Tujuan dan Manfaat Lari Zig Zag

Diposting pada

Tujuan dan Manfaat Lari Zig Zag

Lari zig-zag merupakan salah satu jenis olahraga yang pastinya tidak asing lagi bagi banyak individu, terutama untuk kalangan pelajar. Artinya lari zig zag cukup dikenal bahkan menjadi salah satu mata pelajaran yang ada dalam pendidikan jasmani. Lari zig zag termasuk jenis olahraga modern yang cukup mengasyikan dan pelaksanaannya sangat mudah.

Maka dari itu banyak siswa yang senang melakukan gerakan lari zig zag ini. Karena dalam olahraga ini selain untuk menyehatkan tubuh, juga sebagai sarana permainan atau game yang sangat seru untuk dilakukan. Sehingga pelajaran olahraga yang dilakukan guru akan lebih rileks dan disukai banyak siswa.

Lari Zig Zag

Aturan dalam arti lari zig zag pada umumnya bertujuan untuk menguasai ketrampilan diri dan menghindar dari berbagai halangan baik orang maupun benda yang ada di sekitar.

Setidaknya perlu anda ketahui lari zig zag ini dibedakan menjadi dua macam yaitu lari zig zag yang digunakan untuk mengukur kelincahan seseorang dan lari zig zag yang digunakan untuk merubah arah gerak tubuh atau bagian tubuh.

Tujuan Lari Zig Zag

Adapun untuk tujuan melakukan olahraga lari zig zag antara lain adalah sebagai berikut ini;

  1. Memperkuat otot kaki

Latihan lari zig zag sangat terkenal sebagai olahraga yang dapat memperkuat otot kaki. Alasannya karena pada olahraga ini bagian tubuh yang paling utama digunakan untuk bergerak adala kaki itu sendiri. Sehingga secara tidak langsung latihan kekuatan otot kaki semakin terbentuk begitu baik.

  1. Melatih kecepatan dan kekuatan

Tujuan lain dari lari zig zag yaitu memberikan proses latihan kecepatan dan kekuatan. Kecepatan maupun kekuatan diterapkan dalam olahraga ini yang mana para pemain harus berlari sekencang-kencangnya dengan melewati berbagai hambatan dan harus kuat dalam menyelesaikan tantangan yang sudah ada.

Sehingga dari kegiatan lari tersebut akan melatih seseorang untuk terbiasa berlari dengan kecepatan yang semakin tinggi ditambah pula dengan kekuatan yang harus dijaga.

  1. Melancarkan sistem pernafasan

Lari zig zag merupakan arti olahraga yang identik dengan gerakan lari. Perlu anda ketahui bahwa dengan gerakan lari yang dilakukan secara rutin ini bisa menyebabkan paru-paru menjadi lebih sehat. Bahkan dengan olahraga berlari akan membuat pernafasan menjadi lebih baik dan terkontrol.

Sehingga melalui lari zig zag anda bisa membuat tubuh semakin kuat dan fleksibel dan kapasitas oksigen akan semakin meningkat pula.

  1. Meningkatkan Mood

Latihan lari zig zag termasuk olahraga yang menyenangkan. Bahkan apabila anda melakukan olahraga ini anda bisa sekaligus melakukan permainan.

Oleh karena itu lari zig zag dianggap pula dapat meningkatkan mood seseorang agar suasana hatinya menjadi lebih baik pada saat melakukan olahraga yang satu ini. Selain itu, lari zig zag juga dapat menghilangkan rasa penat atau beban pikiran yang mengganjal pun akan sedikit hilang dan terasa fress kembali.

  1. Mencegah Diabetes Mellitus

Perlu anda ketahui bahwa penyakit diabetes mellitus atau kencing manis merupakan salah satu jenis penyakit yang tergolong bahaya. Sehingga anda perlu untuk menjaga kesehatah tubuh agar terhindar dari penyakit satu ini. Apabila anda terlanjur mengalami diabetes mellitus maka sebaiknya harus segera ditangani agar tidak semakin parah.

Beberapa hal juga bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari penyakit ini yaitu dengan cara menjaga pola makan, lebih rajin berolahraga misalnya melakukan lari zig zag secara rutin, paling tidak dua kali dalam seminggu dan lain sebagainya.

  1. Menjaga Keseimbangan Hormon

Lari zig zag ternyata dapat digunakan untuk membantu seseorang yang mengalami gangguan hormonal. Sehingga dengan melakukan kegiatan olahraga ini anda yang sedang mengalami gangguan hormonal bisa sedikit terbantu dan menyebabkan sistem hormon menjadi lebih baik dari sebelum-sebelumnya.

  1. Membakar lemak

Membakar lemak merupakan tujuan yang sangat dasar dalam olahraga lari zig zag. Karena pada dasarnya dengan berlari seseorang dapat membakar lemak dengan lebih mudah. Sebagai informasi bahwa orang yang rutin berlari akan membakar lemak lebih banyak dibandingkan dengan orang yang tidak berlari, bahkan uniknya lagi walaupun dia sudah istirahat ataupun sedang tidak berlari lemak masih tetap terbakar.

Oleh karena itu tidak heran banyak pula orang yang melakukan kegiatan berlari dan salah satu contoh olahraga lari yang cukup mengasyikan yaitu lari zig zag itu sendiri.

Manfaat Lari Zig Zag

Manfaat yang dimiliki dari lari zig zag antara lain adalah sebagai berikut ini;

  1. Mencegah Jantung Koroner

Lari zig zag merupakan olahraga yang mudah dilakukan namun memberikan manfaat yang luar biasa salah satu contohnya yaitu mencegah jantung koroner. Alasannya pada saat anda melakukan lari zig zag maka kinerja organ tersebut pun akan semakin lancar, serta irama detaknya teratur.

Sehingga olahraga lari seperti zig zag run ini sangat disarankan agar menjadi sebuah kebiasaan yang dapat dilakuk,an untuk membuat tubuh lebih sehat dan bugar. Namun tentunya olahraga ini saja tidak cukup, karena anda juga harus menjaga pola makan yang bergizi agar hasilnya lebih optimal.

  1. Mengencangkan Otot Kaki

Otot kaki menjadi lebih kencang merupakan manfaat dari kegiatan olahraga lari zig zag. Semakin sering dan rutin anda melakukan olahraga ini maka keseimbangan tubuh akan semakin terjaga. Bahkan kekuatan kaki juga semakin baik, karena memang dalam olahraga ini peran kaki sangat penting dan menjadi hal paling utama.

  1. Meningkatkan Kelincahan Tubuh

Sebagai informasi bahwa olahraga lari zig zag ini pada umumnya bisa dilakukan di waktu pagi maupun sore hari. Semakin anda sering berlatih maka manfaat seperti meningkatkan kelincahan tubuh dapat semakin dirasakan. Biasanya olahraga ini juga sering dilakukan pemain sepak bola dengan tujuan agar tubuh  semakin cepat dalam bergerak dan seimbang dalam menggiring bola.

  1. Menurunkan Berat Badan

Apakah anda tahu bahwa dengan melakukan lari zig zag secara rutin dapat menurunkan berat badan? Olahraga ini memang cukup efektif untuk menurunkan berat badan karena pada saat melakukan lari tubuh dapat membakar lemak. Sehingga bagi anda yang mengalami obesitas, salah satu jenis olahraga yang bisa anda lakukan ialah lari zig zag itu sendiri.

  1. Menigkatkan Metabolisme Tubuh

Olahraga lari zig zag bermanfaat pula untuk meningkatkan imun atau daya tahan tubuh. Hal ini dikarenakan dalam gerakan olahraga tersebut membuat tubuh untuk melakukan gerakan dengan cepat dan kuat, sehingga hal itu berpengaruh kepada kondisi tubuh yang semakin kuat pula.

Secara tidak langsung olahraga ini memang sangat baik untuk meningkatkan metabolism tubuh dan menghindarkan dari berbagai serangan penyakit.

  1. Mencegah Sembelit

Olahraga lari zig zag sangat baik untuk mencegah sembelit. Alasannya karena dalam olahraga ini hampir seluruh anggota badan bergerak termasuk bagian perut atau pencernaannya. Sehingga BAB pun akan menjadi lancar dan menyehatkan tubuh.

  1. Melancarkan Sirkulasi Darah

Lari zig zag berguna pula untuk melancarkan sirkulasi darah manusia. Efek positif yang dapat dirasakan di dalam tubuh yaitu mampu melenturkan otot di sekitar pembuluh darah. Otomatis hal ini membuat aliran darah menadi semakin lebih lancar dan mampu mengalir pada seluruh bagian badan.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikeukakan dapatlah dikatakan bahwa lari zig zag bukan hanya sekedar permainan maupun latihan biasa, akan tetapi olahraga ini memiliki tujuan yang sangat baik untuk tubuh. Dimana selain memiliki tujuan dalam olahraga lari zig zag begitu banyak manfaat dan mungkin belum diketahui oleh banyak orang.

Itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada kalian semuanya. Berkenaan dengan tujuan yang menjadi keberanfaatan dalam olahraga lari zig zag. Semoga memberikan edukasi untuk semua kalangan yang sedang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *