Pengertian Lapangan, Jenis, Fungsi, dan Contohnya

Diposting pada

Lapangan Olahraga Adalah

Istilah lapangan pada dasarnya memiliki makna yang luas, misalnya ada istilah lapangan pekerjaan, lapangan terbang, lapangan kota, dan lapangan dalam matematik yang mengacu pada suatu struktur aljabar. Tapi dari sekian banyak istilah ini paling banyak digunakan dalam arti olahraga, yaitu mengacu pada area atau tempat yang digunakan untuk melangsungkan kegiatan atau pertandingan olahraga, atau yang biasanya kita sebut dengan lapangan olahraga.

Sehingga memunculkan istilah-istilah seperti lapangan bola voli, lapangan sepak bola, lapangan basket, lapangan tenis, dan bermacam-macam contoh lapangan olahraga lainnya. Antara satu jenis lapangan olahraga dengan jenis lapangan olahraga lainnya memiliki ukuran yang berbeda-beda, begitu pula dengan garis-garis pembatas yang digambarkan.

Lapangan Olahraga

Lapangan olahraga pada dasarnya area bermain luar ruangan untuk berbagai olahraga. Istilah lapangan olahraga dalam Bahasa Inggris British paling umum dikenal dengan pitch, sedangkan istilah yang sebanding dalam bahasa Inggris Amerika dan Kanada adalah playing field atau sports field. Untuk sebagian besar olahraga istilah resminya adalah field of play, meskipun ini tidak secara teratur digunakan oleh orang-orang di luar lingkaran wasit.

Permukaan lapangan umumnya terdiri dari tanah (rumput), tetapi bisa juga berupa rumput sintetis, pasir, tanah liat, kerikil, beton, atau bahan lainnya. Lapangan bermain di atas es dapat disebut sebagai arena, misalnya arena hoki es.

Dalam olahraga kriket, lapangan kriket tidak mengacu pada keseluruhan lapangan permainan, tetapi pada bagian lapangan tempat berlangsungnya batting dan bowling di tengah lapangan.

Pengertian Lapangan

Lapangan olahraga adalah area tempat dimainkannya olahraga, termasuk di dalamnya yaitu lapangan sepak bola, tenis meja, dan lain-lain. Selain istilah lapangan yang biasanya dalam Bahasa Inggris kita sebut dengan field, ada pula istilah Game Court (Lapangan Permainan).

Game Court adalah salah satu nama untuk ruang atletik multi-olahraga, biasanya dibangun di luar ruangan, di mana permainan seperti bola basket, bola voli, dan olahraga raket lainnya, dan hingga selusin permainan dan aktivitas lainnya dapat dimainkan. Hal itu biasanya lebih kecil dari lapangan tenis standar (120 ‘x 60’) atau bola basket (84’x50 ‘), meskipun tidak ada dimensi atau ukuran yang ditetapkan untuk lapangan permainan.

Konsep lapangan permainan dipopulerkan oleh Sport Court pada tahun 1970-an, dan beberapa referensi umum menyebut Game Court sebagai ‘Sport Court’, meskipun itu adalah merek dagang dari Connor Sport Court International, LLC.

Lapangan permainan sering ditemukan di halaman belakang perumahan, memberi keluarga dan anak-anak kesempatan untuk rekreasi sehat di dekat rumah. Lapangan permainan biasanya dibangun menggunakan sub-alas persegi panjang yang terbuat dari beton atau aspal, kemudian ditutup dengan permukaan olahraga modular jaringan terbuka polypropylene (atau serupa) untuk meningkatkan keselamatan.

Sebagian besar fitur peralatan atletik seperti gawang bola basket, sistem jaring untuk olahraga raket, bola voli dan bulu tangkis, lampu untuk permainan malam hari, jaring penahan bola atau pagar, gawang hoki/sepak bola, garis atau tanda untuk berbagai olahraga, dan komponen latihan atau pelatihan juga bisa dimasukkan ke dalam desain.

Pengertian Lapangan Menurut Para Ahli

Adapun definisi lapangan menurut para ahli, antara lain:

  1. Wikipedia, Lapangan olahraga adalah sebagai bentuk ruang terbuka non hijau sebagai suatu pelataran yang berfungsi sebagai tempat dilangsungkannya aktivitas olahraga. Setiap jenis olahraga membutuhkan sarana lapangan sebagai tempat berlangsungnya aktivitas.

Jenis Lapangan

Secara garis besar, lapangan olahraga bisa dibedakan menjadi dua, yaitu:

  1. Lapangan outdoor, yaitu lapangan yang terletak di di tengah lingkungan gedung. Lapangan ini dapat difungsikan untuk bermain sepak bola atau melakukan latihan olah raga lainnya.
  2. Lapangan indoor, yaitu lapangan yang berupa ruang aula yang bisa difungsikan sebagai lapangan olah raga berstandar, misalnya bulu tangkis, tenis meja dan bela diri. Lantai lapangan indoor dilapisi dengan marmoleum, untuk mengurangi risiko cidera ketika berolah raga, selain juga untuk memberikan rasa nyaman ketika beraktivitas di sana.

Fungsi Lapangan

Tentunya kita semua mengetahui bahwa lapangan olahraga berfungsi sebagai tempat dilaksanakannya kegiatan atau pertandingan olahraga. Dalam memenuhi fungsi tersebut, ketika perencanaan pembuatan lapangan dilakukan hal pertama adalah dengan jelas mengidentifikasi dan memahami tujuan penuh dari lapangan olahraga.

Akan digunakan untuk apa? Apakah untuk satu olahraga dan satu target audiens, seperti lapangan bisbol penggunaan tunggal atau akan digunakan oleh banyak kelompok dan sebagai fasilitas multi-tujuan untuk berbagai kegiatan yang berbeda.

Apakah ada peraturan mengenai ukuran dan permukaan untuk aktivitas ini yang harus dipertimbangkan sejak awal desain? Permukaan apa yang tersedia untuk dipertimbangkan dan berapa biaya awal dan biaya dari waktu ke waktu untuk memelihara permukaan seperti itu?

Ketika membuat lapangan sangat penting juga untuk memastikan semua aspek pemeliharaan dan pemanfaatan diuraikan untuk memastikannya terpelihara dengan baik dan dimanfaatkan dengan baik. Harus jelas pula terkait hal-hal seperti:

Tingkat penggunaan apa yang dapat diharapkan di lapangan olahraga tersebut? Apakah itu akan digunakan setiap hari selama berjam-jam dan peserta yang berbeda sepanjang musim dingin dan musim panas?

Atau akankah ada waktu pemulihan di antara penggunaan berat. Apakah itu terutama untuk pelatihan atau itu tempat utama untuk pertandingan tim yang bersaing. Mendokumentasikan bagaimana lapangan olahraga akan digunakan dalam beberapa bulan dan tahun mendatang akan menentukan persyaratan permukaan, ukuran, dan tempat duduk yang akan optimal.

Contoh Lapangan

Contoh-contoh lapangan olahraga, diantaranya yaitu:

  1.  Sepak Bola

Lapangan sepak bola adalah lapangan yang digunakan untuk permainan sepak bola asosiasi. Dimensi dan tandanya ditentukan oleh Hukum 1 dari Hukum Permainan, “The Field of Play“. Lapangan biasanya terbuat dari rumput alami atau rumput sintetis, meskipun tim amatir dan rekreasi sering bermain di lapangan tanah. Apabila permukaan sisntetis, maka warnanya juga harus hijau.

  1. Bisbol

Lapangan bisbol atau sandlot adalah lapangan tempat permainan bisbol dimainkan. Istilah ini juga dapat digunakan sebagai metonim dari taman bisbol. Starting point untuk banyak aksi di lapangan adalah home plate (secara resmi “home base“), yang merupakan lempengan karet putih bersisi lima.

  1. Bola Basket

Lapangan dalam arti bola basket merupakan lapangan yang berupa lantai persegi panjang, dengan keranjang di setiap ujungnya.

Dalam permainan bola basket profesional atau terorganisir, terutama saat olahraga yang satu ini dimainkan di dalam ruangan, maka permukaan lantainya biasanya dibuat dari kayu, sangat halus dan dilengkapi dengan pinggiran 10 kaki, sedangkan permukaan luar ruangan biasanya dibuat dari bahan paving standar seperti beton atau aspal.

  1. Tenis

Lapangan tenis adalah tempat dimana olahraga tenis dimainkan. Ini adalah permukaan persegi panjang yang kokoh dengan jaring rendah yang membentang di tengah. Lapangan yang sama bisa digunakan untuk pertandingan ganda dan tunggal.

Terdapat bermacam-macam jenis  permukaan yang bisa digunakan untuk membuat lapangan tenis, yang masing-masing memiliki karakteristiknya tersendiri dalam memengaruhi gaya permainan.

  1. Gelanggang Hoki Es

Gelanggang hoki es adalah gelanggang es yang dirancang khusus untuk hoki es. Bentuknya persegi panjang dengan sudut membulat dan dikelilingi oleh dinding setinggi sekitar 1,22 meter (48 in) yang disebut papan. Ada dua ukuran standar untuk arena hoki: satu digunakan terutama di Amerika Utara, juga dikenal sebagai ukuran NHL, yang lain digunakan di Eropa dan kompetisi internasional, juga dikenal sebagai IIHF atau ukuran Olimpiade.

  1. Rugbi

Lapangan liga rugbi adalah bentuk area pertandingan memiliki panjang antara 112 dan 122 meter dengan lebar 68 meter. Jarak antara garis percobaan 100 meter. Ada garis yang melintasi lapangan yang menandai setiap sepuluh meter.

Area dalam gawang memanjang enam hingga sebelas meter di luar setiap garis gawang. Di garis gawang adalah sekumpulan tiang gawang dalam bentuk huruf ‘H’, digunakan untuk bentuk lain dari penilaian poin, gol drop, penalti dan konversi.

  1. Kriket

Lapangan kriket adalah lapangan berumput besar tempat dimainkannya permainan kriket. Meskipun umumnya berbentuk oval, ada banyak variasi di dalamnya: beberapa di antaranya adalah lingkaran yang hampir sempurna, beberapa oval memanjang, dan beberapa bentuk yang sepenuhnya tidak beraturan dengan sedikit atau tanpa simetri, tapi itu akan memiliki batas yang sepenuhnya melengkung, hampir tanpa pengecualian.

Tidak ada dimensi tetap untuk lapangan tetapi diameternya biasanya bervariasi antara 450 kaki (137 m) dan 500 kaki (150 m). Kriket tidak biasa di antara olahraga utama (bersama dengan golf, sepak bola Australia, dan bisbol) karena tidak ada aturan resmi untuk lapangan berbentuk tetap untuk permainan profesional.

Demikinalah artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkaitan dengan pengertian lapangan menurut para ahli, macam, fungsi, dan contohnya dalam berbagai jenis olahraga. Semoga memberikan wawasan untuk kalian yang sedang membutuhkan.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *