Pengertian Bola Voli, Sejarah, Tujuan, Teknik, dan Aturan Permaiannya

Diposting pada

Pengertian Bola Voli

Bola voli merupakan permainan yang dimainkan oleh dua tim, yang masing-masing tim terdiri atas enam pemain, di mana para pemain menggunakan tangan mereka untuk memukul bola bolak-balik di atas net, mencoba membuat bola menyentuh lapangan di dalam area bermain lawan sebelum itu bisa dikembalikan. Secara historis, permainan bola yang satu ini dikembangkan oleh William G. Morgan pada tahun 1895, yang pada awalnya diberi nama “Mintonette”.

Tujuan dari permainan bola voli yaitu melewatkan bola di atas net agar jatuh menyentuh lantai lawan. Hal itu tentunya bisa dilakukan apabila pemain telah menguasai sejumlah teknik dasar, seperti teknik servis, passing, blocking, dll, serta memahami dan mentaati peraturan-peraturan yang berlaku dalam permainan bola voli.

Bola Voli

Bola voli adalah olahraga tim. Tim dipisahkan oleh net/jaring yang besar. Setiap tim diperbolehkan dua belas pemain pengganti. Permainan dimulai ketika kapten dari masing-masing tim memutuskan di sisi lapangan mana mereka akan bermain, dengan lemparan koin, yang juga menentukan siapa yang akan melayani (memukul) bola terlebih dahulu.

Bola voli hanya memerlukan peralatan dan ruang yang minimum, tapi bisa dimainkan di dalam ataupun di luar ruangan. Permainan ini dimainkan di lapangan dengan permukaan halus dengan panjang 18 meter (60 kaki) dan lebar 9 meter (30 kaki) lebar, dibagi dengan garis tengah menjadi dua area yang sama.

Bola yang digunakan dalam permainan voli beratnya sekitar 260 hingga 280 gram (9 hingga 10 ons) dan lingkarnya sekitar 65 cm (25,6 inci). Bola harus melewati jaring sepenuhnya di antara net.

Pengertian Bola Voli

Bola voli adalah olahraga tim di mana dua tim yang terdiri dari enam pemain dipisahkan oleh jaring. Setiap tim mencoba untuk mencetak poin dengan mendaratkan bola di lapangan tim lawan dengan aturan yang terorganisir. Itu telah menjadi bagian dari program resmi Olimpiade Musim Panas sejak Tokyo 1964.

Pengertian Bola Voli Menurut Para Ahli

Adapun definisi bola volley menurut para ahli, antara lain:

Aip Syaifudin dan Muhadi

Bola voli adalah permainan bola besar yang dimainkan oleh dua regu, yang setiap regunya terdiri dari enam orang pemain. Tiap-tiap regu berupaya untuk memukul dan menjatuhkan bola ke dalam lapangan lawan, dengan melewati bagian atas net dan mencegah regu lawan menjatuhkan bola ke dalam lapangan regu mereka.

Mahfud Irsyada

Bola voli dapat didefinisikan sebagai jenis permainan dalam arti olahraga beregu yang melibatkan lebih dari satu orang pemain. Dalam hal ini, masing-masing tim mempunyai enam orang pemain.

Sejarah Bola Voli

Permainan bola voli diciptakan oleh William G. Morgan pada tahun 1895. Dia adalah Direktur Pendidikan Jasmani di YMCA di Holyoke, Massachusetts, yang terinspirasi untuk membuat game baru.

Inspirasi tersebut muncul setelah dia bertemu dengan penemu bola basket, Dr. James Naismith, beberapa tahun sebelumnya. Pada awalnya, William G. Morgan menyebut permainan baru tersebut “Mintonette”, tapi kemudian diganti namanya menjadi “bola voli”.

William Morgan belajar di Sekolah Pelatihan YMCA Internasional (sekarang dikenal sebagai Springfield College) di Springfield, Massachusetts pada tahun 1892. Dr. James Naismith adalah seorang instruktur di sana, dan masih mengembangkan permainan barunya, “bola basket”.

Ketika William Morgan menjadi Direktur Pendidikan Jasmani di Holyoke YMCA, dia ingin membuat permainan dalam ruangan seperti bola basket, tetapi anggota yang lebih tua akan bisa bermain.

Pada tahun 1896, William Morgan kembali ke YMCA Training School untuk mempresentasikan game barunya, “Mintonette”. Direktur sekolah, Dr. Luther Gulick, sangat senang dengan hal itu. Salah satu penonton, Profesor Alfred Halstead, menyarankan mengganti nama permainan “bola voli”.

Spalding, produsen peralatan olahraga, membuat bola pertama khusus untuk bola voli pada tahun 1900. Bola voli dipertunjukkan di Olimpiade 1924, dan menjadi acara resmi di Olimpiade musim panas 1964 di Tokyo. Bola voli pantai pertama kali dimainkan di Olimpiade di Atlanta, Georgia, pada tahun 1996.

Penghargaan William G. Morgan Trophy diciptakan pada tahun 1995, seratus tahun setelah William Morgan menciptakan olahraga ini. Morgan Trophy memberikan penghargaan kepada pemain voli perguruan tinggi pria dan wanita yang paling menonjol di Amerika Serikat.

Kini, bola voli sekarang dimainkan di banyak negara, dengan sejumlah variasi permainan. Bola voli pantai pertama kali dimainkan pada tahun 1915, di Outrigger Canoe Club, di Pantai Waikiki di Hawaii.

Tujuan Bola Voli

Tujuan dari permainan bola voli adalah melewatkan bola di atas net agar jatuh menyentuh lantai lawan. Setiap tim dapat memainkan tiga kali pantulan dalam mengembalikan bola.

Beberapa manfaat yang bisa kita peroleh dengan melakukan permaianan bola voli, yaitu:

  1. Meningkatkan kesehatan kardiovaskular

Bola voli adalah latihan kardiovaskular yang sangat baik. Ini melibatkan berlari, melompat, memukul dan bahkan berjongkok yang akan membuat jantung kita berdetak lebih cepat. Meningkatkan detak jantung akan menghasilkan sirkulasi darah dan nutrisi lain yang efisien ke seluruh tubuh kita, yang meningkatkan kesehatan kita secara keseluruhan.

Bermain bola voli secara teratur membantu menjaga kesehatan jantung kita yang pada gilirannya membantu mencegah penyakit seperti penyakit kardiovaskular, kanker, dan diabetes.

  1. Meningkatkan sistem otot

Manfaat lain dari bermain bola voli adalah membantu meningkatkan sistem otot. Bola voli secara fisik menuntut dan membutuhkan kekuatan dan kekuatan otot. Saat bermain, kita harus mengerahkan upaya agar bola mencapai lapangan lawan.

Kita juga perlu mengerahkan kekuatan yang signifikan saat memukul bola saat rapat umum. Bermain bola voli membantu mengencangkan otot-otot inti dan memperkuat tubuh bagian atas, lengan dan bahu serta otot paha dan kaki bagian bawah.

  1. Penurunan berat badan

Bola voli tidak hanya membantu mengencangkan dan menguatkan otot-otot kita, tapi juga memfasilitasi penurunan berat badan. Bermain bola voli membakar kalori yang dapat menghasilkan penurunan berat badan yang signifikan selama periode waktu yang lama.

Bermain voli dalam ruangan dapat membantu kita membakar hingga 385 kalori dalam 1 jam, sementara gim voli pantai bisa membantu membakar hampir 600 kalori hanya dalam 45 menit. Perbedaan dalam tingkat kalori yang terbakar adalah karena dengan voli pantai lebih banyak upaya diperlukan untuk bergerak di sekitar lapangan pasir.

  1. Kembangkan keseimbangan, kecepatan, fleksibilitas, dan stamina

Peningkatan keseimbangan, kecepatan, fleksibilitas, dan stamina adalah salah satu manfaat terpenting dari bermain bola voli. Bola voli adalah olahraga intens yang melatih semua indera kita dan menantang keterampilan kita.

Pemain diharuskan untuk melayani, mengoper, mengatur, menyerang, memblokir dan menggali bola. Bermain bola voli mengembangkan keseimbangan yang baik, refleks yang cepat, dan fleksibilitas. Bermain secara teratur juga mengembangkan stamina kita.

Teknik Bola Voli

Ada beberapa teknik dasar dalam permainan bola voli, diantaranya yaitu:

  1. Teknik Dasar Servis (Service)

Teknik dasar servis dalam permainan bola voli merupakan pukulan awal yang berasal dari luar lapangan untuk memulai rally di dalam pertandingan. Terdapat empat jenis servis yang bisa dilakukan pemain, antara lain:

  • Servis Lompat

Yaitu servis yang dilakukan dengan cara melambungkan bola ke arah atas depan, kemudian pemain melompat dan memukul bola ketika di udara ke arah lapangan lawan.

  • Servis Bawah

Yaitu servis yang dilakukan dengan cara melambungkan bola secukupnya, kemudian pemain memukul bola dari arah bawah bola dengan cara tangan mengepal.

  • Servis Atas

Yaitu servis yang dilakukan dengan cara melambungkan bola ke arah atas dengan ketinggian yang ideal, kemudian pemain memukul bola dengan menggunakan telapak tangan saat bola ada di atas kepala.

  • Servis Samping

Yaitu servis yang dilakukan dengan cara melambungkan bola dengan tingkat ketinggian yang cukup, kemudian pemain memukul bola dengan cara menyamping sambil memutar tubuh.

  1. Teknik Dasar Passing

Teknik dasar passing merupakan teknik memberi umpan pada rekan satu tim, atau mengarahkan bola secara langsung ke daerah lapangan lawan. Terdapat dua teknik passing yang bisa dilakukan, antara lain:

  • Passing Bawah

Yaitu passing yang dilakukan oleh pemain ketika menerima bola, dimana posisi bola tersebut lebih rendah daripada posisi kepala pemain. Teknik ini biasanya digunakan pada ketika menerima servis dari lawan.

  • Passing Atas

Yaitu passing yang dilakukan oleh pemain ketika menerima bola, dimana posisi bola tersebut berada di atas kepala pemain. Teknik ini biasanya dilakukan ketika memberi umpan pada rekan satu tim, tapi bisa juga digunakan untuk menerima servis dari lawan.

  1. Teknik Dasar Smash

Teknik dasar smash merupakan teknik untuk menyerang yang dilakukan dengan cara memukul bola sekeras mungkin agar bola itu jatuh ke daerah lapangan regu lawan. Terdapat beberapa teknik smash, antara lain:

  • Quick Smash (First Tempo)

Yaitu teknik smash yang dilakukan oleh pemain di bagian depan tengah. Teknik ini dilakukan ketika seorang setter memberikan umpan, sedangkan penyerang telah melompat untuk memukul bola.

  • Semi Smash (Second Tempo)

Yaitu teknik smash yang dilakukan setter ketika memberi umpan bola yang terlalu tinggi. Penyerang yang akan memukul bola sudah mulai melompat setelah mengetahui arah bola, lalu mulai memukulnya.

  • Push Smash (Third Tempo)

Yaitu teknik smash yang dilakukan ketika setter memberikan umpan bola dengan terlalu tinggi, kemudian penyerang berlari dan melompat ke arah bola dan memukulnya.

  • Ace Smash

Yaitu teknik smash yang dilakukan oleh seorang ace pada tim bola voli, dengan melakukan pukulan yang keras ke daerah lapangan lawan.

  • Pull Smash

Yaitu teknik smash dengan gerakan menipu lawan, yang membuat lawan menebak teknik serangan yang digunakan antara Quick Smash atau Semi Smash.

  1. Teknik Dasar Blocking

Teknik dasar blocking merupakan teknik bertahan untuk menghalau serangan smash dari lawan agar bola tidak melewati net. Tujuan teknik ini ialah untuk menjatuhkan bola ke dalam lapangan lawan.

Blocking hanya dapat dilakukan oleh pemain yang berada di posisi depan garis serang. Pemain yang berada di posisi belakang garis serang, tidak boleh melakukan blocking. Teknik bertahan ini biasanya diberikan kepada pemain yang memiliki postur tubuh lebih tinggi, sebab dengan postur yang tinggi maka akan mempermudah pemain untuk menghalau atau membalikkan bola yang dismash oleh tim lawan.

Aturan Permaianan Bola Voli

Dalam permaianan bola voli terdapat beberapa peraturan yang harus dipatuhi oleh semua pemain, diantaranya yaitu:

  1. Pemain terdiri dari 6 orang.
  2. Pemain wajib menggunakan pakaian olahraga dengan warna yang sama, nomor punggung dan nomor di dada.
  3. Pergantian dalam melakukan servis, yaitu dengan berputar searah jarum jam.
  4. Durasi permainan bergantung pada total poin pada satu set, rally poin baru didapat ketika sudah mencapai 15 poin.
  5. Dipimpin oleh satu wasit, dibantu dengan 4 asisten wasit yang tugasnya untuk menjaga garis dan satu orang untuk mengatur skor.
  6. Masing-masing regu diberi kesempatan memainkan bola sebanyak 3 x sentuhan.
  7. Dan masing-masing pemain tidak diperkenankan menyentuh bola lebih dari 1 x secara berturut-turut.
  8. Poin bertambah  apabila bola masuk/kena area bagian dalam/garis pas lapangan.

Maka, demikian tadi artikel yang bisa kami tuliskan secara lengkap kepada pembaca terkait dengan pengertian bola voli menurut para ahli, sejarah, tujuan, teknik, dan aturan permaiannya. Semoga memberikan wawasan serta pengetahuan. Trimakasih,

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *