Pengertian Sepak Bola, Sejarah, Tujuan, Teknik, dan Aturan Permaiannya

Diposting pada

Pengertian Sepak Bola

Sepak bola merupakan permainan bola yang paling populer di dunia dalam hal jumlah peserta dan penontonnya. Sederhana dalam aturan utamanya dan peralatan penting, olahraga ini dapat dimainkan hampir di mana saja, mulai dari lapangan sepak bola resmi (lapangan) hingga gimnasium, jalan-jalan, taman bermain sekolah, taman, atau pantai.

Fédération Internationale de Football Association (FIFA) memperkirakan bahwa pada pergantian abad ke-21 ada sekitar 250 juta pemain sepak bola dan lebih dari 1,3 miliar orang “tertarik” pada sepakbola; pada 2010, pemirsa televisi gabungan lebih dari 26 miliar menyaksikan turnamen utama sepak bola, putaran final Piala Dunia yang berlangsung selama empat bulan.

Sepak Bola

Istilah sepakbola atau dalam Bahasa Inggris football, berasal dari dua kata foot yang artinya “kaki” dan ball yang artinya “bola”. Dinamakan sepakbola karena para pemain berjalan dan berlari dengan kaki saat bermain, berbeda dengan (misalnya) polo di mana para pemain menunggang kuda.

Apabila kita perhatikan, di tengah lapangan bola terdapat garis yang berbentuk lingkaran. Di sinilah permainan dimulai pada awal setiap babak dan setelah setiap gol. Dalam pertandingan sepak bola, selain para pemain, unsur yang tak kalah penting adalah Wasit. Wasit bertugas untuk memastikan bahwa aturan dipatuhi oleh kedua tim.

Pengertian Sepak Bola

Sepak bola adalah permainan di mana dua tim yang terdiri dari 11 pemain, menggunakan bagian tubuh apa pun kecuali tangan dan lengan mereka, mencoba mengarahkan bola ke gawang tim lawan. Hanya kiper yang diperbolehkan menangani bola dan hanya bisa melakukannya di area penalti yang mengelilingi gawang. Tim yang mencetak lebih banyak gol, menang.

Pegertian Sepak Bola Menurut Para Ahli

Adapun definisi sepak bola menurut para ahli, antara lain:

Subagyo Irianto (2010)

Sepak bola dapat didefinisikan sebagai permainan yang dilakukan dengan cara menendang sebuah bola yang diperebutkan oleh para pemain dari dua kesebelasan yang berbeda dengan tujuan untuk memasukkan bola ke gawang lawan dan mempertahankan gawang sendiri jangan sampai kemasukkan bola.

Luxbacher (2008)

Sepak bola dapat didefinisikan sebagai pertandingan sepak bola yang dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 orang. Masing-masing tim tersebut berusaha untuk mempertahankan gawan dan berusaha menjebol gawang lawan.

Sejarah Sepak Bola

Sepak bola telah dimainkan selama berabad-abad, tapi pada awal bermulanya sangat berbeda dari permainan indah yang kitaa lihat saat ini. Pada permulaannya dulu, bola yang digunakan untuk bermain sepak bola tidak terbuat dari karet.

Akan tetapi terbuat dari kandung kemih babi yang dipompa dan dibungkus dengan kulit, yang membuatnya lebih berbentuk telur. Bola itu lebih ringan dari yang ada sekarang, tetapi menjadi lebih berat dalam kondisi basah karena daya serapnya tinggi.

Seperti halnya perlengkapan sepak bola standar pada akhir abad ke-19, para pemain sepak bola juga harus mengenakan perlengkapan kepala yang terlihat seperti topi berbandul dan mode ini bertahan hingga abad berikutnya.

Itu kemudian menjadi populer di setiap sektor masyarakat, karenanya alasan mengapa itu telah menjadi olahraga paling populer di seluruh dunia dan mengapa itu terus menjadi arti olahraga yang membangun komunitas seperti saat ini.

Asosiasi Sepak Bola atau The Football Association (FA) pertama kali bertemu pada tahun 1863 di London dengan hanya 12 klub yang hadir. Olahraga dimulai dengan kesamaan taktik untuk rugby, beberapa di antaranya termasuk lebih banyak dorongan dari depan yang kadang-kadang berakhir dalam scrum untuk menge-gol-kan bola ke gawang.

Scrum ialah bentuk restart untuk memulai kembali suatu permainan karena terjadinya kesalahan-kesalahan seperti Knock-on, forward pass, atau bola tidak bisa dimainkan ketika terjadi ruck maupun maul.

Tidak seperti rugby, bagaimanapun, pada awalnya tidak ada penalti atau wasit, sebaliknya keputusan ada pada awalnya dengan kapten tim dan kemudian wasit, sebelum wasit pertama kali tampil di tahun 1891, sementara titik penalti baru diperkenalkan pada abad ke-20.

Awalnya, FA mengizinkan beberapa derajat handball juga, di mana seorang pemain bisa menangkap bola dan membuat tanda untuk mendapatkan tendangan bebas yang tak tersentuh. Gol tidak diizinkan untuk dicetak dari tendangan bebas. Dan, hingga sekitar 100 tahun yang lalu, kiper juga bisa menangani bola masuk dan keluar dari area penalti.

Percaya atau tidak, itu adalah lampu lalu lintas di pusat kota London yang menginspirasi konsep kartu merah dan kuning. Gagasan itu muncul untuk memimpin wasit Ken Aston pada suatu kesempatan ketika dia menemukan dirinya terjebak dalam kemacetan.

Tujuan Sepak Bola

Berikut ini beberapa tujuan yang ingin dicapai dalam permainan sepak bola, antara lain:

  1. Untuk menciptakan gol ke gawang lawan.
  2. Untuk menghalau atau mencegah bola agar tidak masuk ke gawang sendiri.
  3. Untuk membangun kerjasama tim agar permainan lebih solid.
  4. Untuk membangun dan menjaga sportifitas antar pemain sepak bola dan menciptakan permainan yang adil.
  5. Untuk meningkatkan kebugaran jasmani dan kesehatan tubuh.
  6. Untuk meraih prestasi dalam dunia olah raga, khususnya sepak bola.

Adapun manfaat yang bisa kita peroleh dengan melakukan olahraga yang satu ini, antara lain:

  1. Meningkatkan Kapasitas Aerobik

Berlari dengan intensitas apa pun selama 90 menit membutuhkan stamina tingkat tinggi. Oleh karena itu, pemain sepak bola sering memiliki kapasitas aerobik yang luar biasa untuk dapat berjalan dari berlari ke berlari dan memiliki pemulihan cepat untuk melakukannya lagi, dan lagi, dan lagi.

  1. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Ini mungkin salah satu manfaat terbaik dari bermain sepak bola. Pemain rata-rata berlari sekitar 8 hingga 11 kilometer dalam satu pertandingan penuh. Berjalan, joging, dan berlari terus-menerus membantu menjaga detak jantung pemain, memberikan latihan kardiovaskular yang sangat baik.

Gerakan konstan ini membantu pemain menguatkan hati mereka, melawan penumpukan plak di arteri koroner, mengurangi tekanan darah dan membakar kalori berlebih.

  1. Meningkatkan Kekuatan Tulang

Secara umum, kepadatan tulang menurun seiring bertambahnya usia. Menjaga kebugaran melalui sepakbola merupakan cara yang bagus untuk menjaga agar tulang tetap kuat.

  1. Meningkatkan Fungsi Otak Kognitif

Sepak bola membantu meningkatkan keterampilan dalam konsentrasi, ketekunan, dan disiplin diri karena itu adalah permainan serba cepat yang membutuhkan keputusan cepat di lapangan. Bahkan ketika tempo tampak melambat, pemain terus mencari keuntungan teritorial, mencoba memposisikan diri untuk menerima umpan atau untuk mempertahankan area yang mungkin diserang lawan.

Teknik Dasar Sepak Bola

Terdapat beberapa teknik dasar dalam sepak bola, antara lain:

  1. Menendang Bola

Teknik menendang bola adalah faktor yang paling dominan dalam permainan sepak bola. Ada beberapa teknik menendang bola, yaitu:

  • Menendang bola dengan kaki bagian dalam.
  • Menendang bola dengan kaki bagian punggung.
  • Menendang bola dengan kaki bagian luar.
  1. Menghentikan Bola

Teknik menghentikan bola merupakan teknik dalam sepak bola yang tujuannya untuk menahan atau menghentikan laju bola. Ada beberapa teknik untuk menghentikan bola, yaitu:

  • Menghentikan bola dengan kaki bagian luar.
  • Menghentikan bola dengan kaki bagian dalam.
  • Menghentikan bola dengan kaki bagian punggung.
  • Menghentikan bola dengan kaki bagian telapak.
  • Menghentikan bola dengan kaki bagian paha.
  • Menghentikan bola dengan dada atau perut.
  • Menghentikan bola dengan kepala.
  1. Menggiring Bola

Teknik menggiring bola merupakan teknik dalam sepak bola yang berupaya untuk mendorong atau membawa bola ke arah tertentu sambil berlari sehingga bola bergulir di tanah dan tetap dikuasai oleh pemain. Ada beberapa teknik untuk menggiring bola, yaitu:

  • Menggiring bola dengan kaki bagian dalam.
  • Menggiring bola dengan kaki bagian luar.
  • Menggiring bola dengan punggung kaki.
  • Menggiring bola dengan kedua kaki secara bergantian.
  1. Menyundul Bola

Teknik menyundul bola merupakan gerakan mendorong bola dengan memakai kepala yang dilakukan saat bola sedang melayang di udara. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mendonrong bola ke arah yang diinginkan pemain.

Aturan Permainan Sepak Bola

Dalam sepak bola, terdapat beberapa peraturan yang harus dipatuhi oleh semua pihak. Beberapa peraturan tersebut, antara lain:

Jumlah Pemain Sepak Bola

Setipa tim dalam sepak bola terdiri atas 11 pemain. Masing-masing pemain mempunyai posisi yang berbeda, yaitu 1 penjaga gawang, 4 pemain bertahan, 2-5 pemain tengah, dan 1-3 penyerang. Masing-masing tim mempunyai seorang kapten yang tugasnya memimpin rekan setimnya sehingga bisa bermain sesuai arahan.

Adapun tugas dari masing-masing posisi pemain sepak bola adalah:

  1. Penjaga gawang (keeper), yaitu pemain yang bertugas untuk menjaga gawang agar tidak kemasukan bola.
  2. Pemain bertahan (back), yaitu pemain yang bertugas untuk menghalau lawan agar tidak masuk ke area pertahanan.
  3. Pemain tengah/ gelandang (midfielder) atau playmaker, yaitu pemain yang bertugas untuk mengatur permainan timnya serta membantu back dan striker.
  4. Pemain sayap (winger), yaitu pemain yang bertugas untuk mengendalikan permainan di area kiri atau kanan lapangan.
  5. Penyerang (striker), yaitu pemain yang bertugas untuk memasukkan bola (goal) ke gawang lawan.

Ukuran Lapangan Sepak Bola 

Sepak bola dilakukan di lapangan berumput. Di bagian sisi lapangan ada garis yang menjadi pembatas antara bagian dalam dan luar lapangan. Berikut standar lapangan sepak bola untuk orang dewasa, yaitu:

  1. Panjang 100 – 120 meter
  2. Lebar 65 – 75 meter
  3. Lebar gawang 7,32 meter
  4. Tinggi gawang 2,44 meter

Ada pula area yang disebut dengan kotak pinalti yang berada di sekitar gawang. Ini adalah area dimana keeper diperbolehkan untuk menangkap bola dengan tangannya dan merupakan area tendangan pinalti apabila pemain bertahan melakukan pelanggaran terhadap lawan.

Durasi Permainan Sepak Bola 

Berdasarkan peraturan sepak bola internasional, durasi dalam pertandingan sepak bola yaitu 2 x 45 menit (2 babak). Alam tetapi, wasit yang memimpin pertandingan bisa memberikan tambahan waktu sesuai dengan kebutuhan, yaitu sekitar 1-5 menit untuk setiap babak.

Untuk pertandingan tertentu, misalnya dengan sistem gugur, jika selama dua babak pertandingan kedua timb masih berada dalam skor yang seimbang, maka akan diberlakukan tambahan waktu 2×15 menit. Apabila dalam perpanjangan waktu tersebut masih tetap imbang maka akan dilakukan adu pinalti hingga salah satu tim menang.

Itulah pengertian sepak bola menurut para ahli, sejarah, tujuan, teknik, dan aturan dalam permaiannya. Semoga melalui artikel ini bisa memberikan wawasan serta menambah pengetahuan bagi segenap pembaca yang sedang mencari referensinya. Trimakasih,

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *