Pengertian Pemanasan Dinamis, Jenis, Manfaat, dan Contohnya

Diposting pada

Pemanasan Dinamis Adalah

Pemanasan adalah persiapan untuk aktivitas fisik atau pertunjukan dengan berolahraga atau berlatih dengan lembut terlebih dahulu. Misalnya, sebelum berlari atau bermain berabagi arti olahraga intensif, atlet mungkin berlari perlahan untuk menghangatkan otot mereka dan meningkatkan detak jantung mereka. Pemanasan dapat meningkatkan kekuatan otot lutut, yang, pada gilirannya, dapat mengurangi cedera.

Pemanasan bisa ini dilakukan secara pemanasan statis maupun secara dinamis. Pemanasan dinamis adalah serangkaian gerakan yang dilakukan secara dinamis dengan tujuan mengembalikan fleksibilitas aktif dan/atau mempersiapkan sendi, jaringan ikat, dan otot untuk gerakan dinamis dengan tujuan untuk mempromosikan kekuatan otot (melalui konsentrik, isometrik, kontraksi eksentrik). Pemanasan dinamis bisa dilakukan dengan cara berlari-lari kecil di tempat.

Pemanasan Dinamis

Pemanasan dilakukan sebelum pertunjukan atau latihan. Para atlet, penyanyi, aktor, dan lainnya melakukan pemanasan sebelum memberikan tekanan pada otot mereka. Ini dilakukan untuk mempersiapkan otot-otot untuk tindakan yang kuat.

Otot tubuh telah menerima pemanasan terlebih dahulu dapat mencegah kram dan cedera otot karena aktivitas yang berlebihan. Latihan pemanasan dan peregangan adalah kunci untuk meminimalkan semua jenis cedera olahraga.

Ada dua jenis pemanasan yang umum dilakukan oleh para atlet, yaitu pemanasan statis dan pemanasan dinamis. Pada dasarnya gerakan pada pemanasan dinamis hampir sama dengan pemanasan statis. Perbedaan anatara kedua jenis pemanasan tersebut salah satunya adalah pada frekuensi setiap gerakan yang dilakukan berbeda.

Gerakan pada pemanasan dinamis ini dilakukan berulang-ulang, sedangkan pada pemanasan statis gerakannya hanya ditahan dan dihitung hingga berberapa hitungan yang sama. Gerakan yang dikategorikan sebagai pemanasan dinamis misalnya adalah gerakan kepala ditengokan keatas kebawah, tangan ditekuk pendek-pendek panjang-panjang maupun gerakang kombinasi (bongkok jongkok bongkok tegak).

Pengertian Pemanasan Dinamis

Pemanasan dinamis adalah serangkaian bentuk pemanasan yang dilakukan dengan menggunakan gerakan yang saling berkesinambungan atau saling berkaitan. Tujuan dari pemanasan dinamis adalah untuk meningkatkan aliran darah ke area yang akan bekerja dan membangunkan sistem saraf di seluruh tubuh.

Pemanasan dinamis yang baik harus terdiri dari komponen-komponen berikut:

  1. Pemanasan aerobik ringan
  2. Meningkatkan kinerja jaringan lunak pada foam roller atau Self-myofascial release (SMR) (opsional)
  3. Latihan pemanasan dinamis (peregangan dinamis)

Secara umum, dapat menyelesaikan pemanasan dinamis yang hebat dalam waktu sekitar 10 menit, 5 menit untuk komponen aerobik ringan, dan 5 menit untuk peregangan dinamis. Jika kita memasukkan foam roller, kita dapat menambahkan 3-5 menit lagi (itu sangat berharga).

Pengertian Pemanasan Dinamis Menurut Para Ahli

Adapun definisi pemanasan dinamis menurut para ahli, antara lain:

ASI Athlete Training Centre

Pemanasan dinamis dapat didefinisikan sebagai serangkaian latihan gerakan yang dilakukan dalam urutan progresif dan secara sengaja dari intensitas rendah ke sedang. Latihan awal mungkin termasuk jogging menggunakan gerakan yang berbeda atau latihan lari, dan kemudian secara bertahap maju ke akselerasi cepat dan perubahan arah.

Intensitas yang semakin meningkat tersebut memungkinkan sistem peredaran darah untuk menyuntikkan darah ke otot-otot yang bekerja untuk pemanasan terus-menerus pada jaringan lunak.

Jenis Pemanasan Dinamis

Jenis-jenis pemanasan dinamis, antara lain:

  1. Pemanasan Dinamis Pada Kepala, Tangan, dan Pinggang

Gerakan pemanasan dinamis di daerah kepala, pinggang, dan tangan hampir sama dengan gerakan pada pemanasan statis. Namun perlu diingat untuk dapat melakukan setiap gerakan yang dilakukan secara berulang hingga hitungan tertentu tanpa ditahan terlebih dahulu.

Perlu kita ingat pula bahwa dalam hal penghitungan diharuskan jumlah hitungannya sama agar seimbang pemanasan antara satu otot dengan otot yang lain. Kita juga harus melakukannya dengan sungguh-sungguh karena untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ketika sedang melakukan olahraga.

  1. Pemanasan Dinamis Pada Daerah Kaki

Pemanasan dinamis pada daerah kaki bisa dilakukan dengan cara lari di tempat atau lari biasa (jogging). Kita harus ingat bahwa jumlah hitungannya harus sama dan dilakukan dengan sepenuh hati agar terhindar ari hal-hal yang tidak diinginkan seperti cedera.

Sebelum melakukan olahraga inti yang dominan dalam menggerakkan otot, sendi dan tulang harus didahului adanya kegiatan pemanasan yang cukup dan sungguh-sungguh agar tidak mengakibatkan cedera otot dan cedera sendi.

Tentunya apabila mengalami cedera maka aktvitas kerja akan terganggu ataupun aktivitas olahraga kedepannya mungkin akan sangat menyakitkan, sehingga perlu perawatan medis lebih lanjut. Cedera otot yang biasanya terjadi misalnya keseleo, salah urat, terkilir, kram otot, sakit otot, dan sebagainya.

Manfaat Pemanasan Dinamis

Pemanasan dinamis adalah aspek kunci dari setiap sesi pelatihan, dan sering menemukan dirinya dilakukan pada tahap paling awal (sering setelah jaringan lunak, mobilitas, atau pemanasan keadaan stabil secara umum). Berikut ini adalah enam manfaat pemanasan dinamis yang menjadi kunci kinerja dalam pelatihan, antara lain:

  1. Meningkatkan Denyut Jantung

Peningkatan detak jantung adalah salah satu aspek paling vital dari pemanasan apa pun. Ini memungkinkan sistem fisiologis (pernapasan, kardiovaskular, peredaran darah, muskuloskeletal, endokrin, neurologis, dan bahkan pencernaan), di seluruh tubuh untuk meningkatkan suhu tubuh, aliran darah, curah jantung, dan mempersiapkan diri untuk pelatihan intensif.

Selain itu, proses ini dapat memulai proses aerobik yang dapat meningkatkan kapasitas kerja pada awal latihan untuk benar-benar memaksimalkan setiap perwakilan.

  1. Meningkatkan Suhu Tubuh Bagian Tengah (Core)

Peningkatan suhu tubuh bagian tengah memastikan bahwa otot, kapsul sendi, dan jaringan ikat dapat disiapkan untuk gerakan dengan intensitas lebih tinggi.

  1. Meningkatkan Aliran Darah ke Jaringan Otot

Ketika kita berolahraga, aliran darah dikeluarkan dari usus dan perut dan dipompa ke arah otot, paru-paru, jantung, dan otak yang bekerja untuk meningkatkan kinerja otot. Dengan menambahkan pemanasan dinamis, kita dapat memastikan bahwa darah yang kaya oksigen dikirim ke otot kita pada awal pelatihan.

