Macam Permainan Bola Besar dan Penjelasannya

Diposting pada

Macam Permainan Bola Besar

Permainan bola yang dikenal pula dengan arti olahraga bola merupakan segala bentuk permainan yang senantiasa mempergunakan bola sebagai bagian dari permainan. Jenis bola yang digunakan tentusaja berukuran besar oleh karena itulah tekni bermain ini lebih dikenal sebagai permainan bola besar. Misalnya sepka bola, basket, voli, rugby, bowling, dan lain-lain.

Tentunya bisa dibilang permainan ini beebada dari permainan bola kecil yang menggunakan bola berukuran kecil. Akan tetapi yang pasti setiap permainan, baik dalam permainan bola besar maupun bola kecil tentunya memiliki peraturan yang berbeda satu sama lain. Perbedaan paling menonjol yang bisa kita lihat misalnya bola yang digunakan. Meskipun sama-sama berukuran besar, tapi bola yang digunakan untuk sepak bola tentunya berbeda dengan bola yang digunakan untuk voli.

Permainan Bola Besar

Bola adalah benda berbentuk bulat yang biasanya dimainakan dalam bentuk lempar, dipukul, atau ditendang dalam berbagai olahraga dan permainan. Bola ini dperigunakan untuk permainan, baik permainan bola besar maupun permainan bola kecil terbuat dari berbagai bahan, kulit, karet, dan sintetis yang paling umum di zaman modern.

Oleh karena alasan demikianlah materi permainan bola besar dapat diartikan sebagai permainan bola yang dilakukan dengan menggunakan bola berukuran besar, dengan anggota tubuh sebagai penggerak. Permainan atau olahraga ini membutuhkan media yaitu lapangan dan bola, yang dimainkan secara berkelompok.

Macam Permainan Bola Besar

Adapun untuk berbagai jenis permainan bola besar, diantaranya yaitu:

  1. Sepak Bola

Sepak Bola Sebagai Permainan Bola Besar
Sepak Bola

Sepak bola adalah famili olahraga tim yang melibatkan, dalam berbagai tingkatan, menendang bola untuk mencetak gol. Pada tahun 1888, Liga Sepakbola didirikan di Inggris. Atas penjelasan inilah liga sepak pola menjadi yang pertama dari banyak kompetisi sepak bola profesional.

Bahkan, situasi ini terjadi sejak abad ke-20, beberapa jenis sepak bola tumbuh menjadi beberapa olahraga tim paling populer di dunia.

  1. Sepak Bola Tenis

Sepak Bola Tenis sebagai Permainan Bola Besar
Sepak Bola Tenis

Sepak bola tenis, juga dikenal sebagai futnet (dalam bahasa Ceko dan Slowakia nohejbal) adalah olahraga yang dimainkan dengan sepak bola.Tekniknya adalah permainan bola yang dapat dimainkan di dalam atau di luar ruangan di lapangan yang dibagi dengan jaring rendah dengan dua tim lawan (satu, dua atau tiga pemain).

Pemain mencoba mencetak poin dengan memukul bola dengan bagian tubuh mana pun kecuali tangan dan membuatnya memantul di area lawan sedemikian rupa sehingga sulit atau tidak mungkin bagi tim lain untuk mengembalikannya melalui jaring.

  1. Sepak Bola Amerika

Sepak Bola Amerika sebagai Permainan Bola Besar
Sepak Bola Amerika

Sepak bola Amerika, disebut sebagai sepak bola Amerika Serikat dan Kanada dan atau gridiron adalah olahraga tim yang dimainkan oleh dua tim yang terdiri dari sebelas pemain di lapangan persegi panjang dengan tiang gawang di setiap ujungnya.

Permainan bola yang satu ini berkembang di Amerika Serikat, yang pada mulanya adalah dari olahraga sepak bola dan rugby.

  1. Bola Basket

Bola Basket sebagai Permainan Bola Besar
Bola Basket

Bola basket adalah salah satu olahraga paling populer di dunia. Teknik bermain bola basket ini mempergunakan bola dan ring.

Dimana pemain mencetak poin dengan menembak bola melalui ring. Bola basket memiliki kecepatan permainan yang sangat cepat dan mengasyikkan. Selain itu, setiap pemain di lapangan dapat memainkan penyerangan dan pertahanan dan peran masing-masing pemain hanya ditentukan secara longgar.

  1. Bola Voli

Bola Voli adalah Permainan Bola Besar
Bola Voli

Bola voli adalah olahraga tim yang dimainkan dengan bola dan net. Ada tim di setiap sisi net. Satu tim memukul bola melewati net dan masuk ke lapangan tim lain, tim lain kemudian harus memukul bola kembali melewati net dan dalam tiga kali percobaan tanpa membiarkan bola menyentuh tanah.

Sejumlah teknik yang konsisten telah berkembang dalam bola voli, termasuk spiking dan blocking (karena permainan ini dibuat di atas bagian atas net, lompat vertikal adalah keterampilan atletik yang ditekankan dalam olahraga) serta passing, setting, dan posisi khusus pemain dan struktur ofensif dan defensif.

  1. Bola Voli Pantai

Bola Voli Pantai adalah Permainan Bola Besar
Bola Voli Pantai

Seperti halnya bola voli biasa, permainan voli pantai juga dimainkan oleh dua tim, tapi masing-masing tim terdiri atas dua pemain di lapangan berpasir. Seperti dalam bola voli dalam ruangan, tujuan permainan ini adalah untuk mengirim bola melewati net dan mengardekannya di sisi lapangan lawan, dan untuk mencegah upaya yang sama dari lawan.

Setiap tim dalam arti voli pantai diperbolehkan sampai tiga sentuhan untuk mengembalikan bola melewati net, dan pemain individu tidak boleh menyentuh bola dua kali berturut-turut kecuali setelah melakukan sentuhan blok (sentuhan blok dihitung sebagai satu sentuhan, hanya menyisakan dua sentuhan lagi sebelum bola harus dipukul).

  1. Futsal

Futsal adalah Permainan Bola Besar
Futsal

Futsal adalah olahraga yang dimainkan oleh dua tim dengan masing-masing tim berjumlah 5 orang, yang salah satunya bertugas sebagai kipper. Dalam permainan ini, pergantian tidak terbatas diizinkan. Berbeda dari beberapa bentuk sepak bola dalam ruangan lainnya, futsal dimainkan di permukaan lapangan yang keras, yang dibatasi oleh garis, bukan dinding atau papan.

  1. Rugby

Jenis Permainan Bola Besar adalah Rugby
Rugby

Rugby adalah olahraga tim yang berasal dari Inggris pada paruh pertama abad ke-19. Dalam bentuknya yang paling umum, permainan dimainkan antara dua tim yang terdiri dari 15 pemain menggunakan bola berbentuk oval di lapangan persegi panjang. Lapangan memiliki tiang gawang berbentuk H di kedua ujungnya.

Rugbi adalah olahraga populer di seluruh dunia, dimainkan oleh pemain pria dan wanita dari segala usia. Pada tahun 2014, ada lebih dari 6 juta orang bermain di seluruh dunia, di antaranya 2,36 juta adalah pemain terdaftar.

  1. Handball (Bola Tangan)

Handball
Handball

Bola tangan adalah olahraga tim di mana dua tim yang masing-masing terdiri dari tujuh pemain (enam pemain lapangan dan seorang penjaga gawang) mengoper bola menggunakan tangan mereka dengan tujuan untuk melemparkannya ke dalam tujuan tim lain. Pertandingan standar dari permainan yang satu ini  bisa dibagi menjadi dua periode 30 menit. Tim yang mencetak gol lebih banyak tentunya akan menang.

Gol-gol tersebut dikelilingi oleh zona 6 meter (20 kaki) di mana hanya penjaga gawang yang diperbolehkan; gol harus dicetak dengan cara melempar bola dari luar zona atau saat “menyelam” ke dalamnya.

  1. Polo Air

Contoh Permainan Bola Besar Polo Air
Polo Air

Polo air adalah olahraga tim kompetitif antara dua tim yang dilakukan di air, biasanya kolam yang sangat dalam sehingga pemain tidak dapat menyentuh dasarnya.. Permainan ini terdiri dari empat babak di mana kedua tim berusaha mencetak gol dengan cara melempar bola ke gawang tim lawan.

Masing-masing terdiri atas enam pemain lapangan dan satu pemain yang bertugas sebagai penjaga gawang. Tidak termasuk penjaga gawang, pemain berpartisipasi dalam peran ofensif dan defensif.

  1. Bowling

Bowling Adalah Permainan Bola Besar
Bowling

Bowling adalah olahraga target dan aktivitas rekreasi di mana pemain melempar bola ke arah pin (dalam bowling pin) atau target lain (dalam bowling target). Dalam bowling pin, tujuannya adalah untuk menjatuhkan pin pada permukaan permainan yang panjang yang dikenal sebagai lane. Sedangkan, dalam bowling target, tujuannya biasanya untuk menempatkan bola sedekat mungkin dengan target.

Jalur memiliki permukaan kayu atau sintetis di mana oli pelumas pelindung diterapkan dalam pola oli khusus yang berbeda yang memvariasikan lintasan dan karakteristik jalur bola. Jenis bowling pin yang umum termasuk ten-pin, candlepin, duckpin, nine-pin, five-pin, dan kegel, sedangkan permukaan dalam bowling target mungkin berupa rumput, kerikil, atau sintetis.

  1. Ringball

Ringball Adalag Permainan Bola Besar
Ringball

Ringball adalah olahraga tradisional Afrika Selatan yang berasal dari bola basket dan telah dimainkan sejak 1907. Olahraga ini sekarang dipromosikan di Afrika Selatan, Namibia, Botswana, Lesotho, India, dan Mauritius untuk menetapkan Ringball sebagai olahraga internasional. Olahraga ini dimainkan oleh tim pria dan wanita

Ringball adalah olahraga non-kontak yang dimainkan oleh tim pria dan wanita dalam permainan terpisah. Ini mirip dengan permainan bola jaring, korfball dan dapat dimainkan di segala cuaca, rumput, atau lapangan tertutup.

  1. Cycle-ball (Bola Sepeda)

Bola Sepeda Adalah Permainan Bola Besar
Bola Sepeda

Cycle-ball, juga dikenal sebagai “radball” (dari bahasa Jerman), adalah olahraga yang mirip dengan sepak bola yang dimainkan dengan sepeda. Dua orang di setiap tim mengendarai sepeda roda gigi tetap tanpa rem atau freewheel. Dalam permainan ini, bola dikendalikan oleh sepeda dan kepala, kecuali ketika mempertahankan gawang.

Olahraga ini diperkenalkan pada tahun 1893 oleh seorang Swiss-Amerika, Nicholas Edward Kaufmann. Kejuaraan dunia pertama diadakan pada tahun 1929. Pemain paling sukses adalah Pospíšil bersaudara dari Cekoslowakia, juara dunia 20 kali antara tahun 1965 dan 1988.

  1. Kickball

Contoh Permainan Bola Besar Kickball
Kickball

Kickball (juga dikenal sebagai bisbol sepak bola di sebagian besar Kanada) adalah permainan dan permainan liga, mirip dengan bisbol, ditemukan di Amerika Serikat oleh Nicholas C. Seuss.

Seperti dalam bisbol, satu tim mencoba mencetak gol dengan meminta para pemainnya mengembalikan bola dari markas ke lapangan dan kemudian mengitari base, sementara tim lain mencoba menghentikan mereka dengan memberi tag mereka “keluar” dengan bola sebelum mereka dapat kembali ke home base.

  1. Footvolley

Jenis Permainan Bola Besar adalah Footvolley
Footvolley

Footvolley adalah olahraga yang menggabungkan aspek voli pantai dan sepak bola asosiasi. Footvolley dibuat oleh Octavio de Moraes pada tahun 1965 di Brasil. Footvolley menggabungkan aturan lapangan yang didasarkan pada bola voli pantai dengan aturan sentuhan bola yang diambil dari asosiasi sepak bola.

  1. Sepak bola Gaelik

Permianan Bola Besar Sepak bola Gaelik
Sepak bola Gaelik

Sepak bola gaelik adalah olahraga tim Irlandia. Ini dimainkan antara dua tim yang terdiri dari 15 pemain di lapangan rumput persegi panjang. Olahraga ini bertujuan untuk mencetak gol dengan cara menendang atau meninju bola ke gawang tim lain atau di antara dua tiang tegak di atas gawang dan melewati mistar gawang di atas tanah (1 poin).

  1. Slumball

Permainan Bola Besar Slumball
Slumball

Slamball adalah bentuk bola basket yang dimainkan dengan empat trampolin di depan setiap jaring dan papan di sekitar tepi lapangan. Nama SlamBall adalah merek dagang dari SlamBall, dan LLC. Sementara SlamBall didasarkan pada bola basket, ini adalah olahraga kontak, dengan balok, tabrakan, dan permainan fisik yang kasar sebagai bagian dari permainan, mirip dengan elemen sepak bola Amerika dan hoki es.

  1. Goalball

Permainan Bola Besar Goalball
Goalball

Goalball merupakan olahraga tim yang dirancang secara khusus bagi atlit-atlit yang memiliki gangguan penglihatan. Dalam permainan ini, bola dilempar dengan tangan dan tidak pernah ditendang. Menggunakan koordinasi telinga-tangan, yang berawal dari latihan rehabilitasi, olahraga ini tidak ada padanannya. Atlet berbadan sehat juga ditutup matanya saat memainkan olahraga ini.

  1. Four square

Permainan Bola Besar Four Square
Four Square

Four square adalah permainan bola yang dimainkan di antara empat pemain di lapangan persegi yang dibagi menjadi kuadran. Tujuan dari empat kotak adalah untuk mengeliminasi pemain lain untuk mencapai peringkat tertinggi di lapangan, dan ini dilakukan dengan memantulkan bola bolak-balik di antara kuadran.

  1. Tchoukball

Permainan Bola Besar Tchoukball
Tchoukball

Tchoukball merupakan olahraga tim yang dilakukan di dalam ruangan yang dikembangkan oleh ahli biologi Swiss, Dr Hermann Brandt pada tahun 1970-an.

Dr Brandt prihatin tentang jumlah cedera dalam olahraga pada saat itu dan sebagai bagian dari studi pendidikan, ia ingin menciptakan olahraga yang mengurangi cedera, tidak agresif di antara pemain dan memungkinkan orang-orang dari segala bentuk, ukuran, jenis kelamin, dan budaya.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa permainan bola besar adalah berbagai permainan apa saja, seperti bakset, volly, dan sepak bola yang senantiasanya dalam ciri permainan bola besar ini dimainkan dengan bola dan berbentuk tim

Nah, demikinalah artikel yang bisa kami selesaikan pada segenap pembaca berkenaan dengan berbagai jenis permainan bola besar yang ada di Indonesia dan berbagai belahan dunia. Semoga memberikan wawasan bagi kalian yang memerlukannya.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *