Manfaat Sit Up Bagi Tubuh

Diposting pada

Manfaat Sit Up

Kegiatan dalam arti olahraga banyak memberikan manfaat bagi tubuh. Salah satunya adalah sit up. Olahraga jenis ini dapat dilakukan dimana saja dan oleh siapa saja, sehingga mudah dilakukan. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai manfaat yang diperoleh ketika melakukan olahraga sit up.

Sit Up

Sit up adalah salah satu jenis kebugaran jasmani untuk melatih kekuatan otot-otot dalam tubuh. Selain mudah dilakukan, jenis olahraga ini tidak membutuhkan tempat khusus sehingga dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Tidak ada sarana dan prasarana penunjang yang dibutuhkan untuk melakukan sit up. Sehingga lebih efektif dan efisien sebagai salah satu pilihan olahraga rutin untuk dilakukan sehari-hari. Tidak ada teknik khusus yang perlu dilakukan untuk melakukan gerakan sit up.

Sit up dapat memberikan latihan kekuatan otot perut, otot dada, otot panggul, serta pinggang bagian bawah dan juga leher. Apabila dilakukan secara rutin, olahraga sit up dapat membantu otot menjadi lebih kencang.

Meskipun tidak memiliki teknik khusus, namun gerakan saat melakukan sit up perlu diperhatikan agar tidak terjadi cidera pada otot maupun bagian tubuh lainnya.

Manfaat Sit Up

Beberapa manfaat yang diperoleh setelah melakukan sit up antara lain;

  1. Memperbaiki postur tubuh

Memiliki postur tubuh yang baik adalah impian semua orang. Dengan melakukan sit up secraa rutin dapat membantu membentuk postur tubuh yang ideal.

Hal ini dikarenakan, ketika melakukan gerakan sit up, proses pembakaran kaloi terjadi. Kalori dalam tubuh akan berkurang. Melakukan sit up secara rutin setiap hari dapat membantu keseimbangan tubuh, sehingga postur tubuh tetap seimbang dan tegak yang menjadikannya lebih baik.

  1. Memperindah bentuk perut

Manfaat lain yang diperoleh dari sit up adalah membentuk perut yang indah, khususnya bagi laki-laki. Gerakan otot perut ini akan membantu lemak-lemak dalam perut menghilang secara perlahan. Sehingga bentuk perut tidak lagi buncit.

Melakukan gerakan sit up juga membantu memperkuat otot, khususnya otot perut. Hal tersebut berdampak pada bentuk perut yang terlihat ideal yang diimpikan kebanyakan laki-laki. Bentuk perut yang idea ini sering disebut dengan perut yang berbentuk roti sobek.

  1. Menjaga kestabilan gerakan tubuh

Gerakan sit up berpengaruh terhadap otot perut, pinggang, bahu, lengan, pinggang, hingga leher. Melakukan gerakan sit up secara rutin akan memperkuat otot. Oleh karenanya, otot perut akan semakin terlatih untuk menampung tubuh. Otot yang kuat akan membantu seseorang dalam menjaga kestabilan gerak tubuh.

  1. Meningkatkan rangsanagn otot (fleksibilitas)

Olahraga sangat diperlukan untuk membantu kesehatan otot. Rutin melakukan olahraga, khusunya sit up akan melatih otot untuk terus bergerak. Otot yang sering melakuakn pergerakan akan meningkatkan flesksibilitas tubuh. Gerakan sit up membaatu fleksibilitas pada otot, khususnya bagian punggung dan pinggul.

  1. Mencegah nyeri punggung

Memiliki otot inti yang kuat membantu pencegahan penyakit punggung. Otot inti terdiri dari otot punggung bawah, otot dan persendian pinggul, otot-otot panggul, serta otot-otot perut. Otot punggung yang merupakan bagian dari otot inti adalah salah satu komponen penting dalam pencapaian gerakan kinestetik.

Otot punggung biasanya digunakan dalam melakukan kegiatan mengangkat beban berat, sehingga otot ini rentan terhadap cedera dan nyeri punggung. Oleh karenanya, sanagt penting melakukan gerakan sit up untuk melatih dan memperkuat gerak otot punggung sehingga tidak mudah mengalami nyeri ketika mengangkat beban berat.

  1. Memperkuat otot perut

Otot perut seringkali merasakan nyeri dan sakit akibat kurangnya kativitas olahraga. Olahraga sit up dapat membantu memperkuat otot perut. Gerakan dalam sit up memiliki tumpuan pada otot perut. Otot perut yang sering digerakan dan dilatih akan memaksimalkan kinerja otot sehingga. Otot yang kuat memudahkan seseorang menopang beban yang berat pula.

  1. Meningkatkan daya tahan kardiovaskular

Daya tahan kardiovaskular yang baik dipengaruhi oleh jantung yang baik pula. Jantung menjadi salah satu organ inti vital dalam tubuh manusia. Melakukan olahraga secara teratur, khususnya sit up dapat membantu menguatkan otot jantung.

Jantung yang kuat akan meningkatkan daya tahan kardiovaskular. Kardiovaskular yang baik menunjukan organ paru-paru yang baik pula.

  1. Melancarkan peredaran darah

Salah satu manfaat olahraga bagi tubuh adalah untuk melancarkan peredaran darah, termasuk olahraga sit up. Apabila olahraga sit up dilakukan secara rutin, sirkulasi darah dan oksigen dalam tubuh akan lancar. Sirkulasi darah yang lancar mengurangi resiko penggumpalan darah yang dapat menyebabkan seseorang mengalami gangguan kesehatan.

Melakukan olahraga sit up secara rutin membantu memasok oksigen ke dalam seluruh tubuh, sehingga kebutuhan oksigen pada tubuh dapat terpenuhi.

  1. Meningkatkan metabolisme

Sistem metabolisme tubuh diperlukan untuk mengolah berbagai jenis zat makanan maupun zat-zat lain yang masuk ke dalam tubuh. Melakukan sit up akan membantu otot perut bekerja dengan maksimal. Ketik aotot perut bekerja dengan maksimal, pasokan oksigen di pembuluh darah akan terpenuhi. Peredaran darah yang lancar membantu peredaran sistem metabolism dalam tubuh.

Peredaran metabolisme yang lancar mengrangi penumpukan metabolisme dalam tubuh. Sistem metabolisme akan menjangkau seluruh tubuh sehingga tidak seluruh zat jahat yang ada dalam tubuh dapat terjangkau dan terbunuh.

  1. Menjaga kesehatan tubuh

Selain menjaga kebugaran tubuh, melakuakn olahraga sit up ternyata dapat membantu menjaga kesehatan. Sit up dapat membantu tubuh memompa darah secara teratur ketika sedang melakukan pekerjaan berat atau ketika melakuakn pekerjaan berat.

  1. Membantu melancarkan pencernaan

Sistem pencernaan yang paling penting dalam tubuh adalah usus. Mengkonsumsi makanan yang kaya serta serta buah-buahan membantu melancarkan sistem pencernaan di usus. Selain itu, melakukan olahraga yang teratur juga dapat membantu menjaga kesehatan usus. Melakukan sit up menjadi salah satu olahraga yang dianjurkan untuk membantu melancarkan sistem pencernaan.

Melakukan sit up membuat otot perut menjadi lebih aktif dalam melakukan pergerakan serta membuat otot perut menjadi kuat. Otot perut akan mendorong usus untuk mengolah makanan yang masuk kedalam tubuh.

  1. Mengurangi resiko cedera

Olahraga sit up seringkali dijadikan olahraga pemanasan statis untuk memulai olahraga berat yang memerlukan energi dan stamina tinggi. Untuk mengurangi cedera ketika melakukan olahraga berat, melakukan sit up membantu melemaskan otot.

  1. Mengurangi resiko bungkuk pada tubuh

Pembungkukan pada tubuh dapat terjadi karena kurangnya intensitas olahraga yang dibutuhkan tubuh. Melakukan olahraga secara, khususnya sit up secara rutin membantu menjaga postur tubuh khususnya pada bagian perut dan punggung. Otot punggung yang sehat meminimalisir pembungkukan pada otot.

  1. Menurunkan berat badan

Melakukan gerakan sit up membantu membakar lemak dan kalori yang ada dalam tubuh. Penumpukan lemak dan kalori jahat yang ada pada tubuh dapat mengakibatkan seseorang mengalami kelebihan berat badan (obesitas) serta menjadikan perut buncit.

  1. Mengurangi resiko kram perut pada wanita ketika menstruasi

Ketika menstruasi, wanita seirng kali mengalami nyeri pada bagian perut. Nyeri di bagian perut pada saat menstruasi ini disebabkan oleh kontraksi pada otot rahim. Melakukan gerakan sit up secara rutin dapat membantu memperkuat otot-otot pada bagain perut, sehingga meminimalisir terjadinya nyeri ketika sedang menstruasi.

Cara Melakukan Sit Up

Cara melakukan sit up yang benar antara lain sebagai berikut;

  1. Diawali dengan posisi berbaring
  2. Menekuk lutut dan kaki menapak di lantai untuk menjaga keseimbanagn tubuh agar stabil
  3. Meletakan tangan dalam posisi silang di atas dada atau bisa juga dengan meletakan tangan di samping telinga
  4. Mengkat badan ke atas kearah lutut, kemudian turunkan kembali. Lakukan secar berulang-ulang.

Untuk pemula, intensitas latihan sebaiknya jangan terlalu berat. Lakukan sesuai kebutuhan dan kemampuan tubuh agar terhindar dari cidera. Olahraga kebugaran jenis ini memang mudah dilakukan, tetapi harus tetap hati-hati dan memperhatikan kondisi tubuh sebelum melakukannya.

Demikianlan artikel yang bisa kami bagikan pada segenap pembaca. Berkenaan dengan manfaat-manfaat dari olahraga sit up bagi tubuh manusia dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bisa memberi bahan bacaan bagi kalian yang membutuhkan.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *