Jenis Olahraga Loncat dan Penjelasannya

Diposting pada

Macam Loncat

Saat ini, jenis olahraga di Indonesia termasuk loncat mulai banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Olahraga ini memiliki daya tarik tersendiri bagi peminatnya.

Selain bentuk antusias yang tinggi untuk melakukan dan menjadi bagian dari olahraga ini juga keinginan masyarakat untuk sekedar menyaksikan para atlet berlomba pun cukup tinggi sehingga banyak dalam kehidupan kita menyaksikannya.

Loncat

Loncat merupakan salah satu cabang olahraga atletik. Loncat berarti bergerak dengan menggunakan kedua kaki atau empat kaki (pada hewan) secara bersamaan. Loncat sering kali disamakan dengan jenis olahraga lompat. Keduanya sebenarnya berbeda. Lompat diartikan sebagai bergerak dengan mengangkat kaki ke depan (ke bawah maupun ke atas) dan menurunkannya lagi dengan cepat.

Kaki menjadi tumpuan pada arti olahraga loncat saat ingin mendorong badan ke udara. Gerakan loncat cenderung membuat badan bergerak condong ke atas. Kekuatan kaki menjadi penopang utama seberapa jauh tubuh dapat bergerak ke depan. Oleh karenanya, para etlet loncat harus memiliki kekuatan kaki yang besar.

Jenis Olahraga Loncat

Jenis-jenis olahraga loncat yang sering dilombakan antara lain:

  1. Loncat Katak

Olahraga loncat katak seringkali dilakukan dalam kegiatan olahraga di sekolah. Loncat katak merupakan gerakan loncat mirip dengan katak yaitu melakukan loncatan dengan menggunakan kedua kaki untuk mendorong badan ke depan.

Melakukan loncat katak diawali dengan posisi berdiri, kedua kaki dibuka selebar bahu. Kemudian ambil posisi setengah jongkok, bokong dicondongkan ke belakanng dan tubuh bagian atas tetap lurus. Selanjutnya lakukan loncatan setinggi mungkin. Untuk menghindari cidera, jangan memaksakan diri untuk meloncat terlalu tinggi jika memnag tidak mampu.

Jenis olahraga ini tergolong olahraga ringan yang bisa dilakukan dimana saja tanpa memerlukan alat maupun tempat khusus. meskipun ringan, olahraga ini juga memiliki banyak manfaat untuk meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh.

Sebelum melakukan lomcat katak, sebaiknya terlebih dahulu melakukan pemanasan ringan seperti squat jump. Hal ini berguna untuk menjaga keseimbangan tubuh ketika melakukan loncatan.

  1. Loncat Indah

Loncat indah adalah salah satu cabang olahraga air yang dilakukan dengan meloncat dari ketinggian kearah kolam. Olahraga loncat indah pertaam kali ditemukan di Eropa. Olahraga ini pertama kali dilombakan pada tahunn 1905 di negara Inggris.  

Pada perlombaan lomcat indah, tidak hanya teknik lonatan yang dinilai tetapi juga gerakan keindahan tubuh saat melakukan loncatan ke air. Olahraga ini memadukan gerakan loncatan dan gerak akrobatik di udara.

Cara melakukan loncat indah dimulai dari take off atau pantulan kemudian massuk ke air dari ketinggian yang telah ditentukan. Pantulan dalam loncat indah menggunakan papan loncat yang menjadi salah satu unsure kombinasi dari gerakan saat di udara dan sebelum masuk ke dalam air.

Di Indonesia, loncat indah pertama kali dilombakan pada tahun 1953 dalam ajang PON III yang diselenggarakan di Medan. Saat ini loncat indah mulai dkenal masyarakat luas. Atlet yang berlag asaat itu ialah Lanny Gumulya.

Melakukan lompat indah tidak bisa dilakukan sembarangan. Loncat indah memiliki aturan-aturan yang harus dilaksanakan baik sebelum melompat, saat melompat, maupun sesudah melompat.

Sama seperti jenis olahraga lainnya, sebelum melakukan gerakan lompat indah alangkah baiknya melakukan pemanasan. Pemasana ini bertujuan untuk menghindari atlet dari cidera maupun mengalami kram baik sebelum melompat maupun sesudah melompat.

Secara umum, waktu yang dibutuhkan untuk melakukan pemanasan sekitar 15 menit. Jenis pemanasan yang dilakukan pun beragam. Dalam ajang kompetisi, melakukan pemanaan diwajibkan bagi para atlet. Bagi atlet yang melebihi wkatu yang telah ditentukan akan diberi peringatan bahkan bisa sampai di diskualifikasi.

Dalam perlombaan loncat indah biasanya menggunakan papan sebagai kombinasi. Papan ini memiliki ukuran bervariasi tergantung pada nomor ya dilombakan. Untuk nomor individu menggunakan ukuran papan  meter. Sedngkan untuk nomor berpasanagn biasanya menggunakan papan berukuran 3 meter dengan tinggi menara 10 meter. Ukuran-ukuran tersebut berlaku untuk pria dan wanita.

Loncat indah memiliki banyak jenis gaya yang biasanya dilakukan oleh para atlet, seperti gaya loncat duduk, loncat berbaring, dan loncat lurus. Ketiganya harus tetap dikombinasikan dengan gerakan akrobatik untuk memperoleh skor maksimal.

  1. Loncat Harimau

Loncat harimau merupakan gerakan yang hampir sama dengan roll depan, hanya saja dalam loncat harimau gerakan awalan dilakukan dengan suatu loncatan jauh ke depan kemudian mendarat dengan kedua lengan dan berguling seperti guling depan. Olahraga lompat ini termasuk cabang olahraga dalam gerakan senam lantai.

Gerkan loncat harimau menggunakan kedua kaki sebagai tumpuan untuk awalan sehingga diperlukan kekuatan kaki yang kuat.

Selain tumpuan pada kaki, loncat harimau menggunakan lengan sebagai tumpuan saat mendarat. Untuk mengurangi resiko cidera, sebaiknya jangan berhenti di tengah jalan saat sudah melakukan gerakan lompatan, lakukan gerkaan lompatan secara sempurna dan maksimal.

Sama halnya seperti jenis olahraga lainnya, melakukan loncat harimau juga diperlukan teknik saat melakukannya. Ada tiga teknik dalam melakukan loncat harima, yaitu sikap awalan, lompatan dan guling, serta sikap akhir pendaratan.

Melakukan loncat harimau diawali dengan badan berdiri tegak, posisi kedua tangan berada di sisi tubuh. Pandanagn lurus ke depan, selanjutnya mulai melakukan ancang-ancang untuk berlari.

Pada saat melakuakan lompatan, lakukan tolakan dengan kedua kaki, kemudian lakukan gerakan melompat melewati penanda yang ada. Usahana badan dalam kondisi rileks agar lebih mudah dan lebih ringan. Selanjutnya diikuti dengan gerakan berguling. Saat kedua tangan mulai menyentuh matras, tundukan kepala hingga menyentuh bagian dada. Bagian tubuh yang pertama kali menyentuh matras saat berguling adalah tubuh bagian pundak.

Sikap akhir atau gerakan akhir pada loncat harimau diakhiri dengan posisi jongkok dan kedua tangan diangkat lurus ke depan.

Alat yang digunakan dalam melakukan loncat harimau yaitu matras dan alat penanda. Melakukan olahraga lompat harimau juga memiliki banyak manfaat yang berguna untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh.

  1. Loncat Kangkang

Lompat kangkang merupakan jenis loncatan yang dilakukan dengan menggunakan alat bantu yang disebut dengan peti loncatan. Cara melakukannya yaitu dengan mencondongkan badan ke depan dengan posisi kedua tanagn menempel pada peti loncat. Kemudian lakukan loncatan dengan kedua kaki dibuka (mengangkang) melewati bagian samping peti loncat.

Melakukan gerakan loncat kangkang dapat diawali dengan ancang-ancang berlari untuk menghasilkan loncatan yang tinggi dan juah. Lakukan tolakan dengan benar. Posisi tumpuan peti loncat pada loncat kangkang berbeda-beda, yaitu loncat kangkang dengan tumpuan pangkal peti loncat dan loncat kangkang dengan tumpuan ujung peti loncat.

Kegiatan loncat dapat dilakukan dengan mudah. Bahkan banyak anak-anak yang sering melakukan kegiatan loncat sebagai salah satu betuk permaian.

Umumnya, gerakan loncat atau sering disebut dengan meloncat yang biasa dilakuakn oleh masayarakat tidak memerlukaan teknik khusus. Lain halnya dengan para atlet yang melakukan kegiatan loncat sebagai ajang perlombaan.

Teknik loncatan juga menjadi penentu seberapa jauh kaki dapat mendorong badan ke atas ( ke depan maupun belakang) selain dari kekuatan kaki. Pada saat meloncat, tubuh harus rileks agar tubuh terasa lebih ringan. Tubuh yang kaku dan tegang membuat loncatan tidak maksimal.

Dalam nomor perlombaan tertentu, kegiatan loncat tidak hanya diukur dari seberapa jauh hasil loncatan, tetapi juga variasi loncatan yang digunakan.

Gaya tubuh saat meloncat akan memperindahah gerakan loncatan yang dilakukan tubuh. Meloncat menjadi perpaduan antara olahraga dan seni yang mengahasilkan gerakan yang apik dan banyak menarik perhatian masyarakat.

  1. Lopat Galah

Galah menjadi salah satu jenis olahraga loncat yang keparkali dipraktekan kepada siswa/i yang sedang diberikan tugas untuk melakukan praktik pendidikan olahraga dan jasmani. Kadang dalam melakukannya lopat galah yang dikenal pula dengan lompat jangkit sesorang harus menyedikan matras yang kemudian disedikan pula batang yang lentur sebagai praktiknya.

Nah, itulah tadi artikel yang bisa kami bagikan pada segenap pembaca berkenaan dengan macam-macam olahraga meloncat yang mudah ditemukan dalam kehidupan seharu-hari. Semoga bisa memberikan pemahaman bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *