Tujuan dan Manfaat Olahraga Tinju

Diposting pada

Tujuan dan Manfaat Tinju

Olahraga tinju merupakan salah satu jenis olahraga tradisional dan modern yang tidak asing lagi bagi banyak orang. Apalagi tinju termasuk olahraga yang menjadi ajang kejuaraan sampai ke dunia internasional. Maka dari itu olahraga ini termasuk olahraga yang populer. Namun untuk bisa ahli dalam olahraga tinju ini tentusaja anda perlu berlatih dengan baik dan memerlukan jangka waktu tertentu.

Walaupun jika dilihat secara kasat mata, tujuan olahraga ini terkesan seperti bentuk perkelahian atau saling memukul, namun dalam olahraga ini memerlukan teknik, atau cara tertentu dalam bertanding. Maka dari itu tidak sebuah orang bisa melakukan tinju dengan mudah apalagi bagi mereka yang tidak pernah mendapatkan pengalaman atau pembelajaran secara langsung mengenai tinju itu sendiri.

Tinju

Tinju pada dasarnya memiliki istilah asing yaitu boxing. Sedangkan dalam bahsa Latin tinju dinamakan pugilism. Kata pugilism merupakan segala sesuatu yang berbentuk kotak. Sedangkan dalam catatan sejarah olahraga tinju itu sendiri pertama kali diperkenalkan oleh bangsa Romawi, Mesir, dan Yunani.

Awalnya seseorang yang melakukan tinju atau dinamakan petinju yang mengikuti pertandingan tidak menggunakan sarung tinju, namun mereka memakai sarung besi sehingga banyak petinju yang meninggal di area tinju karena terkena pukulan secara langsung dari sarung tangan besi tersebut.

Tujuan Tinju

Olahraga tinju merupakan salah satu cabang permainan yang mempunyai banyak tujuan. Antara lain;

  1. Latihan untuk perlindungan diri

Olahraga tinju merupakan salah satu jenis olahraga yang membantu seseorang memperoleh ilmu bela diri sekaligus. Karena pada olahraga ini setiap individu akan dijarakn teknik tinju dengan baik mulai dari pukulan, tendangan, mengunci dan lain sebagainya. Maka dari itulah secara tidak langsung olahraga tinju mampu digunakan untuk perlindungan diri.

  1. Meningkatkan kepercayaan diri

Olahraga tinju juga memiliki tujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri. Rasa percaya diri ini bisa didapatkan karena setiap petinju di latih untuk berani menunjukkan kemampuannya dihadapan lawan maupun orang – orang sekitar yang melihatnya.

Dengan hal tersebut maka membuat petinju mengharuskan memiliki rasa percaya diri yang tinggi agar pertandingan berlangsung dengan baik dan mampu mendapatkan hasil yang maksimal.

Sebagai informasi bahwa kepercayaan diri ini biasanya akan lebih mudah muncul pada saat daya tahan tubuh memiliki kekuatan, felsibiltas, keseimbangan dan pikiran yang sehat. Maka dari itu olahraga tinju perlu dilatih beberapa kali sebelum pertandingan dimulai.

  1. Cara untuk membentuk tubuh

Gerakan tinju terdiri dari beberapa gerakan. Pastinya hal itu membuat setiap petinju mendapatkan banyak latihan untuk memahami berbagai teknik yang diperlukan dalam tinju itu sendiri. Melalui gerakan tinju itu sendiri maka seseorang akan dilatih secara fisik maupun mental dengan begitu baik.

Sehingga hal itu membuat petinju memperoleh bentuk tubuh yang lebih ideal dan kuat yaitu berupa pembesaran otot-otot.

  1. Melatih otot inti dan stabilitas tubuh

Perlu anda ketahui bahwa tujuan olahraga tinju salah satunya yaitu mampu melatih otot – otot inti dalam tubuh. Gerakan tinju pada dasarnya banyak melibatkan otot inti diantaranya yaitu mulai dari otot panggul, punggung, pinggang, dan perut.

Setiap teknik pukulan yang dilakukan petinju bisa membantu melatih otot menjadi lebih kuat. Pada saat otot sudah semakin kuat, maka hal ini juga berdampak meminimalisir risiko cedera dan nyeri punggung. Bahkan lebih untungnya lagi kekuatan otot inti juga dapat berdampak pada postur tubuh yang semakin baik.

  1. Mengencangkan lengan serta menguatkan otot pundak

Apakah anda tahu bahwa petinju ternyata ada yang berjenis kelamin wanita. Dari hal ini pula ternyata ada kelebihan yang bisa diperoleh wanita yang melakukan latihan tinju. Keuntungan tersebut yaitu mereka bisa mengencangkan lngan serta mampu menguatkan otot pundak dengan lebih baik lagi.

  1. Meningkatkan kecerdasan berfikir

Tinju bukan hanya bertujuan untuk memperbaiki atau menguatkan fisik saja. Akan tetapi tinju juga bisa bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan berfikir.

Apakah anda tahu bahwa memukul samsak atau sparing tenyata sangat baik untuk membantu mengendalikan emosi dengan cara yang lebih sehat. Maka dari itu dengan bertinju, para petinju bisa meluapkan emosi atau amarah yang terpendam di dalam hati dan meningkatkan kecerdasan pula.

  1. Meningkatkan kedisiplinan

Olahraga tinju tidak bisa dilakukan dengan baik tanpa latihan secara teratur dan displin. Maka secara tidak langsung dengan melakukan olahraga tinju ini anda bisa meningkatkan tingkat kedisiplinan agar menjadi lebih baik lagi. Melalui kedisiplinan anda juga bisa memperoleh teknik tinju semakin baik, karena latihan bisa terus dilakukan dengan jadwal yang sesuai dan sudah ditentukan.

Manfaat Olahraga Tinju

Berikut dibawah ini yang merupakan manfaat yang didapatkan dari berolahraga tinju. Antara lain;

  1. Baik untuk kesehatan jantung

Perlu anda ketahui bahwa kekuatan jantung bisa dilihat dari seberapa banyak darah yang dapat dipompa. Melalui olahraga tinju anda bisa melakukan berbagai gerakan yang secara tidak langsung memberikan pasokan darah dan oksigen yang lebih cukup.

Maka dari itu dengan inilah denyut jantung istirahat menjadi lebih rendah dan detak jantung pun lebih teratur sehingga kesehatan jantung bisa lebih terjaga.

  1. Melatih otot inti dan stabilitas tubuh

Gerakan pada olahraga tinju pada dasarnya banyak melibatkan otot inti yang meliputi otot punggung, panggul, pinggang, dan perut. Pada saat otot sudah semakin kuat maka risiko teradinya cedera dan nyeri punggung pun dapat diminimalisir. Selain itu kekuatan otot inti juga bisa berpengaruh pada postur tubuh yang lebih baik.

  1. Meningkatkan koordinasi tubuh

Seseorang dalam melakukan gerakan di beberapa bagian tubuh secara bersamaan tentunya memerlukan kemampuan koordinasi yang baik. Arti olahraga tinju ini termasuk menjadi salah satu jenis olahraga yang tepat untuk meningkatan koordinasi tubuh. Gerakan tubuh bisa diatur semakin baik mulai dari tangan, kaki dan lain sebagainya.

  1. Membakar kalori lebih

Tinju adalah olahraga yang memerlukan banyak gerakan dan menguras banyak energi. Bahkan otot di seluruh tubuh pun bisa bekerja lebih keras lagu. Maka dari itu manfaat tinju yang diperoleh ialah mampu membakar lebih banyak kalori dan berdampak pada penurunan berat badan.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Olahraga tinju melatih kekuatan otot menjadi semakin baik dan hal ini membuat petinju tidak mudah merasa kelalahan. Artinya petinju memiliki daya tahan tubuh yang kuat pula. Bahkan tinju bisa membuat kerja paru-paru dalam menyerap oksigen dan menyalurkannya menuju aliran darah menjadi lebih efisien dan efektif.

  1. Melatih keseimbangan tubuh

Gerakan tinju yang dilakakukan secara spontan dan cepat ternyata dapat menambah kemampuan tubuh untuk menyeimbangkan diri agar tidak jatuh dengan mudah. Maka dari itu tinju dikatakan memiliki manfaat untuk melatih keseimbangan tubuh.

  1. Meredakan stress

Sebetulnya semua jenis olahraga mampu meredakan stress. Sala satunya yaitu olahraga tinju itu sendiri. Latihan tinju membuat anda harus mempertahankan diri dan menyerang objek dengan tepat. Hal inilah yang membantu seseorang mampu mengurangi stress dan meningkatkan rasa senang, puas dan semangat.

Nah, demikianlah artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan tujuan dan manfaat bermain tinju bagi tubuh yang ada di dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberikan edukasi bagi kalian yang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.