  1. Merangsang Sistem Saraf

Peningkatan aliran darah, koneksi otot-pikiran, dan pola motorik semua dapat terjadi selama dan mengikuti pemanasan dinamis. Pemanasan dinamis membantu memastikan bahwa tubuh dan pikiran kita siap sepenuhnya untuk sesi pelatihan yang akan datang.

  1. Meningkatkan Mobilitas

Sementara masalah mobilitas mungkin menuntut manipulasi jaringan, itu juga dapat diperbaiki dengan peningkatan kontrol jangkauan akhir dan gerakan, yang keduanya dapat ditargetkan oleh pemanasan dinamis yang bijaksana.

  1. Mengurangi Risiko Cedera

Semua manfaat pemanasan dinamis di atas dapat menghasilkan tingkat ketahanan cedera yang lebih tinggi selama latihan dengan intensitas yang lebih tinggi.

Kegagalan melakukan pemanasan yang memadai dapat menyebabkan ketegangan otot, tendon yang berlebihan dan stres ligamen (kurangnya keterlibatan otot), dan / atau masalah gerakan umum yang dapat mengakibatkan cedera pola gerak yang terlalu sering digunakan/kompensasi.

Contoh Pemanasan Dinamis

Berikut ini penjelasan singkat terkait contoh gerakan yang sering dilakukan dalam pemanasan dinamis, antara lain:

  1. Mengerakkan Selangkangan (Groiners)

Selangkangan adalah salah satu gerakan yang bisa mengenai hampir setiap sendi di tubuh. Dengan melakukan lunge yang dalam dan menempatkan tangan kita ke lantai, kita dapat benar-benar meregangkan pinggul dan selangkangan untuk mempersiapkan diri untuk jongkok, tarikan, dan gerakan atletik. Tambahkan pula komponen toraks, maka kita akan memiliki potensi menggerakan tubuh secara total.

  1. Membengkokkan dan meluruskan lutut (Walkouts)

Membengkokkan atau luruskan lutut merupakan aktivitas yang luar biasa dalam meningkatkan fungsi pinggul dan pola yang diperlukan untuk squat dan tarikan. Selain itu, ini dapat membantu meregangkan paha belakang dan punggung bawah secara dinamis untuk mempersiapkan gerakan rantai posterior yang eksplosif (berlari, berlari, mengangkat, angkat berat, dan lain-lain).

  1. Merangkak (Crawls)

Merangkak adalah sebagai dasar yang bisa didapat, namun banyak atlet tidak memiliki mobilitas, stabilitas, dan koordinasi yang diperlukan untuk melakukan pola gerakan mendasar ini. Menambahkan aktivitas merangkak ke dalam program pelatihan rutin pemanasan dinamis dapat membantu memaksimalkan kesiapan dan kinerja secara keseluruhan.

  1. Berjongkok (Cossack Slides/Squats)

Berjongkok adalah gerakan yang bagus untuk meningkatkan mobilitas pinggul, lutut, dan pergelangan kaki dan mempersiapkan sendi untuk pergerakan menghasilkan rentang gerak yang lebih luas dan output gaya. Ini adalah kunci untuk olahraga seperti angkat besi, baseball / softball (catcher), dan olahraga adalah mobilitas dan fleksibilitas adalah faktor untuk ketahanan cedera (jadi semuanya).

  1. High Knees

Ini adalah latihan yang dinamis yang dapat membantu meningkatkan laju produksi gaya melalui otot-otot pinggul, paha depan, dan paha belakang. Ini memiliki aplikasi tinggi untuk berlari, berlari, dan bahkan angkat berat (di mana atlet harus menarik diri dengan cepat ke dalam pinggul dan lutut dalam).

  1. Melompat (Jump)

Melompat termasuk pemanasan dinamis yang bertujuan untuk mempersiapkan atlet untuk latihan plyometrik yang lebih eksplosif dan berdampak lebih tinggi.

Itulah tadi penjelasan dan pengulasan materi tentang pendidikan jasmani yang bisa kami sebutkan kepada segenap pembaca berkaitan pada pengertian pemanasan dinamis menurut para ahli, jenis, manfaat, dan contohnya dalam berbagai bidang. Semoga memberikan wawasan.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *