Tujuan Latihan Squat Jump

Diposting pada

Tujuan Latihan Squat Jump

Salah satu jenis olahraga tradisional yang seringkali dilakukan untuk membentuk tubuh yang ideal adalah squat jump. Perlu anda ketahui bahwa arti olahraga yang satu ini tidak terlalu sulit untuk dilakukan, karena gerakannya yang lebih simpel dan mudah untuk ditirukan.

Maka dari itu tidak heran, jika banyak orang yang bisa melakukan gerakan olahraga yang satu ini karena mereka mengganggap bahwa squat jump cukup mudah dilakukan dan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh seseorang. Salah satu tujuan yang menjadi manfaatnya yaitu dapat mengencangkan otot dan menjaga berat badan agar tetap stabil.

Squat Jump

Latihan squat jump yang juga dikenal dengan lompat jongkok merupakan latihan pliometrik yaitu jenis olahraga yang mengharuskan anda untuk melakukan lompatan atau gerakan aktif.yang bertujuan untuk melatih tubuh bagian bawah.

Oleh karena demikianlah squat jump memiliki tujuan yang begitu banyak dan pastinya sangat baik untuk kebugaran jasmani dan menjaga kesehatan pada tubuh.

Tujuan Squat Jump

Berikut dibawah ini yang termasuk tujuan saat melakukan latihan squat jump. Antara lain;

  1. Mengurangi selulit

Selulit adalah lemak yang terletak di bawah kulit dan muncul ke bagian permukaan kulit. Sehingga membuat kulit terlihat lebih bergelombang. Pada umumnya selulit lebih sering terlihat pada bagian paha, pantat, dan perut.

Apabila tubuh anda mengalami kondisi semacam ini maka salah satu cara alternatif yang paling tepat yaitu lakukan olahraga squat jump secara rutin dan teratur. Hal ini karena selulit disebabkan sirkulasi darah yang buruk dan terbentuknya kantung-kantung lemak.

Sedangkan dengan squat ump maka akan terjadi peregangan otot yang dapat memperlancar peredaran darah, mengencangkan otot, dan membakar lemak selulit.

  1. Membakar Kalori dan Lemak

Squat jump bertujuan pula untuk membakar kalori dan lemak dalam tubuh. Olahraga ini sangat direkomendasikan bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Bahkan squat jump dapat pula membuat kalori dan lemak yang menumpuk di perut dan pinggang luruh dengan cepat. Semakin rutin dan teratur anda melakukan olahraga ini maka tujuannya dapat lebih dirasakan.

  1. Melatih Otot Kaki

Salah satu tujuan yang paling umum dari squat jump adalah melatih otot kaki. Dimana otot-otot pada tubuh akan lebih kencang dan kuat, bahkan bukan hanya pada otot kaki saja melainkan pada otot perut, tangan, dan pinggang pula.

  1. Mengurangi Risiko Cedera

Dalam melakukan kegiatan atau aktivitas semacam olahraga atau yang lainnya mungkin tubuh bisa saja mengalami cidera, karena terganggunya otot pada tubuh. Untuk meminimalisir rasa cidera pada tubuh maka squat jump ini bisa dilakukan agar otot-otot pada tubuh terasa lebih kencang dan kuat. Sehingga risiko cidera bisa lebih dihindari.

  1. Meningkatkan Metabolisme

Olahraga squat jump juga bisa meningkatkan metabolism tubuh. Hal ini disebabkan adanya gerakan – gerakan yang dilakukan pada saat squat mulai dari melompat dan jongkong. Sehingga ini membuat proses pencernaan tubuh menjadi lancar dan pembuangan racun di dalam tubuh menjadi lebih baik.

  1. Meningkatkan Dorongan Energi Spontan

Olahraga squat jump merupakan salah satu jenis olahraga yang dapat membantu anda dalam membangun kekuatan statis dan mengembangkan dorongan energi tambahan. Sebagai informasi bahwa dorongan energi tambahan ini berguna untuk menghasilkan kekuatan dalam tubuh agar dapat melakukan aktivitas lebih lancar tanpa adanya suatu kendala.

  1. Menjaga Kekuatan Saat Usia Lanjut

Squat jump ternyata juga berguna untuk menjaga dan membantu latihan kekuatan saat usia seseorang sudah memasuki usia lanjut. Karena mereka telah mempersiapkan dirinya sejak muda dengan olahraga yang salah satunya yaitu squat jump itu sendiri.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Tujuan squat jump yang lainnya yaitu untuk menjaga kesehatan jantung. Gerakan dalam olahraga ini mampu meningkatkan detak jantung. Sehingga jika anda bisa melakukan squat jump secara rutin m,aka anda dapat membakar lebih banyak kalori dan disaat yang sama kekuatan otot akan terbangun.

  1. Memperbaiki Postur Tubuh

Tentunya semua orang menginginkan postur tubuh yang ideal. Salah satu jenis olahraga yang sangat membantu anda untuk mendapatkan tubuh yang ideal adalah squat jump. Karena olahraga ini mampu membakar lemak dalam tubuh dan membuat berat badan lebih turun serta mengencangkan otot tubuh.

  1. Merawat Kesehatan Kulit

Pada saat anda melakukan olahraga squat jump, maka anda akan mengluarkan keringat dalam tubuh bahkan pada bagian wajah pula. Tentunya hal ini sangat bagus dan berfungsi untuk membuang segala kotoran yang ada dalam tubuh anda dan membuat kul,it terlihat lebih segar, bersih, dan kencang.

  1. Mengencangkan Paha

Squat jump juga dikenal memiliki tujuan untuk mengencangkan bagian tubuh, khususnya adalah paha. Sehingga tidak heran banyak kaum wanita yang melakukan olahraga ini agar memiliki paha yang kencang dan membuat postur tubuhnya terbentuk lebih ideal.

Nah, itlah tadia artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan tujuan melakukan latihan squat jump bagi tumbuh. Semoga memberikan referensi serta sumber literasi bagi kalian semuanya yang membutuhkan.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *