lebih bagus lagi salah satunya yaitu dari otot yang semakin besar dan kuat.

  1. Peningkatan kekuatan

Latihan beban juga bertujuan untuk meningkatkan kekuatan seseorang. Semakin berat beban yang bisa diangkat oleh seseorang, maka kekuatan dalam tubuhnya semakin bertambah. Akan tetapi dengan tujuan ini setidaknya perlu diperhatikan ukuran tubuh yang ideal, lantaran jika tidak bisa menyebabkan kerusakan pada tulang.

  1. Penurunan berat badan

Agar tujuan ini bisa berhasil maka anda harus melakukan latihan beban secara rutin dengan jangka waktu yang tidak perlu terlalu lama yaitu sekitar 15 sampai dengan 30 menit setiap harinya.  Dengan kegiatan semacam itu, maka anda bisa membakar lemak yang ada dalam tubuh dan secara tidak langsung dapat menurunkan berat badan dalam tubuh anda.

  1. Peningkatan berat badan

Latihan beban tidak hanya bertujuan untuk penurunan berat badan, melainkan olahraga yang satu ini juga memberikan pengaruh yang cukup baik bagi tubuh yaitu peningkatan berat badan. Apalagi bagi kaum pria yang menginginkan agar tubuhnya lebih berisi, maka latihan beban ini bisa diterapkan dalam kegiatan olahraga yang harus mereka lakukan dengan rutin.

  1. Meningkatkan kesehatan

Kesehatan yang ada dalam tubuh bisa lebih terjaga dengan latihan beban. Karena dengan melakukan kegiatan tersebut anda dapat mengeluarkan keringat atau racun-racun dalam tubuh yang membuat kesehatan tubuh lebih terjaga.

  1. Meningkatkan kebugaran

Sama halnya dengan kesehatan, melalui latihan beban ini anda juga dapat meningkatkan kebugaran tubuh. Alasannya karena dengan aktivitas tersebut anda akan memiliki semangat yang lebih tinggi dan melatih daya tahan tubuh agar lebih kuat lagi.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Latihan beban mampu menjaga kesehatan jantung karena olahraga ini pada dasarnya memang memberikan banyak keuntungan bagi para atlet atau seseorang yang melakukannya. Baik sebelum ataupun sesudahnya, oleh karena itulah penting diperhatikan proses pemanasan statis dan pemanasan dinamis sewaktu akan melakukan latihan beban.

  1. Menambah energi dan stamina

Energi seseorang pada dasarnya tergantung dari jaringan otot, peredaran darah yang lancar dan oksigen di dalam tubuh. pada saat anda melakukan latihan beban maka hal tersebut akan membuat detak jantung meningkat dan seacra otomatis akan melancarkan pula peredaran darah. Sehingga dengan demikian energi dan stamina dalam tubuh akan semakin kuat.

  1. Meningkatkan kualitas tidur

Seseorang yang sering melakukan latihan beban biasanya akan memiliki kualitas tidur yang lebih baik. Hal ini disebabakan dalam tubuh mereka sudah terdapat energi dan stamina yang baik, sehingga tubuh bisa merasakan kenyamanan dalam dirinya sendiri dan salah satu kenyamanan tersebut diperoleh dengan kualtas tidur yang semakin baik.

  1. Mencegah penuaan dini pada kulit

Perlu anda ketahui bahwa proses penuaan dini pada kulit biasanya ditandai dengan kerutan pada kulit, munculnya bintik-bintik hitam di kulit, dan hilangkan elastisitas pada kulit.

Latihan beban ini dapat mencegah penuaan diri karena pada saat aktivitas tersebut anda dapat memproduksi keringat lebih banyak yang bisa membantu mengeluarkan kotoran yang menyumbat pori-pori, dan membantu membersihkan komedo pada kulit.

Manfaat Latihan Beban

Berikut dibawah ini fungsi yang didapatkan dari manfaat latihan beban yaitu;

  1. Membantu membentuk tubuh ideal

Manfaat latihan beban yang paling umum dan dikenal yaitu untuk membentuk tubuh lebih ideal. Sebagai informasi bahwa olahraga latihan beban ini termasuk jenis olahraga yang dapat memperkuat otot-otot tubuh kita dan dari olahraga ini pula berat badan seseorang dapat menurun dengan lebih baik sehingga bentuk tubuh menjadi lebih ideal.

  1. Mencegah kerapuhan tulang

Kerapuhan tulang juga dapat dicegah dengan melakuk,an kegiatan olahraga latihan beban. Hal ini diperuntukan khususnya bagi orang-orang yang sudah mulai berumur, alasannya karena mereka akan lebih sering mengalami kerapuhan tulang.

Maka salah satu solusinya adalah dengan latihan beban yang bisa dilakukan secara rutin agar bisa memperbarui sel-sel tulang menjadi lebih kuat dan bagus.

  1. Menurunkan resiko jantung dan stroke

Latihan beban bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh seseorang yang salah satu dianataranya adalah kesehatan jantung dan menghindarkan dari serangan stroke. Alasannya karena olahraga ini bisa membuat tubuh memiliki stamina dan energi yang lebih kuat sehingga berbagai macam penyakit dapat dihindari.

  1. Meningkatkan kekuatan dan keseimbangan

Latihan keseimbangan dan kekuatan tubuh akan lebih terjaga melalui olahraga latihan beban. Terlebih lagi jika latihan beban sudah sering dilakukan sejak usia muda, maka di masa-masa umur seseorang yang semakin lanjut tetap bisa menjaga kekuatan dan keseimbangan tubuhnya secara lebih baik, karena sudah mendapat asupan energi yang cukup baik sejak dahulu kala. Terlebih lagi jika pola maka di atur dengan baik, maka tubuh seseorang akan lebih terjaga lagi.

  1. Latihan beban akan mengencangkan otot

Manfaat yang didapatkan pada proses latihan beban mampu mengencangkan otot dan sangat baik untuk meningkatkan metabolisme yang ada dalam tumbuh. Dalam hal ini bisa dimaknai bahkwa latihan beban adalah kegiatan olahraga yang menggunakan alat bantu seperti barbell, dumbell, peralatan mekanis, dan lain sebagainya. Dengan tujuan akhir untuk memperbaiki penampilan fisik dan meningkatkan kesehatan.

  1. Latihan beban meningkatkan energi

Latihan beban mampu meningkatkan energi dalam tubuh seseorang terlebuh lagi bagi mereka yang sering merasakan lemas.

  1. Latihan beban memiliki efek positif di 650 otot lebih dalam tubuh

Latihan beban mampu mengkoordinasi otot dengan begitu baik sehingga saat bergerak pun akan terlihat semakin prima atau kuat.

  1. Latihan beban mampu mengembalikan metabolisme yang menurun

Metabolisme tubuh seseorang yang usianya sudah memasuki angka 30 tahun biasanya akan semakin menurun, namun dengan melakukan latihan beban metabolism tubuh dapat lebih meningkat.

  1. Latihan beban mampu menguatkan tulang

Latihan beban mampu menguatkan tulang dalam tubuh seseorang agar dapat digunakan untuk aktivitas sehari-hari tanapa adanya hambatan dan gangguan lainnya.

  1. Latihan beban meningkatkan ketahanan otot Anda

Ketahanan otot-otot pada tubuh akan lebih terasa kuat dengan sering melakukan latihan beban. Karena aktivitas ini memberikan fungsi yang sangat baik untuk menjaga kekuatan tubuh.

  1. Latihan beban tidak akan membuat otot Anda menjadi besar

Perlu anda ketahui bahwa latihan beban tidak akan membuat otot menjadi besar namun justru otot akan semakin kencang.

  1. Latihan beban membuat stamina Anda menjadi lebih kuat

Stamina dan energi dalam tubuh akan lebih kuat dengan latihan beban yang sering dilakukan dalam jangka waktu yang panjang.

  1. Latihan beban mengurangi sakit punggung

Sakit punggung juga bisa diatasi tanpa harus minum obat tertentu. Salah satu cara praktisnya yaitu sering berolahraga dan diantaranya adalah latihan beban.

  1. Meningkatkan produksi hormon pertumbuhan

Produksi hormon pertumbuhan dalam tubuh seseorang bisa semakin banyak apabila latihan beban bisa dilakuakan secara rutin dan sebagai informasi semakin berat beban maka jumlah hormon akan semakin tinggi.

  1. Menangkal resiko diabetes

Resiko diabetes atau penyakit lainnya kemungkinan akan mampu dicegah oleh seseorang yangs sering berolahraga. Karena dengan olahraga yang salah satunya adalah latihan beban akan membuat tubuh semakin kuat.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa dalam latihan beban yang dikenal dengan weight training adalah latihan yang dilakukan dalam jangka waktu yang runtut dan menggunakan beban sebagai alat utama untuk menambah kekuatan otot seseorang yang melakukan latihan beban tersebut demi tercapainya tujuan untuk memperbaiki kondisi fisik, mencegah terjadinya cedera atau untuk menjaga kesehatan.

Sehingga proses latihan yang menggunakan alat bantu beban sebagai proses untuk menunjang kegiatan latihan tersebut dan bertujuan untuk meningkatkan kebugaran, pengencangan otot, kekuatan otot, kecepatan, hypertrophy otot, rehabilitasi, maupun penambahan dan pengurangan berat badan.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami berikan pada segenap pembaca berkenaan dengan tujuan melakukan latihan beban serta manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberikan edukasi untuk kalian semuanya yang sedang memerlukan.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *