Macam Olahraga Modern dan Penjelasannya

Diposting pada

Gambar Macam Olahraga Modern

Olahraga mencakup semua bentuk aktivitas latihan fisik atau permainan kompetitif yang, melalui partisipasi kasual atau terorganisir, setidaknya sebagian bertujuan untuk menggunakan, mempertahankan, atau meningkatkan kemampuan dan keterampilan fisik sambil memberikan kesenangan kepada peserta, dan dalam beberapa kasus, hiburan untuk penonton.

Olahraga dapat membawa hasil positif bagi kebugaran jasmani seseorang. Ratusan olahraga ada, dari yang antara kontestan tunggal, hingga yang dengan ratusan peserta simultan, baik dalam tim atau bersaing sebagai individu. Olahraga ada yang hanya dikenal oleh masyarakat di suatu wilayah, menjadi olahraga tradisional. Ada pula olahraga yang telah mengalami perubahan-perubahan dan dikenal oleh semua masyarakat di seluruh dunia. Misalnya sepak bola, bola basket, bola voli, tenis meja, dan bermacam-macam olahraga modern lainnya.

Olahraga Modern

Sejarah arti olahraga yang terdokumentasi bisa ditelusuri kembali setidaknya 3.000 tahun lalu. Pada awalnya, olahraga sering kali melibatkan persiapan untuk perang atau pelatihan sebagai pemburu, yang menjelaskan mengapa begitu banyak permainan awal melibatkan melempar tombak, pasak, dan batu, dan bertanding satu lawan satu dengan lawan.

Dengan Pertandingan Olimpiade pertama pada 776 SM, yang mencakup even-even seperti balapan kaki dan kereta, gulat, lompat, dan lempar cakram dan lempar lembing,  orang-orang Yunani Kuno memperkenalkan olahraga formal ke dunia.

Di Indonesia sendiri, ada dua jenis olahraga yaitu ragam olahraga tradisional dan olahraga modern. Olahraga tradisional merupakan olahraga yang lahir dari permainan rakyat dari daerah tertentu, sehingga belum dikenal secara luas pada tingkah nasional bahkan internasional. Misalnya Gobak Sodor, Egrang, Karapan sapi, dan lain-lain.

Sedangkan olahraga modern merupakan olahraga yang sudah mengalami perubahan seiring perkembangan zaman serta sudah tersebar luas menjadi olahraga yang universal. Misalnya Bola basket, Bola voli, Bulutangkis, Catur, Golf, Gulat, Kriket, Polo air, Renang, Sepak bola, Tenis, Tenis meja, Tinju, dan lain-lain.

Macam Olahraga Modern

Berikut ini macam-macam olahraga modern yang berkembang di Indonesia dan seluruh dunia, antara lain:

  1. Anggar

Gambar Olahraga Modern Anggar
Anggar

Anggar adalah olahraga yang membutuhkan kecakapan fisik dan kemampuan mental. Pedang anggar adalah objek dengan pergerakan  paling cepat kedua dalam Olimpiade setelah peluru jitu (sniper). Dengan pemikiran ini, pemain anggar harus memiliki reaksi yang sangat cepat.

Ada tiga senjata yang berbeda dalam anggar, yaitu foil, epee, dan saber, yang masing-masing disiplin memiliki seperangkat aturan sendiri. Baik foil dan epee mengharuskan kita untuk mengenai lawan dengan ujung pisau, sementara dalam saber kita dapat memukul dengan bagian mana pun dari itu.

  1. Atletik

Gambar Olahraga Modern Atletik
Atletik

Atletik adalah istilah yang mencakup olahraga dan permainan kompetitif yang membutuhkan keterampilan fisik, dan sistem pelatihan yang mempersiapkan atlet untuk kinerja kompetisi. Olahraga atau kontes atletik adalah kompetisi yang terutama didasarkan pada kompetisi fisik manusia, menuntut kualitas stamina, kebugaran, dan keterampilan.

Olahraga atletik membentuk sebagian besar kegiatan olahraga populer, dengan bentuk utama lainnya termasuk olahraga motor, olahraga presisi, olahraga ekstrem, dan olahraga hewan.  Atletik telah menjadi sangat penting di lembaga pendidikan. Atlet berbakat dapat memperoleh masuk ke pendidikan tinggi melalui beasiswa atletik dan mewakili lembaga mereka dalam konferensi atletik.

  1. Bola Basket

Gambar Olahraga Modern Bola Basket
Bola Basket

Bola basket adalah olahraga tim di mana dua tim, biasanya terdiri dari pemain di setiap tim, bermain melawan satu sama lain di lapangan yang berbetuk persegi panjang. Ini adalah olahraga yang sangat populer di seluruh dunia, dimainkan dengan bola bundar dan biasanya berwarna oranye (oranye-coklat) yang memantul.

Permainan biasanya berlangsung selama empat kuartal dan tim dengan poin terbanyak di akhir empat kuartal memenangkan permainan. Jika skor diikat di akhir pertandingan, akan ada sesuatu yang disebut lembur, yang merupakan waktu bermain tambahan untuk memungkinkan satu tim memenangkan pertandingan.

  1. Bola Voli

Gambar Olahraga Modern Bola Voli
Bola Voli

Bola voli adalah permainan yang dimainkan oleh dua tim, biasanya terdiri dari enam pemain di satu sisi, di mana para pemain menggunakan tangan mereka untuk memukul bola bolak-balik di atas jarring/net tinggi, mencoba membuat bola menyentuh lapangan di dalam area bermain lawan sebelum itu bisa dikembalikan.

Untuk mencegah hal ini, seorang pemain di tim lawan memukul bola ke atas dan ke arah rekan setim sebelum menyentuh permukaan lapangan. Rekan setim itu kemudian melakukan tendangan voli ke seberang jaring atau memukulnya ke rekan setim ketiga yang melakukan tendangan voli melintasi jaring.

  1. Bulu Tangkis

Gambar Olahraga Modern Bulu Tangkis
Bulu Tangkis

Badminton adalah olahraga raket yang dimainkan oleh dua pemain lawan (tunggal) atau dua pasangan lawan (ganda), yang mengambil posisi pada bagian berlawanan dari lapangan persegi panjang yang dibagi oleh jarring/net.

Para pemain mencetak poin dengan memukul kok dengan raket mereka sehingga melewati net dan mendarat di setengah lapangan lawan mereka. Rally berakhir setelah kok menyentuh tanah, dan kok hanya dapat dipukul sekali pada setiap sisi sebelum melewati net.

Terbangnya kok sangat dipengaruhi oleh angin, bulutangkis yang kompetitif selalu dimainkan di dalam ruangan. Badminton juga dimainkan di luar ruangan sebagai kegiatan rekreasi santai, seringkali sebagai permainan taman atau pantai.

  1. Catur

Gambar Olahraga Modern Catur
Catur

Catur adalah salah satu permainan papan tertua dan paling popular. Olahraga pikiran ini dimainkan oleh dua orang pemain (satu lawan satu) di papan kotak-kotak dengan potongan warna kontras yang dirancang khusus, umumnya putih dan hitam.

Putih bergerak terlebih dahulu, setelah itu pemain bergantian bergantian sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan, setiap pemain berusaha untuk memaksa bagian utama lawan, Raja, ke dalam skakmat, yaitu posisi di mana ia tidak dapat menghindari penangkapan.

  1. Gulat

Gambar Olahraga Gulat
Gulat

Gulat adalah olahraga pertarungan yang melibatkan teknik-teknik bertarung seperti melawan, melempar dan melepas, mengunci, pin, dan lain-lain. Olahraga yang satu ini bisa dimainan hanya sekedar untuk hiburan, atau benar-benar kompetitif.

Pertarungan gulat yang tergolong sebagai salah satu olahraga ekstrim adalah kompetisi fisik, antara dua (kadang-kadang lebih) pesaing atau sparring partner, yang berusaha untuk mendapatkan dan mempertahankan posisi superior. Teknik gulat telah dimasukkan ke dalam seni bela diri lain serta sistem pertempuran tangan-ke-militer.

UWW saat ini mengakui ada enam disiplin gulat. Tiga adalah disiplin Olimpiade: gulat Yunani-Romawi, gulat gaya bebas pria dan gulat wanita. Tiga lainnya adalah pankration amatir, gulat sabuk alysh dan gulat pantai.

  1. Kriket

Gambar Olahraga Kriket
Olahraga Kriket

Kricket adalah olahraga yang dimainkan antara dua tim dengan sebelas pemain yang masing-masing mencetak skor (poin). Ini dilakukan dengan memukul bola melewati batas, atau dengan berlari di antara dua set tiga tiang kayu kecil yang disebut gawang.

Olahraga ini dimulai di Inggris pada abad ke-16. Akan tetapi, saat ini kriket bukan hanya popular di Inggris, tapi juga di Australia, India, Pakistan, Sri Lanka, Bangladesh, Afrika Selatan, Selandia Baru, Hindia Barat dan beberapa negara lain seperti Afghanistan, Irlandia, Kenya, Skotlandia, Belanda, dan Zimbabwe.

  1. Sepak Bola

Gambar Olahraga Sepak Bola
Olahraga Sepak Bola

Sepak bola adalah permainan di mana dua tim yang terdiri dari 11 pemain, menggunakan bagian tubuh apa pun kecuali tangan dan lengan mereka, mencoba mengarahkan bola ke gawang tim lawan. Hanya kiper yang diizinkan menangani bola dan hanya dapat melakukannya di area penalti yang mengelilingi gawang. Tim yang mencetak lebih banyak gol, menang.

Sepak bola adalah permainan bola paling populer di dunia dalam jumlah peserta dan penonton. Sederhana dalam aturan utamanya dan peralatan penting, olahraga ini dapat dimainkan hampir di mana saja, mulai dari lapangan sepak bola resmi (lapangan) hingga gimnasium, jalan-jalan, taman bermain sekolah, taman, atau pantai.

  1. Softball

Gambar Olahraga Softball
Olahraga Softball

Softball adalah olahraga bat dan bola yang dimainkan antara dua tim yang terdiri dari 10 pemain. Ini adalah turunan langsung dari baseball walaupun ada beberapa perbedaan utama: softballs lebih besar dari pada baseballs, dan lemparannya lebih rendah daripada overhand.

Ada 4 base dalam olahraga ini, yaitu base pertama, base kedua, base ketiga dan home plate. Tujuan permainan ini adalah untuk mencetak lebih banyak lari (poin) daripada tim lain dengan memukul (memukul) bola untuk bermain dan berlari di sekitar base, menyentuh masing-masing secara berurutan.

Bola softball berupa bola dari bahan ringan, ditutupi dengan bahan kulit atau sintetis, dengan lingkaran sekitar 10 hingga 12 inci.

  1. Taekwondo

Gambar Olahraga Taekwondo
Olahraga Taekwondo

Taekwondo adalah salah satu seni bela diri tradisional Korea yang paling sistematis dan ilmiah, yang mengajarkan lebih dari keterampilan bertarung fisik. Ini adalah disiplin yang menunjukkan cara meningkatkan semangat dan kehidupan kita melalui melatih tubuh dan pikiran kita.=

Kini, taekwondo telah menjadi olahraga global yang telah mendapatkan reputasi internasional, dan berdiri di antara permainan resmi di Olimpiade. Istilah taekwondo terdiri atas tiga kata yaitu “Tae” “Kwon” “Do”.

Maisng-masing kara tersebut memiliki arti yang apabila disatukan  bisa diartikan sebagai cara yang tepat untuk menggunakan semua bagian tubuh untuk menghentikan perkelahian dan membantu membangun dunia yang lebih baik dan lebih damai.

Dari penjelasan yang telah dikemukakan terkait macam olahraga modern yang ada di Indonesia dan Dunia dapatlah dikatakan bahwa modernitas olahraga ini terjadi karena adanya bentuk perubahan dan peraturan permainan yang senantiasa mengikuti perkembangan zaman.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *