Pengertian Softball, Sejarah, Tujuan, Teknik, dan Aturan Permaiannya

Diposting pada

Pengertian Softball

Softball adalah permainan yang mirip dengan baseball yang dimainkan dengan bola yang lebih besar (lingkar 11 sampai 12 in). Pria, wanita, anak laki-laki, atau perempuan bisa bermain softball. Ada sembilan hingga dua belas pemain per tim. Tujuan dasarnya adalah untuk menenmpatkan pemain sebanyak mungkin ke home plate. Untuk sampai ke home plate, seorang pemain harus memukul bola.

Ada banyak teknik untuk memukul bola. Selain teknik memukul, ada pula teknik lain yang harus dikuasai pemain.  Ditinjau dari segi sejarahnya,  softball diciptakan pada tahun 1887 di Chicago, Illinois, Amerika Serikat sebagai permainan dalam ruangan. Sebuah turnamen yang diadakan pada tahun 1933 di Chicago World’s Fair mendorong minat dalam permainan bola yang satu ini.

Softball

Softball adalah arti olahraga yang menggunakan alat pemukul dan bola yang dimainkan antara dua tim yang terdiri dari 9-12 pemain. Olahraga ini banyak dimainkan di seluruh Amerika Utara tetapi ada juga liga profesional yang dimainkan di Asia, Eropa dan Amerika Selatan.

Pengertian Softball

Softball adalah permainan yang dimainkan dengan tongkat dan bola dan, sebagian besar, aturannya sama dengan yang dimainkan dengan baseball. Namun, ini berbeda dari bola baseball sehubungan dengan beberapa faktor penting seperti ukuran bola, kecepatan lemparan bola, peralatan, dan ukuran lapangan.

Salah satu perbedaannya yang paling mencolok adalah bola dilemparkan dengan ayunan rendah dalam softball, berlawanan dengan overhand dalam baseball. Karena softball adalah olahraga yang aktif secara fisik, ini membantu memberikan kebugaran jasmani yang baik kepada para pesertanya.

Pengertian Softball Menurut Para Ahli

Adapun definisi softball menurut para ahli, antara lain:

Agus Mukholid (2004)

Softball atau Indoor-Baseball merupakan olahraga beregu yang dapat dikelompokkan ke dalam permainan  bola  pukul. Permainan ini sekilas mirip dengan kasti, tapi dalam  permainan Softball benar-benar membutuhkan ketangkasan dan menguras banyak pikiran.

Sejarah Softball

Softball dimulai pada 1887 ketika George Hancock, seorang reporter untuk Chicago Board of Trade, menciptakan “baseball dalam ruangan”. Pada musim semi 1888, permainan telah menyebar ke luar. Ini awalnya disebut bola basket, kittenball atau bisbol dalam ruangan, tetapi pada tahun 1920-an telah dirubah dengan nama softball.

Softball menjadi terorganisir di Amerika Serikat pada tahun 1933 dengan pembentukan Amatir Softball Association of America (ASA). Olahraga ini awalnya dimainkan oleh laki-laki dan tidak menjadi populer dengan wanita sampai pembentukan ASA.

Softball kemudian menumbuhkan reputasi di seluruh Amerika Serikat dan sebagai hasil dari pertumbuhan popularitasnya, yang kemudian menyebar perlahan ke seluruh dunia dengan, mungkin, dorongan terbesar yang datang dari prajurit Amerika yang memainkan dan mengajarkan permainan ini di medan Perang Dunia II.

Baru pada tahun 1965 Federasi Softball Internasional (ISF) dibentuk. Penulis Karen Christensen, dalam Encyclopedia of World Sport, mencatat bahwa softball menyebar ke Inggris karena sebuah film Amerika. Film, “A Touch of Class”, difilmkan di London dan menampilkan permainan softball, yang mulai dimainkan di Inggris sebagai hasilnya.

Kejuaraan dunia dalam softball pitch cepat pertama kali diadakan pada 1965 untuk wanita dan 1966 untuk pria. Kejuaraan dunia yang lambat dimulai pada tahun 1987, dan kompetisi dilanjutkan di Florida (AS) pada bulan Juni 2002.

Kompetisi dunia pertama untuk pria dan wanita junior diadakan pada tahun 1981 dan Piala Dunia untuk anak perempuan berusia di bawah 16 tahun dimulai pada tahun 2001. ISF sekarang menghitung 122 federasi nasional sebagai anggota.

Tujuan Softball

Tujuan dari softball adalah untuk memukul bola dengan tongkat pemukul sebelum pemain mencoba berlari di sekitar lapangan dengan empat base (marka). Setelah seorang pemain berhasil lari mencapai base tanpa terkena bola, maka mendapatkan skor. Tim dengan pemain yang berhasil lari dengan jumlah terbanyak di akhir pertandingan dianggap sebagai pemenang.

Ada banyak alasan mengapa softball adalah olahraga yang sangat menyenangkan untuk dimainkan, berikut manfaat kesehatan yang akan diterima tubuh dan pikiran kita dengan bermain softball, anatara lain:

  1. Pengkondisi tubuh secara total

Softball adalah sedikit olahraga yang unik karena membutuhkan atlet untuk mahir dalam berbagai keterampilan. Dengan mengingat hal ini, itu juga berarti semua area tubuh kita harus siap untuk apa pun yang menghadang kita. Baik itu berlari, menerjang, mengayun, atau melempar, kebutuhan untuk dikoordinasikan di berbagai kelompok otot diperlukan.

Mengayunkan tongkat pemukul atau melempar bola lunak mengharuskan kita mengembangkan otot lengan dan bahu dengan benar sehingga kita dapat terhindar dari cedera.

  1. Peningkatan fleksibilitas

Fokus pada softball bisa terdistorsi karena kita sering disibukkan dengan hal-hal yang kita lihat – seberapa keras kita bisa melempar bola, seberapa cepat kita bisa sampai ke area tertentu, dan seberapa jauh kita bisa melemparkan bola. Ini bisa membuat orang berpikir bahwa pemain softball harus kuat.

Itu sepenuhnya benar, tetapi mereka juga harus fleksibel, dan khususnya di mana kita berpotensi merasa tegang. Akan sulit untuk mencapai kecepatan tertinggi kita di pangkalan dengan paha belakang yang ketat, dan akan sulit untuk melempar sekuat yang Anda bisa (dengan aman) tanpa meregangkan bahu kita dengan benar.

  1. Peningkatan kesehatan mental

Melakukan olahraga yang konsisten tidak hanya baik untuk tubuh kita, tapi itu juga baik untuk pikiran kita. Mengambil bagian dalam kegiatan seperti ini akan membantu menjernihkan pikiran kita melepaskan endorfin yang kita butuhkan untuk berhasil dalam aspek kehidupan lainnya.

Softball juga merupakan olahraga yang agak strategis. Apakah pelempar melempar saya bola cepat dalam hitungan ini, atau yang lainnya? Seberapa dangkal para fielder bermain? Ini mengajarkan kita untuk berpikir kritis dan kreatif, bersama dengan bekerja bersama dengan pelatih dan rekan tim untuk mencapai tujuan bersama.

Teknik Softball

Terdapat lima teknik dasar dalam permainan softball, antara lain:

Teknik Memegang Bola

Ada tiga teknik dasar melempar bola dalam softball yang bisa menjadi pilihan para pelempar saat bertanding, yaitu:

  • Memegang dengan 2 Jari

Teknik ini dilakukan dengan cara menaruh jari telunjuk dan jari tengah diatas bola, kemudian menempatkan jari manis, jari kelingking, dan ibu jari di bawah bola sebagai penyangga.

  • Memegang dengan 3 Jari

Teknik ini dilakukan dengan cara menempatkan 3 jari yaitu jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis diatas bola lalu, kemudian menempatkan jari kelingking dan ibu jari dibawah bola sebagai penyangga.

  • Memegang dengan 4 Jari

Teknik ini sangat mudah untuk dilakukan sebab serupa dengan menggenggam bola softball, sehingga banyak di gemari oleh para pemain yang masih baru saat memelajari permainan ini.

Teknik Memegang Tongkat 

Terdapat 3 cara memegang tongkat softball yang baik dan benar:

  1. Pegangan bawah, yaitu pengangan dua tangan dibawah garis pada tongkat pemukul.
  2. Pegangan tengah, yaitu pegangan dua tangan dengan jarak 5 cm dari bawah tongkat.
  3. Pegangan atas, yaitu pegangan dua tangan dengan jarak 10 cm dari bawah tongkat.

Teknik Memukul Bola 

Teknik memukul juga menjadi teknik yang  sangat penting bagi para pemukul bola dalam permainan softball agar bisa menghasilkan lambungan bola yang tinggi. Ada 2 jenis teknik memukul bola dalam permainan softball:

  • Pukulan Tumbuk (Bunt)

Apabila menggunakan teknik ini, pemukul tidak perlu mengayungkan tongkatnya, tapi hanya perlu menahan arah datang bola hingga bola terjatuh di dekatnya.

  • Pukulan Swing

Apabila menggunakan teknik ini, pemukul harus memiliki sikap awal yang benar. Saat hendak memukul bola, letakkan tongkat diatas bahu kemudian ayunkan tongkat saat bola datang. Ketika itu terjadi, jangan lupa untuk menekuk kaki kanan sedikit sambil meluruskan kedua tangan.

Teknik Menangkap Bola 

Terdapat 3 teknik menangkap bola dalam permainan softball:

  • Bola Menggelinding (Ground Ball)

Apabila menggunakan teknik ini, penangkap bola menggunakan sarung tangannya. Kemudian memposisikan tangan yang sudah mengenakan gloves di arah datangnya bola, sedangkan tangan lainnya digunakan untuk berancang-ancang melempar bola.

  • Bola Melambung

Apabila menggunakan teknik ini, penangkap bola wajib untuk memposisikan badannya tepat dengan bola yang akan jatuh. Pitcher bisa menggunakan baik satu tangan saja maupun kedua tangan untuk menangkap bola softball.

  • Bola Datar (Straight Ball)

Apabila menggunakan teknik ini, penangkap bola harus melebarkan kedua kakinya dan menempatkan kedua tangannya di depan dada apabila ingin menggunakan teknik ini. Tangan kirinya menggunakan gloves, sedangkan tangan kanannya bersiap-siap untuk melempar bola.

Teknik Melempar Bola

Terdapat 3 teknik melempar bola dalam permainan softball:

  • Underhand Throw (Lemparan Bawah) 

Teknik ini digunakan ketika dalam keadaan darurat dan membutuhkan proses yang cepat. Dalam hal ini, pelempar harus menekuk kedua kakikya dan membungkukkan badannya. Kemudian bola dilempar menuju depan melewati samping tubuh.

  • Sidehand Throw (Lemparan Samping)

Apabila menggunakan teknik ini pelempar harus mensejajarkan lengan bawahnya dengan bahunya agar mendapatkan lemparan yang bagus dan benar. Kemudian bola dilempar menuju depan melalui samping bersama dengan gerak tubuh.

  • Overhand Throw (Lemparan Atas)

Apabila menggunakan teknik ini, pelempar melemparkan bola ke arah depan. Kemudian gerakan tangan dan juga tubuh yang diikuti dengan pemindahan berat badan yang semula berada di belakang kaki menjadi di ditumpukan ke kaki depan.

Aturan Permainan Softball

Beberapa peraturan dalam permainan softball, antara lain:

  1. Lama pertandingan dalam permaianan softball ditentukan oleh innng, yaitu 7 inning. Inning dapat diartikan sebagai kondisi di mana setiap tim bermain 1 kali sebagai tim pemukul dan 1 kali sebagai regu penjaga.
  2. Permainan dimulai dengan pengundian dengan uang logam untuk menentukan tim penjaga (Home-Team/HT) dan tim pemukul (Visiting-Team/VT).
  3. Tim dapat dinyatakan menang langsung 7-0, apabila tim lawan tidak datang di lapangan pada waktu pertandingan dimulai.
  4. Nilai atau angka tidak akan dihitung jika terjadinya angka bersamaan dengan terjadinya out ketiga di base 1 di katuk di tempat lain atau sebelum mencapai base.
  5. Urutan pemukul ditentukan oleh nomor urut yang sudah ditentukan sebelum permainan dimulai.
  6. Ada 4 orang wasit dalam setiap pertandingan, yaitu 1 orang wasit kepala dan 3 orang base umpire. Posisi penempatan wasit yaitu wasit kepala berada di belakang catcher, dan base umpire bertugas di lapangan untuk menentukan mati atau tidaknya pukulan pemain di masing-masing base.

Itulah tadi penjelasan dan pengulasan yang bisa kami paparkan kepada segenap pembaca terkait dengan pengertian softball menurut para ahli, sejarah, tujuan, teknik, dan aturan-aturan dalam permaiannya. Semoga memberikan wawasan serta pengetahuan. Trimakasih,

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *