Pengertian Olahraga, Jenis, Tujuan, Fungsi, dan Contohnya

Diposting pada

Olahraga Adalah

Olahraga mencakup semua bentuk aktivitas fisik atau permainan kompetitif yang, melalui partisipasi kasual atau terorganisir, setidaknya sebagian bertujuan untuk menggunakan, mempertahankan, atau meningkatkan kemampuan dan keterampilan fisik sambil memberikan kesenangan kepada peserta, dan dalam beberapa kasus, hiburan untuk penonton. Ratusan olahraga ada, dari yang antara kontestan tunggal, hingga yang dengan ratusan peserta simultan, baik dalam tim atau bersaing sebagai individu.

Terdapat beragam jenis olahraga dengan masing-masing contohnya, misalnya olahraga bola bola kecil contohnya yaitu tenis meja. Olahraga biasanya diatur oleh seperangkat aturan atau kebiasaan, yang berfungsi untuk memastikan persaingan yang adil, dan memungkinkan ajudikasi pemenang yang konsisten. Olahraga memiliki fungsi yang sangat beragam bagi tubuh kita, diantaranya yaitu membuat tubuh kita menjadi lebih sehat tentunya.

Olahraga      

Kata “olahraga” atau dalam Bahasa Inggris “sport” sebenarnya berasal dari bahasa Prancis Kuno yang berarti “leisure (waktu luang)”, dengan definisi tertua dalam Bahasa Inggris dari sekitar tahun 1300 adalah “apa pun yang dianggap menghibur atau menghibur manusia”.

Definisi yang tepat tentang apa yang memisahkan olahraga dari kegiatan rekreasi lainnya bervariasi di antara berbagai sumber.

Yang paling dekat dengan perjanjian internasional mengenai definisi diberikan oleh SportAccord, yang merupakan asosiasi untuk semua federasi olahraga internasional terbesar (termasuk sepak bola asosiasi, atletik, bersepeda, tenis, olahraga berkuda, dan banyak lagi), dan karenanya merupakan perwakilan de facto olahraga internasional.

SportAccord menggunakan kriteria berikut, menentukan bahwa olahraga harus:

  1. Memiliki unsur persaingan
  2. Sama sekali tidak berbahaya bagi makhluk hidup apa pun
  3. Tidak bergantung pada peralatan yang disediakan oleh pemasok tunggal (tidak termasuk game eksklusif seperti arena sepakbola)
  4. Tidak bergantung pada elemen “keberuntungan” yang dirancang khusus untuk olahraga ini.

Mereka juga mengakui bahwa olahraga dapat terutama bersifat fisik (seperti rugby atau atletik), pikiran (seperti catur), bermotor (seperti Formula 1 atau powerboating), koordinasi (seperti olahraga biliar), atau didukung oleh binatang (seperti olahraga berkuda).

Dimasukkannya olahraga pikiran dalam definisi olahraga belum diterima secara universal, yang mengarah pada tantangan hukum dari badan-badan pemerintahan sehubungan dengan ditolaknya dana yang tersedia untuk olahraga. Sementara SportAccord mengakui sejumlah kecil olahraga pikiran, tidak terbuka untuk mengakui olahraga pikiran lebih lanjut.

Telah ada peningkatan dalam penerapan istilah “olahraga” ke serangkaian tantangan non-fisik yang lebih luas seperti video game, juga disebut e-sports, terutama karena skala besar partisipasi dan kompetisi yang terorganisir, tetapi ini tidak diakui secara luas.

Pengertian Olahraga

Olahraga adalah semua bentuk kegiatan fisik yang biasanya kompetitif yang, melalui partisipasi kasual atau terorganisir, bertujuan untuk menggunakan, mempertahankan, atau meningkatkan kemampuan dan keterampilan fisik sambil memberikan hiburan kepada peserta, dan dalam beberapa kasus, penonton.

Ratusan olahraga ada, dari yang hanya membutuhkan dua peserta, hingga yang memiliki ratusan peserta secara bersamaan, baik dalam tim atau bersaing sebagai individu. Olahraga biasanya diatur oleh seperangkat aturan atau kebiasaan, yang berfungsi untuk memastikan persaingan yang adil, dan memungkinkan ajudikasi pemenang yang konsisten.

Kemenangan dapat ditentukan oleh peristiwa fisik seperti mencetak gol atau melewati garis terlebih dahulu, atau dengan penentuan wasit yang mencetak elemen dari kinerja olahraga, termasuk ukuran objektif atau subyektif seperti kinerja teknis atau kesan artistik.

Dalam olahraga yang terorganisir, catatan kinerja sering disimpan, dan untuk olahraga populer, informasi ini dapat diumumkan secara luas atau dilaporkan dalam berita olahraga. Selain itu, olahraga adalah sumber hiburan utama bagi non-peserta, dengan olahraga penonton yang menarik banyak pengunjung ke tempat-tempat, dan menjangkau audiens yang lebih luas melalui siaran olahraga.

Pengertian Olahraga Menurut Para Ahli

Adapun definisi olaharaga menurut para ahli, anatra lain:

  1. Dewan Olah Raga Eropa, Olahraga adalah serangkaian bentuk  aktivitas yang dijalankan secara spontan, bebas, yang dilaksanakan dalam waktu luang.
  2. Jessica Dolland, Olahraga adalah media pereda stress yang terbaik yang pernah ada. Olahraga bisa mengalihkan pikiran manusia dari rasa khawatir dengan jalan meredakan berbagai ketegangan otot yang ada pada tubuh.
  3. Hans Tandra, Olahraga merupakan setiap gerakan tubuh yang teratur dan berirama yang ditujukan untuk memperbaiki dan meningkatkan kebugaran tubuh pelakunya.
  4. Cholik Mutoir, Olahraga merupakan proses sistematik yang terdiri atas setiap kegiatan dan usaha yang bisa membantu perkembangan atau pun membina potensi-potensi jasmaniah dan rohaniah seseorang sebagai perorangan, atau pun anggota masyarakat.
  5. Olah raga bisa berupa permainan, pertandingan, serta prestasi puncak di dalam pembentukan manusia yang memiliki ideologi yang seutuhnya dan berkualitas yang didasarkan pada dasar negara dan Pancasila.
  6. Seno Gumira, Olahraga adalah sarana ataupun ajang yang dilakukan dalam bentuk kompetisi untuk menjadi nomor satu yang dikenal sebagai pemenang.
  7. Kathryn Marsden, Olahraga adalah salah satu sarana pengusir stress terbaik yang pernah ditemukan oleh manusia.
  8. Kathryn Marsden, Olahraga ialah sebagai suatu kegiatan atau aktivitas yang dapat mengurangi stres serta sangat mudah dilakukan oleh manusia dengan biaya yang murah.
  9. Suryanto Rukmono, Olahraga adalah sebagai suatu kegiatan atau aktivitas melatih tubuh manusia supaya lebih sehat serta kuat, baik itu kebugaran jasmani dan rohani.
  10. Seno Gumira Ajidarma, Olahraga dapat didefinisikan sebagai suatu kegiatan atau aktivitas yang menyehatkan tubuh manusia serta sarana kompetisi untuk mencari bakat seseorang di bidang olahraga.
  11. UNESCO, Olahraga dialah serangkaian aktivitas fisik berupa permainan yang berisikan perjuangan melawan unsur-unsur alam, orang lain, ataupun diri sendiri.
  12. Chatles C. Manz, Olahraga yaitu sesuatu yang harus menjadi prioritas dan dijadwalkan tapi tetap realistis.
Kesimpulan Arti

Kegiatan atletik yang melibatkan tingkat kompetisi. Beberapa permainan dan banyak jenis balap disebut olahraga. Seorang profesional di olahraga disebut atlet. Mereka membutuhkan pelatih untuk mengajar atau melatih tim atau individu bagaimana melakukan yang lebih baik.

Jenis Olahraga dan Contohnya

Seperti yang kita ketahui bahwa ada banyak olahraga berbeda yang bisa dimainkan seseorang. Bahkan, acara olahraga seperti Olimpiade menampilkan daftar panjang olahraga, yang menunjukkan bahwa bidang olahraga itu beragam dan luas, diantaranya yaitu:

  1. Olahraga bola

Olahraga bola merupakan jenis olahraga yang paling umum di antara semua jenis olahraga. Olahraga bola adalah olahraga apa pun yang melibatkan dan menggunakan bola. Olahraga bola dibagi menjadi tiga klasifikasi yaitu bola saja, bola dan tongkat, dan bola yang melewati jaring. Olahraga yang hanya menggunakan bola saja contohnya yaitu sepak bola, bowling, bola basket, bola tangan.

Di sisi lain, beberapa contoh bola dan tongkat adalah golf, baseball, hoki lapangan, kriket, lacrosse, biliar, dan softball.  Sedangkan tenis, bulu tangkis, polo air, dan bola voli adalah beberapa contoh olahraga melewati jarring atau net.

  1. Olahraga yang melibatkan kekuatan dan olahraga tempur

Jenis olahraga lain adalah olahraga kekuatan dan pertempuran yang merupakan olahraga yang melibatkan kekuatan dan pertempuran. Beberapa contoh olahraga yang berbasis kekuatan termasuk binaraga, angkat besi, dan angkat besi.

Sementara itu, beberapa contoh olahraga tempur adalah tinju, pertarungan pamungkas, gulat, dan seni bela diri kuno seperti jujutsu, karate, dan taekwondo. Kendo dan pagar adalah beberapa contoh olahraga pertempuran yang memungkinkan dan menggunakan senjata.

  1. Olahraga trek dan olahraga daya tahan

Olahraga trek contohnya adalah maraton, sprint, relay, lompat jauh dan lompat tinggi, lempar lembing, lompat galah, dan lempar cakram yang beberapa dapat dimainkan baik oleh satu orang atau oleh tim. Bersepeda gunung, bersepeda jalan, BMX, trek bersepeda, dan cyclocross juga termasuk dalam olahraga trek.

Olahraga ketahanan, contohnya yaitu bersepeda dan berlari, biathlon yang terdiri dari ski dan menembak, dan triathlon, yang terdiri dari berenang, bersepeda, dan berlari adalah beberapa contoh dari jenis olahraga ini. Dekathlon yang terdiri dari lari, lompat jauh dan lompat tinggi, rintangan, lemparan seperti lemparan lembing, lempar cakram, dan lemparan peluru juga berada di bawah olahraga ketahanan.

  1. Olahraga Air, Salju, dan Es

Olahraga air, salju, dan es merupakan olahraga apa pun yang terkait dengan unsur air, salju, dan es. Beberapa contoh olahraga air adalah berenang, menyelam, bangun papan, berselancar, berlayar, dan mendayung. Beberapa olahraga yang dapat dimainkan di atas es adalah hoki es yang populer, figure skating, speed skating, dan curling. Sementara itu, contoh olahraga salju contohnya snowboarding, ski, sledding, bobsleigh.

Tujuan Olahraga

Dewan Eropa, Piagam Olahraga Eropa, pasal 2.i, “‘Olahraga’ berarti semua bentuk aktivitas fisik yang, melalui partisipasi kasual atau terorganisir, bertujuan untuk mengekspresikan atau meningkatkan kebugaran fisik dan kesejahteraan mental, membentuk hubungan sosial atau mendapatkan hasil dalam kompetisi di semua tingkatan.

Mengapa olahraga itu penting?

Olahraga sudah mengakar dalam berbagai budaya yang ditemukan di seluruh dunia. Mempelajari olahraga membantu anak-anak kecil mengetahui lebih banyak tentang lingkungan mereka, meruntuhkan hambatan bahasa dan budaya ketika mereka mengenal kosakata dan ekspresi baru saat mereka mempraktikkan disiplin favorit mereka.

Berlatih olahraga adalah cara yang sempurna bagi anak-anak untuk belajar tentang sportivitas, dan juga untuk memahami pentingnya kerja tim dalam kehidupan seseorang. Selain itu, anak-anak yang tumbuh dengan berlatih olahraga mengembangkan keterampilan fisik yang hebat, lebih cenderung membuat teman-teman baru telah meningkatkan harga diri dan tingkat stres yang lebih rendah.

Hal tersebut pada gilirannya cukup bermanfaat bagi kesehatan mental mereka. Jadi, olahraga tidak hanya bagus untuk tubuh, tetapi juga untuk pikiran anak-anak.

Fungsi Olahraga

Berikut ini beberapa fungsi olahraga bagi kesehatan, diantaranya yaitu:

  1. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Olahraga teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan keseluruhan sistem kardiovaskular Anda.
  2. Menurunkan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes. Jantung yang lebih sehat berarti berkurangnya risiko penyakit kardiovaskular, stroke, dan diabetes.
  3. Membantu mengatur berat badan. Tidak hanya aktivitas fisik membakar kalori, itu juga meningkatkan metabolisme dalam jangka panjang.
  4. Mengurangi tekanan darah. Aktivitas fisik menjaga jantung dan pembuluh darah kita tetap sehat, membantu mencegah hipertensi.
  5. Meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot. Latihan ketahanan menantang sistem otot kita, menghasilkan otot yang lebih besar, lebih kuat.
  6. Peningkatan fleksibilitas sendi dan rentang gerak. Fleksibilitas yang ditingkatkan mengurangi risiko cedera.
  7. Pelepas stres. Olahraga adalah penambah suasana hati yang hebat dan telah terbukti menjadi metode yang efektif untuk menghilangkan stress.
  8. Menangkal osteoporosis. Membangun tulang yang padat dan kuat adalah manfaat lain dari aktivitas fisik.
  9. Memperkuat sistem kekebalan tubuh. Berolahraga lebih banyak = lebih sedikit sakit.
  10. Tidur yang lebih baik. Kita tahu betapa pentingnya tidur, dan berolahraga dapat membantu kita meningkatkan kualitas tidur kita.

Itulah tadi serangkain penjelasan serta pengulasan secara lengkap kepada segenap pembaca terkait dengan pengertian olahraga menurut para ahli, jenis, tujuan, fungsi, dan contohnya dalam kehidupan sehari-hari. Semoga melalui ulasan ini bisa memberikan wawasan dan referensi atas materi yang mendalam. Trimakasih,

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *