Bentuk Panduan Teknik Squat Jump Yang Harus Kamu Pahami

Diposting pada

Bentuk Teknik Squat Jump

Squat jump sejatinya adalah jenis olahraga tradisional yang menumpu pada kekuatan otot kaki. Sehingga pada proses melakukan latihannya anda perlu menyiapkan kekuatan otot dengan begitu teknik melakukannya bisa dijalankan dengan baik dan benar. Tahapan ini tentusaja bisa dilakukan dengan sebelumnya melakukan pemanasan statis dan pemanasan dinamis.

Oleh karena itulah latihan squat jump ini banyak dilaukan secara teratur, lantaran memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh mulai dari membentuk daya tahan lebih ideal hingga menguatkan, dan mengencangkan otot-otot.

Squat Jump

Latihan squat jump adalah salah satu latihan fisik yang terdiri dari dua macam gerakan yaitu jongkok dan lompatan. Latihan yang satu ini umumnya dapat dilakukan sebagai pemanasan untuk melakukan berbagai arti olahraga yang lebih lanjut.

Utamanya squat jump berfokus pada otot paha depan, paha belakang, gluteus, dan betis. Sehingga anda perlu melakukan squat jump pada permukaan yang kering. Kemudian untuk membuat betis agar terbentuk secara baik maka fokuslah dengan mengangkat ujung kaki setinggi mungkin sebelum mulai melompat.

Teknik Latihan Squat Jump

Olahraga squat jump termasuk salah satu jenis olahraga yang tidak begitu sulit pelaksanaannya. Berikut dibawah ini merupakan teknik latihan squat jump yaitu :

  1. Pemanasan terlebih dahulu

Teknik pertama kali dan wajib untuk anda lakukan agar tubuh tidak kaku dan lebih rileks yaitu lakukan pemanasan sebelum squat jump dimulai. Pemanasan ini berfungsi untuk, menyiapkan tubuh ketika akan melakukan aktivitas fisik. Bahkan pemanasan juga sangat penting untuk menghindari terjadinya cidera dan lain-lain.

  1. Cari tempat yang aman

Sebelum anda melakukan olahraga squat jump, pastikan terlebih dahulu bahwa lokasi atau tempat yang akan anda tempati adalah lokasi yang aman dan nyaman untuk beraktivitas. Anda juga perlu menyiapkan beberapa peralatan lengkap mulai dari sepatu, alat minum dan lain sebagainya yang berfungsi untuk menunjang kebutuhan anda dalam berolahraga.

  1. Lakukan dengan cara yang benar

Teknik yang berikutnya lakukan olahraga squat jump dengan urutan yang benar agar olahraga benar – benar mendapatkan hasil atau manfaat yang baik untuk tubuh. Berikut dibawah ini merupakan beberapa hal atau panduan untuk melakukan latihan squat jump dengan benar yaitu :

  1. Posisi tubuh berdiri tegak dengan kaki dibuka lebar
  2. Kedua tangan diletakkan di belakang kepala dengan siku menghadap luar
  3. Bagian lutut di tekuk hingga paha sejajar dengan lantai
  4. Mulailah angkat tubuh dan loncat dengan setinggi – tingginya sesuai dengan kemampuan anda
  5. Mendaratlah secara perlahan dengan posisi jongkok
  6. Lakukan cara ini secara berulang sesuai dengan kemampuan yang anda miliki
  1. Tutup sesi latihan dengan peregangan

Selanjutnya setelah sesi latihan squat jump selesai maka anda bisa menutup olahraga ini dengan melakukan peregangan. Tujuan dilakukannya peregangan ini yaitu untuk mengembalikan fleksibilitas otot agar kembali rileks setelah tubuh melakukan kegiatan berulang.

  1. Jangan berlebihan

Sebagai informasi bahwa latihan squat jump ini memerlukan persiapan maupun pelaksanaan dengan baik. Maka dari itu ktika merasa bahwa squat jump termasuk olahraga yang menyenangkan dan ringan untuk dilakukan, namun tetap harus hati-hati dan jangan melakukan latihan ini secara berlebihan, karena justru akan membuat sendi dan tulang menjadi rusak atau tidak kuat.

Oleh karena itulah untuk menekuk ujung lutut diusahakan tidak melebihi ujung jari kaki. Gerakan dapat dilakukan sebanyak 3 set dengan 10 kali repetisi.

Nah, demikianlah artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan panduan berbagai macam teknik melakukan squat jump yang bisa langsung untuk dipraktekan. Semoga memberikan referensi bagi semua kalangan.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *