Tujuan Permainan Sepak Takraw

Diposting pada

Tujuan Bermain Sepak Takraw

Pernahkah anda mendengar olahraga sepak takraw? Mungkin ada sebagian orang yang belum mengenal apa itu permainan sepak takraw. Perlu anda ketahui bahwa olaraga sepak takraw merupakan salah satu cabang olahraga yang dimainkan oleh dua regu secara berhadapan dan dipisahkan oleh jaring atau net pada bagian tengah lapangan.

Kemudian untuk lapangan sepak takraw sendiri berbentuk persegi empat panjang yang mana bentuk  tersebut hampir mirip dengan lapangan permainan bulu tangkis. Dalam olahraga sepak takraw ini tangan adalah bagian tubuh yang tidak boleh tersentuh bola dan memang hal itulah yang menjadi peraturannya. Sedangkan bagian tubuh yang digunakan untuk menyentuh bola yaitu kaki dan kepala.

Sepak Takraw

Dalam perkembangan sejarah arti sepak takraw pada dasarnya diawali dari negara Indonesia. Karena sepak takraw ini merupakan salah satu jenis permainan tradisional asli dari Indonesia dengan nama awalnya ialah sepak raga. Bahkan untuk perkembanganya sendiri ada di berbagai daerah-daerah di Indonesia. Misalnya saja di Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Sulawesi Selatan.

Tujuan Sepak Takraw

Adapun untuk tujuan olahraga sepak takraw yang lain yaitu sebagai berikut;

  1. Mengembangkan budaya melayu yang sudah ada sejak zaman dahulu

Perlu anda ketahui bahwa permainan sepak takraw ini awal mulanya berasal dari daerah melayu dan disebut dengan nama sepak raga. Semakin berkembang maka permainan ini bisa dimainkan oleh banyak orang mulai dari kalangan atas, menengah hingga bawah.

Oleh karena itu tujuan dari sepak takraw ini yaitu untuk mempertahankan permainan tradisional yang awalnya dari Indonesia dan mengembangkannya lagi hingga menjadi permainan yang lebih baik.

  1. Melatih kedisiplinan

Sepak takraw termasuk olahraga yang memberikan kemudahan bagi seseorang untuk mempunyai sikap disiplin. Apakah anda tahu mengapa sikap disiplin bisa dibangun dari olahraga ini? Alasannya karena dari sepak takraw ini seseorang harus mampu melakukan latihan secara betul dan sungguh-sungguh.

Agar mereka memiliki kemampuan untuk melakukan permainan sepak takraw ini. Tentunya latihan tidak bisa terjadi apabila setiap individu tidak mau melakukan schedule dengan benar, maka dari itu secara tidak langsung sepak takraw mampu melatih kedisiplinan dengan baik.

  1. Melatih kerjasama antar tim

Selain sikap disiplin, maka sepak takraw termasuk salah satu olahraga yang bisa melatih kerjasama. Pada dasarnya olahraga ini mengacu pada permainan yang dilakukan banyak orang atau secara tim. Maka dari itu sebuah kerjasama atau kebersamaan harus dibangun dari awal agar seluruh anggota tim bisa saling membantu satu sama lain dan berhasil memenangkan permainan sepak takraw ini.

  1. Melatih ketangkasan

Tujuan sepak takraw yang berikutnya ialah melatih ketangkasan. Perlu anda ketahui bahwa ketangkasan disebut pula sebagai kondisi tanggap dari seseorang dengan menggunakan kemampuan yang dimilikinya semaksimal mungkin.

Permainan sepak takraw merupakan olahraga yang bisa melatih ketangkasan, karena dalam permainan ini seseorang harus bisa dengan cepat memperhatikan bola yang menjadi incarannya.

  1. Melatih tingkat kefokusan memukul bola menggunakan kaki

Bukan hanya soal ketangkasan, akan tetapi permainan sepak takraw dianggap pula sebagai olahraga yang mampu melatih tingkat kefokusan. Terlebih lagi dengan adanya sikap fokus yang tinggi maka pemain dapat memukul bola dengan lebih mudah.

Maka dari itu mau tidak mau rasa fokus itu harus dilatih secara terus menerus, dengan maksud agar pemain bisa mendapatkan nilai atau skor dari keberhasilan permainan yang dilakukannya.

  1. Menghasilkan prestasi non akademik

Bermain sepak takraw tidak akan merugikan diri anda. Justru olahraga ini bisa memberikan prestasi diluar pelajaran atau non akademik. Sehingga dengan demikian anda tetap bisa menunjukkan bakat yang anda miliki dari kemampuan non akademik dan membuat anda mempunyai prestasi yang baik.

Nah, demikianlah artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan tujuan melakukan permainan sepak takraw. Semoga memberikan edukasi bagi segenap pembaca yang sedang memerlukan dan membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.