Pengertian Latihan Keseimbangan, Jenis, Teknik Melakukan, dan Manfaatnya

Diposting pada

Pengertian Latihan Keseimbangan

Pengertian keseimbangan dalam kebugaran jasmani adalah salah satu dari empat jenis latihan bersama dengan latihan kekuatan, daya tahan dan fleksibilitas. Idealnya untuk keempat jenis latihan akan dimasukkan dalam latihan rutin yang sehat.

Meskipun, semua latihan tersebut tidak perlu dilakukan setiap hari, tetapi variasi membantu menjaga tubuh tetap bugar dan sehat sekaligus membuat makna olahraga menjadi menarik. Banyak jenis latihan yang berbeda dapat meningkatkan kekuatan, daya tahan, fleksibilitas, dan keseimbangan.

Latihan Keseimbangan

Memiliki keseimbangan yang baik adalah penting untuk banyak kegiatan yang kita lakukan setiap hari, seperti berjalan dan naik turun tangga. Dimana efek latihan yang meningkatkan keseimbangan dapat membantu mencegah jatuh seperti haknya dengan masalah umum pada orang dewasa yang lebih tua dan pasien stroke.

Latihan keseimbangan tersebut juga dapat bermanfaat bagi yang mengalami obesitas karena berat badan tidak selalu dibawa atau didistribusikan secara merata ke seluruh tubuh. Kehilangan keseimbangan bisa terjadi ketika berdiri atau bergerak tiba-tiba.

Pengertian Latihan Keseimbangan

Latihan keseimbangan adalah latihan khusus yang bertujuan untuk membantu meningkatkan kekuatan otot pada anggota tubuh bagian bawah (kaki) dan meningkatkan sistem vestibular atau kesimbangan tubuh, dimana seluruh organ berperan dalam sistem keseimbangan tubuh yaitu balance perception.

Pengertian Latihan Keseimbangan Menurut Para Ahli

Adapun definisi keseimbangan menurut para ahli, antara lain:

  1. Harsono (1988), Latihan keseimbangan adalah sebagai  kemampuan untuk  mempertahankan sistem neuromusculartersebut dalam  suatu  posisi atau  sikap  yang  efisien  selagi  kita  bergerak.
  2. Ratinus Darwis (1992), Arti keseimbangan dalam olahraga sebagai kemampuan untuk  mempertahankan  sistem saraf otot tersebut dalam suatu posisi atau sikap yang efisien selagi kta bergerak.

Jenis Latihan Keseimbangan

Macam Latihan Keseimbangan
Macam Latihan Keseimbangan

Harsono (1988) berpendapat ada jenis keseimbangan, yaitu:

  1. Keseimbangan statis (statis balance)

Keseimbnagan statis adalah keseimbangan yang ruang  geraknya  sangat  kecil. Contoh untuk keseimbangan dalam pemanasan statis misalnya:

  1. Berdiri di atas dasar yang sempit (balok keseimbangan, rel kereta api)
  2. Melakukan hand stand
  3. Mempertahankan keseimbangan   setelah berputar-putar di tempat
  1. Keseimbangan dinamis (dynamic balance) 

Kemampuan dinamis adalah kemampuan untuk  bergerak  dari  satu  titik  atau  ruang ke lain titik dengan mempertahankan keseimbangan. Keseimbangan untuk contoh pemanasan dinamis misalnya:

  1. Menari
  2. Latihan pada kuda-kuda  atau  palang  sejajar
  3. Ski air
  4. Skating
  5. Sepatu roda

Terdapat beberapa macam latihan keseimbangan yang bisa kita lakukan, antara lain:

  1. Latihan berdiri dengan satu kaki
  2. Latihan berdiri dengan satu kaki dan satu tangan diangkat
  3. Latihan berdiri dengan satu kaki dan mata ditutup
  4. Latihan berdiri dengan satu kaki diangkat ke belakang
  5. Latihan berdiri dengan satu kaki diangkat ke depan
  6. Latihan duduk dan tarik badan ke belakang
  7. Latihan duduk lalu berdiri
  8. Berjalan dengan latihan beban di atas kepala
  9. Latihan berjalan dengan lurus
  10. Latihan mengayunkan kaki
  11. Latihan memutar tangan searah jarum jam
  12. Latihan memutar kaki searah jarum jam
  13. Latihan berdiri di permukaan yang tidak rata
  14. Latihan squat dengan satu kaki
  15. Latihan squat dengan beban

Teknik Melakukan Latihan Keseimbangan

Latihan keseimbangan bisa dilakukan dirumah melalui aktivitas yang sederhana kemudian dilanjutkan ke level yang sulit. Beberapa latihan keseimbangan sederhana yang bisa dipraktekkan dirumah, antara lain:

  1. Latihan Untuk Pemula

Langkah-langkahnya yaitu:

  1. Berdiri disamping kursi yang tinggi yang memungkinkan tangan kita untuk memegangnya
  2. Gengamlah pegangan kursi tersebut
  3. Angkat satu kaki dan pertahankan kesimbangannya ketika berdiri
  4. Tahan sampai hitungan kesepuluh
  5. Ulangi pada kaki yang lain
  6. Lakukan pada setiap kaki 5 kali
  1. Latihan Untuk Intermediate (Menengah) 

Langkah-langkahnya yaitu:

  1. Berdiri disamping kursi yang tingi yang memungkinkan tangan kita untuk memegangnya.
  2. Tanpa memegang genggaman kursi tersebut angkatlah salahsatu kaki
  3. Tahan sampai hitungan kesepuluh
  4. Ulangi pada kaki yang lain
  5. Lakukan pada setiap kaki 5 kali
  1. Latihan Untuk Advance (Mahir) 

Langkah-langkahnya yaitu:

  1. Berdiri disamping kursi yang tinggi hanya untuk berjaga-jaga saja
  2. Tanpa menggenggam kursi angkatlah salah satu kaki
  3. Kemudian pejamkan kedua mata anda
  4. Tahan sampai hitungan kesepuluh
  5. Ulangi pada kaki yang lain
  6. Lakukan pada setiap kaki 5 kali

Manfaat Latihan Keseimbangan

Berikut ini beberapa manfaat yang menjadi tujuan latihan keseimbangan, antara lain:

  1. Mengatasi keseimbangan yang berkurang seiring bertambahnya usia

Seiring bertambahnya usia, keseimbangan tubuh kita akan menurun. Prediktor kritis untuk itu adalah lamanya seseorang dapat berdiri dengan satu kaki. Latihan keseimbangan adalah keterampilan kompleks yang melibatkan otak, otot, dan bagian telinga bagian dalam.

Jika kita tidak berlatih dan menjaga keseimbangan, koordinasi antara ketiga sistem ini dapat memburuk seiring waktu, membuat kita lebih sulit untuk tetap tegak dan mempertahankan postur yang tepat. Namun, berlatihlah keseimbangan agar semuanya berjalan seolah-olah tubuh kita jauh lebih muda, membantu kita mencegah beberapa masalah keseimbangan yang mungkin menyertai bertambahnya usia.

  1. Tidak mudah jatuh 

Latihan keseimbangan membantu kita mengendalikan tubuh bagian tengah kita dan anggota tubuh lainnya dengan lebih cekatan. Ini tidak hanya membantu meningkatkan keanggunan kita, tetapi juga membantu kita agar tidak mudah jatuh.

Ketika kita memiliki keseimbangan yang baik, kita dapat lebih cepat beradaptasi dengan perubahan posisi tubuh, menyesuaikan dengan cepat pada variasi ketinggian yang tidak terduga atau batu yang tidak kita lihat saat berjalan.

  1. Membentuk postur tubuh yang lebih baik

Berkat bentuk gerakan yang buruk, fokus pada pola gerakan yang sempit, dan gaya hidup yang semakin sedenter, rata-rata orang memiliki postur yang mengerikan. Banyak orang mengembangkan keterbatasan seperti bahu yang membungkuk, kemiringan panggul anterior, dan mobilitas punggung bawah yang berkurang.

Sebagian dari masalahnya adalah bahwa, sebagai penduduk, kita tidak melakukan latihan keseimbangan yang diperlukan untuk menangkal dampak buruk gaya hidup kita. Meningkatkan keseimbangan sangat baik untuk postur tubuh. Ini mengajarkan kita posisi statis dan dinamis yang alami untuk tubu kita.

  1. Pemulihan yang cepat ketika cedera

Banyak orang yang berlatih atletik mengalami cedera, terutama pada tungkai dan pergelangan kaki. Banyak dari apa yang diketahui tentang keseimbangan berasal dari penelitian pada orang dengan cedera kaki bagian bawah.

Apa yang ditunjukkan penelitian itu menarik: semakin banyak latihan keseimbangan yang dilakukan orang, semakin cepat mereka pulih dari cedera mereka. Latihan keseimbangan juga bisa mencegah cedera.

  1. Meningkatkan Koordinasi tubuh

Manusia harus memiliki koordinasi yang sangat baik, sama seperti hewan lain di habitat aslinya. Tetapi, peradaban modern mencegah banyak tugas fisik yang harus kita lakukan di masa lalu. Gaya hidup tidak aktif ini berarti kita jarang harus berlatih keseimbangan. Salah satu efek dari perkembangan ini adalah koordinasi kita yang umumnya buruk.

Contoh Latihan Keseimbangan

Contoh Latihan Keseimbangan
Contoh Latihan Keseimbangan

Adapun untuk macam-macam contoh latihan keseimbangan, antara lain;

  1. Berdiri dengan Satu Kaki

Salah satu jenis latihan keseimbangan yang mudah dilakukan ialah dengan berdiri menggunakan satu kaki. Gerakan ini barangkali tidak sepenuhnya seseorang menyadari bahwa telah melangsungkan keseimbangan. Disisi lain cara melakukannya juga dapat dengan mudah serta dapat dilakukan setiap hari atau sebanyak hari yang kita suka dan sesering yang kita suka.

  1. Berjalan di atas pagar

Sedangkan untuk contoh latihan keseimbangan dinamis adalah berjalan di atas pagar yang manfaatnya membantu menurunkan keseimbangan ke kategori respons refleksif. Pada akhirnya, dengan keseimbangan yang baik, Anda harus dapat beradaptasi secara intuitif dengan situasi praktis apa pun, tanpa harus memikirkannya.

Meski yang perlu dipahami, khusus orang dewasa yang lebih tua yang berisiko mudah jatuh harus melakukan pelatihan keseimbangan 3 hari atau lebih dalam seminggu dan melakukan latihan standar dari suatu program yang terbukti mengurangi jatuh.

  1. Yoga

Berlatih yoga dapat meningkatkan keseimbangan, kekuatan, dan fleksibilitas tubuh kita. Dimana hal ini pada dasarnya, tubuh kita memiliki dua jenis keseimbangan yaitu keseimbangan statis dan dinamis, yang masing-masing bisa dilatih dengan cara yang berbeda agar bermanfaat bagi tubuh kita, misalnya untuk membentuk postur tubuh yang baik dan agar kita tidak mudah jatuh.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan, dapatlah dikatakan bahwa latihan keseimbangan meningkatkan kemampuan untuk mengendalikan dan menstabilkan posisi tubuh kita.

Adapun untuk jenis latihan ini sangat penting untuk orang dewasa yang lebih tua, karena seiring bertambahnya usia, kemampuan kita untuk mengetahui di mana kita berada, yang disebut proprioception, semakin buruk, yang berkontribusi pada penurunan keseimbangan, kata Kelly Drew, seorang ahli fisiologi olahraga dari Amerika.

Maka, demikianlah tadi penjelasan dan ulasan yang bisa kami tuliskan kepada segenap pembaca terkait dengan materi dalam pengertian latihan keseimbangan menurut para ahli, jenis, teknik melakukan, dan manfaatnya. Semoga memberi referensi. Trimakasih,

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *