Pengertian Lari Zig Zag, Sejarah, Tujuan, Teknik, dan Aturan Permaiannya

Diposting pada

Lari Zig Zag Adalah

Latihan lari zig zag merupakan gerakan lari berkelok-kelok mengikuti lintasan. Latihan lari zig-zag bermanfaat untuk meningkatkan latihan kelincahan pada seorang atlet, hal ini disebabkan unsur gerak yang ada dalam latihan lari zig-zag adalah komponen gerak kelincahan yaitu lari dengan mengubah arah dan posisi tubuh, kecepatan, keseimbangan. Komponen-komponen tersebut juga merupakan komponen gerak kelincahan.

Latihan lari zig-zag sangat penting dalam permainan sepak bola, sebab unsur kelincahan yang dimilikinya,khususnya dalam kemampuan menggiring bola. Tujuan melakukan latihan lari zig zag yaitu untuk menguasai keterampilan lari, menghindar dari beberapa rintangan baik orang maupun benda yang ada disekeliling saat permainan berlangsung.

Lari Zig Zag 

Lari zig zag merupakan lari yang dilakukan dengan cara berkelok-kelok sesuai lintasan yang sudah ditetapkan. Latiahn lari zig zag pada dasarnya hampir sama dengan dengan shutle run (lari bolak-balik), tapi arah gerak pada lari zig-zag dilakukan ke arah samping.

Lari zig-zag biasanya menggunakan cone (sebagai alat (batas) melakukan zig-zag. Cone tersebut biasanya diletakan setiap 0,5-1 meter dan si pelari harus berlari zig zag melewati rintangan cone tersebut.

Pengertian Lari Zig Zag

Lari zig-zag dapat didefinisikan sebagai bentuk lari yang merubah arah gerak tubuh atau bagian tubuh untuk menghindari berbagai halangan baik orang maupun benda yang terdapat disekeliling pelari. Lari zig zag juga bisa didefinisikan lari secara berkelak-kelok dengan cara merubah arah gerak tubuh baik itu dengan bola maupun tanpa bola.

Pengertian Lari Zig Zag Menurut Para Ahli

Adapun definisi lari zig zag menurut para ahli, antara lain:

  1. Saputra (2002)  dalam  Sukma  (2015), Lari zig-zag dapat didefinisikan sebagai suatu metode latihan yang dilakukan dengan gerakan berkelok-kelok melewati rintangan yang telah disiapkan, dengan tujuan untuk melatih kemampuan atlet berubah  arah  dengan  cepat.
  2. Larkins  and Abbots , Lari zig-zag run adalah metode latihan yang dilakukan dengan perubahan posisi secara langsung dengan berlari zig-zag.

Sejarah Lari Zig Zag

Sejarah lari kaya dengan kompetisi, upacara, dan permainan dari budaya yang tak terhitung jumlahnya di seluruh dunia. Dalam kesederhanaannya, balapan kaki mungkin merupakan kompetisi atletik yang paling umum sepanjang sejarah, bervariasi antara sprint beberapa meter hingga tes ketahanan ekstrim di jarak yang sangat jauh.

Di luar perlombaan berjalan kaki, berlari itu sendiri menjadi salah satu komponen inti dari atletik umum, telah menjadi komponen penting dari kegiatan atletik yang tak terhitung jumlahnya sepanjang sejarah, dari lingkaran Yunani kuno yang bergulir hingga sepak bola massa Eropa abad pertengahan.

Mesir Kuno menjadi tuan rumah sejumlah kecil balapan kaki, biasanya lebih bersifat seremonial daripada kompetitif, meskipun tampaknya ada bukti kecil kompetisi informal. Salah satu upacara seremonial semacam itu telah memegang tempat dalam budaya Mesir sejak sejarahnya yang sangat awal, sedini 3000 SM, dalam sebuah festival bernama heb sed, yang merayakan pemerintahan firaun saat ini.

Salah satu acara utama festival ini adalah perlombaan di mana hanya firaun yang berkompetisi untuk menunjukkan bahwa ia masih sehat secara fisik untuk memerintah. Ketika bulan terjadi 30 tahun pada masa pemerintahan firaun dan setiap 3 tahun sesudahnya, firaun akan berusia sekitar 40 tahun pada usia termuda untuk lomba seremonial pertamanya.

Sejarah Mesir kuno memang menjadi tuan rumah satu ras kompetitif besar tanpa nama. Selama abad ke-7 SM, Firaun Taharqa mengadakan perlombaan di antara beberapa unit militer dari Memphis (ibukota Mesir) ke Oasis Faiyum dan kembali, dengan istirahat 2 jam di tengah jalan. Jarak total mencapai sekitar 62 mil (100 km), hampir dua setengah kali jarak maraton modern.

Tujuan Lari Zig Zag

Lari zig-zag bertujuan untuk menguasai keterampilan lari, menghindar dari berbagai halangan baik orang maupun benda yang ada di sekeliling pelari (Saputra, 2002). Berdasarkan tujuan tersebut latihan lari zig zag bisa dibedakan menjadi dua, yaitu:

  1. Latihan lari zig zag yang bertujuan untuk mengukur kelincahan seseorang, yang bisa dilakukan dengan latihan lari segi tiga dengan ukuran garis segi tiga yang telah ditentukan dan latihan lari bentuk bintang dengan ukuran garis berbentuk bintang yang telah ditentukan.
  2. Latihan lari zig zag yang bertujuan untuk merubah arah gerak tubuh atau bagian daya tahan tubuh, yang bisa dilakukan dengan latihan lari angka delapan, yaitu berlari mengikuti angka delapan dan latihan lari dengan melewati rintangan, ketika berlari akan berbentuk garis zig zag.

Lari zig zag memiliki beberapa manfaat bagi tubuh, antara lain:

  1. Melatih kelincahan

Kelincahan merupakan kemampuan tubuh yang berguna untuk bergerak lebih cepat tanpa harus menimbulkan gangguan pada keseimbangan kita. Keseimbangan, kecepatan serta kelentukan merupakan suatu hal yang saling berkaitan didalam membentuk kelincahan itu sendiri.

Tanpa unsur-unsur tersebut seseorang tidak dapat dikatakan lincah. Ada pula beberapa orang  yang bisa bergerak cepat, tapi mereka tidak dapat melakukan gerakan yang  tepat serta seimbang, hal tersebut tidak dapat dikatakan bahwa orang tersebut lincah.

Salah satu cara dalam  melatih kelincahan adalah melakukan lari zig zag. Apabila kita sering berlatih lari zig zag, maka kelincahan pun akan semakin baik.

  1. Memperkuat otot kaki

Ada banyak manfaat yang bisa kita rasakan jika memiliki otot kaki yang kuat, sebab dengan otot kaki yang kuat, keseimbangan serta koordinasi tubuh kita juga akan semakin baik. Kaki berperan sebagai pondasi bagi tubuh. Otot kaki yang kuat, secara otomatis akan meningkatkan performa tubuh secara keseluruhan. Melalui latihan lari zig zag otot kaki akan semakin kuat.

  1. Mengurangi resiko sakit jantung

Mungkin kita sering tidak sadar ketika kita memiliki jantung yang lemah. Jantung yang lemah beresiko terkena sakit jantung yang tinggi. Salah satu yang dapat kita lakukan untuk mencegah esiko sakit jantung yaitu dengan melakukan lari zig zag.

Hal itu disebabkan karena dengan berlari zig zag secara rutin otot jantung semakin kuat sehingga akan mengurangi resiko terkena sakit jantung  karena jika otot jantung kuat, proses pemompaan jantungpun akan jadi semakin santai sehingga terhindar dari resiko penyakit jantung.

  1. Melancarkan sistem pernafasan

Apabila kita rutin berlari, maka paru-paru kita akan menjadi semakin lebih sehat. Berlari akan melatih otot-otot di sekitar dada, sehingga membuat pernafasan kita akan lebih baik. Ketika kita bernafas normal tanpa melakukan arti olahraga, volume paru-paru sekitar 500-600 mililiter. Perlu kita tahu bahwa kapasitas maksimal volume dari paru-paru sebesar 5800 mililiter.

Tentunya bisa kita bayangkan, jika kapasitas paru-paru meningkat, maka pernafasan akan semakin lancar, tubuh semakin fit dan tidak mudah lelah. Semakin banyak kapasitas oksigen akan semakin baik, jadi mari kita mulai membiasakan diri untuk berolahraga, khususnya denga berlari zig zag.

  1. Membakar lemak

Salah satu manfaat paling besar dari lari zig zag yaitu membakar lemak dalam tubuh kita. Lemak kita akan terus terbakar meskipun kita sudah selesai berlari. Orang-orang  yang rajin  berlari akan mengalami pembakaran lemak jahat yang sangat banyak, lebih banyak dibandingkan orang yang tidak berlari.

Teknik Lari Zig Zag

Cara melakukan lari zig-zag atau lari berbelok-belok yaitu:

  1. Berdiri tegak dan kedua tangan di samping badan
  2. Pandangan ke depan
  3. Lakukan gerakan lari berbelok-belok ke arah kiri dan kanan sesuai dengan arah. Perlu kita ingat bahwa ketika berlari harus dilakukan secepat mungkin melewati titik (cone) yang telah di tentukan dengan interval 2-4 kali. Jarak dari titik satu ke titik berikut nya sekitar 0,5-1 meter.

Aturan Permainan Lari Zig Zag

Dalam melakukam tes lari zig zag terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan, terakait sumber daya yang diperlukan dan cara melakukan tes. Berikut penjelasannya:

Sumber daya yang diperlukan

Untuk melakukan tes lari zig zag, yang dibutuhkan, yaitu:

  1. 5 cone
  2. Permukaan yang rata
  3. Stopwatch
  4. Asisten

Cara melakukan tes

Tes ini mengharuskan atlet untuk berlari di sekitar serangkaian cone secepat mungkin. Langkah-langkah yang dilakukan yaitu:

  1. Atlit melakukan pemanasan selama 10 menit.
  2. Asisten menandai persegi panjang 10 kali 16 kaki dengan empat cone dan menempatkan cone di tengah.
  3. Asisten memberikan perintah “GO” dan memulai stopwatch.
  4. Atlet memulai tes di cone Start & Finish dan mengikuti rute yang sudah ditentukan.
  5. Asisten menghentikan stopwatch dan mencatat waktu ketika tubuh atlet cone Start & Finish.

Itulah tadi penjelasan dan uraian yang bisa kami tuliskan. Berkenaan dengan pengertian lari zig zag menurut para ahli, sejarah, tujuan, teknik, dan aturan dalam permaiannya. Semoga bisa memberi pencerahan bagi kalian yang sedang membutuhkan.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *