Pengertian Permainan Bola Kecil, Macam, dan Fungsinya

Diposting pada

Permainan Bola Kecil Adalah

Permainan bola kecil merupakan permainan atau olahraga yang menggunakan bola berukuran kecil, serta biasanya menggunakan alat pendukung dalam permainannya seperti raket, tongkat dan bet. Seperti halnya bola besar, permainan bola kecil juga memerlukan tempat atau lapangan khusus serta mempunyai beberapa peraturan saat bermain.

Terdapat bermacam-macam permainan bola kecil, diantaranya yaitu tenis meja, tenis lapangan, kasti, baseball, softball, golf, dan lain-lain, yang masing-masing permainan tersebut menggunakan peralatan dan menerapkan peraturan yang seringkali hampir sama atau berbeda sama sekali. Melakukan permainan bola kecil memiliki beragam fungsi, misalnya mengurangi ketegangan, merangsang saraf, mengalihkan perhatian, mencegah cedera berulang, dan lain-lain.

Permainan Bola Kecil

Bola, objek bulat atau bulat telur untuk melempar, memukul, atau menendang di berbagai olahraga dan permainan. Bola disebutkan dalam literatur yang paling awal direkam dan menemukan tempat di beberapa representasi grafis tertua dari permainan. Ini adalah salah satu mainan anak-anak paling awal yang dikenal.

Bola dapat dibuat dari berbagai bahan, kulit, karet, dan sintetis yang paling umum di zaman modern. Beberapa bentuk permainan bola digambarkan pada monumen awal Mesir. Bahkan di antara orang-orang Romawi, yang tidak menyukai olahraga partisipatif, permainan bola sangat populer. Pemandian Romawi menyisihkan apartemen untuk bermain bola, dan banyak pria memiliki lapangan bola di vila pribadi mereka.

Bola Romawi kuno biasanya terbuat dari strip kulit yang dijahit bersama dan diisi dengan berbagai bahan. Yang terkecil, harpastum, adalah bola keras yang diisi dengan bulu. Yang terbesar, follis, berisi kandung kemih berisi udara, mirip dengan sepak bola modern (bola sepak) atau bola basket.

Dalam banyak pertandingan awal, bola dilemparkan ke depan dan ke belakang di antara individu-individu dalam suatu kelompok, tetapi ada juga permainan tim asli dan kompetisi di antara orang-orang Yunani kuno. Permainan bola sangat populer di Sparta. Satu pertandingan Yunani awal yang dikenal sebagai episkyros melibatkan dua tim dengan jumlah yang sama.

Di antara mereka ada garis putih diletakkan, dan, agak jauh di belakang masing-masing tim, garis lain ditandai. Permainan terdiri dari melemparkan bola bolak-balik sampai satu tim di bursa akhirnya dipaksa kembali melewati garis belakangnya. Bermain bola juga sangat kuno di Eropa Barat.

Pengertian Permainan Bola Kecil

Permainan bola kecil adalah permainan olahraga yang menggunakan alat permainan berupa bola kecil. Jenis permainan bola kecil biasanya menggunakan pemukul untuk melakukannya. Olahraga bola kecil bisa dimainkan dalam laga tunggal maupun beregu.

Pengertian Permainan Bola Menurut Para Ahli

Adapun definisi permainan bola kecil menurut para ahli, antara lain:

Wikipedia

Permainan bola atau disebut juga olahraga bola, adalah segala bentuk permainan atau olahraga yang menampilkan bola sebagai bagian dari permainan. Ini termasuk permainan seperti sepak bola, kriket, baseball, bola basket, dan sepak bola Amerika. Permainan semacam itu memiliki aturan dan sejarah yang beragam dan sebagian besar tidak terkait.

Permainan bola dapat didefinisikan dalam beberapa tipe luas:

  1. Permainan bat dan bola, seperti kriket dan baseball.
  2. Permainan raket dan bola, seperti tenis, squash, dan bulutangkis.
  3. Permainan hand and ball-striking, seperti berbagai handball.
  4. Olahraga gol, biasanya olahraga tim seperti bola basket, polo air dan semua bentuk sepak bola, lacrosse, dan hoki (kecuali hoki es yang merupakan olahraga gol tetapi dimainkan dengan keping hoki).
  5. Olahraga jaring non-raket, seperti bola voli dan sepak takraw.
  6. Olahraga sasaran atau olahraga presisi, seperti bowling, mangkuk rumput, helipad, dan golf, serta olahraga isyarat, termasuk snooker, biliar, dan bentuk biliar lainnya (olahraga curling, yang menggunakan batu daripada bola, adalah diklasifikasikan dengan olahraga target atau presisi untuk beberapa tujuan).

Macam Permainan Bola Kecil

Berikut ini macam-macam permainan bola kecil, antara lain:

  1. Permainan Golf

Golf merupakan permainan rekreatif yang paling bergengsi, karena pada umumnya pemain yang satu ini dilakukan oleh para golongan kelas ekonomi menengah ke atas. Properti yang digunakan dalan bermain golf dapat dibilang cukup mahal, dari mulai pakaian hingga stick golf.

Bola golf terbuat dari bahan karet yang dilapisi fiber dan mempunyai diameter 50 mm dan umumnya bewarna putih. Sasaran yang dituju untuk memasukkan bola yaitu lubang yang berada di tanah, dengan pemukul berupa stick atau tongkat golf.

  1. Baseball

Pada dasarnya, pemainan baseball hampir sama dengan permainan bola kasti. Baseball adalah olahraga Internasional dengan menggunakan bola yang berdiameter 7,3 cm dan memiliki berat 178 gram. Bola baseball tersebut cukup berat, sehingga dibutuhkan pakaian khusus dan pelindung kepala saat bermain.

Dalam permainan ini, pemain memukul bola yang dilemparkan oleh lawan yang kemudian berlari menuju basemen yang terletak di ujung lapangan yang berjumlah empat sudut base. Tugas lawan ialah melempar bola ke arah pemukul yang sedang berlari sebelum mencapai basemen.

Saat melempar bola sebaiknya diarahkan pada bagian kaki, tangan, atau badan yang dilindungi oleh pakaian khusus, sebab bola baseball yang cukup berat akan sakit jika terkena pada bagian yang tidak dilindungi.

  1. Softball

Softball adalah perkembangan dari olahraga sejenis yaitu baseball, hanya saja mempunyai ukuran bola lebih besar berdiameter 28-30,5 cm dan tidak terlalu keras. Permainan yang satu ini dimainkan oleh 9 orang dan bermain dalam 7 inning, yaitu tiap-tiap regu mendapat giliran menjadi pemain bertahan dan menyerang masing-masing sebanyak 7 kali.

Softball diciptakan pada tahun 1887 di Amerika Serikat oleh George Hancock dan pertama kali dimainkan di Chicago.

  1. Tenis Lapangan

Tenis lapangan adalah olahraga yang menggunakan bola kecil sebagai permainannya. Alat yang digunakan untuk memainkan bolanya berupa raket dan dalam permainannya pemain boleh tunggal maupun ganda.

Saat bermainan olahraga tenis lapangan, bola dipantulkan terlebih dahulu di atas lantai. Lantai untuk permainan tenis biasanya dibuat dari bahan yang keras, sehingga bola bisa terpantul dengan baik. Bahan yang digunakan untuk membuat bola tenis berupa karet yang berisi udara.

Batas antara pemain dipisahkan dengan menggunakan net atau jaring dan bola diarahkan menggunakan raket melewati atas net. Bola yang diterima dari lawan harus dikembalikan setelah dipantulkan dan ditangkis.

  1. Tenis Meja

Pada dasarnya tenis meja memiliki prinsip yang hampir sama dengan tenis lapangan, hanya saja. sesuai namanya, dalam permainan ini menggunakan meja sebagai area untuk bermain. Bola yang digunakan yaitu bola yang terbuat dari selluloid yang ringan, yaitu kurang lebih 2,7 gram. Bola tenis meja ini memiliki ukuran diameter 40 mm.

Di tengah-tengah meja tenis terdapat net. Alat pemukul bola berupa bed yang terbuat dari papan. Pemain menangkis bola dengan menggunakan raket atau bed yang terlebih dahulu bola dipantulkan di meja dan diarahkan melewati atas net yang kemudian ke meja lawan.

  1. Kricket

Kriket merupakan olahraga yang populer di negara Inggris, India, dan negara persemakmuran lainnya. Cara bermainnya pun tidak jauh beda dengan baseball yang dimainkan oleh 11 orang dalam satu regu.

Bola yang digunakan dalam permainan ini dibungkus dengan laon sehingga mempunyai bentuk yang tidak begitu bulat. Keunikan dari olahraga ini adalah durasi waktu bertandingnya yang bahkan bisa berhari-hari.

  1. Bulu Tangkis

Bulu tangkis adalah olahraga menggunakan raket sebagai alat pemukul dan shuttlecock sebagai objek pukul. Shuttlecock merupakan bola dalam permainan bulu tangkis yang terbuat dari bulu angsa, bulu ayam, dan sebagainya.

Panjang bulu yaitu 60 – 70 mm, dengan diameter gabus 25 – 28 mm, jumlah bulu 14 – 16 helai, berat bola 4,7 – 5,5 meter.

Ukuran lapangan dalam olahraga ini adalah bulu tangkis adalah 13,40 meter dan lebarnya 6,10 meter. Panjang net 6,10 meter, lebarnya 0,75 meter, dan tingginya 1,525 meter. Dalam bermain bulu tangkis, shuttlecock dipukul hingga melewati jaring ke tempat lawan untuk mendapatkan angka.

  1. Kasti

Bola kasti adalah olahraga beregu atau berkelompok yang terdapat dua kelompok dalam permainannya. Bola yang digunakan dalam permainan ini seperti bola yang digunakan dalam permainan tenis lapangan  dan pemukul yang digunakan terbuat dari bahan kayu.

Tiap-tiap pemain dari salah satu regu secara bergilir memukul bola dari lawan. Setelah memukul bola, pemain kemudian berlari menuju basemen, sedangkan lawan bertugas untuk menangkap bola hasil pukulan lalu melemparkannya ke pada pemain yang telah memukul sebelum dia tiba di basemen.

Apabila pemain lawan berhasil mengenai tubuh si pemukul sebelum sampai di basemen, maka regu pemukul berganti degan regu lawan. Tapi apabila lawan tidak berhasil mengenainya dan si pemukul telah sampai di basemen, maka pemain pemukul berikutnya dalam satu regu akan memukul bola kembali.

  1. Billiard

Billiard merupakan permainan olahraga yang termasuk dalam kategori bersifat rekreatif. Permainan billiard menggunakan papan yang mempunyai lubang-lubang di setiap sudutnya sebagai tempat untuk memasukkan bola.

Bola yang digunakan dalam permainan bilyard tidak hanya satu. Dan alat yang digunakan untuk memukul bola yaitu tongkat billiard. Karena bersifat rekreatif, permainan yang satu ini tidak terlalu mengedepankan olah fisiknya namun lebih ke mengedepankan strategi untuk memasukkan bola.

  1. Sepak Takraw

Sepaktakraw merupakan permainan yang dilakukan oleh dua regu yang berhadapan di lapangan yang dipisahkan oleh jaring (net) yang terbentang membelah lapangan menjadi dua bagian.

Permainan yang satu ini menggunakan bola yang terbuat dari rotan, dimainkan di atas lapangan yang datar berukur panjang 13,40 m dan lebar 6,10 m. Ditengah-tengah dibatasi oleh jaring net setinggi 1,55 m.

Fungsi Permainan Bola Kecil

Berikut ini beberapa fungsi atau manfaat permainan bola kecil, antara lain:

  1. Mengurangi ketegangan

Saat menekan bola, otot-otot di lengan dan pergelangan akan ketat, yang mana jika dilepas otot-otot ini menjadi rileks, dan mengurangi ketegangan yang kita rasakan.

  1. Merangsang saraf

Di tangan kita terdapat banyak saraf yang sebagian terhubung ke otak. Saat bola ditekan, saraf-saraf tangan akan dirangsang, secara tidak langsung pun merangsang ke otak. Dengan demikian, otak melepaskan endorfin yang dapat memerangi stres.

  1. Mengalihkan perhatian

Bermain bola kecil dengan cara meremasnya dapat membantu kita mengalihkan pikiran yang mengganggu kita, dan membiarkan kita berpikir lebih santai selama beberapa menit.

  1. Mencegah cedera berulang

Kegiatan seperti mengetik, memainkan alat musik, dan menggunakan telepon seluler bisa menyebabkan tangan atau pergelangan mengalami cedera selama beberapa waktu. Kondisi tersebut dikenal dengan cedera peregangan berulang. Dengan bermain bola kecil, akan memperkuat otot-otot di pergelangan tangan dan membuat tangan lebih fleksibel.

Itulah tadi serangkain artikel yang sudah kami tuliskan serta jelaskan kepada segenap pembaca terkait dengan pengertian permainan bola kecil menurut para ahli, macam, dan fungsinya. Semoga melalui materi ini bisa memberikan wawasan dan menambah pengetahuan bagi segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *