Tujuan Permainan Softball dan Jenis Teknik Permainannya

Diposting pada

Tujuan Permainan Softball

Olahraga adalah salah satu kebutuhan yang bermanfaat bagi kesehatan dan kebugaran jasmani. Tidak heran jika jenis olahraga begitu banyak dan semuanya memang memiliki manfaatnya masing-masing. Sebagai informasi salah satu olahraga yang cukup terkenal di kalangan masyarakat yaitu softball.

Walaupun olahraga ini sudah dikenal oleh masyarakat luas, namun ada pula sebagai orang yang belum mengerti apa itu olahraga softball. Di negara Indonesia softball mirip dengan permainan bola kasti. Pada dasarnya softball lahir di negara Amerika Serikat dan diciptakan oleh Hancock tepatnya pada tahun 1887 di kota Chicago.

Softball

Permainan softball adalah salah satu bentuk olahraga bola tim yang terdiri dari 2 kelompok atau grup. Pada waktu dahulu softball dikenal juga sebagai olahraga atau permainan yang terdapat di dalam ruangan atau ditempat tertutup.

Akan tetapi olahraga ini mulai tahun 1930 di ubah menjadi permainan di lapangan terbuka tepatnya diawali oleh H. Fiscer dan M.J Panley. Selanjutnya olahraga softball ini masuk agenda Pekan Olahraga Nasional (PON) di Indonesia pertama kali pada penyelenggaraan PON ke VII di Surabaya.

Tujuan Permainan Softball

Beberapa tujuan adanya permainan softball yaitu sebagai berikut ini:

  1. Melatih kekompakan

Pada dasarnya permainan sekaligus olahraga yang dilakukan bersama tim atau kelompok bisa memberikan keuntungan bagi setiap individu itu sendiri.

Salah satunya yaitu dengan permainan softball maka setiap tim diwajibkan untuk bisa saling support dan menjaga kekompokan secara bersama-sama. Tujuannya agar dalam permainan tersebut bisa bermain dengan baik hingga menjadi pemenang.

  1. Melatih kerjasama dalam tim

Hubungan kerjasama merupakan salah satu hal yang bisa dilatih melalui permainan softball ini. Alasannya karena dalam permainan softball masing-masing tim harus menjaga kekuatan satu sama lain dan mengerti dengan betul keadaan dari temannya.

Sehingga dengan kondisi tersebut bisa membuat tim menjadi lebih solid dari hubungan kerjasama yang telah terbangun sejak awal.

  1. Melatih kecepatan gerak

Permainan soft ball merupakan salah satu jenis permainan yang bisa memberikan latihan kecepatan gerak seseorang. Karena dalam permainan ini mengharuskan pula seseorang untuk berlari dengan cepat agar tidak terkena bola yang telah dipukulnya.

Sehingga setiap individu wajib untuk bisa berlari dengan kencang dan melalui permainan softball inilah setiap orang dapat berlatih mulai dari sedikit demi sedikit, hingga berhasil berlari dengan cepat.

  1. Menguasai teknik permainan softball

Tujuan dari adanya permainan softball yang selanjutnya yaitu untuk menguasai teknik permainan softball itu sendiri. Pada dasarnya suatu tim yang melakukan permianan softball secara lebih rutin atau sering berlatih maka hal tersebut bisa membuat mereka lebih menguasai teknik permainan softball itu sendiri.

Sehingga tidak heran jika semakin hari setiap tim lebih memahami teknik-teknik yang tepat dan bisa dipraktekan secara langsung dalam permaian softball. Sebagai informasi teknik permainan softball yang paling umum dan harus dipahami untuk semua pemain yaitu memukul bola dengan tongkat sebelum pemain mencoba berlari ke empat titik.

Teknik Permainan Softball

Berikutyang termasuk teknik dasar dalam permainan softball. Antara lain;

  1. Teknik Melempar Bola

Teknik melempar bola yaitu berhubungan dengan cara memegang bola dengan benar pada saat bola akan dilempar. Pertama-tama pastikan terlebih dahulu jarak antara bola dan telapak tangan sehingga terlihat ada lubang rongganya.

Kemudian bola ditekan dengan jari telunjuk dan jari tengah, sedangkan untuk ibu jari dan jari lainnya di fungsikan untuk mencegah bola agar tidak jatuh. Sebagai informasi bahwa pelambung dalam permainan softball dinamakan dengan istilah pitcher. Cara melempar bola permainan softball dapat dibagi menjadi 3 jenis, yaitu:

  1. Lemparan Atas (Overhand Throw), teknik melempar bola dengan melakukan gerakkan tangan dan kaki secara bersamaan ketika berat badan anda berada di atas kaki depan dan tubuh sedikit condong ke belakang.
  2. Lemparan Samping (Sidehand Throw), gerakan melempar bola dengan cara menyamping atau dari samping, melalui cara lengan sejajar dengan bahu dan percikan cahaya di pergelangan tangan.
  3. Lemparan Bawah (Underhand Throw), gerakan melempar bola yang mana lemparannya dilakukan secara lebih rendah dan biasanya digunakan dalam keadaan darurat serta dilakukan dalam waktu singkat dengan posisi tubuh ditekuk menggunakan kedua kaki.
  1. Teknik Dasar Menangkap Bola

Teknik dasar menangkap bola yaitu dilakukan atas dasar arah bola yang masuk. Teknik ini terbagi menjadi tiga jenis yaitu sebagai berikut:

  • Bola Datar (Straight Ball), posisi tubuh saat menangkap bola dengan teknik yang dilakukan yaitu berdiri dengan kaki di selangkangan tepat di depan arah bola yang tiba dan memposisikan kedua tangan tepat di depan dada. Selanjutnya bola diambil dengan tangan kiri yang sudah menggunakan sarung tangan sementara untuk tangan kanannya bersiap-siap untuk melempar bola yang berikutnya.
  • Bola Lambung, posisi tubuh dalam teknik ini yaitu mempersipakan diri agar bisa menangkap sebaik mungkin persis di mana bola akan jatuh. Bola kemudian diambil menggunakan satu atau dua tangan pada saat bersamaan.
  • Bola Menggelinding (Ground Ball), teknik penangkapan bola yang dilakukan dengan cara berlutut dan tangan yang mengenakan sarung dipersipakan atau diposisikan tepat ke arah datangnya bola. Kemudian untuk tangan yang lainnya bersiap – siap menangkap dan melempar bola.
  1. Teknik Dasar Memegang Kayu Pemukul (Bat)

Teknik dasar yang satu ini berkaitan dengan cara memegang kayu pemukul yang digunakan untuk memukul bola dalam permainan softball. Cara yang dilakukan yaitu pegang alat pemukul dengan kuat atau sedikit terpisah dengan tangan kanan anda ke atas dan tangan kiri anda ke bawah.

  1. Teknik Dasar Memukul Bola

Teknik dasar memukul bola merupakan cara atau teknik yang dipakai untuk memukul bola dengan baik dan benar dalam permainan soft ball. Berikut dibawah ini tiga cara teknik dasar memukul bola adalah sebagai berikut :

  1. Sikap Awal, teknik yang dilakukan pada saat mengawali sikap awal yaitu usahakan agar tubuh berdiri dengan kaki sedikit terpisah. Selanjutnya kaki kiri sedikit dimajukan sedikit dan usahakan agar berat tubuh bertumpu pada kedua kaki serta postur tubuh sedikit dimiringkan ke depan. Pegang alat pemukul dengan kedua tangan dengan posisinya yang meyakinkan dan terlihat jelas tepat di atas bahu. Lihat langsung ke bola yang datang dan lengan kanan anda usahakan agar lebih rendah dari lengan kiri anda sendiri.
  2. Sikap Saat Memukul, teknik ini dilakukan agar bola yang telah dilemparkan oleh pelempar bisa anda pukul kembali dengan tepat. Caranya yaitu pukul bola dengan cara posisi tubuh bagian kaki kanan sedikit melengkung dan kedua tangan direntangkan.
  3. Sikap Akhir, sikap akhir adalah langkah yang menunjukkan setelah pemukulan bola selesai dilakukan yaitu dengan gerakan ayunan bat sebagai gerakan berikutnya.
  1. Pukulan Tumbuk (bunt)

Pukulan tumbuk atau bunt adalah memukul bola tanpa harus mengayunkan dayung, akan tetapi cukup dengan cara mempertahankan arah bola yang datang sehingga bola jatuh dekat dengan dayung. Ada teknik yang perlu dilakukan pada pukulan tumbuk ini yaitu pada saat memukul usahakan agar kedua kaki sudah cukup dengan posisi kaki bertepatan dengan arah bola yang akan datang.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa softball adalah olahraga yang termasuk permainan bola kecil yang dimainkan oleh 2 tim. Biasanya masing-masing tim terdiri dari 9 pemain yang mempunyai teknik dasar seperti melempar dan menangkap.

Selain itu perlu anda ketahui pula bahwa permainan softball disebut pula sebagai permainan bola pukul. Cara memainkannya tidak terlalu sulit dan mirip dengan permainan bola kasti yaitu melalui cara memukul bola yang dilemparkan oleh pelempar dengan alat pukul yang telah disediakan.

Nantinya pelempar akan mulai melempar bola dengan awal lemparan yang dimulai dari bawah sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Nah, demikianlah artikel yang bisa kami berikan pada segenap pembaca berkenaan dengan tujuan bermainan softball dan teknik dasar permainannya. Semoga memberikan pemahaman bagi kalian yang sedang membutukannya.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *