Teknik Dasar dalam Permainan Baseball Serta Penjelasannya

Diposting pada

Teknik Dasar Baseball

Setiap orang dalam menjaga kesehatan dan kebugaran jasmani bisa dilakukan dengan terlebih dahulu mengatur pola makan dengan baik dan serta berolahraga secara teratur. Berbicara mengenai olahraga, pada dasarnya dalam pendidikan olahraga itu sendiri ada banyak hal yang dipelajari.

Bahkan jenis olahraga modern dan jenis olahraga tradisional juga begitu banyak, salah satu diantaranya adalah baseball. Mungkin sebagian orang belum ada yang mengetahui apa itu teknik dasar bermaian baseball. Olahraga baseball ini seringkali dianggap mirip dengan kasti di Indonesia dan dimainkan bersama tim.

Permainan Baseball

Baseball adalah salah satu cabang olahraga yang masuk dalam kategori permainan bola kecil yang terdiri dari 2 kelompok saling berlawanan, dimana setiap kelompok atau tim tersebut terdiri dari 9 pemain yang semuanya berkerjasama untuk mencuri poin dan menjadi pemenang.

Teknik Permainan Baseball

Permainan baseball tidak bisa hanya dilakukan satu atau dua orang saja, karena dalam arti olahraga ini dibutuhkan dua tim yang saling bertanding dan masing-masing tim terdiri dari banyak orang. Maka dari itu usahakan agar setiap tim memiliki teknik dasar permainan yang baik.

Berbicara mengenai teknik, berikut dibawah ini yang termasuk teknik permainan baseball, antara lain;

  1. Melempar Bola

Teknik melempar bola harus diperhatikan dengan baik dan biasanya dalam permainan baseball yang menjadi pelempar boal dinamakan pitcher. Usahakan agar pitcher tidak sembarangan dalam melempar bola. Oleh karena itulah mereka sebagai pelempar bola harus mengayunkan tangan dari atas dan melempar bola tepat ke arah pemukul.

  1. Memegang Stick

Cara memegang stick atau alat pukul dalam permainan baseball juga memiliki teknik tersendiri. Agar pukulan anda bisa berjalan mulus maka sangat perhatikan cara memegang stick yang anda lakukan. Salah satunya yaitu dengan cara memegang menggunakan kedua tangan dengan erat supaya stick tidak terlepas.

  1. Memukul Bola

Permainan baseball memiliki pemukul yang dinamakan batter. Mereka harus mengerti dengan baik cara untuk memukul bola. Hal ini lantaran dalam teknik dasar permainan baseball ini akan mewakili oleh angka atau poin bagi yang memukul dan bermaian.

Adapun cara memukul bola dengan kekuatan yang penuh dan fokus dengan datangnya bola agar bola bisa dipukul dengan baik dan tidak melesat.

  1. Menangkap Bola

Penangkap bola dalam permainan baseball yaitu disebut catcher. Oleh karena itulah setiap catcher harus menguasai teknik menangkap bola yaitu dengan cara menyiapkan tangan dengan baik dan fokus dengan datangnya bola agar bola dapat ditangkap.

Lapangan Baseball

Setidaknya dalam teknik dasar permianan baseball yang telah disebutkan setiap pemain harus memahami ukuran lapangan. Bisa dijelaskan sebagai berikut;

Lapangan Baseball
Lapangan Baseball
Panjang Sisi 16,76 M
Jarak home base ke Pitcher 13,07 M
Tempat Pitcher  60 x 15 M
Ukuran karet atau kanvas 38 x 38 cm, dan tebal 5-12,5 cm
Ukuran karet atau kanvas home base  42,5 x 21,5 cm

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa permainan baseball ini senantiasa diawali dengan cara pitcher atau pelempar bola melakukan lemparan bola di atas home plate biar bisa strike.

Selanjutnya tim yang memukul akan memperoleh score bila berlari bertentangan ke arah jarum jam untuk kembali ke home plate sesudah menyentuh marka di permukaan lapangan. Marka tersebut dalam permainan ini seringkali disebut dengan basa.

Sehingga cara atau langkah yang tepat dalam permainan ini yaitu sentuh dulu base, baru pemain boleh kembali berlari ke arah jarum jam dengan secepat-epatnya agar tim memperoleh skor.

Itulah tadi artikel yang bisa kai kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan jenis teknik dasar dalam melakukan permainan baseball serta penjelasan atas ukuran lapangannya. Semoga memberikan pemahaman bagi kalian yang membutuhkan.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *