Pengertian Biomekanika, Ruang Lingkup, Tujuan, Manfaat, dan Contoh Kajiannya

Diposting pada

Biomekanika Adalah

Biomekanika merupakan ilmu yang mempelajari sistem biologis, terutama struktur dan fungsinya, menggunakan metode yang berasal dari mekanika, yang berkaitan dengan efek yang dimiliki gaya pada gerak tubuh. Gagasan dan penyelidikan yang berkaitan dengan biomekanik berasal dari Renaisans, ketika ahli fisiologi dan fisika Italia Giovanni Alfonso Borelli pertama kali menggambarkan dasar dari dinamika otot dan kerangka.

Penelitian biomekanik menjadi lebih dikenal luas pada abad ke-20. Terdapat beberapa tujuan dalam mempelajari biomekanika dalam arti olahraga, salah satunya untuk memahami perkembangan gerak dasar. Salah satu contoh kajian biomekanika adalah biomkenika olahraga yang berkaitan dengan peningkatan kinerja dan pencegahan cedera pada atlet.

Biomekanika

Biomekanika adalah ilmu tentang gerakan tubuh yang hidup, termasuk bagaimana otot, tulang, tendon, dan ligamen bekerja bersama untuk menghasilkan gerakan. Biomekanika adalah bagian dari bidang kinesiologi yang lebih luas, secara khusus berfokus pada mekanika gerakan. Ini adalah ilmu dasar dan terapan, yang mencakup penelitian dan penggunaan praktis dari temuannya.

Sebagai sub-disiplin bidang kinesiologi yang berkembang pesat dengan banyak hal yang ditawarkan masyarakat, biomekanik didefinisikan sebagai penerapan prinsip-prinsip mekanis dalam studi pergerakan untuk semua organisme hidup. Dengan kata lain, biomekanik adalah ilmu yang berkaitan dengan menganalisis bagaimana dan mengapa tubuh bergerak dengan cara yang mereka lakukan.

Diklasifikasikan sebagai ilmu dasar dan terapan, biomekanik mengintegrasikan hukum fisika dengan konsep kerja teknik untuk menggambarkan kekuatan internal dan eksternal yang bekerja pada tubuh serta efek yang diciptakan oleh kekuatan-kekuatan ini.

Meskipun biomekanika lebih fokus pada prinsip-prinsip mekanis sistem tubuh, ada banyak waktu ketika fungsi fisiologis dan jaringan biokimia mempertimbangkan ketika membahas gerakan. Studi dalam biomekanik seringkali akan membahas berbagai topik, termasuk fungsi mekanis otot, jaringan ikat, tulang rawan, kulit, saraf, sendi, tulang, dan bahkan organ dalam.

Biomekanika adalah bidang studi ilmiah yang semakin penting untuk mengatasi masalah yang berkaitan dengan kesehatan dan kinerja manusia. Penelitian biomekanik sering diterapkan oleh guru pendidikan jasmani, terapis fisik, dokter, pelatih pribadi, dan pelatih.

Pengertian Biomekanika

Biomekanika adalah studi tentang struktur, fungsi, dan gerak aspek mekanis sistem biologis, pada tingkat apa pun, dari seluruh organisme hingga organ, sel, dan organel sel, menggunakan metode mekanika. Biomekanika adalah cabang biofisika.

Kata “biomekanika” berasal dari Bahasa Yunani Kuno “bios” yang artinya “hidup” dan “mechanike” yang artinya “mekanika”, untuk merujuk pada studi tentang prinsip-prinsip mekanis organisme hidup, khususnya gerakan dan struktur.

Perhimpunan Biomekanik Amerika mengatakan bahwa biomekanik mewakili interaksi luas antara mekanik dan sistem biologis. Biomekanik mempelajari tidak hanya tubuh manusia tetapi juga hewan dan bahkan meluas ke tanaman dan kerja mekanis sel.

Pengertian Biomekanika Menurut Para Ahli

Adapun definsi biomekanika menurut para ahli, antara lain:

  1. Hatze, Pengertian biomekanika adalah ilmu yang mengkaji tentang struktur dan fungsi sistem biologi dengan menggunakan pengetahuan dan metode mekanika.
  2. Hay’s, Arti biomekanika adalah ilmu yang mengkaji tentang gaya-gaya yang terjadi pada struktur biologi dan efek yang dihasilkan oleh gaya-gaya tertentu.

Ruang Lingkup Biomekanika

Kajian dalam biomekanika menyangkut tubuh manusia dan hampir semua tubuh mahluk hidup. Dalam mempelajari biomekanika, kita juga harus memahami prinsip-prinsip mekanika yang digunakan dalam penyusunan konsep, analisis, desain dan pengembangan peralatan dan sistem dalam biologi dan kedokteran.

Dalam biomekanika dibutuhkan pengetahuan tentang benda yang digunakan dalam kesehatan dan fisika untuk menentukan fungsi tubuh meliputi kesehatan dan penyakit. Biomekanika bisa dikatakan sebagai kombinasi antara disiplin ilmu mekanika terapan dan ilmu-ilmu biologi dan fisiologi.

Biomekanika kontemporer adalah bidang multidisiplin yang menggabungkan keahlian fisik dan teknik dengan pengetahuan dari ilmu biologi dan kedokteran. Ada beberapa bidang khusus dalam biomekanika, seperti:

  1. Biomekanika kardiovaskular
  2. Biomekanika sel
  3. Biomekanika pergerakan manusia (khususnya biomekanik ortopedi)
  4. Biomekanika tenaga kerja
  5. Biomekanika olahraga

Penelitian biomekanika telah memicu beragam kemajuan, banyak diantaranya memengaruhi kehidupan manusia sehari-hari. Misalnya, pengembangan biomekanika tenaga kerja yang difokuskan pada peningkatan efisiensi pekerja tanpa mengorbankan keselamatan kerja. Ini menghasilkan desain alat baru, furnitur, dan elemen lain dari lingkungan kerja yang meminimalkan beban pada tubuh pekerja.

Perkembangan lain, misalnya biomekanika klinis yang menggunakan fakta mekanis, metodologi, dan matematika untuk menafsirkan dan menganalisis anatomi dan fisiologi manusia yang khas dan tidak khas.

Macam Kajian Biomekanika

Beberapa elemen dalam biomekanika, antara lain:

  1. Statika: Sistem pembelajaran yang berada dalam kesetimbangan, baik saat istirahat atau bergerak dengan kecepatan konstan.
  2. Dinamika: Mempelajari sistem yang bergerak dengan akselerasi dan deselerasi.
  3. Kinematika: Menjelaskan pengaruh gaya pada suatu sistem, pola gerak termasuk perubahan linear dan sudut dalam kecepatan dari waktu ke waktu. Posisi, perpindahan, kecepatan, dan percepatan dipelajari.
  4. Kinetika: Mempelajari apa yang menyebabkan gerakan, kekuatan dan momen di tempat kerja.

Tujuan Biomekanika

Tujuan mempelajari biomekanika dalam penerapan ilmu olahraga, diantaranya yaitu:

  1. Untuk mengetahui konsep ilmiah dasar yang diaplikasikan dalam bentuk gerak manusia.
  2. Untuk memahami suatu bentuk/model gerak dasar dalam olahraga sehingga mampu mengembangkannya dengan baik.
  3. Mampu memahami perkembangan gerak dasar.
  4. Mampu menerapkan suatu bentuk yang sesuai dengan karakteristik fisik seseorang dalam berolahraga, dengan baik dan benar.

Manfaat Biomekanika

Pada dasarnya, memahami biomekanika dan menerapkannya adalah dasar untuk teknik yang baik dalam semua olahraga. Jadi dengan mempelajari bagaimana tubuh manusia secara alami ingin bergerak, kita dapat menghilangkan stres dan tekanan pada tulang, sendi, otot, dan ligamen.

Studi biomekanik untuk berolahraga adalah analisis kekuatan aktivitas fisik pada struktur tubuh. Mempelajari efek dari kekuatan-kekuatan ini memiliki dua manfaat utama. Pertama, memungkinkan berolahraga untuk meningkatkan teknik dan menghindari cedera.

Ini juga membantu meningkatkan kinerja dan membuat kebugaran jasmani yang lebih baik dalam hal kekuatan, kebugaran kardiovaskular, dan fleksibilitas. Memanfaatkan biomekanik untuk berolahraga memungkinkan seseorang untuk secara cerdas merekayasa sesi latihan untuk memperoleh hasil maksimal dalam waktu singkat dan dengan cara teraman.

Mempelajari biomekanik untuk berolahraga memungkinkan berolahraga untuk memahami cara tubuh merespons berbagai jenis intensitas, sudut, dan posisi latihan. Atau dengan kata lain, mempelajari biomekanik untuk berolahraga akan membuat efek ini lebih jelas sehingga berolahraga dapat memilih latihan yang tepat.

Jika berolahraga memiliki bentuk dan teknik yang buruk, analisis biomekanik dapat mengungkap fakta dan membantu menentukan jenis kekuatan yang akan diberikan oleh teknik yang buruk pada sendi dan jaringan di sekitarnya.

Atlet dari segala usia dan tingkat keterampilan dapat memperoleh manfaat dari analisis biomekanik apakah itu untuk mengurangi rasa sakit atau untuk meningkatkan kinerja. Secara singkat, berikut adalah beberapa manfaat biomekanik, antara lain:

  1. Kecepatan gerakan meningkat (berlari, berenang, dan lain-lain)
  2. Lebih banyak kekuatan (melompat, memukul, mengangkat, dan lain-lain)
  3. Membantu menghilangkan ketidakseimbangan otot.
  4. Mengurangi keausan pada sendi dan ligamen.
  5. Peningkatan bentuk dan teknik khusus olahraga.

Contoh Kajian Biomekanika

Salah satu contoh kajian dalam biomekanika adalah biomekanika olahraga, yaitu  bidang yang difokuskan pada mempelajari mekanisme gerakan selama kegiatan atletik atau berolahraga. Ini termasuk melihat bagaimana kekuatan berinteraksi, serta efek dari kekuatan-kekuatan itu pada tubuh. Biomekanik olahraga dapat menjelaskan bagaimana dan mengapa tubuh bergerak seperti itu.

Sebagai contoh, dalam baseball, biomekanik olahraga akan mencakup interaksi antara atlet, lingkungan, dan peralatan atletik. Biomekanik olahraga dan olahraga digunakan dalam beberapa cara. Peneliti dan pendidik dapat menggunakannya untuk mempelajari atau menjelaskan bagaimana hukum fisika mempengaruhi fungsi tubuh manusia.

Ini dapat digunakan oleh pelatih untuk mempelajari kinerja atlet atau untuk membandingkan kinerja beberapa atlet. Biomekanik dapat mengidentifikasi teknik optimal untuk kegiatan atletik atau olahraga, sehingga membatasi risiko cedera. terapis fisik dapat menggunakan biomekanik untuk mengembangkan rencana perawatan dan meningkatkan waktu pemulihan.

Cortex telah menyematkan modul tambahan yang menyediakan pengukuran untuk aktivitas tertentu. Ini termasuk:

  1. PitchTrak, Penilaian lemparan dalam baseball
  2. BattingTrak, Penilaian ayunan pukulan dalam baseball dan softball
  3. LiftTrak, Penilaian punggung bawah saat mengangkat
  4. FootTrak, Penilaian gerakan kaki belakang dan kaki depan
  5. GolfTrak, Penilaian ayunan golf
  6. JumpTrak, Penilaian lompatan vertikal dan lompat pendaratan
  7. GaitTrak, Penilaian cara berjalan seluruh tubuh
  8. RunTrak, Penilaian cara berjalan kaki dan pinggul

Itulah tadi serangkain penjelasan serta pengulasan yang bisa kami bagikan kepada segenap pembaca terkait dengan pengertian biomekanika menurut para ahli, ruang lingkup, macam, tujuan, manfaat, dan contohnya. Semoga melalui materi ini bisa memberikan wawasan dan pengetahuan. Trimakasih,

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *