Pengertian Polo Air, Jenis, Teknik Melakukan, dan Manfaatnya

Diposting pada

Pengertian Polo Air

Polo air adalah arti olahraga kompetitif yang dimainkan di air antara dua tim. Dalam permainan ini, kedua tim berusaha untuk mencetak gol dengan melemparkan bola ke gawang tim lawan. Tim dengan gol terbanyak di akhir pertandingan memenangkan pertandingan. Setiap tim terdiri dari enam pemain lapangan dan satu penjaga gawang. Tidak termasuk kiper, pemain berpartisipasi dalam peran ofensif dan defensif.

Polo air biasanya dimainkan di kolam yang sangat dalam sehingga pemain tidak dapat menyentuh bagian bawah. Kerja tim, pemikiran taktis, dan kesadaran juga merupakan aspek yang sangat penting dalam permainan polo air. Selain itu, pemain juga harus menguasai teknik renang dan teknik menangani bola. Permainan ini bermanfaat untuk kesehatan jantung, membangun daya tahan tubuh, dan lain-lain.

Polo Air

Polo air adalah olahraga yang dimainkan di kolam renang oleh tim beranggotakan tujuh orang dengan bola apung menyerupai bola sepak. Permainan ini awalnya disebut “sepakbola-di-air,” dan memang itu lebih seperti sepak bola dan bola basket daripada polo.

Olahraga ini berasal dari Britania Raya pada tahun 1870-an. Aturan pertama ditetapkan di Skotlandia pada tahun 1877, ketika tiang gawang disarankan. Ketika pertandingan polo air internasional pertama kali diadakan di London pada tahun 1890, Skotlandia menang meskipun tim bermain berdasarkan aturan Inggris, yang kemudian membentuk dasar peraturan internasional.

Permainan ini diperkenalkan ke Amerika Serikat pada tahun 1880-an. Inggris Raya adalah pemenang pertama di Olimpiade di Paris pada tahun 1900 dan juga pada pertandingan 1908, 1912, dan 1920. Dominasi dunia awal Britania Raya disusul oleh Hongaria, Italia, Belanda, dan negara-negara Eropa Timur.

Pengertian Polo Air

Polo air adalah olahraga bola yang dimainkan di air. Ini memiliki kesamaan dengan bola basket dan sepak bola, meskipun pemain ada di kolam renang. Pemain mencoba memasukkan bola ke gawang lebih dari tim lawan, tanpa menggunakan kacamata. Polo air dimainkan di kolam dengan kedalaman di atas 2 m, garis vertikal 30 m dan lebar 20 m.

Polo air adalah permainan tim. Dua tim memainkan pertandingan. Setiap pertandingan memiliki empat periode yang disebut kuartal. Panjang setiap periode biasanya antara 5 dan 8 menit. Karena jumlah waktu yang dihabiskan untuk pelanggaran atau lemparan tidak dihitung dalam waktu seperempat, seperempat rata-rata benar-benar berlangsung sekitar 12 menit.

Setiap tim memiliki enam pemain lapangan dan satu penjaga gawang. Mereka membutuhkan refleks dan kesadaran yang baik. Peralatan khusus untuk polo air termasuk bola polo air, bola dengan berbagai warna yang mengapung di atas air; topi bernomor dan berwarna; dan dua gol, yang mengapung di air atau melekat pada sisi kolam.

Pengertian Polo Air Menurut Para Ahli

Adapun definisi polo air menurut para ahli, antara lain:

Cambridge Dictionary

Polo air adalah permainan yang dimainkan di dalam air di mana dua tim perenang mencoba memasukkan bola ke gawang tim lain.

Merriam-Webster

Polo air adalah permainan yang mirip dengan sepak bola yang dimainkan di air oleh tim perenang menggunakan bola yang menyerupai bola sepak.

Jenis Polo Air

Sebelum Perang Dunia II, dua jenis polo air dimainkan, yang pertama yaitu tipe sepak bola air (the water-soccer type), yang menggunakan bola yang benar-benar mengembang, beratnya antara 400 dan 450 gram (14 dan 16 ons), dan menekankan ketrampilan passing (mengumpan).

Yang kedua yaitu gaya permainan dengan melakukan kontak tubuh yang kasar (the rugged body-contact style of play) disukai di Amerika Serikat, menggunakan bola semi-inflated, dengan premi ditempatkan pada mempertahankan kepemilikan.

Namun, setelah tahun 1937, hanya permainan dengan bola yang digembungkan sepenuhnya yang diakui secara resmi. Polo air dimainkan di sebagian besar dunia, dan kompetisi internasional tersebar luas. Perempuan mulai bersaing secara internasional pada tahun 1978.

Teknik Melakukan Polo Air

Ada dua macam teknik latihan dalam permainan polo air, yaitu:

  1. Teknik latihan renang polo air

Dalam teknik renang polo air, semua pemain harus menguasai beberapa teknik gaya renang, diantaranya yaitu gaya bebas, gaya samping, gaya dada, gaya punggung, injakinjak di air, dan loncat-loncat di air.

  1. Teknik latihan dengan bola

Beberapa keterampilan dasar yang berhubungan dengan penanganan bola, diantaranya yaitu:

  • Picking up the Ball (Mengambil Bola)

Untuk mendapatkan pegangan yang baik saat mengambil bola, jari-jari dan ibu jari harus didistribusikan secara merata di atas massa bola. Pemain dapat memilih bola di bawah air atau di atas air. Pemain sering mengambil bola dari atas air dengan tujuan menembak. Memilih bola di bawah air hanya bertujuan untuk memetik.

  • Moving the Ball (Memindahkan Ball)

Para pemain dapat mentransfer bola dari satu pemain ke pemain lain tetapi mendorong bola di bawah air tidak diperbolehkan karena dapat mengakibatkan pergantian pemain. Dalam hal ini, pemain harus mentransfer bola ke tim lawan.

  • Passing the Ball (Mengumpan bola)

Ada dua cara mengumpan bola dalam polo air, yaitu umpan kering (dry passing) dan umpan basah (wet passing). Jika pemain mengoper bola tanpa menyentuh air, maka itu disebut umpan kering.  Dengan kecepatan optimal tujuannya adalah untuk mengoper bola dari satu tangan ke tangan lain tanpa mengambilnya dari air.

Melalui penggunaan putaran belakang, pemain membuatnya mudah bagi rekan satu timnya untuk menangkap bola. Sedangkan teknik umpan basah digunakan untuk secara sengaja mendaratkan bola di atas air. Untuk tim yang memiliki hole set yang sangat kuat, ini adalah strategi ofensif yang sangat kuat.

  • Shooting the Ball (Menembak Bola)

Gol dapat dicetak dengan bagian tubuh apa pun kecuali untuk kepalan tangan. Mengalahkan penjaga gawang dari jarak jauh sangat sulit. Oleh karena itu para pemain selalu mencoba untuk mengambil tembakan dekat sebagai ketukan lembut pada bola di arah yang benar untuk mencetak gol.

Pemain yang memiliki target menembak yang baik dapat memilih teknik tembakan kekuatan di mana mereka perlu menghasilkan kekuatan bola dengan mendorongnya dengan kecepatan hingga 60-90 Km per jam dan akhirnya menargetkannya ke arah gawang.

Beberapa pemain menggunakan bouncing shot di mana bola ditembak dalam satu arah tetapi bouncing mengarahkannya ke arah gawang. Para pemain juga dapat menggunakan teknik lob shot di mana mereka melemparkan bola dalam kurva panjang ke tiang gawang.

Manfaat Polo Air

Berikut ini manfaat kesehatan dari bermain polo air, antara lain:

  1. Baik bagi kesehatan jantung

Olahraga polo air sangat baik untuk kesehatan jantung, karena semua gerakannya membuat jantung terus memompa secara maksimal.

Benjamin Soon, seorang Asisten Dosen di program fisioterapi Singapore Institute of Technology menyatakan bahwa membuat jantung memompa lebih tinggi dari laju istirahatnya dapat membantu dalam mencegah penyakit jantung dan memperbaiki serta mengembalikan kerja jantung secara maksimal.

  1. Membakar kalori dalam jumlah yang cukup kalori

Ketika bermain polo air, kita akan mengerahkan seluruh tenaga untuk bertanding, sebab olahraga yang satu ini tidak memperbolehkan pemainnya untuk menyentuh dasar kolam. Jadi kaki pemain perlu terus bergerak selama permainan.

Gerakan yang konstan tersebut bisa membakar kalori secara maksimal, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan. Melakukan olahraga yang satu ini dapat membakar sekitar 10 kalori per menit. Akan tetapi, tentunya hal itu berbeda-beda bagi setiap orang tergantung dengan kondisi fisiknya.

  1. Membangun daya tahan tubuh

Polo air dapat membantu meningkatkan stamina dan daya tahan, sehingga ketika melakukan aktivitas berat tertentu, kita tidak mudah lelah dan kehabisan tenaga.

Dikutip dari Health Fitness Revolution, sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2001 menemukan fakta bahwa melakukan latihan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh bermanfaat dalam mengurangi stres oksidatif yang bisa merusak sel-sel tubuh yang sehat.

Sehingga bisa disimpulkan bahwa olahraga polo air selain bermanfaat untuk membangun daya tahan tubuh juga bisa budaya hidup sehat secara keseluruhan.

  1. Membentuk otot

Ketika olahraga polo air, semua bagian tubuh pemain ikut bergerak. Mereka juga perlu menjaga tubuhnya untuk tetap berada di permukaan. Hal itu mengakibatkan kelompok otot yang jarang digerakkan pun menjadi terlatih dengan berbagai gerakan yang dilakukan seperti berputar, mengangkat tangan, dan juga menendang.

  1. Tidak bikin tubuh cepat lelah

Berolahraga di air menjadi pilihan yang tepat karena suhu tubuh tidak akan naik secara drastis. Pasalnya, air dapat memberikan efek pendinginan yang bisa mencegah agar kita tidak cepat lelah. Oleh sebab itu, polo air dan olahraga air lainnya dapat membantu melatih tubuh untuk bisa berolahraga lebih panjang tanpa mudah lelah.

Demikianlah tadi penjelasan dan ulasan lengkap yang bisa kami sebutkan kepada segenap pembaca terkait dengan materi dalam pengertian polo air menurut para ahli, jenis, teknik melakukan perminanan, dan manfaatnya. Semoga bermanfaat. Trimakasih,

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *