Pengertian Baseball, Sejarah, Tujuan, Teknik, dan Aturan Permaiannya

Diposting pada

Pengertian Baseball

Baseball adalah permainan yang dimainkan di lapangan oleh dua tim yang saling berhadapan. Dalam permainan ini, seorang pemain di satu tim melemparkan perminanan bola bola kecil ke pemain di tim lain, yang mencoba memukulnya dengan tongkat pemukul. Secara historis, baseball dimulai di Amerika Serikat pada 1700-an dan 1800-an. Banyak orang di Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Asia Timur bermain baseball, tapi permainan ini paling dikenal di Amerika Serikat dan Jepang.

Tujuan dari baseball adalah untuk mencetak lebih banyak poin daripada tim lawan. Tentu saja, untuk bisa mendapatkan poin yang banyak pemain harus dikuasai oleh pemain, diantaranya yaitu teknik melempar bola, teknik memegang stick/tongkat, teknik memukul bola, dan lain-lain, serta mematuhi peraturan permainan.

Baseball

Baseball atau dalam bahasa Indonesia bisbol adalah arti olahraga yang sudah ada sejak 1744 dan format permainan telah ada hingga era modern saat ini. Permainan ini didominasi besar di Amerika Utara, Kanada, dan Jepang. Baseball dimainkan di seluruh dunia dengan puncak olahraga yang berasal dari World Series of Baseball. Ironisnya, acara ini hanya dikompetisikan oleh tim Amerika Utara.

Pengertian Baseball

Baseball adalah permainan yang dimainkan dengan bola, tongkat pemukul/bat, dan sarung tangan antara dua tim yang terdiri dari sembilan pemain. Berikut penjelasannya:

  1. Bola

Bola yang digunakan dalam permainan kira-kira seukuran kepalan tangan orang dewasa, sekitar 9 inci (23 sentimeter), bagian tengahnya terbuat dari karet atau gabus, yang dililit benang dan ditutupi kulit sapi putih, dengan jahitan merah.

  1. Bat

Bat adalah alat pukul, yang secara tradisional terbuat dari sepotong kayu tunggal. Materi lain sekarang umum digunakan untuk permainan nonprofesional. Ini adalah tongkat bundar yang keras, berdiameter sekitar 2,5 inci (6,4 cm) di ujung memukul. Bat yang digunakan oleh orang dewasa biasanya sekitar 34 inci (86 sentimeter) panjangnya, dan tidak lebih dari 42 inci (106 sentimeter).

  1. Sarung tangan

Sarung tangan terbuat dari kulit empuk dengan anyaman di sela-sela jari. Sebagai bantuan dalam menangkap dan memegang bola, dibutuhkan berbagai bentuk untuk memenuhi kebutuhan spesifik dari posisi lapangan yang berbeda.

Pengertian Baseball Menurut Para Ahli

Adapun definisi baseball menurut para ahli, antara lain:

Cambridge Dictionary

Baseball adalah permainan yang dimainkan terutama di Amerika Utara oleh dua tim yang terdiri dari sembilan pemain, di mana seorang pemain memukul bola dengan tongkat dan mencoba berlari sekitar empat pangkalan di lapangan besar sebelum tim lain mengembalikan bola.

Merriam-Webster

Bseball adalah permainan yang dimainkan dengan tongkat dan bola di antara dua tim yang terdiri dari sembilan pemain, masing-masing di lapangan besar yang memiliki empat pangkalan yang menandai jalur yang harus diambil oleh pelari untuk mencetak poin.

Sejarah Baseball

Menurut legenda, sejarah baseball dapat ditelusuri kembali dari seorang pemuda bernama Abner Doubleday, yang menciptakan permainan selama musim panas 1839 di Cooperstown, New York. Doubleday akhirnya akan menjadi pahlawan Perang Saudara, dan bisbol secara bertahap akan menjadi hobi nasional Amerika.

Ini adalah kisah yang menyenangkan, tetapi sama sekali tidak benar. Pada 1839, Doubleday belajar di West Point. Bahkan, sepanjang hidupnya, dia tidak pernah mengaku memiliki hubungan apa pun dengan olahraga itu.

Legenda populer ini sebenarnya berasal dari abad ke-20, ketika komisi khusus yang dibuat oleh bisnis barang olahraga menggunakan bukti bekas yang tidak dapat diandalkan untuk mengembangkan mitos Doubleday. Ketika National Baseball Hall of Fame didirikan di Cooperstown selama tahun 1930-an, pejabat liga dan pengusaha lokal akan bekerja untuk mengabadikan dongeng kecil yang indah ini.

Jadi bagaimana sejarah bisbol sebenarnya?

Sejarah baseball sebenarnya agak rumit, dan asal-usul yang sebenarnya tetap tidak pasti. Orang-orang telah menggunakan bat untuk memukul bola sejak Mesir kuno. Di banyak masyarakat di seluruh Eropa, permainan bat dan bola adalah hal biasa.

Satu teori umum adalah bahwa bisbol Amerika memiliki asal-usulnya dalam permainan kasti (rounders) Inggris, meskipun lebih mungkin bahwa kasti dan bisbol memiliki setidaknya beberapa asal dalam olahraga kriket. Ada referensi abad ke-18 untuk permainan di Inggris yang disebut baseball, tetapi olahraga ini memiliki sedikit kemiripan dengan olahraga yang menjadi hobi di Amerika.

Baseball di Amerika akan benar-benar lepas landas selama abad ke-19, tetapi masih ada perdebatan dan spekulasi tentang bagaimana itu diciptakan. Untuk waktu yang lama, tim pertama yang bermain bisbol di bawah aturan modern diyakini adalah New York Knickerbockers.

Pendiri tim Alexander Cartwright dan sebuah komite akan membuat Aturan Knickerbocker pada tahun 1845, berurusan dengan masalah organisasi tetapi juga menguraikan aturan permainan. Namun, tampaknya banyak dari aturan-aturan ini yang pada awalnya ditulis untuk Klub Gotham pada tahun 1837, tim Knickerbockers telah memisahkan diri dari.

Permainan baseball kompetitif pertama yang diketahui antara dua tim menggunakan “Aturan Knickerbocker” ini dimainkan di Elysian Fields di Hoboken, New Jersey, pada 19 Juni 1846. Sembilan New York mengalahkan Knickerbockers 23-1, tetapi aturan baru tetap akan menjadi diadopsi di seluruh wilayah New York.

Baseball Profesional

Pada 1857, enam belas tim di sekitar wilayah New York membentuk Asosiasi Nasional Pemain Bola Pangkalan (NABBP). Ini adalah organisasi pertama yang mengatur olahraga dan membentuk kejuaraan. Sementara para pesaing dianggap sebagai peniru, segera menjadi jelas bahwa beberapa pemain dibayar. Pada musim 1869, klub diizinkan menyatakan diri sebagai profesional.

Pada tahun 1870, konflik antara pemain bola profesional dan angker akan muncul, dan NABBP akan terbelah menjadi dua kelompok, liga angker dan Asosiasi Nasional Pemain Bola Basis Profesional, yang hanya berlangsung dari tahun 1871 hingga 1875.

Liga Nasional William Hulbert dibentuk pada tahun 1876 , dan mengambil tempatnya. Sekitar waktu ini, telah disepakati di antara klub-klub bahwa pemain non-kulit putih akan dikecualikan dari bisbol profesional, aturan yang akan tetap berlaku sampai 1947 ketika Jackie Robinson menjadi pemain baseball liga utama Afrika-Amerika pertama.

Hal-hal tidak berjalan dengan baik di hari-hari awal Liga Nasional. Liga lain akan menyaingi itu, dan pemain sering tidak puas dengan hak-hak mereka sebagai pemain. Sementara itu, liga lain perlahan tumbuh di midwest.

Liga Barat adalah liga kecil yang berjuang yang berbasis di sekitar negara bagian Danau Besar. Pada tahun 1894, Ban Johnson menjadi presiden liga, yang berganti nama menjadi Liga Amerika, dan ia memulai kursus untuk memberikan status liga utama.

Pada tahun 1903, Seri Dunia modern pertama di Major League Baseball akan berlangsung. Boston American dari American League mengalahkan Pittsburgh Pirates dari National League dalam seri best-of-sembilan.

Abad ke-20 dan Selanjutnya

Permainan baseball terus berkembang dan tumbuh sepanjang abad ke-20, mengokohkan diri sebagai hobi Amerika. Popularitas olahraga juga akan menyebar di tempat lain di seluruh dunia, seperti Asia dan Amerika Latin. Baseball terus berdampak luas pada budaya populer, baik di Amerika Serikat maupun di tempat lain.

Tujuan Baseball

Tujuan dari permainan bisball yaitu untuk mempertahankan tim untuk tetap menjadi batting (pemukul bola) agar bisa mendapatkan angka/poin lebih banyak  untuk bisa memenangkan pertandingan. Berikut ini beberapa manfaat bermain baseball, diantaranya yaitu:

  1. Menurunkan Berat Badan

Banyak orang terobsesi dengan penurunan berat badan. Jika kita salah satu dari mereka, maka permainan yang satu ini layak dicoba, karena permainan melibatkan gerakan mengayun, berlari, menangkap dan berjalan yang dapat membakar banyak kalori daripada hanya melakukan latihan tunggal saja.

Bahkan, sebagian besar ahli kesehatan mengatakan bahwa seseorang yang memiliki berat 160 pound dapat membakar 365 kalori dalam bermain olahraga ini hanya dalam 1 jam. Permainan ini membutuhkan seluruh tubuh untuk bekerja dan bergerak dan itu bisa membuat seluruh tubuh tetap hidup.

  1. Mengasah Pikiran

Permainan bisbol dapat mengasah atau mempertajam pikiran kita karena seorang pemain perlu membuat keputusan sepersekian detik di mana strategi yang benar harus digunakan. Itu bisa membuat pikiran pemain tajam, waspada dan aktif. Selain itu, seorang pemain membutuhkan pikiran untuk menutupi keterampilan lebih cepat.

  1. Menghilangkan Stres

Permainan ini juga merupakan saluran alami untuk stres di mana amarah, perubahan suasana hati, dan iritabilitas sesekali digantikan oleh kesenangan sehingga kita akan memiliki pikiran yang tenang.

Jika kita sangat stres, tinggal di kamar sepanjang hari bisa membantu sedikit tetapi kebanyakan tidak bisa berbuat apa-apa. Terlibat dalam permainan ini dapat mengembangkan fokus mental dan konsentrasi tetapi tidak hanya itu, permainan ini juga dapat menyegarkan pikiran.

  1. Memperkuat Lengan dan Kaki

Lengan dan kaki adalah dua bagian tubuh yang paling sering digunakan dalam baseball. Melempar bola, mengayunkan kelelawar, dan menangkap bola dapat membangun kekuatan pada lengan dan otot. Ini juga dapat membantu meningkatkan fleksibilitas sendi.

Teknik Baseball

Teknik dasar dalam bermain baseball diantaranya yaitu:

  1. Melempar Bola

Ketika melempar bola, para pelempar (pitcher) harus menggunakan teknik yang benar agar pemukul (batter) tidak bisa memukul bola yang diberikan oleh pitcher. Cara melempar bola dalam baseball yaitu mengayunkan tangan dari atas dan melempar bola tepat ke arah pemukul.

  1. Memegang Tongkat Pemukul/Stick/Bat

Memegang tingkat pemukul harus dilakukan dengan teknik yang benar agar pukulan bisa maksimal dan mencegah terjadinya cedera saat memukul bola. Cara memegang stick baseball yaitu harus dipegang dengan kedua tangan dengan erat agar stick tidak terlepas saat dipukul.

  1. Memukul Bola

Pemukul (batter) harus dapat memukul bola dengan kuat dan mampu melihat dengan cepat arah datangnya bola. Peran pemukul dalam baseball sangat penting, sebab 1 pemukul saja gagal dalam memukul, akan berakibat fatal bagi satu tim.

  1. Menangkap Bola

Tugas menangkap bola dilakukan oleh catcher (penangkap bola). Agar bisa menangkap bola yang terlempar dengan keras, dibutuhkan sebuah teknik, yaitu apabila tubuh kita semakin dekat dengan bola, maka kesempatan kita untuk menangkap bola malah makin besar.

Aturan Permainan Baseball

Berikut ini beberapa peraturan dalam permaianan baseball, antara lain:

  1. Baseball memiliki dua tim yang masing-masing terdiri atas 9 pemain.
  2. Posisi tim lapangan terdiri dari pitcher, catcher, baseman pertama, baseman kedua, shortstop, baseman ketiga, dan tiga outfielder di lapangan kiri, lapangan tengah dan lapangan kanan.
  3. Pertandingan berlangsung selama 9 babak dimana kedua tim bisa bertarung sekali. Jika pertandingan seri setelah 9 babak maka inning tambahan akan ditambahkan sampai pemenang ditemukan. Jika tim yang memukul kedua di bagian bawah inning ke-9 sudah unggul dalam poin, maka mereka tidak perlu menyelesaikan inning pukulan mereka.
  4. Setelah urutan pemukul diambil, maka itu tidak dapat diubah sepanjang permainan. Pergantian diizinkan, namun, mereka harus melakukan sesuai urutan pemain sebelumnya yang mereka gantikan.
  5. Jika pemukul (batter) berhasil memukul bola dari pelempar, mereka harus berusaha untuk setidaknya sampai ke base pertama. Mereka kemudian dapat berlari ke base sebanyak yang mereka inginkan sebelum terkena tag. Setiap base harus disentuh dengan beberapa bagian tubuh batter saat berlari melewati.
  6. Batter melakukan tiga pukulan meloloskan diri. Sebuah serangan dianggap ketika batter mengayunkan bola dan melewatkannya. Batter dapat meninggalkan bola tetapi, jika berada di dalam area tertentu (disebut ‘zona serang’ atau strike zone), maka serangan juga akan diberikan. Jika empat bola kehilangan zona serang dan batter tidak mengayunkan tongkatnya, mereka dapat berjalan ke base pertama.
  7. Saat berada di base, batter dapat berlari ke base berikutnya di titik mana pun.
  8. Pemain dapat diberhentikan dengan ‘strike out’ (merujuk pada batsman yang kehilangan bola tiga kali), ‘force out’ (ketika pemain gagal mencapai base di depan pemain bertahan), ‘fly out‘ (saat bola dipukul di udara dan ditangkap tanpa memantul), dan ‘tag out’ (di mana pemain defensif dengan bola menge-tag batsman dengan bola semua saat mereka berlari).

Maka itulah tadi ulasan materi olahraga yang bisa kami sebutkan kepada segenap pembaca terkait dengan pengertian baseball menurut para ahli, sejarah, tujuan, teknik, dan aturan permaiannya. Semoga memberikan edukasi serta referensi. Trimakasih,

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *