Teknik Dasar Loncat Indah dan Penjelasannya

Diposting pada

Teknik Dasar Loncat Indah

Apakah anda pernah mendengar olahraga loncat?. Jikalau belum setidaknya anda perlu anda ketahui jenis olahraga loncat pada dasarnya ada beberapa macam salah satunya yaitu loncat indah yang termasuk jenis olahraga air dan berasal dari perpaduan antara senam, kelenturan, serta berbagai teknik untuk menunjukkan keindahan gerakan.

Loncat indah ini juga pada umumnya disebut pula dengan istilah asing yaitu fancy diving. Para pemain dalam olahraga ini biasanya akan melekukan teknik dengan melompat dari papan awalan yang berada di ketinggian dan selanjutnya mendarat di kolam air dengan menunjukkan gerakan yang indah. Gerakan indah tersebut ditunjukkan pada saat melayang di udara, yaitu sebelum memasuki kolam air.

Loncat Indah

Arti olahraga loncat indah pada dasarnya dianggap pula sebagai gerakan yang termasuk dalam akrobatik. Dimana umumnya kelenturan tubuh dalam olahraga ini berada di udara dan loncatan. Teknik loncat indah itu sendiri terdiri atas loncatan yang dimulai dari langkah take off atau pantulan take off dan masuk kedalam kolam air.

Teknik Loncat Indah

Semua gerakan yang dilakukan dalam loncat indah akan senantiasa memiliki teknik dasar diantaranya adalah sebagai berikut ini;

  1. Forward (Loncat ke Depan)

Teknik dasar ini diawali dengan tubuh menghadap ke arah air. Pada saat itulah tubuh berada dalam posisi meIayang, maka lengan digerakkan ke sisi dengan gerakan anggun dan mulus seperti gerakan sayap yang sedang terbang.

Bahkan ketika posisi tubuh sudah mendekati air, maka lengan segera dirapatkan untuk persiapan terjun ke dalam air. Gerakan pada teknik dasar ini yang biasanya dilakukan adalah gerakan salto ke depan maupun salto melayang ke depan.

  1. Backward (Loncat ke Belakang)

Gerakan pada teknik dasar ini bisa dilakukan dengan cara mengambil posisi badan yang kemudian membelakangi kolam.

Selanjutnya, langkah loncatan akan dilakukan dari papan tolakan dengan posisi badan lurus ke atas. Macam gerakan pada teknik dasar yang satu ini antara lain loncatan ke belakang, salto ke belakang, dan juga salto melayang ke belakang.

  1. Loncat Berbalik (Reverse)

Teknik dasar loncat terbalik pada tahapan ini bisa diawali dengan memposisikan badan menghadap ke arah air. Pada saat meloncat itulah seluruh badan berposisi dengan kaki diangkat, sehingga saat akan masuk ke air, maka posisi punggung akan menghadap ke air.

  1. Inward (Loncat Ke Dalam)

Teknik dasar inward merupakan teknik lompatan yang diawali dengan posisi punggung yang kemudian menghadap ke air.

Setelah melakukan tolakan vertikal, maka posisi pinggul dan kaki harus terangkat, sehingga hal tersebut membuat posisi badan saat akan masuk ke air dengan kondisi wajah menghadap ke permukaan air. Beberapa macam gerakan yang ada pada teknik dasar ini antara lain salto ke dalam, dan salto melayang ke dalam.

Meskipun banyak teknik yang bisa dilakukan dalam loncat indah ini, penting juga diketahui bagi spapun yang akan menekuni jenis olahraga modern ini untuk berhati-hati. Lantaran banyak sekali kasus cidera yang dialmi oleh para atlet saat berkompetisi. Kehati-hatian tersebut bisa dilakukan sebagai berikut;

  1. Melakukan peregangan, setiap atlet dalam olahraga loncat indah setidaknya harus melakukan pemanasan statis dan pemanasan dinamis sebelum bertanding atau berlahih hal ini lantaran akan membantu seseorang untuk benar-benar siap berolahraga.
  2. Bisa berenang, arti renang bagi setiap orang yang menekuni oleharaga ini hukumnya wajib sebab kedalaman air dalam loncat indah dalam standar internasional yaitu 5 Meter.
  3. Terus melakukan latihan kekuatan, latihan kecepatan, dan latihan kelentukan pada tubuh. Lantaran setiap seseorang yang menekuni olehraga ini diperlukan kemampuan khusus.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan teknik dasar loncat indah dan penjelasan lengkapnya. Semoga memberi pemahaman bagi semua kalangan yang sedang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *