Manfaat Latihan Kecepatan bagi Manusia dalam Keseharian

Diposting pada

Fungsi Latihan Kecepatan

Latihan kecepatan merupakan bentuk latihan dengan menggerakan atau memindahkan badan dengan jangkauan waktu sesingkat-singkatnya. Kecepatan seseorang dapat diketahui melalui selisih antara waktu mulai dan waktu berakhir yang diukur dengan jauhnya jarak perpindahan. Dapat dikatakan juga kecepatan seseorang menggambarkan stamina yang dimiliki.

Banyak jenis olahraga di Indonesia yang membutuhkan teknik kecepatan. Oleh karena itu, seorang atlet yang menekuni olahraga dengan teknik dasar kecepatan wajib melaksanakan latihan kecepatan agar dapat maksimal dalam pertandingan olah raga. Olahraga dengan teknik dasar kecepatan mislanya voli, bulu tangkis, renang, dan sepak bola.

Latihan Kecepatan

Latihan kecepatan hakekatnya tidak sesederhana namanya karena latihan kecepatan mencakup dari seluruh gerakan tubuh agar lebih tangkas dan lincah. Latihan kecepatan juga tidak boleh sembarangan dilakukan. Harus dilatih secara rutin dan dengan prosedur yang benar. Misalnya seseorang yang ingin melaksanakan latihan kecepatan harus melakukan pemanasan statis dan pemanasan dinamis terlebih dahulu.

Pemanasan atau peregangan dilakasankan terutama pada bagian otot-otot kaki. Pemanasan merupakan hal penting yang harus dilakukan sebelum memulai latihan kecepatan karena supaya terhindar dari cidera yang dapat dialami selama latihan.

Manfaat Latihan Kecepatan

Adapun fungsi dan kegunaan yang menjadi manfaat dari latihan kecepatan ini antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Mempermudah penguasaan teknik-teknik tinggi berbagai jenis olahraga

Jenis olahraga seperti renang, bulutangkis, basket dan sepak bola membutuhan kecepatan sebagai teknik dasarnya. Seperti dalam olahraga sepak bola yang dilaksanakna dalam lapangan yang ukurannya luas sehingga memungkinkan semua pemainnya melaksanakan perpindahan.

Perpindahan pemain saat pertandingan sepak bola menjadi kunci untuk memenagkan pertandingan. Karena setiap pemain harus dapat memperebutkan bola dengan pergerakan yang tidak terduga.

Setiap pemain harus dapat membaca arah datangnya bola kemudian menggiringnya ke dalam gawang lawan sehingga dapat memperoleh poin. Oleh karena itu, seorang atlet sepak bola harus memiliki staiman dan juga kecepatan yang baik.

  1. Mengurangi Risiko Jantung Koroner

Latihan kecepatan yang dilakukan secara rutin dapat meningkatkan kolestreol baik dalam tubuh. Kolesterol baik atu HDL merupakan kolesterol yang bertugas mengangkut kolesterol ke dalam organ hati kemudian dibuang ke dalam kantung empedu.

Sehingga dapat mencegah penumpukan plak yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke. Latihan kecepatan dapat meningkatkan kualitas kesehatan karena tubuh dapat memproduksi banyak HDL yang baik bagi kesehatan jantung.

  1. Baik bagi Kesehatan Lutut

Latihan kecepatan baik bagi kesehatan tubuh. Terutama kesehatan lutut karena dapat menurunkan risiko terserang penyakit arthritis. Arthritis merupakan peradangan sendi yang dapat menimbulkan bengkak dan nyeri sendi. Latihan kecepatan secara teratur dapat melatih fleksibilitas sendi yang dapat mencegah penyakit arthritis.

  1. Mengurangi Berat Badan

Kalori dan lemak yang berlebihan dalam tubuh dapat menyebabkan obesistas atau kelebihan berat badan. Dampak negatif dari obesitas adalah dapat memicu berbagai penyakit serius seperti penyakit jantung dan diabetes. Sehingga penting untuk menjaga berat badan agar tetap seimbang dan ideal.

Latihan kecepatan dapat bermanfaat untuk menjaga berat badan karen adapat memicu pembakaran kalori. Banyak kalori yang dapat dibakar dengan latihan kecepatan seperti kegiatan berlari atau jogging. Selain latihan kecepatan berat nadan juga dapat diekndalikan dengan memperhatikan pola makan dengan mengonsumsi makan-makanan yang bergizi.

  1. Memperbaiki Suasana Hati

Saat melakukan latihan kecepatan tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin yang dapat mengurangi persepsi tentang rasa sakit. Hormon endorfin merupakan zat kimia yang dapat dihasilkan alami oleh tubuh yang dapat memicu perasaan positif.

Meningkatnya jumlah produksi hormon endorfin dapat mengurangi dampak buruk dari stress dan rasa sakit yang dialami oleh tubuh. Hormon endorfin dapat diproduksi secara alami oleh tubuh apabila dipicu dengan makan makanan tertentu dna juga olahraga.

Latihan kecepatan merupakan salah satu cara yang dapat memicu tubuh untuk memproduksi hormon endorfin yang dapat mengurangi efek dari stress. Sehingga tubuh mendapatkan ketenangan emosional yang dapat memicu perasaan positif.

  1. Meningkatkan Kesehatan Sistem Pernafasan

Latihan kecepatan dapat menjaga kesehatan paru-paru karena dapat melancarkan sirkulasi oksigen. Paru-paru termasuk organ vital dalam tubuh yang dilindungi oleh tulang rusuk. Tugas utama paru-paru adalah untuk membawa oksigen ke dalam darah yang akan disalurkan ke seluruh tubuh.

Apabila kesehatan paru-paru terganggu maka akan menurun pula kualitas kesehatan seseorang sehingga berisiko dapat menganggu aktivitas sehari-hari. Latihan kecepatan akan membantu memaksimalkan kinerja paru-paru yang dapat emlancarkan sirkulasi oksigen ke seluruh tubuh.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Olahraga diyakini dapat meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas. Berbagai jenis olahraga dilakukan akan mendapatkan badan yan sehat dan bugar. Salah satu olahraga yang dapat dilakukan untuk meningkatakn daya tahan tubuh agar kesehatan tetap terjaga adalah latihan kecepatan.

Latihan kecepatan yang dilakukan dengan porsi yang pas atau dalam artian dalam intensitas yang sedang dapat menjaga tubuh agar terhindar dari penyakit.

  1. Menguatkan Otot dan Tulang Kaki

Kaki merupakan salah satu bagian tubuh yang dapat melancakan berbagai aktivitas yang dapat membuat manusia bergerak dan berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Otot tubuh umunya juga berkumpul pada bagian kaki. Banyak olahraga yang dapat menguatkan dan meningkatkan kinerja otot dan tulang pada kaki. Salah satunya adalah olahraga latihan kecepatan.

Latihan kecepatan membutuhakan gerakan perpindah dalam kurun waktu sesingkat-singkatnya sehingga memutuhkan peran maksimal dari otot dan tulang dari kaki.

Sehingga gerakan latihan kecepatan yang dilakukan secara rutin dan berulang dapat memaksimalkan kesehatan otot dan tulang dari kaki yang dapat menghindarkan berbagai penyakit mulai dari nyeri sendi samapi pengeroposan tulang kaki.

  1. Memaksimalkan Aktivitas Sehari-hari

Olahraga secara teratur akan membuat tubuh menjadi bugar. Dalam latihan kecepatan yang dilakukan secara rutin akan membuat tubuh menjadi sehat dan juga lebih tangkas. Hal tersebut akan memengaruhi aktivitas sehari-hari di luar aktiviats olahraga.

Karena badan dapat lebih lincah dan tangkas akibat latihan kecepatan yang dilakuakn secara rutin. Sehingga dapat melakukan berbagai pekerjaan yang menghabiskan waktu lebih efisisen. Karena saraf dan otot tubuh sudah terlatih dalam kegiatan yang membutuhkan waktu yang efektif dan efisien. Sehingga akan berpengaruh terhadap kegiatan sehari-hari yang berhubungan dengan kecepatan gerak tubuh.

  1. Membuat Postur Tubuh Lebih Baik

Bentuk tubuh yang ideal merupakan hal yang diidam-idamkan oleh setiap orang. Namun untuk menghasilkan bentuk tubuh ideal diperlukan usaha yang kompleks. Salah satu cara membuat postur tubuh lebih baik adalah dengan melakukan latihan kecepatan.

Karena latihan kecepatan dapat membantu distribusi lemak dan dapat membantu kinerja otot lebih maksimal. Meskipun tidak hanya dengan latihan kecepatan yang bisa memperbaiki postur tubuh melainkan banyak faktor pendukung lainnya.

Seperti makanan yang dikonsumsi dan intensitas latihan yang harus cukup. Latihan kecepatan yang dilakukan secara berlebihan juga akan mengakibatkan dampak buruk bagi tubuh.

Bentuk Latihan Kecepatan yang Mudah Dilakukan

Dari penjelasan yang telah dikemukakan pada dasarnya bentuk latihan kecepatan yang dapat dengan mudah dipraktikan di rumah antara lain;

  1. Lunges adalah bentuk latihan kecepatan yang baik untuk meningkatkan kinerja sendi di bagian panggul, pergelangan kaki dan lutut. Lunges merupakan gerakan naik turun yang dilakuakan dengan cara bertumpu dengan kaki yang membentuk sudut 90 derajat.
  2. Squad jump adalah bentuk latihan kecepatan yang cukup popiler dan mudah untuk dilakukan di rumah dengan gerakan lompat jongkok yang dilakuakn secara cepat dan berulang-ulang.
  3. Pilometrik adalah latihan yang berfungsi untuk meningkatkan refleks pada bagian kaki. Gerakan pilometrik dapat dilakukan dengan dengan alat bantu kotak maupun tanpa alat bantu yang dapat dilakukan dengan lompat tali. Cara melakukan pilometrik adalah dengan cara melompat berulang-ulang pada di atas box dan tanah yang dilakuan dengan kedua kaki secara bersamaan.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami berikan pada segenap pembaca. Berkenaan dengan manfaat yang dimiliki dari melakukan latihan kecepatan bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bisa memberi edukasi bagi kalian yang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *