Ruang Lingkup Ilmu Biomekanika Olahraga

Diposting pada

Biomekanika Olahraga

Pendidikan olahraga memang sangat diperlukan bagi seluruh manusia yang hidup di muka bumi ini. Alasannya karena dengan melakukan olahraga sangat penting dan dapat membantu aktivitas hidup seseorang menjadi lebih nyaman, mudah, dan aman. Sebagai informasi ternyata jenis olahraga modern dan jenis olahraga tradisional banyak sekali bentuk atau macamnya.

Semua jenis-jenis olahraga tersebut tentunya ada strategi, teknik, atau gerakan-gerakan tertentu yang harus dilakukan. Perlu anda ketahui dalam dunia olahraga ada yang namanya ilmu biomekanika olahraga, dan ilmu ini khusus untuk mempelajari berbagai hal yang ada kaitannya dengan teknik maupun gerakan dari setiap jenis olahraga itu sendiri.

Biomekanika Olahraga

Definisi biomekanika olahraga mungkin memang sedikit asing terdengar dan kemungkinan juga belum banyak orang mengetahui makna atau arti penting dari biomekanika olahraga itu sendiri.

Bahkan ada sebuah pertanyaan mengapa biomekanika olahraga penting untuk dipelajari? Alasannya biomekanika ini sangat penting dikhuasai seorang guru pendidikan jasmani, pelatih atau beberapa spesialis aktifitas fisik lainnya karena dalam ilmu biomekanika olahraga ada berbagai hal yang dibahas.

Ruang Lingkup Ilmu Biomekanika

Dibawah ini yang termasuk yang menajdi ruang lingkup kajian dalam ilmu biomekanika olahraga. Antara lain;

  1. Developmental biomechanics

Developmental biomechanics adalah kajian ilmu biomekanika olahraga yang secara khusus memahami atau pun mempelajari perubahan dari setiap pola atau gerakan seseorang selama hidup dan perubahan gerakan pada orang-orang cacat.

Contoh dari ruang lingkup yang satu ini misalnya yaitu sebuah analisis yang dilakukan terhadap orang-orang yang menderita celebral palsy.

  1. Biomechanics of exercise

Biomechanics of exercise adalah kajian ilmu biomekanika yang mempelajari berbagai hal usaha-usaha untuk meningkatkan keuntungan yang dapat anda peroleh dari setiap latihan kekuatan dan latihan kecepatan demi mengurangi kemungkinan terjadinya cedera pada tubuh pada saat melakukan olahraga.

Kajian yang menjadi fokus dalam ilmu biomechanics of exercise misalnya saja ketika akan melakukan olahraga sepak bola, maka setiap orang tersebut harus terlebih dahulu melaksanakan pemanasan statis dan pemanasan dinamis agar tumbuhnya menjadi kuat dan siap untuk bermain dengan salah satu permainan bola besar ini.

  1. Rehabilitation mechanics

Rehabilitation mechanics adalah ilmu biomekanika yang secara khusus mempelajari pola gerak orang-orang tertentu khsuusnya ialah yang sedang mengalami cedera pada bagian tubuh. Kajian ini tentusaja lebih fokus pada pembentukan daya tahan saat akan melakukan arti olahraga tertentu.

  1. Equipment design

Equipment design adalah ilmu biomekanika yang mempelajari desain atau pola dari setiap peralatan yang digunakan dalam berbagai bentuk kegiatan olahraga.

Contoh ruang lingkup ini yaitu memperlajari berbagai desain mulai dari desain raket tenis, pakaian, sepeda balap, bulutangkis, sepatu atletik, bolaperalatan golf, dan lain-lain. Bahkan untuk penggunaan sanggar dan matras dalam senam tertentu juga dikaji dalam bagian ini.

  1. Sports Biomechanics

Sports biomechanics adalah cabang ilmu biomekanika yang dipelajari dan digunakan untuk meningkatkan efisiensi gerak atlet pada saat bertanding atau mungkin ketika menampilkan cabang olahraga. Contoh yang termasuk dalam ruang lingkup sport biomechanics antara lain analisis teknik, evaluasi program latihan dan identifikasi cidera olahraga.

Kesimpulan

Dari pembahasan tersebut dapatlah disimpulkan bahwa kajian disiplin ilmu ini bisa mencangkup pada proses mengidentifikasi bakat, melatih teknik, memberikan latihan terapi (latihan pembetulan teknik gerak), mengevaluasi teknik, hingga dalam menentukan peralatan yang akan digunakan oleh seorang atlet.

Bahkan dengan mempunyai ilmu pengetahuan yang baik tentang biomekanika olahraga anda akan mampu untuk mengevaluasi teknik yang digunakan dalam keterampilan olahraga yang tidak dikenal serta dapat pula mengevaluasi teknik -teknik baru dalam olahraga yang sudah anda kenal sebelumnya.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan ruang lingkup kajian ilmu biomekanika olahraga dan contohnya. Semoga bisa membantu kalian yang pada saat ini memang sangat membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *