Manfaat Skuat Jump Bagi Tubuh

Diposting pada

Fungsi Skuat Jump

Melakukan kegiatan dalam arti olahraga secara rutin membantu menjaga kesehatan tubuh. Semua jenis olahraga baik untuk kesehatan, termasuk dengan olahraga skuat jump. Olahraga ini merupakan salah satu bentuk olahraga ringan yang bisa dilakukan dimana saja. Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai manfaat yang diperoleh ketika melakukan olahraga skuat jump.

Squat Jump

Squat jump adalah latihan pliometrik yang diperuntukan untuk melatih kekuatan dimana seseorang melakukan gerakan menurunkan pingul kemudian berdiri lagi yang dilakukan secara berulang-ulang. Jenis latian ini menggunakan otot paha dan betis sebagai tumpuan. Latihan unu juga berguna untuk meningkatkan eksplosif kaki.

Jenis olahraga ini dapat dilakukan oleh semua usia, bahkan seringkali menjadi pemanasan statis wajib di sekolah sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran olahraga. Olahraga ini dianggap penting untuk meningkatkan kekuatan otot bagian bawah.

Manfaat Skuat Jump

Banyak sekali manfaat yang dirasakan tubuh setelah melakukan skuat jump, antara lain:

  1. Melatih Otot Kaki

Olahraga squat jump mengandalkan otot kaki sebagai tumpuan. Oleh karenanya, dengan melakukan aktivitas skuat jump dipercaya mampu melatih pertahanan otot kaki sehingga otot kaki menjadi lebih kuat. Namun jika dalam melakuakn skuat jump tidak sesuai dengan teknik yang benar justru akan membuat kaki terasa nyeri hingga berhari-hari.

  1. Membakar Lemak dan Kalori

Seperti jenis olahraga lain, skuat jump juga mampu membakar lemak dan kaloi lebih cepat. Gerakan-gerakan yang dilakukan membantu proses pembakaran kalori yang dibuang melalui keringat. Apabila dilkakuan secarad rutin dengan teknik gerakan yang benar, skuat jump dapat membantu menurunkan berat badan.

  1. Meningkatkan metabolisme

Metabolisme harus tetap terjaga untuk melindungi tubuh dari berbagai zat-zat jahat yang masuk ke tubuh yang dapat menimbulkan penyakit.

Untuk membantu menjaga sistem metaboliosme dalam tubuh diperlukan pola makan yang sehat dan teratur serta olahraga yang cukup. Skuat jump menjadi salah satu jenis olahraga yang dpaat membantu meningkatkan sistem metabolisme dalam tubuh.

Gerakan skuat jump mampu meningkatkan peredaran darah. Peredaran darah akan membantu penyebaran sistem imun ke seluruuh tubuh sehingga sistem imun dpaat menjangka seluruh zat negatif yang ada dalam tubuh.

  1. Meningkatkan Performa Seksual

Tidak banyak diketahui, ternyata melakukan skuat jump dapat meningkatkan performa seksual, khususnya bagi pria. Gerakan pada olahraga skuat jum mampu meningkatkan hormone testosteron yang akan meningkatkan vitalitas pria.

  1. Meningkatkan Kemampuan Atletik

Melakukan olahraga atletik dibutuhkan latihan kecepatan dan latihan kelincahan. Kecepatan dapat dilatih melalui latian lari jarak pendek ataupun jenis pemanasan lainnya. Meningkatkan kelincahan salah satunya dengan melakukan skuat jump. Gerakan pada olahraga atletik banyak menggunakan kekuatan otot kaki. Melakuakn latian skuat jump membantu meningkatkan kemampuan otot kaki.

  1. Mengurangi Resiko Cidera

Sebelum melakukan olahraga dengan tingkat kesultan tinggi, dibutuhkan pemanasan terlebih dahulu untuk melemaskan otot. Salah satu pemanasan ringan yang dapat dilakuakn sebelum memulai olahraga dengan tingkat kesulitan yang tinggi adalah dengan melakukakn skuat jump.

Melakukan pemanasan dan peregangan otot, khususnya dengan melakukan gerakan skuat jump dapat mengurangi cidera pada bagian tubuh saat melakukan olahraga inti atau olahraga dengan tingkat kesulitan yang tinggi.

Ketika otot sudah terlatih dengan kuat, resiko mengalami cidera pun akan berkurang sehingga dapat melakukan aktivitas olahraga dengan lancar. Melakukan latian skuat jump memang dampak berdampak buruk bagi lutut apabila dilakukan secara berlebihan dan tidak sesuai dengan teknik.

Namun teernyata, apabila dilakuakn dengan benar dan sesuai dengan kekuatan tubuh, skuat jump dapat membantu mencegah cedera pada lutut saat melakuakn olahraga. Hal tersebut terjadi karena skuat jump akan meningkatkan kekuatan otot lutut atau kaki.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Jenis olahraga yang biasanya dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung adalah olahrag alari. Namun tenyata skuat jump juga mampu menjaga kesehatan jantung.

Gerakan dinamis dalam olahrag askuat jump mampu meningkatkan detak jantung serta snagat baik untuk menjaga sistem kesehatan kardiovaskular apabila dilakuakn secara rutin. Jantung yang sehat akan memudahkan kita dlaam melakuakan aktivitas apapun.

  1. Mengencangkan Paha dan Bokong

Melakukan olahraga skuat jump ternyata dapat mengencangkan paha dan bokong. Gerakan jongkok berdiri pada skuat jump membantu meningkatkan mgerak pada paha dan bokong sehingga mampu mengencangkan dan menguatkan otot paha.

Hal tersebut juga terjadi karena lemak pada paha dan bokong akan terbakar melalui gerakan-gerakan skuat jump yang banyak menggunakan otot paha dan bokong.

  1. Meningkatkan Kekuatan Otot Perut

Selain paha dan bokong, melakuakn gerakan skuat jump dapat membantu melatih kekuatan otot perut. Jenis olahraga yang popular di masyarakat yang dipercaya dapat mengencangkan otot perut adalah sit up. Namun ternyata, skuat jump juga dapat membatu meningkatkan kekuatan otot perut.  

  1. Membantu Mempercepat Pertumbuhan

Pertumbuhan yang cepat menjadi keinginan banyak orang. Salah sau jenis olahraga yang dipercaya dapat membantu mempercepat pertumbuhan tubuh adalah skuat jump. Gerakan jongkok berdiri (naik turun) membatu meangsang sistem pertumbuhan. Sehingga apabila dilakukan secara rutin dapat meningkatkan sitem pertumbuhan.  

  1. Melatik Fleksibilitas Otot

Ketika melakauan gerakan skuat jump secara ruti, otot-oot perut, paha, kaki, pinggang akan terlatih sehinga menjadi lebih fleksibel untuk malakukan kegiatan-kegiatan lain yang memanfaatkan kekuatan otot tersebut. Memiliki otot kuat dan fleksibel akan mengurangi resiko terjadi cidera.

  1. Meningkatkan Keseimbangan Tubuh

Gerakan pada skuat jump banyak memanfaatkan otot-otot bagian bawah. Otot-otot bagian bawah inilah yang menopang beban pada tubuh.

Gerakan jongkok dan berdiri membantu menjaga keseimangan dan kekuatan kaki. Ketika otot bagian bawah sudah terlatih dan terbiasa melakukan gerakan skuat jump, kekuatan otot akan menigkat sehingga keseimbanagn pada tubuh pun akan meningkat.

  1. Memperkuat Otot Panggul

Otot bagian panggunl merupaka otot-otot inti dalam tubuh selain otot punggung dan otot perut. Banyak manfaat yang diperoleh ketika melakuakan olahraga skuat jump khususnya bagi otot bagian bawah, salah satunya adalah dapat memperkuat otot panggul. Hal ini karena ketika kita jongkok maka otot panggul akan bekerja untuk menopang tubuh.

  1. Memperkuat Otot Punggung

Selain otot panggul, skuat jump juga dapat membantu memperkuat otot punggung. Perpindahan gerakan dari berdiri ke jongkok maupun sebaliknya membuat oto punggung bergerak ;ebih banyak dari biasanya. Hal ini tentu akan membantu memperkuat otot punggung.

  1. Meningkatkan Dorongan Energi Spontan

Olahraga skuat jump akan membantu membangun kekuatan otot statis serta dapat membnatu membangun energy tambahan. Energy tambahan ini akan bermanfaat untuk menghasilkan kekuatan otot dengan cepat.

Melakukan Skuat Jump Bagi Tubuh

Cara melakukan squat jump cukup mudah, antara lain;

  1. Berdiri gerak kemudian membungkuk mengambil posisi jongkok.
  2. Menggunakan kekuatan otot paha dan kaki untuk melompat dari posisi jongkok ke posisi berfiri hingga posisi jongkok kembali.
  3. Melakukan gerakan yang sama berulang-ulang. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya latihan dilakukan secraa rutin.

Namun dari tips melakukan skuat jump diatas, perlu diperhatikan juga intensitas dalam olahraga ini terlalu lama tanpa berhenti atau dengan kata lain memaksakan diri untuk terus menerus melakukan ini dapat mengakibatkan sakit pada kaki bahkan hingga kelumpuhan.

Oleh karenanya, lakukan olahraga ini secukupnya, berhenti sejenank jika memang sudah tidak merasa snaggup. Lanjut kembali ketika sudah siap dan rasa cape sudah hilang.

Demikianlah artikel lengkap yang bisa kami bagikan pada semua pembaca. Berkenaan dengan manfaat skuat jump bagi tubuh dalam keseharian. Semoga bisa memberi edukasi, referensi, serta literasi bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *