Pengertian Permainan Bola Besar, Macam, dan Fungsinya

Diposting pada

Permainan Bola Besar Adalah

Pernahkan Anda bermain sepak bola, basket, atau voli? Beberapa olahraga tersebut termasuk ke dalam macam-macam permainan bola besar. Hal tersebut tentunya berbeda dengan permainan bola kecil yang menggunakan bola yang berukuran kecil dan biasanya menggunakan pemukul. Baik permainan bola besar maupun bola kecil, masing-masing memiliki dan aturan dasar dalam pelaksanaannya.

Ketika melakukan permainan bola besar dibutuhkan tenaga yang sangat akstra sehingga dalam melakukan permainannya bisa mencapai dengan maksimal. Justru karena itulah, dalam melakukan olahraga yang termasuk kategori permainan bola besar terdapat fungsi yang bisa kita peroleh, yang tentunya fungsi tersebut berkaitan erat dengan kondisi kesehatan kita.

Permainan Bola

Sejarah olahraga bola meluas melintasi budaya yang tak terhitung jumlahnya sepanjang sejarah yang tercatat. Rekaman arkeologi yang solid tentang pencapaian bola olahraga sediri terjadi pada Tahun 1600 SM. Hal ini misalnya, terkait dengan penemuan bola karet yang digunakan dalam olahraga kuno seperti permainan bola Mesoamerika.

Namun, dengan ungkapan “olahraga bola” yang begitu luas dan inklusif, permainan yang bisa masuk dalam kategori ini tidak diragukan lagi telah dimainkan bahkan selama ribuan tahun sebelum waktu itu.

Dari permainan gaya Amerika di Yunani kuno hingga olahraga hoki lapangan di Eropa abad pertengahan, olahraga bola tampaknya telah hadir di hampir setiap benua di beberapa titik dalam sejarah. Salah satunya yaitu di Mesoamerika, seperti yang telah disebutkan di atas. Wilayah Mesoamerika adalah rumah bagi beberapa olahraga bola tertua yang tercatat di dunia.

Pada awal 1700 SM, Mesoamerika kuno sedang membuat bola karet dari lateks pohon karet untuk berbagai keperluan. Selain tujuan keagamaan dan ritual, mereka juga menggunakan bola karet awal ini untuk berbagai olahraga. Salah satu olahraga tertua di dunia menggunakan bola yang sama ini.

Ōllamaliztli, biasanya disebut permainan bola Mesoamerika, adalah olahraga religius yang dimainkan oleh banyak suku Mesoamerika paling lambat sekitar tahun 1600 SM. Dalam permainan ini, dua tim yang terdiri dari dua hingga empat pemain masing-masing akan mengoper bola bolak-balik dalam upaya mempertahankannya, mirip dengan bola voli.

Olahraga ini sering digunakan sebagai ritual keagamaan juga, biasanya melambangkan pertempuran antara hidup dan mati atau matahari dan bulan. Lapangan batu besar didirikan di banyak kota kuno ini untuk memfasilitasi permainan ritualistik ini, meninggalkan bukti abadi akan pentingnya dalam budaya Mesoamerika.

Pengertian Permainan Bola Besar

Permainan bola besar adalah bentuk suatu permainan yang menggunakan bola dengan ukuran besar, dan biasanya dalam jenis olahraga ini membutuhan media seperti lapangan dan bola dengan dilakukan dalam berbagai orang (kelompok).

Pengertian Permainan Bola Besar Menurut Para Ahli

Adapun definisi permainan bola menurut para ahli, antara lain:

Wikipedia

Olahraga bola bukanlah olahraga dalam arti sebenarnya, tetapi sebaliknya dianggap sebagai permainan. Permainan bola ini dapat dikelompokkan berdasarkan tujuan umum permainan, kadang-kadang menunjukkan asal usul yang sama baik dari permainan itu sendiri atau dari ide dasarnya:

  1. Permainan bat dan bola, seperti kriket dan baseball.
  2. Permainan raket dan bola, seperti tenis, squash, dan bulutangkis.
  3. Permainan hand and ball-striking, seperti berbagai handball.
  4. Olahraga gol, biasanya olahraga tim seperti bola basket, polo air dan semua bentuk sepak bola, lacrosse, dan hoki (kecuali hoki es yang merupakan olahraga gol tetapi dimainkan dengan keping hoki).
  5. Olahraga jaring non-raket, seperti bola voli dan sepak takraw.
  6. Olahraga sasaran atau olahraga presisi, seperti bowling, mangkuk rumput, helipad, dan golf, serta olahraga isyarat, termasuk snooker, biliar, dan bentuk biliar lainnya (olahraga curling, yang menggunakan batu daripada bola, adalah diklasifikasikan dengan olahraga target atau presisi untuk beberapa tujuan).

Macam Permainan Bola Besar

Berikut ini macam-macam permainan bola besar, antara lain:

  1. Sepak Bola

Sepak bola merupakan permainan di mana dua tim masing-masing terdiri dari 11 pemain, menggunakan bagian tubuh apa pun kecuali tangan dan lengan mereka, mencoba mengarahkan bola ke gawang tim lawan. Hanya kiper yang diizinkan menangani bola dan hanya dapat melakukannya di dalam area penalti yang mengelilingi gawang. Tim yang mencetak lebih banyak gol, maka akan menang.

Sepak bola adalah permainan bola paling populer di dunia dalam jumlah peserta dan penonton. Sederhana dalam aturan utamanya dan peralatan pentingnya, olahraga ini dapat dimainkan hampir di mana saja, mulai dari lapangan sepak bola resmi (lapangan) hingga gimnasium, jalan-jalan, taman bermain sekolah, taman, atau pantai.

Badan pengatur sepak bola, Fédération Internationale de Football Association (FIFA), memperkirakan bahwa pada pergantian abad ke-21 ada sekitar 250 juta pemain sepak bola dan lebih dari 1,3 miliar orang “tertarik” pada sepakbola; pada 2010, pemirsa televisi gabungan lebih dari 26 miliar menyaksikan turnamen utama sepakbola, final Piala Dunia yang berlangsung selama empat bulan.

  1. Bola Basket

Bola basket adalah olahraga tim di mana dua tim, yang paling sering terdiri dari lima pemain, yang saling berseberangan di lapangan empat persegi panjang, bersaing dengan tujuan utama menembak bola basket (berdiameter sekitar 9,4 inci (24 cm)) melalui ring bek ( keranjang dengan diameter 18 inci (46 cm) dipasang setinggi 10 kaki (3,048 m) ke papan di setiap ujung lapangan) sambil mencegah tim lawan menembak melalui ring mereka sendiri.

Pemain memajukan bola dengan memantulkannya saat berjalan atau berlari (menggiring bola) atau dengan memberikannya kepada rekan satu tim, yang keduanya membutuhkan keterampilan yang cukup besar.

Pada pelanggaran, pemain dapat menggunakan berbagai tembakan- lay-up, tembakan lompat, atau dunk; pada pertahanan, mereka dapat mencuri bola dari dribbler, umpan intersep, atau memblok tembakan; baik pelanggaran atau pertahanan dapat mengumpulkan rebound, yaitu, tembakan meleset yang memantul dari tepi atau papan.

Permainan ini diciptakan pada tahun 1891 oleh guru olahraga Kanada-Amerika James Naismith di Springfield, Massachusetts, Amerika Serikat, bola basket telah berkembang menjadi salah satu olahraga paling populer dan paling banyak dilihat di dunia. National Basketball Association (NBA) merupakan liga bola basket profesional paling signifikan di dunia dalam hal popularitas, gaji, bakat, dan tingkat kompetisi.

Piala Dunia Bola Basket FIBA ​​dan Turnamen Bola Basket Olimpiade Pria adalah acara internasional utama olahraga ini dan menarik tim-tim nasional top dari seluruh dunia. Masing-masing benua menyelenggarakan kompetisi regional untuk tim nasional, seperti EuroBasket dan FIBA ​​AmeriCup.

  1. Bola Voli

Bola voli merupakan permainan yang dimainkan oleh dua tim, biasanya terdiri dari enam pemain di satu sisi, di mana para pemain menggunakan tangan mereka untuk memukul bola bolak-balik di atas jaring yang tinggi, mencoba membuat bola menyentuh pengadilan di dalam area bermain lawan sebelum itu bisa dikembalikan.

Untuk mencegah hal tersebut, seorang pemain di tim lawan memukul bola ke atas dan ke arah rekan setim sebelum menyentuh permukaan lapangan-rekan setim tersebut kemudian bisa melakukan tendangan voli ke seberang jaring atau memukulnya ke rekan setim ketiga yang melakukan tendangan voli melintasi jaring. Bola voli telah menjadi bagian dari program resmi Olimpiade Musim Panas di Tokyo sejak 1964.

Dalam permainan ini terdapat seperangkat aturan yang sangat luas, tetapi bermain pada dasarnya berlangsung sebagai berikut: seorang pemain di salah satu tim memulai ‘reli’ dengan melayani bola (melemparkan atau melepaskannya dan kemudian memukulnya dengan tangan atau lengan), dari belakang garis batas belakang pengadilan, melewati net, dan ke pengadilan tim penerima.

Tim penerima tidak boleh membiarkan bola mendarat di pengadilan mereka. Tim dapat menyentuh bola hingga 3 kali, tetapi setiap pemain mungkin tidak menyentuh bola dua kali secara berurutan.

Biasanya, dua sentuhan pertama digunakan untuk melakukan serangan, upaya untuk mengarahkan bola kembali ke gawang sedemikian rupa sehingga tim yang melayani tidak dapat mencegahnya untuk tidak mendarat di pengadilan mereka.

Reli berlanjut, dengan masing-masing tim diperbolehkan sebanyak tiga sentuhan berturut-turut, sampai (1): tim membuat kill, mendaratkan bola di lapangan lawan dan memenangkan reli; atau (2): tim melakukan kesalahan dan kehilangan reli. Tim yang memenangkan reli diberikan poin dan melayani bola untuk memulai reli berikutnya.

  1. Bola Futsal

Futsal dimainkan antara dua tim dengan masing-masing lima pemain, salah satunya adalah kiper. Pergantian tidak terbatas diizinkan. Tidak seperti beberapa bentuk lain dari sepak bola dalam ruangan, permainan ini dimainkan di permukaan lapangan keras yang dibatasi oleh garis; tidak menggunakan dinding atau papan.

Untuk menjadi hebat dalam permainan futsal, kita harus memiliki improvisasi, teknik, kreativitas, kontrol bola yang luar biasa, dan kesadaran yang tinggi. Futsal berasal dari Spanyol fútbol sala atau fútbol de salón dan dari futebol de salão Portugis. Istilah ini umumnya diterjemahkan sebagai “sepak bola dalam ruangan”, tetapi terjemahan yang lebih harfiah adalah “hall/lounge football (sepak bola dalam ruang)”.

Selama kejuaraan dunia olahraga kedua yang diadakan di Madrid pada tahun 1985, nama Spanyol fútbol sala digunakan. Sejak itu, semua nama lain secara resmi dan internasional diubah menjadi futsal. Penamaan itu karena perselisihan antara FIFUSA (pendahulu AMF) dan FIFA atas nama fútbol, ​​FIFUSA telah mendaftarkan kata fut-sal pada tahun 1985 (Madrid, Spanyol).

Sejak itu FIFA juga mulai menggunakan istilah futsal. Nama tersebut telah diterjemahkan ke dalam bahasa Italia sebagai calcio a 5 (secara harfiah sepak bola 5 sisi) atau sepak bola sala dan bahasa Prancis sebagai football de salle.

Fungsi Permainan Bola Besar

Seperti bentuk-bentuk olahraga lain pada umumnya, bahwa permaian bola besar juga berfungsi penting untuk kesehatan kita, atau dengan kata lain melakukan olahraga bola besar bisa meningkatkan kesehatan kita. Sedangkan untuk tujuannya, terdapat beberapa tujuan dalam melakukan permainan bola besar, antara lain:

  1. Menjaga Stamina Tubuh

Melakukan permainan bola besar dapat meningkatkan stamina tubuh kita, dan tentunya ini akan membuat tubuh menjadi lebih sehat, karena memang, permainan bola besar seperti basket, sepak bola, dan futsal membutuhkan stamina yang kuat.

Bisa kita bayangkan ketika orang yang memainkan olahraga ini tidak mempunyai stamina yang kuat, mereka cenderung akan cepat merasa letih pada saat permainan.

  1. Memiliki Mental dan Kepribadian yang Kuat

Dalam melakukan permainan bola besar, seseorang harus mempunyai mental dan kepribadian yang kuat. Olahraga sejenis ini, selain membutuhkan stamina yang kuat juga membutuhkan kerja keras. Apabila orang tersebut tidak mempunyai kedua hal tersebut, tentu secara tidak langsung akan berdampak pada permainannya.

Pemain yang merasa malas bahkan patah semangat akan berdampak pada kerja sama tim. Dalam olahraga ini, kepribadian seseorang juga akan terlatih sebab untuk permainan bola besar sangat membutuhkan kerja sama tim yang baik.

  1. Berat Badan Terkontrol

Rata-rata pemain permainan bola besar mempunyai berat badan yang ideal, sebab olahraga sejenis ini akan membantu proses pembakaran lemak yang ada didalam tubuh.

  1. Meninggikan Badan

Permainan bola besar juga bisa membuat badan pemainnya tinggi. Teknik dalam permainan bola besar seperti gerakan lari dan melompat bisa melatih tulang kaki sehingga merangsang pertumbuhan. Terangsangnya pertumbuhan akan membuat tulang-tulang cepat berkembang sehingga akan membuat pemainnya tinggi.

  1. Konsentrasi Akan Terlatih

Permainan bola besar bisa melatih konsentrasi kita karena ketika pemain akan bermain, mereka pasti akan ada yang namanya bertahan dan menyerang, sebab permainan bola besar ini merupakan olahraga yang dimainkan oleh tim, maka konsentrasi harus terjadi selalu.

Apabila ada pemain yang lengah atau kurang konsentrasi sedikit saja, maka tim merasa akan dirugikan. Dengan konsentrasi yang baik maka ketepatan berpikir akan meningkat sehingga pemain akan cepat dalam mengambil keputusan. Terutama, koordinasi mata dan anggota tubuh lainnya sangatlah dibutuhkan.

Itulah tadi penjelasan secara lengkap kepada segenap pembaca terkait dengan pengertian permainan bola besar menurut para ahli, macam, dan fungsinya secara umum. Semoga melalui artikel ini bisa memberikan wawasan dan menambah pengetahuan bagi pembaca sekalian. Trimakasih,

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

3 thoughts on “Pengertian Permainan Bola Besar, Macam, dan Fungsinya

  1. mohon maaf mau tanya penulis artikel ini siapa ya? tidak dicantumkan namanya. saya butuh untuk referensi tugas akhir saya. terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *