Tujuan Sit Up dan Teknik Dasar Untuk Melakukannya

Diposting pada

Tujuan Melakukan Sit Up

Kegiatan olahraga merupakan salah satu aktivitas yang harus selalu dilakukan manusia. Dalam kesibukan apapun, seharusnya setiap individu bisa menyiapkan waktu walaupun hanya 15 sampai dengan 30 menit untuk melakukan olahraga. Karena dengan olahraga kebugaran jasmani dan daya tahan tubuh akan merasa lebih fit serta membuat lebih sehat.

Bahkan arti olahraga sendiri juga begitu banyak. Sehingga setiap orang bisa memilih kegiatan olahraga sesuai dengan apa yang mereka sukai. Salah satu jenis olahraga yang mudah dan bisa dilakukan di rumah sendiri antara lain yaitu sit up. Pasti anda sudah tidak asing lagi mendengar kata sit up, olahraga ini berhubungan dengan gerakan badan yang lebih dikenal membantu mengecilkan perut.

Sit Up

Sit up adalah salah bentuk olahraga yang tidak memerlukan waktu banyak untuk pelaksanaannya. Olahraga ini bisa anda lakukan sekitar 10 sampai dengan 15 menit dan bisa dikerjakan di semua tempat. Sit up merupakan olahraga yang ampuh untuk membentuk otot perut sehingga olahraga ini cukup disukai banyak orang.

Tujuan Sit Up

Berikut ini adalah yang menjadi tujuan melakukan sit up. Antara lain;

  1. Mengencangkan otot

Olahraga sit up memang dikenal mampu mengencangkan otot terutama adalah otot bagian perut. Namun ada beberapa otot lainnya pula yang bisa dikencangkan melalui sit up, antara lain yaitu otot ada, otot bahu dan lain sebagainya.

  1. Mencegah osteoporosis

Apakah anda tahu apa itu osteoporosis?. Osteoporosis termasuk salah satu jenis penyakit tulang yang diakibatkan adanya pengeroposan pada tulang itu sendiri. Sebagai informasi bahwa osteoporosis pada laki-laki ternyata juga dipengaruhi oleh kurangnya tingkat testosterone.

Sehingga menyebabkan hilangnya massa otot dan kekuatan secara keseluruhan. Untuk menghindari masalah ini melakukan sit up adalah salah satu cara yang bisa anda lakukan dengan mudah dan tanpa mengeluarkan budget sama sekali.

  1. Panjang umur

Olahraga sit up merupakan salah satu jenis olahraga yang dipercaya dapat memperpanjang usia seseorang. Karena dengan melakukan olahraga ini individu akan menajaga kesehatannya mulai dari kekuatan otot hingga meminimalisir terserangnya penyakit seperti diabetes, hipertensi, obesitas dan lain sebagainya.

Sehingga secara tidak langsung hal tersebut berdampak pada kesehatan badan individu yang lebih terjaga dan membuat usia mereka lebih panjang.

  1. Menghilangkan perut buncit

Tujuan sit up yang satu ini mungkin dapat dikatakan sebagai tujuan maupun manfaat yang sangat dikenali yaitu menghilangkan perut buncit. Maka dari itu hal ini menyebabkan banyak individu terutama kaum wanita merasa ingin mencoba untuk melakukan olahraga sit up dengan tujuan agar memperoleh bentuk perut yang lebih langsing.

Bahkan mereka bisa melakukan olahraga ini di waku pagi setelah bangun tidur dan juga malam hari pada saat akan tidur.

Olahraga ini juga cukup digemari karena tidak perlu persiapan yang rumit yaitu hanya memerlukan alat untuk berbaring dan tinggal melakukan gerakan sit up sebanyak 20 sampai dengan 30 kali setiap 1 setnya. Apabila hal ini dilakukan secara rutin maka perut buncit akan menurun secara sedikit demi sedikit.

  1. Membakar Kalori

Kegiatan olahraga pada dasarnya bisa membuat tubuh membakar kalori termasuk sit up itu sendiri. Perlu anda ketahui kegiatan sit up yang anda lakukan bisa membakar hingga 2 kalori. Sehingga hal ini sangat bermanfaat sekali sekaligus memberikan keuntungan bagi mereka yang sedang melakukan progaram diet.

Karena selain menjaga pola makan, maka olahraga simpel dan mudah seperti sit up ini bisa menunjang program diet anda hingga berhasil.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Kardiovaskular

Jantung adalah salah satu organ tubuh yang memiliki otot paling vital. Apabila anda bisa dengan rutin melakukan sit up maka hal tersebut dapat membantu untuk menguatkan otot jantung. Sedangkan jika tubuh memiliki jantung yang kuat, maka anda juga akan memiliki daya tahan kardiovaskular yang lebih baik lagi.

Sehingga dengan demikian, gerakan sit up bisa anda lakukan agar tubuh lebih terjaga kesehatannya terutama bagian jantung.

  1. Meningkatkan Metabolisme

Mtabolisme atau kekuatan daya tahan tubuh merupakan salah satu hal penting yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh serta menghindarkan tubuh dari berbagai serangan penyakit. Apabila anda ingin meningkatkan metabolisme tubuh maka olahraga sit up bisa membantu anda menemukan solusinya. Sebagai informasi olahraga ini bisa melatih sistem kerja otot menjadi lebih baik.

Sehingga hal ini akan berpengaruh pada suplai oksigen serta aliran darah menjadi lebih baik dan sekaligus meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh itu sendiri. Apabila metabolisme tubuh anda baik maka hal ini akan membuat lemak dan racun di dalam tubuh bisa dibuang secara lebih cepat.

Bahkan dengan tingginya tingkat metabolisme maka mampu mengolah segala nutrisi dan zat yang masuk ke dalam tubuh anda.

  1. Memperbaiki Keseimbangan Tubuh

Pada saat anda melakukan olahraga sit up, maka ada beberapa bagian tubuh yang terlibat untuk melakukan gerakan sit up itu sendiri. Beberapa bagian tubuh tersebut antara lain yaitu panggul, pinggang, dan perut.

Dengan hal tersebut maka manfaat sit up dapat memberikan efek yang baik dalam memperbaiki keseimbangan tubuh. Ketika anda dapat rutin melakukan sit up, maka tubuh akan terlatih dengan beban yang ditopang dan keseimbangan tubuh lebih terjaga dengan baik.

Teknik Sit Up Yang Benar

Walaupun sudah dijelaskan bahwa pelaksanaan sit up cukup mudah, namun anda juga perlu tahu cara melakukan olahraga sit up ini. Antara lain;

  1. Lakukan peregangan dan pemanasan.

Perengan dan pemanasan merupakan teknik awal yang bisa atau bahkan harus dilakukan terlebih dahulu dalam berbagai kegiatan olahraga termasuk sit up. Melakukan peregangan dan pemanasan ini sendiri bisa membantu anda untuk meminimalisir terjadinya cidera pada tubuh. sehingga anda akan merasa lebih rileks dan siap untuk melakukan gerakan sit up.

  1. Siapkan alas yang nyaman

Persiapkan alas untuk dipakai sebagai penunjang sit up. Gunakan alas yang tidak tidak terlalu empuk dan jangan pula yang terlalu keras. Fungsi alas disini yaitu untuk membuat badan lebih nyaman pada saat melakukan sit up dan mencegah cedera pada tulang punggung

  1. Berbaringlah di alas

Alas yang sudah disiapkan selanjutnya bisa di rentangkan di tempat yang sekiranya cocok untuk anda melakukan sit up. Setelah itu baringkan tubuh di atas alas dan tekuk kaki membentuk sudut 90 derajat dengan telapak kaki tetap menyentuh lantai.

  1. Tangan di letakan di belakang kepala lalu angkat badan hingga mendekati lutut.

Lakukan gerakan sit up dengan cara mengangakat badan hingga mendekati lutut dengan catatan tangan harus di taruh di belakang kepala.

  1. Pengaturan nafas.

Gerakan sit up yang anda lakukan tetap harus dilakukan hati-hati dan perhatikan pula pengaturan nafas anda. Ketika badan dalam posisi naik maka buanglah napas, sebaliknya ketika tubuh turun maka tariklah nafas. Oleh karena demikian prosedurnya gerakan dalam sit up ini termasuk dalam pemanasan statis dan pemanasan dinamis.

  1. Evaluasi

Tahap evaluasi merupakan proses penilaian setelah anda melakukan gerakan sit up tersebut. Tujuannya yaitu untuk melihat apakah gerakan yang anda lakukan sudah benar dan memberi manfaat atau justru sebaliknya. Melalui evaluasi ini anda bisa mengambil tindakan yang lebih baik lagi dalam melakukan olahraga sit up.

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas sudah mendeskripsikan secara singkat bahwa sit up merupakan salah satu jenis olahraga yang mudah untuk dilakukan dan banyak yang menyukai. Hal ini karena sit up memiliki tujuan yang begitu banyak dan sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia.

Oleh karena itulah sit up adalah gerakan olahraga yang bertumpu pada pinggul dan pantat dengan lutut yang diarahkan ke atas. Olahraga satu ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh dan salah satunya yaitu mengecilkan perut yang buncit. Sehingga tidak heran banyak orang yang tertarik melakukan olahraga ini.

Ketika anda belum pernah mencoba olahraga ini, mungkin anda akan merasa kesulitan di awalnya. Tetapi jika sudah terbiasa maka akan lebih mudah melakukan dan terasa nyaman. Sebagai infromasi bahwa sit up pada dasarnya digunakan untuk menguatkan otot perut sehingga akan mengurangi kram perut.

Maka secara tidak langsung sit up ini bisa digunakan untuk pemanasan sebelum anda melakukan aktivitas olaharaga yang lebih berat lagi.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada semua pembaca berkaitan dengan tujuan melakukan sit up dan cara untuk melakukannya pada pemula. Semoga memberikan referensi serta literasi bagi siapapun yang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *