Pengertian Kasti, Sejarah, Tujuan, Teknik, dan Aturan Permainannya

Diposting pada

Kasti Adalah

Kasti adalah olahraga yang berasal dari Britania Raya dan Irlandia. Permainan ini diatur oleh Gaelic Athletic Association (GAA) di Irlandia dan National Rounders Association (NRA) di Inggris. Keduanya memiliki permainan-permainan dan budaya yang berbeda, tapi secara umum mirip. Kompetisi diadakan antara tim dari kedua tradisi, seringkali dengan satu versi dimainkan di pagi hari dan yang lainnya dimainkan di sore hari.

Meskipun umumnya dianggap sebagai permainan sekolah, kasti dimainkan di tingkat internasional juga. Kasti dimainkan dengan alat pemukul dan bola. Terdapat beberapa teknik yang harus dikuasai dalam permaianan kasti, diantaranya yaitu teknik melempar bola, menangka bola, memukul bola, dan lain-lain. Serta sederet peraturan yang harus dipatuhi oleh pemain ketika selama permainan berlangsung.

Kasti

Kasti merupakan salah satu bentuk permaianan atau olahraga yang mengutamakan ketangkasan serta kekuatan tubuh agar mendapatkan kasil dan poin yang memuaskan. Dalam menjalankan permainan kasti, pemukul dan penjaga harus bekerjasama dan menjaga kekompakan satu regu.

Lapangan yang digunakan untuk permaianan kasti memiliki ukuran yaitu: Panjang: 40 meter; Lebar: 70 meter; Ruang tunggu: 10 meter.

Pengertian Kasti

Kasti ialah salah satu cabang dalam arti olahraga yang menggunakan bola kecil, yang permainannya dilakukan secara beregu. Tempat untuk bermain kasti biasanya di lapangan terbuka, sehingga tiap-tiap pemain lebih mudah dalam menjaga kedisiplinannya dan mengutamakan unsur kekompakan serta solidaritas antar sesama teman.

Pengertian Kasti Menurut Para Ahli

Adapun definisi kasti menurut para ahli, antara lain:

Wikipedia

Kasti atau gebokan dapat diartikan sebagai sejenis olahraga bola yang dilakukan oleh dua kelompok dengan menggunakan bola tenis sebagai alat untuk menembak lawan dan tumpukan batu untuk disusun.

Merriam-Webster

Kasti adalah permainan yang berasal dari Inggris yang dimainkan dengan bola dan alat pemukul dan yang agak menyerupai bisbol.

Sejarah Kasti

Permainan kasti telah dimainkan di Inggris sejak zaman Tudor, dengan referensi paling awal  pada tahun 1744 di buku A Little Pretty Pocket, yang dalam buku ini disebut bisbol. Pada tahun 1828, William Clarke di London menerbitkan The Boy’s Own Book edisi kedua.

Edisi kedua tersebut mencakup aturan kasti dan juga deskripsi tercetak pertama dalam bahasa Inggris tentang permainan dengan alat pemukul dan bola di lapangan. Tahun berikutnya, buku itu diterbitkan di Boston, Massachusetts.

Aturan resmi nasional pertama disusun oleh Gaelic Athletic Association (GAA) di Irlandia pada tahun 1884. Permainan ini masih diatur di Irlandia oleh GAA, melalui Dewan Nasional GAA Rounders National (Irlandia: Comhairle Cluiche Corr na hÉireann).

Di Britania Raya diatur oleh Rounders England, yang dibentuk pada tahun 1943. Walaupun kedua asosiasi tersebut berbeda, mereka berbagi elemen permainan dan budaya yang serupa. Kompetisi diadakan antara tim dari kedua tradisi.

Setelah aturan kasti diformalkan di Irlandia, asosiasi didirikan di Liverpool, Inggris; dan Skotlandia pada tahun 1889. Baik permainan bisbol versi ‘New York’ dan versi ‘Massachusetts’, serta permaianan softball, yang sudah tidak berlaku, semuanya memiliki akar sejarah yang sama dengan kasti dan memiliki kemiripan dengan versi GAA dari permainan.

Kasti dikaitkan dengan baseball Inggris, yang masih dimainkan di Liverpool, Cardiff, dan Newport. Meskipun kasti dianggap lebih tua dari baseball, referensi sastra untuk bentuk awal ‘baseball’ di Inggris menggunakan istilah rounders (kasti) sebelumnya.

Ini adalah sebuah permainan yang populer di kalangan anak-anak sekolah Inggris dan Irlandia, dan terutama di kalangan anak perempuan, permainan ini sekarang dimainkan hingga tingkat internasional. Ini dimainkan oleh tujuh juta anak di Inggris, dengan Catherine, Duchess of Cambridge memainkannya sebagai seorang gadis muda

Tujuan Kasti

Permainan kasti memiliki beberapa tujuan, diantaranya yaitu:

  1. Untuk mengasah kemampuan dalam mencari strategi yang tepat.
  2. Untuk melatih kelincahan dan ketangkasan pemain.
  3. Untuk melatih sportivitas.
  4. Untuk membuat suasana senang dan tidak terlalu tegang.
  5. Untuk melatih kerja sama dengan tim.

Kasti memiliki beberapa manfaat untuk melestarian budaya hidup sehat, diantaranya yaitu:

  1. Kasti adalah bentuk latihan interval dan latihan aerobik yang fantastis. Ini melibatkan banyak gerakan berlari, bahkan lari sprint juga, tergantung pada seberapa jauh bola dipukul. Jadi, jika kita mencari olahraga tim yang menyenangkan yang akan membuat detak jantung kita meningkat dan memberikan tingkat kebugaran jasmani dan stamina kita, maka kasti patut dipertimbangkan secara serius.
  2. Kasti baik untuk mengencangkan otot-otot di tubuh bagian bawah kita. Gerakan yang tajam, mulai dan berhenti bekerja hampir di setiap otot di kaki kita. Selain itu, mengayunkan alat pemukul akan membantu melatih otot-otot di tubuh bagian atas kita, termasuk otot di bagian lengan kita.
  3. Kasti membantu mengembangkan keterampilan koordinasi tangan dan mata kita. Plus, kombinasi udara segar, olahraga, dan kelincahan mental akan membantu mempertajam otak. Kasti mengharuskan kita untuk berpikir, dan secara mental bekerja melalui strategi dan taktik untuk mengalahkan lawan kita.

Teknik Kasti

Terdapat beberapa teknik dalam permainan kasti yang perlu kita ketahui, antara lain:

  1. Teknik Melempar Bola

Ada empat cara melempar bola dalam permaianan kasti, yaitu:

  • Lemparan bola melambung
  • Melempar bola menyusur tanah
  • Melempar bola memantul tanah
  • Melempar bola mendatar
  1. Teknik Menangkap Bola

Ada empat cara menangkap bola dalam permaianan kasti, yaitu:

  • Menangkap bola mendatar
  • Menangkap bola melambung
  • Menangkap bola menyusur tanah
  • Menangkap bola memantul tanah

Untuk melakukan ke-empat cara tersebut harus dasari dengan sikap seperti:

  • Pandangan mata harus tertuju ke arah datangnya bola
  • Menangkap bola harus menggunakan dengan kedua tangan sehingga membentuk seperti kuda-kuda
  • Pada waktu penangkapan bola telapak tangan harus terbuka
  1. Teknik Melambungkan Bola

Teknik melambungkan dalam permaianan kasti seringkali digunakan sebagai umpan yang bagus kepada pemukul. Teknik yang bisa dilakukan yaitu:

  • Sikap badan harus berdiri dengan posisi yang tegak
  • Ketika melemparkan bola tengan kanan dan posisi kaki kanan berada di depan
  • Ketika melemparkan bola posisi badan condongkan ke arah depan.
  • Putar lengan tangan kira-kira 360°
  1. Teknik Memukul Bola

Teknik memukul bola dalam permainan kasti yaitu:

  1. Selalu pegang alat pemukul dengan posisi badan tegak lurus dan gemgam dengan menggunakan tangan kanan
  2. Berdiri dengan sikap menyamping sehingga bola akan melambung
  3. Buka bagian kedua kaki selebar bahu
  4. Sikap badan dan pandangan harus fokus ke arah pelambung

Aturan Permainan Kasti

Peraturan-peraturan yang harus dipatuhi oleh pemain dalam permainan kasti yaitu sebagai berikut:

  1. Jumlah Pemain

Jumlah pemain kasti pada masing-masing regu sebanyak 12 orang, dengan salah satu pemain bertindak sebagai kapten. Masing-masing pemain wajib mengenakan nomor dada dari  1 sampai 12. Selain pemain inti, ada pula pemain pengganti atau cadangan sebanyak 6 orang.

  1. Waktu Permainan

Permainan kasti dilakukan sebanyak 2 babak. Tiap-tiap babak durasi waktunya 20 – 30 menit. Diantara kedua babak tersebut diberikan waktu istirahat selama 15 menit.

  1. Wasit

Wasit bertugas memimpin jalannya pertandingan kasti dengan dibantu 3 orang penjaga garis dan 1 orang pencatat waktu.

  1. Regu Pemukul

Masing-masing pemain berhak memukul satu kali, kecuali pemain terakhir berhak memukul sampai 3 kali. Setelah memukul, alat pemukul harus diletakkan di dalam ruang pemukul. Jika alat pemukul diletakkan di luar, maka pemain tersebut tidak memperoleh nilai, kecuali dia segera meletakkannya di dalam ruang pemukul.

Pukulan dinyatakan benar jika bola yang dipukul melampaui garis pukul, tidak jatuh di ruang bebas, dan tidak mengenai tangan pemukul.

  1. Regu Penjaga

Tugas dari regu penjaga yaitu:

  • Mematikan lawan, caranya yaitu melemparkan bola ke pemukul atau menangkap langsung bola yang dipukul melambung oleh regu pemukul.
  • Membakar ruang bebas dengan cara menempati ruang bebas apabila kosong.
  1. Pelambung

Tugas dari pelambung yaitu:

  • Melambungkan bola sesuai permintaan pemukul.
  • Apabila bola yang dilambungkan oleh pelambung tidak sesuai dengan permintaan pemukul, maka pemukul diperbolehkan untuk tidak memukulnya. Apabila hal itu terjadi hingga 3 kali berturut-turut, maka pemukul dapat berlari bebas ke tiang pemberhentian pertama.
  1. Pergantian Tempat

Pergantian tempat diantara  kedua regu (regu pemukul dan regu penjaga) terjadi ketika:

  • Salah seorang regu pemukul terkena lemparan bola.
  • Bola yang dipukul oleh pukulan regu pemukul ditangkap secara langsung oleh regu penjaga sebanyak tiga kali berturut-turut.
  • Alat pemukul lepas ketika memukul
  1. Cara Mendapatkan Nilai

Nilai dalam permainan kasti bisa diperoleh melalui beberapa cara, yaitu:

  1. Pemain berhasil dalam memukul bola, kemudian dia berlari ke pemberhentian I, II, III, dan ruang bebas secara bertahap, maka regunya mendapatkan nilai 1.
  2. Pemain berhasil lari melewati tiang-tiang pemberhentian dan kembali ke ruang bebas atas pukulannya sendiri, maka regunya mendapatkan nilai 2.
  3. Regu penjaga menangkap langsung bola lambung yang dipukul oleh regu pemukul, mendapat nilai 1.
  4. Regu yang mendapatkan nilai paling banyak dinyatakan sebagai pemenang.

Itulah tadi bahasan lengkap yang bisa kami tuliskan kepada segenap pembaca terkait dengan pengertian kasti menurut para ahli, sejarah, tujuan, teknik, dan aturan permainannya. Semoga memberikan pengetahuan atas apa yang bisa kami sebutkan. Trimakasih,

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *