Pengertian Sanggar, Jenis, dan Contoh Olahraga Yang Menggunakannya

Diposting pada

Pengertian Sanggar

Secara umum, sanggar bisa diartikan sebagi tempat yang digunakan oleh suatu komunitas untuk melakukan kegiatan tertentu. Kegiatan-kegiatan tersebut beragam. Hal itu sekaligus menjadi pembeda antara jenis sanggar yang satu dengan jenis sanggar lainnya. Misalnya sanggar Ibadan tentunya memiliki kegiatan dan fungsi yang berbeda dengan sanggar seni dan sanggar dalam arti olahraga.

Sanggar seni itu sendiri bisa dibedakan menjaid beberapa macam yaitu seni tari, seni lukis, seni kerajinan atau seni peran. Kegiatan yang dilakukan di sanggar berupa kegiatan pembelajaran tentang seni, yang melncakup roses dari pembelajaran, penciptaan, hingga produksi. Sedangkan pada sanggar olahraga, misalnya sanggar senam, kegiatan yang dilakukan pastilah yang berkaitan dengan pelatihan senam. Untuk menunjang kegiatan tersebut, sanggar olahraga harus memiliki fasilitas pendukung, salah satunya yaitu matras.

Sanggar

Sanggar adalah tempat yang diguankan untuk melakukan kegiatan yang bersifat non formal. Mungkin istilah yang satu ini paling banyak kita dengar kaitannya dengan kegiatan-kegiatan seni, Akan tetapi, secara lebih luas, istilah sanggar juga mengacu sebagai tempat kegiatan yang non-seni. Bahkan ada pula olahraga yang juga membutuhkan sanggar sebagai tempat latihannya, misalnya senam.

Pengertian Sanggar

Sanggar dapat diartikan sebagai suatu tempat atau sarana yang digunakan oleh suatu komunitas atau sekumpulan orang untuk melakukan suatu kegiatan.

Pemilik sanggar merupakan orang yang memiliki peran sangat penting dalam pengelolan suatu sanggar. Sebab berkaitan dengan sumber dana dan sumber daya bagi kegiatan, pemilik sanggar memberikan dukungan dana, menyiapkan sarana dan prasarana yang akan digunakan dan kelegkapannya, mengatur tata tertib dalam berlatih pengelolaan anggaran rumah tanggga sanggar.

Pengertian Sanggar Menurut Para Ahli

Adapun definisi sanggar menurut para ahli, antara lain:

  1. Rusliana (1990), Sanggar dapat didefinisikan sebagai wadah kegiatan dalam membantu dan menunjang keberhasilan dan penguasaan dalam bidang pengetahuan dan keterampilan.
  2. Kamus Besar Bahasa Indonesia (2008)

Sanggar adalah:

  1. Tempat pemujaan yang terletak di pekarangan rumah
  2. Tempat untuk kegiatan seni (tari, lukis, dan sebagainya)

Jenis Sanggar

Terdapat bermacam-macam jenis sanggar, antara lain:

  1. Sanggar Ibadah

Sanggar ibadah ialah tempat yang digunakan untuk beribadah. Sanggar ibadah biasanya terletak di halaman belakang rumah, sesuai tradisi masyarakat Jawa zaman dulu. Salah satu contoh ibadah yang ada di Indonesia misalnya sanggar ibadah milik penganut Penghayat Kepercayaan Sapta Darma di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

  1. Sanggar Seni

Sanggar seni merupakan tempat atau sarana yang digunakan oleh suatu komunitas tertentu untuk melakukan aktivitas seni. Ada beragam sanggar seni seperti seni tari, seni lukis, seni kerajinan atau kriya, seni teater, dan lain-lain.

Sanggar seni juga bisa diartikan sebagai tempat atau wadah bagi manusia untuk melakukan atau mempelajari suatu kesenian yang tujuannya untuk selalu menjaga kelestariannya di masyarakat.

Kegiatan yang dilakukan di sanggar seni berupa kegiatan pembelajaran tentang seni, yang mencakup proses pembelajaran, penciptaan hingga produksi. Hampir sebagian besar proses tersebut dilakukan di sanggar. Akan tetapi, itu juga sangat bergantung pada ketersediaan fasilitas yang ada di sanggar.

Misalnya, jika akan menghasilkan karya berupa benda, seperti patung, lukisan, kerajinan tangan, maka proses akhirnya yaitu melakukan pemasaran atau pameran, jika karya seni yang dihasilkan bersifat seni pertunjukan, seperti teater, tari, pantomim, maka proses akhir adalah pementasan.

Sanggar seni termasuk dalam kategori pendidikan nonformal. Pendirian sanggar seni biasanya dilakukan secara mandiri atau perorangan. Terkait tempat dan fasilitas belajar dalam sanggar tergantung dari kondisi masing-masing sanggar, ada sanggar yang kondisinya sangat terbatas, tapi ada juga yang mempunyai fasilitas lengkap.

Sistem atau kegiatan-kegiatan yang terjadi dalam sanggar seni sangat fleksibel, misalnya terkait prosedur administrasi, pengadaan sertifikat, pembelajaran yang menyangkut metode pembelajaran hingga evaluasi, mengikuti peraturan masing-masing sanggar seni, sehingga antara sanggar seni yang satu dengan lainnya bisa mempunyai peraturan yang berbeda.

Karena pendiriannya secara mandiri, sanggar seni biasanya berstatus swasta. Sebagai upaya penyetaraan hasil pendidikannya, maka harus dilakukan melalui proses penilaian penyetaraan oleh lembaga yang ditunjuk oleh Pemerintah atau Pemerintah Daerah agar bisa setara dengan hasil pendidikan formal.

  1. Sanggar Kerja

Sanggar kerja ialah tempat untuk bertukar fikiran tentang suatu pekerjaan atau bidang kegiatan tertentu. Sanggar kerja seringkali disebut juga lokakarya (workshop), yaitu pertemuan antara sesama pakar ahli dalam bidang tertentu untuk membahas masalah praktis atau masalah yang bersangkutan dengan bidangnya.

  1. Sanggar Anak

Sanggar anak ialah tempat untuk anak-anak belajar suatu hal tertentu di luar kegiatan sekolah, dan lain-lain. Sanggar anak ini biasanya diperuntukkan bagi anak-anak yang berusia 7 – 12 tahun. Pembelajaran yang dilakukan di sanggar anak menekankan pada pembelajaran kecakapan hidup atau lifeskill meliputi kreatifitas, kolaborasi, berpikir kritis dan kemampuan komunikasi.

Selain itu, kegiatan di sanggar tersebut juga berupaya untuk menggali dan memfasilitasi potensi, minat dan bakat anak melalui latihan kecepatan dan pentas di panggung. Hal itu berguna untuk menumbuhkan rasa percaya diri anak, menguatkan kemampuan manajemen diri mereka, serta berlatih untuk memecahkan masalah dalam kehidupan nyata.

  1. Sanggar Bunda

Sanggar bunda ialah tempat pendampingan bagi para ibu terkait bagaimana pola asuh yang benar dalam mendidik anak-anak mereka, karena memang tak dapat dipungkiri bahwa ibu adalah guru pertama dan utama bagi anak-anak.

Perilaku anak sangat nak sangat bergantung kualitas pola asuh dari orang tuanya sehingga penting untuk meningkatkan kapasitas para orang tua dalam melaksanakan pengasuhan yang baik (good parenting).

  1. Sanggar Ayah

Sanggar ayah ialah tempat pendampingan bagi para ayah terkait perannya dalam membentuk kepribagian anak. Meskipun “sekolah” pertama dan utama bagi anak-anak adalah Ibu, tapi peran ayah juga sangat penting.

Terkait dengan hal tersebut, pendampingan di sanggar ayah bertujuan untuk menguatkan peran ayah sekaligus memupuk kepercayaan diri para ayah bahwa kontribusi mereka sangat dibutuhkan oleh anak. Selain itu, pendampingan di sanggar ayah juga bertujuan untuk mengetahui kemampuan para ayah menjalankan perannya demi pengasuhan terbaik anak.

  1. Sanggar Olahraga

Sanggar olahraga ialah tempat yang digunakan untuk pelatihan kegiatan olahraga, misalnya senam.

Contoh Olahraga Yang Menggunakan Sanggar

Seperti yang telah dituliskan di atas bahwa salah satu jenis olahraga yang menggunakan sanggar adalah senam, misalnya dalam hal ini adalah;

Senam Aerobik

Senam aerobik, yaitu olahraga kompetitif yang berasal dari aerobik tradisional di mana pola gerakan yang rumit dan berintensitas tinggi serta elemen-elemen dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda dilakukan untuk musik.

Senam aerobik menggabungkan keterampilan senam dengan menari dalam olahraga gym yang serba cepat, menyenangkan, dan energetik.Tampil diiringi musik, para pesenam melakukan gerakan intensif dan terus menerus, memanfaatkan kekuatan, kelenturan, dan ketangkasan.

Senam aerobik dapat dilakukan sebagai pesenam solo atau bersama teman-teman, keduanya menyediakan olahraga yang sangat menghibur dan menarik. Senam aerobik mungkin yang paling dinamis dan energik dari semua disiplin senam.

Dasar dari semua rutinitas aerobik terletak pada kinerja dan kombinasi dari tujuh gerakan aerobik dasar yang melibatkan lengan dan kaki: March, Jog, Skip, Knee Lift, Kick, Jack dan Lunge. Menguasai gerakan-gerakan ini seringkali menjadi fokus dari program-program senam aerobik pengantar.

Ketika pesenam meningkatkan koordinasi dan kecepatan gerakan mereka, mereka mengurutkan secara bersama-sama menghitung pola gerakan intensitas tinggi dan kompleks yang berkesinambungan untuk musik ‘tempo’.

Pelatihan aeronik bisa dilakukan di sanggar. Sanggar senam itu sendiri bisa diartikan sebagai suatu tempat yang digunakan untuk melakukan suatu kegiatan olahraga dengan berbagai macam fasilitas yang disediakan.

Sanggar olahraga, termasuk untuk senam aerobik tentunya dilengkapi dengan sarana dan prasarana penunjang latihan. Sarana olahraga ialah sarana yang bisa digunakan dalam pelaksanaan kegiatan olahraga. Sarana olahraga bisa dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu:

  1. Peralatan/apparatus, yaitu segala sesuatu yang digunakan untuk olahraga, misalnya matras, barbel dan lain-lain.
  2. Perlengkapan/devide, yaitu segala sesuatu yang melengkapi kebutuhan sarana, misalnya kaset, pakaian senam dan lain-lain. Dengan kreasi instruktur bisa memanfaatkan alat-alat tersebut dalam pelaksanaan senam aerobik.

Selain sarana, tentunya sanggar senam juga membutuhkan prasarana. Prasarana sanggar senam bisa diartikan sebagai segala sesuatu yang merupakan penunjang terselenggaranya suatu proses (usaha atau pembangunan).

Itulah ulasan materi pendidikan jasmani yang bisa kami bagikan, utamanya berkaitan dengan pengertian sanggar menurut para ahli, jenis, dan contoh olahraga yang menggunakannya. Semoga memberikan referensi bagi kalian yang membutuhkan.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *