Teknik Dasar Lari Zig Zag

Diposting pada

Teknik Lari Zig Zag

Pada dasaranya sebelum melakukan teknik dasar dalam lari zig zag perlu dipahami bahwa untuk unsur latihan kecepatan dan latihan kelincahan sangat diperlukan dalam melakukan arti olahraga ini. Disisi lain, untuk lari zigzag bisa dilakukan sendiri di rumah menggunakan berbagai media, seperti pohon, tiang, atau benda lainnya yang memiliki bentuk serupa dengan tiang.

Tentusaja jikalau dalam pertandingan diperlukan aturan dalam lari zig zag, alasannya karena peraturan tersebut merupakan serangkaian norma yang harus dipatuhi.

Lari Zig Zag

Lari adalah gerakan maju yang dilakukan untuk memindahkan posisi secepatnya. Lari terbagi menjadi beberapa jenis, salah satunya adalah lari zig zag. Sesuai namanya, lari zig zag adalah lari dengan arah berkelok-kelok untuk menghindari rintangan.

Secara umum, lari zig zag memiliki tujuan dan manfaat, yakni untuk mengatur kelincahan dan lari zig zag dilakukan untuk  meingkatkan arah gerak tubuh. Untuk melakukannya, konsentasi harus terus dijaga agar tidak menabrak tiang ketika berlari. Gunkaan perkiraan gerak yang tepat agar tidak mudah lelah. Dimana proses dalam latihan ini dapat dilakukan oleh anak-anak hingga orang dewasa. Beberapa jenis olahraga bola besar membutuhkan kemampuan zig zag yang baik, seperti olahraga sepak bola dan olahraga basket.

Bahkan dalam sepak bola, kemampuan lari zigz ag diperlukan untuk menggiring bola. Sedangkan dalam pertandingan basket, kemampuan zig zag diperlukan untuk mendribling bola dengan baik.

Teknik Lari Zigzag

Setidaknya terdapat beberapa teknik dasar yang harus diperhatikan dalam melakukan lari zigzag antara lain:

  1. Posisi badan

Posisi badan dalam olahraga ini juga berpengaruh terhadap kecepatan lari. Melewati ctiang atau cone, usahakan posisi badan condong ke depan. Hal tersebt berguna untuk menyeimbangkan tubuh. Jangan menconcongkan badan ke belakang. Daya tahan tubuh akan sulit terkoordinasi ketika melakukan zig zag posisi tubuh condng ke belakang.

  1. Pertahanan kaki

Ketika melakukan lari zig zag, pertahanan kaki sangat diperlukan untuk menahan tubuh agar tidak terlalu jauh jarak lari menyamping ketika melewati tiang atau cone. Gunakan bagian pisau kaki untuk menahan badan agar tidak terpeleset.

  1. Melewati tiang/cone

Saat melewati tiang atau cone dalam olahraga lari zig zag usahakan tubuh selalu dalam posisi. Usahakan sudut ketajaman saat melewati tiang atau cone kurang dari 45 derajat. Konsentrasi penuh pada arah dan jarak tiang atau cone.

  1. Koordinasi gerak tubuh

Saat melakukan lari zig zag, koordinasi gerak tubuh harus baik. Koordinasi tubuh adalah kemampuan dan keseimbangan tubuh untuk melakukan berbagai macam teknik gerak dalam satu waktu. Koordinasi gerak tubuh yang baik akan memudahkan tubuh mengubah arah gerak dengan baik. Maksimalkan kecepatan dan kelincahan saat melakukan lari zig zag.

  1. Posisi tangan

Posisi tangan saat melakukan lari zigzag sejatinya haruslah berada di bagian samping kanan dan kiri, sebelumnya pelari harus mengayunkan tangan ke depan dan belakang untuk membantu meningkatkan kecepatan dan menyeimbangkan tubuh.

  1. Pandangan mata

Saat melakukan lari zigzag, pandanga mata lurus ke depan. Ikuti pola papan atau cone agar tidak menjatuhkannya. Fokuskan pandangan setiap tiang atau cone yang ada di depan mata. Jangan fokus pada tiang atau cone lain yang masih jauh berada di depan.

Itulah saja artikel yang bisa kami sajikan pada semua pembaca berkenaan dengan berbagai teknik dasar dalam melakukan olahraga lari Zig Zag.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.