Pengertian Loncat Indah, Sejarah, Jenis, dan Manfaatnya

Diposting pada

Loncat Indah Adalah

Loncat indah merupakan olahraga akuatik yang memadukan gerakan melompat di udara, akrobatik, dan meloncat ke dalam air. Dalam perlombaan loncat indah, terdapat lima nomor kategori yaitu papan 1 meter, 3 meter, sinkronisasi 3 meter, sinkronisasi 10 meter, dan menara 10 meter. Selain pembagian kategori tersebut, perlu juga kita ketahui macam-macam teknik dasar loncatan dalam loncat indah, salah satunya adalah forward (loncat ke depan).

Secara historis, arti olahraga ini pertama kali ditemukan di Eropa dan mulai menjadi olahraga kompetisi di Inggris pada tahun 1905. Cara melakukan olahraga loncat indah yaitu dimulai dari gerakan memantulkan tubuh kita dari papan loncat lalu masuk ke dalam air. Kemudian, ketika di udara, kita harus membuat gerakan akrobatik yang indah sebelum akhirnya masuk ke air.

Loncat Indah

Loncat indah merupakan salah satu cabang olahraga air. Di Indonesia, cabang olahraga yang satu ini berada di bawah naungan Pengurus Besar Persatuan Renang Semua Indonesia (PBPRSI). Penilaian dalam loncat indah yaitu dilihat dari segi keindahan serta ketepatan dari satu gerakan.

Beberapa gerakan dalam loncat mirip senam, misalnya salto kedepan, salto kebelakang, salto kontra, salto dalam, skrup dan paduan pada salto serta skrup.

Pengertian Loncat Indah

Loncat indah atau funcy diving dapat didefinisikan sebagai penggabungan dari arti olahraga senam dengan seni kelenturan tubuh yang dimainkan dengan cara melompat dari suatu ketinggian air. Sehingga menghasilkan gerakan yang menunjukan kelentukan.

Pengertian Loncat Indah Menurut Para Ahli

Adapun definisi loncat indah menurut para ahli, antara lain:

Wikipedia

Loncat indah ialah perpaduan antara gerakan akrobatik di udara dan loncatan. Loncat indah terdiri atas loncatan yang dimulai dengan melakukan take off atau pantulan take off,  kemudian masuk ke dalam air. Olahraga yang satu ini menggunakan papan loncat yang merupakan kombinasi dari gerakan ketika di udara setelah take off dan sebelum masuk ke air.

Sejarah Loncat Indah

Jerman dan Swedia merupakan negara yang menjadi awal kemunculan loncat indah. Atlet senam di kedua negara ini menggunakan metode yang berbeda dalam melakukan senam, yaitu dengan cara menyelam ke dalam air.

Dalam melakukan menyelam tersebut, para atlet juga melakukan teknik soft landing untuk memperoleh hasil terbaik. Teknik itulah yang kemudian dikenal dengan nama loncat indah atau fancy diving, sedangkan ketika atlet melakukan renang dinamakan plain diving. Istilah-istilah tersebut kemudian mulai dikenal oleh masyarakat luas.

Menyelam di dalam air yang diawali dengan meloncat dari ketinggian tertentu juga mulai terkenal di Inggris. Pada tahun 1893 di Highgate Ponds didirikan stage untuk loncat indah dengan ketinggian 15 kaki. Perkembangan berikutnya dari loncat indah ditunjukkan dengan adanya kejuaraan internasional atau kejuaraan dunia pertama kali pada tahun 1895.

Kejuaraan internasional tersebut dinamakan National Graceful Diving Competition, yang sekaligus sebagai event mulai dikenalkannya Swedia Fancy Diving. Tahun 1908 loncat indah mulai diikutsertakan dalam olimpiade London yang sebelumnya telah diperkenalkan pada olimpiade di tahun 1904.

Tahun 1912, para atlet wanita boleh mengikuti perlombaan menyelam dalam olimpiade yang diselenggarakan tersebut. Tahun 1928, ada pertandingan yang menyelenggarakan penggabungan olahraga fancy diving dengan plain diving. Tahun 1934 ada even menyelam di dalam ruangan. Tahun 1948 dilaksanakan olimpiade loncat indah di London.

Jenis Loncat Indah

Terdapat 4 teknik dasar loncatan dalam loncat indah, antara lain:

Loncat ke Depan (Forward)

Loncatan ke depan diawali dengan tubuh menghadap ke air. Ketika tubuh dalam posisi meIayang, gerakkan lengan ke sisi dengan gerakan yang anggun dan mulus seperti sayap, kemudian dirapatkan untuk bersiap masuk ke air.

Gerakan-gerakan yang biasanya dilakukan pada loncatan ke depan, yaitu:

  1. Salto ke depan
  2. 1 ½ salto ke depan
  3. 2 salto ke depan
  4. 2 ½ salto ke depan
  5. 3 salto ke depan
  6. 3½ salto ke depan
  7. 4 ½ salto ke depan
  8. Salto molayang ke depan
  9. 1 ½ salto melayang ke depan
  10. 2 salto melayang ke depan
  11. 2½ salto melayang ke depan

Loncat ke Belakang (Backward) 

Dalam melakukan loncatan ke belakang, posisi badan membelakangi kolam. Loncatan dilakukan dari papan tolakan lurus ke atas, yang dilanjutkan dengan gerakan senam, misalnya salto, dan lain-lain.

Gerakan-gerakan yang biasanya dilakukan pada loncatan backward, yaitu:

  1. Loncatan ke belakang
  2. Salto ke belakang
  3. 1½ salto ke belakang
  4. Salto ke belakang
  5. 2½ salto ke belakang
  6. 3 ½ salto ke belakang
  7. Salto melayang ke belakang.

Loncat Berbalik (Reverse) 

Loncatan berbalik diawali dengan posisi badan menghadap ke air. Ketika meloncat, kaki diangkat sehingga ketika badan akan masuk ke air, posisi punggung menghadap ke air.

Gerakan loncat berbalik meliputi:

  1. Loncatan kontra
  2. Salto kontra
  3. 1½ salto kontra
  4. 2 ½ salto kontra
  5. 3 ½ salto kontra
  6. Salto melayang kontra
  7. 1 ½ salto melayang kontra

Loncat ke Dalam (Inward) 

Loncatan ke dalam atau inward merupakan loncatan yang diawali dengan posisi punggung menghadap ke air. Ketika sudah melakukan tolakan vertikal, pinggul dan kaki terangkat, sehingga peloncat akan masuk ke air dengan posisi wajah yang menghadap ke permukaan air.

Gerakan loncat ke dalam meliputi:

  1. Loncatan ke dalam
  2. Salto ke dalam
  3. 2 salto ke dalam
  4. 2 ½ salto ke dalam
  5. 3 ½ salto ke dalam
  6. Salto melayang ke dalam
  7. 1½ salto melayang ke dalam

Gaya dalam Loncat Indah

Selain teknik dasar loncatan seperti yang telah disebutkan di atas, dalam melakukan loncat indah, terdapat beberapa gaya yang bisa dilakukan, diantaranya yaitu:

  1. Loncat duduk

Tahapan ketika menggunakan gaya loncat duduk, yaitu:

  1. Pertama-tama, duduk di ujung papan loncat terlebih dulu dengan posisi badan menghadap ke dalam air.
  2. Persendian lutut harus tepat diposisikan ke ujung papan, sehingga tungkai pada bagian bawahnya akan menggantung.
  3. Posisi kedua tangan yaitu lurus ke atas kepala, kemudian diikuti dengan ayunan tangan ke arah depan bersamaan dengan badan dan tangan yang mengguling juga ke muka sehingga tangan akan tiba lebih dulu ke air.
  4. Loncat Berbarin

Tahapan ketika menggunakan gaya loncat berbaring, yaitu:

  • Pertama-tama, sikap kepala dengan posisi telentang dengan kepala melewati ujung pada papan loncatnya.
  • Ujung papan harus dipegang supaya kedua ibu jari terdapat di atas papan dan juga samping telinga.
  • Kedua kakinya kemudian diayunkan lurus secara kuat lewat kepala.
  • Diikuti gerakan memutar pada sumbu tekuk kemudian masuk ke dalam air. Serta, bagian tubuh yang masuk pertama kali ke dalam air ialah kaki.
  1. Loncat Lurus

Tahapan ketika menggunakan gaya loncat lurus, yaitu:

  1. Pertama-tama, posisi badan berdiri dengan menghadap ke arah air.
  2. Kemudian mulai melakukan gerakan dengan cara lengan diayunkan ke arah belakang bersamaan dengan kaki ditolak ke atas serta loncat ke arah depan.
  3. Ketika loncatan berlangusng, maka tubuh peloncat tidak diperkenankan untuk tertekuk kepada lutut ataupun paha.
  4. Bukan hanya itu, lengan juga harus berada dalam posisi lurus dengan ujung jari setajam mungkin.

Manfaat Loncat Indah

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kita peroleh dengan melakukan olahraga loncat indah, diantaranya yaitu:

  1. Melatih Keberanian

Olahraga loncat indah menggunakan papan loncat yang cukup tinggi, sehingga untuk bisa melakukannya, kita harus melatih diri agar memiliki keberanian untuk berada di tempat yang tinggi.

  1. Melatih Keseimbangan

Ujung papan loncat yang digunakan dalam loncat indah tidak seimbang dan mudah bergoyang, sehingga ketika kita berdiri di atas ujung papan tersebut, kita harus dapat menyeimbangkan tubuh agar tetap berdiri dengan tegak.

  1. Menambah Tinggi Badan

Meloncat dapat membantu pertumbuhan tinggi badan kita, seperti halnya berenang. Pada dasarnya, loncat indah adalah olahraga yang menggabungkan gerakan loncat dan renang. Oleh sebab itu, bisa dikatakan bahwa olahraga loncat indah bisa menambah tinggi badan kita.

  1. Melenturkan Tubuh

Loncat indah juga bisa membuat tubuh kita menjadi lebih lentur, sebab dalam melakukan olahraga yang satu ini kita diajarkan untuk membuat gerakan yang indah. Apalagi kita juga diharuskan untuk melakukan gerakan berputar-putar di udara sebelum masuk ke air, kita harus memiliki  tubuh yang lentur untuk bisa melakukan itu.

Maka, itulah tadi penjelasan dan ulasan yang bisa kami sebutkan dengan lengkap kepada segenap pembaca terkait dengan materi pengertian loncat indah menurut para ahli, sejarah, jenis, gaya, dan manfaat dalam melakukannya. Semoga memberikan referensi. Trimakasih,

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *