Pengertian Budaya Hidup Sehat, Ciri, Manfaat, dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Budaya Hidup Sehat

Bagi kebanyakan orang, hidup sehat bisa diartikan sebagai kesehatan fisik dan mental yang seimbang atau dengan kata lain berfungsi bersama dengan baik dalam diri seseorang. Dalam banyak hal, kesehatan fisik dan mental saling berkaitan satu sama lain, sehingga perubahan yang terjadi (baik atau buruk) pada salah satunya akan mempengaruhi yang lain secara langsung.

Untuk bisa menyeimbangkan kesehatan fisik dan mental tersebut, terdapat banyak aktivitas yang dapat kita lakukan untuk menunjang kesehatan kita, bahkan aktivitas harus kita biasakan atau dengan kata lain kita budayakan sebagai aktivitas yang tak terlepaskan dari keseharian kita. Beberapa aktivitas yang mencirikan bahwa kita menerapkan budaya hidup sehat diantaranya yaitu bangun pagi, olahraga teratur, banyak makan buah dan sayur, dan lain-lain.

Budaya Hidup Sehat

Hidup sehat adalah hidup tanpa ganguan masalah yang bersifat fisik maupun non fisik. Gangguan yang bersifat fisik berupa penyakit-penyakit yang menyerang tubuh dan fisik seseorang, sedangkan gangguan yang sifatnya non fisik menyangkut kesehatan jiwa, hati dan pikiran seseorang. Berdasarkan pengertian tersebut bisa dikatakan bahwa kesehatan meliputi unsur kebugaran jasmani dan rohani.

Untuk bisa menjalani hidup dengan baik, maka seseorang harus sehat. Hal itu yang bisa dilakukan dengan cara membiasakan diri untuk menerapkan budaya atau gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat itu sendiri bisa diartikan sebagai gaya hidup yang membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan orang.

Banyak pemerintah dan organisasi non-pemerintah bekerja mempromosikan gaya hidup sehat. Mereka mengukur manfaat dengan angka kesehatan kritis, termasuk berat badan, gula darah, tekanan darah, dan kolesterol darah.

Pengertian Budaya Hidup Sehat

Budaya hidup sehat merupakan sebuah konsep kehidupan dengan mengutamakan berbagai kegiatan hidup yang berbasis pada tindakan-tindakan yang menyehatkan. Atau dengan kata lan, budaya hidup sehat ialah konsep hidup yang mengedepankan upaya-upaya dan kegiatan-kegiatan yang sehat.

Pengertian Budaya Hidup Sehat Menurut Para Ahli

Adapun definisi hidup sehat menurut para ahli, antara lain:

  1. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Pengertian hidup sehat adalah sebagai keadaan seluruh badan serta bagian-bagiannya bebas dari sakit.
  2. Badan Kesehatan Dunia/World Health Organization (WHO), Definisi budaya sehat adalah keadaan sejahtera secara fisik, mental, dan sosial bukan hanya sekedar tidak adanya penyakit maupun cacat.

Ciri Budaya Hidup Sehat 

Berikut ini beberapa ciri atau tanda-tanda tubuh orang yang sehat, diantaranya yaitu:

  1. Rambut sehat dan tebal

Rambut yang tipis, bercabang, dan kering bisa menjadi salah satu indikator masalah kesehatan, misalnya kekurangan tiroid, stres, dan kekurangan gizi. Sebaliknya, rambut yang sehat juga merupakan indikator tubuh yang sehat. Pakar rambut dan kulit kepala, David H. Kingsley PhD mengatakan bahwa rambut adalah barometer kesehatan secara umum.

  1. Kuku yang sehat

Penanda lain kesehatan individu adalah pada ujung jari, tepatnya kuku. Dokter kulit, Christine Poblete-Lopez mengemukakan bahwa kuku adalah cerminan kesehatan yang sempurna. Banyaknya masalah yang terjadi pada kuku melibatkan masalah sistemik atau sistem kulit.

Dia juga mengatakan bahwa stres dapat memengaruhi kuku, rambut, dan sinyal dari masalah di seluruh tubuh. Misalnya saja kuku yang kemerahan dan kuning, serta kuku yang rapuh. Selain jamur, kondisi ini bisa menjadi indikasi lupus atau anemia.

  1. Gigi dan gusi yang sehat

Kesehatan mulut juga merupakan barometer kesehatan. Gigi yang kuat dengan gusi merah muda adalah indikator tubuh yang sehat.

Seperti area tubuh lainnya, mulut adalah sarang bakteri, meskipun banyak yang tidak berbahaya. Tetapi jika kebersihan mulut tidak dijaga, bakteri bisa menjadi berbahaya karena dapat menyebabkan infeksi mulut, gigi keropos, dan penyakit gusi.

  1. Indeks massa tubuh yang seimbang

Indeks massa tubuh (BMI), adalah ukuran rasio berat dan tinggi badan serta menjadi penunjuk ketika ada kelebihan lemak. Orang yang BMInya kurang atau lebih dari jumlah yang ditentukan dapat mengalami masalah metabolisme.

  1. Tidur yang cukup

Kita harus tahu bahwa kurang tidur buruk untuk kesehatan dan dapat memicu diabetes, penambahan berat badan, dan penyakit jantung.

  1. Interaksi Sosial

Hasil penelitian menyebutkan bahwa memiliki banyak teman, dukungan dari jejaring sosial, dan interaksi dengan orang lain sangat baik untuk kesehatan, tidak hanya kesehatan mental, tetapi juga fisik.

  1. Makanan yang sehat

Menurut Harvard School of Public Health (HSPH), konsumsi buah dan sayuran secara teratur dapat menurunkan tekanan darah, penyakit jantung dan risiko stroke, mencegah beberapa jenis kanker, mengurangi risiko masalah mata dan pencernaan, serta menjaga gula darah level.

Manfaat Budaya Hidup Sehat

Berikut ini beberapa manfaat membudayakan gaya hidup yang sehat, antara lain:

  1. Penurunan berat badan secara ideal

Di antara manfaat utama dari gaya hidup sehat adalah penurunan berat badan yang ideal. Memiliki berat badan yang ideal sangat menunjang penampilan fisik kita. Meskipun arti olahraga dan makan sehat dapat menurunkan berat badan, kombinasi keduanya paling efektif, menurut sebuah penelitian pada Oktober 2012 yang diterbitkan dalam Obesity.

Penelitian dilakukan pada 439 wanita yang kelebihan berat badan, yang kemudian diberi perlaukan melalui makanan, olahraga, dan kombinasi kedunya. Para peneliti menemukan bahwa memasangkan nutrisi yang lebih baik dengan olahraga teratur memberikan hasil terbaik.

  1. Peningkatan kualitas tidur dan peningkatan energi

Istirahat malam yang baik menentukan tingkat energi kita untuk hari berikutnya. Mereka yang tidak tidur dengan cukup, bukan hanya merasakan penurunan energi mereka sepanjang hari tetapi berisiko lebih besar terkena penyakit kronis, menurut Divisi Kedokteran Tidur di Harvard Medical School.

Tidur adalah bagian dari gaya hidup sehat dan dapat ditingkatkan melalui olahraga. menurut National Sleep Foundation, aktivitas fisik yang teratur menghasilkan tidur yang lebih lama dan berkualitas lebih baik.

Hanya 10 menit latihan aerobik tambahan di siang hari akan membantu kita tidur lebih nyenyak di malam hari. Mereka yang berolahraga secara teratur juga menurunkan risiko terkena gangguan tidur seperti insomnia. Kualitas tidur dan tingkat energi kita juga dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi makanan sehat, yang merupakan elemen utama lain dari gaya hidup sehat.

  1. Peningkatan kesehatan mental

Selain bermanfaat bagi kesehatan fisik kita, gaya hidup sehat juga dapat meningkatkan kesejahteraan mental kita. Olahraga dan makan sehat adalah alat yang dapat membantu kita mengelola stres, yang pada gilirannya meningkatkan suasana hati (dan kualitas tidur kita juga sering memengaruhi suasana hati kita).

Saat berolahraga, otak kita melepaskan endorfin, menurut Mayo Clinic. Endorfin adalah molekul yang diproduksi oleh otak yang membuat kita merasa baik. Molekul-molekul ini sangat kuat sehingga mereka bahkan dapat membantu meringankan gejala depresi dan kecemasan.

Menurut Harvard Health Publishing, konsumsi makanan sehat juga dapat membantu meningkatkan kesehatan mental dan meningkatkan suasana hati kita. Seperti mobil, otak perlu diisi dengan bahan bakar premium agar berfungsi dengan baik.

Pola makan yang kaya akan makanan padat nutrisi menghasilkan fungsi otak terbaik dan tertinggi. Namun, diet yang penuh dengan makanan olahan tinggi dapat membuat kitaa merasa lebih berkabut dan lamban.

  1. Pencegahan penyakit dan cedera

Mempraktikkan gaya hidup sehat juga dapat membantu mencegah perkembangan penyakit kronis dan cedera. Memilih untuk tidak merokok, makan sehat dan berolahraga secara teratur dapat membantu mengimbangi risiko genetik demensia.

Hal itu dibuktikan melalui sebuah studi Juli 2019 yang diterbitkan di JAMA yang mencakup 196.383 orang dewasa yang lebih tua.

Menurut sebuah studi pada Januari 2020 di The BMJ, mempraktekkan faktor-faktor gaya hidup sehat yang sama di usia paruh baya, ditambah dengan minum secukupnya dan mempertahankan berat badan yang sehat, dapat membantu kita  hidup lebih lama bebas dari penyakit.

Studi tersebut diikuti lebih dari 100.000 orang selama lebih dari 20 tahun dan menyimpulkan bahwa pria yang hidup sehat menikmati 7,6 tahun lebih bebas penyakit, dan wanita menikmati 10.

Mempertahankan komposisi tubuh yang sehat bukan hanya dapat meningkatkan tetapi membantu mencegah kondisi kesehatan tertentu. Orang-orang yang kelebihan berat badan atau obesitas berada pada risiko yang lebih besar untuk mengembangkan masalah kesehatan seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2 dan kanker tertentu, antara lain.

Olahraga teratur dapat meningkatkan berat badan, yang pada gilirannya dapat membantu mencegah penyakit kronis dan membantu mengelola gejala penyakit saat ini. Latihan aerobik (kita harus mendapatkan setidaknya 150 menit per minggu, menurut American Heart Association) dapat meningkatkan kesehatan jantung dan membantu penurunan berat badan.

Makanan yang sehat sama pentingnya. Mengkonsumsi makanan rendah lemak jenuh dan lemak trans dapat membantu mencegah kolesterol tinggi. Kita juga dapat menurunkan gula darah dengan membatasi asupan gula, yang dapat membantu mencegah atau mengendalikan diabetes. Gizi yang buruk dapat berkontribusi terhadap faktor risiko obesitas, stroke, dan diabetes tipe 2, menurut CDC.

Contoh Budaya Hidup Sehat

Berikut ini bebera contoh upaya yang bisa kita lakukan untuk membiasakan diri hidup sehat, diantaranya yaitu:

Konsumsi makanan sehat

Semua manusia harus makan makanan yang sehat untuk menunjang pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh yang sehat. Manusia memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda dari berbagai tingkatan usia seperti bayi, anak-anak (remaja), remaja, dewasa muda, dewasa, dan manula, tentunya akan berebda nutrisi yang dibutuhkan.

Kiat-kiat untuk mengonsumsi makanan yang sehat, yaitu:

  1. Makan tiga kali sehari (sarapan, makan siang, dan makan malam).
  2. Konsumsi makanan sehat, seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan produk susu bebas lemak atau rendah lemak.
  3. Masukkan daging tanpa lemak, unggas, ikan, kacang-kacangan, telur, dan kacang-kacangan (dengan penekanan pada kacang-kacangan dan kacang-kacangan) ke dalam makanan sehat.
  4. Pilih makanan yang rendah lemak jenuh, lemak trans, kolesterol, garam (natrium), dan gula tambahan; lihat label karena item yang terdaftar pertama pada label terdiri dari konsentrasi bahan tertinggi.
  5. Mengontrol porsi makanan, hal ini bisa kita lakukan dengan cara memakan bagian terkecil yang dapat memuaskan rasa lapar dan membuat kita berhenti makan.
  6. Hindari konsumsi soda dan minuman yang ditambah gula sebab terdapat kalori dalam jumlah yang berlebihan dalam soda dan minuman bergula.
  7. Hindari makananan berat sebelum tidur untuk mengurangi refluks gastroesofagus dan penambahan berat badan.

Aktivitas fisik dan olahraga

Aktivitas fisik dan olahraga adalah kontributor utama gaya hidup sehat. Hidup yang tidak sehat dapat memanifestasikan dirinya dalam obesitas, kurangnya daya tahan, dan kesehatan yang buruk secara keseluruhan yang dapat mendorong perkembangan penyakit.

Kiat-kiat dalam melakukan aktivitas fisik dan olahraga, yaitu:

  1. Olahraga teratur dapat mencegah penurunan kinerja tubuh yang berkaitan dengan usia dalam massa dan kekuatan otot, meningkatkan keseimbangan, fleksibilitas, dan daya tahan, serta mengurangi risiko jatuh pada orang tua.
  2. Olahraga teratur dapat membantu mencegah penyakit jantung koroner, stroke, diabetes, obesitas, dan tekanan darah tinggi. Olahraga teratur yang menahan beban juga dapat membantu mencegah osteoporosis dengan membangun kekuatan tulang.
  3. Olahraga teratur dapat membantu meningkatkan harga diri dan kepercayaan diri, mengurangi stres dan kecemasan, meningkatkan suasana hati, dan meningkatkan kesehatan mental secara umum.
  4. Olahraga teratur dapat membantu mengendalikan berat badan dan pada beberapa orang menyebabkan hilangnya lemak.
  5. Dianjurkan untuk berolahraga selama 30 menit (berjalan adalah OK) paling tidak 3 hingga 5 hari seminggu, tetapi manfaat kesehatan terbesar datang dari berolahraga hampir setiap hari dalam seminggu.
  6. Bangun hingga 30 hingga 60 menit olahraga ringan hingga sedang setiap hari.
  7. Orang tidak pernah terlalu tua untuk mulai berolahraga. Bahkan orang tua yang sudah lemah (usianya sekitar 70-90 tahun) masih bisa meningkatkan kekuatan dan keseimbangan mereka dengan olahraga.

Bahasan terkait dengan pengertian budaya hidup sehat menurut para ahli, ciri, manfaat, dan contoh tindakan yang bisa dilakukan telah selesai kami tulisakan. Semoga bisa memberikan edukasi bagi setiap pembaca yang sedang membutuhkan referensinya. Trimakasih,

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *