Pengertian Sepak Takraw, Sejarah, Tujuan, Teknik, dan Aturan Permaiannya

Diposting pada

Pengertian Sepak Takraw

Sepak takraw adalah arti permainan bola voli kaki, dalam permainan ini pemain bersentuhan dan juga menangani bola hanya dengan menggunakan kaki, lutut, dada, dan kepala mereka. Aturan dan peraturan permainan ini sangat mirip dengan bola voli. Sepak takraw yang sangat populer di Asia Tenggara. Bola yang digunakan dalam permainan yaitu bola rotan atau sintetis.

Sejak 1990, Sepak takraw juga termasuk dalam pertandingan Asia. Mirip dengan bola voli, permaianan juga terditi atas dua tim pemain mencoba mengendalikan bola dan mencoba menendang bola melewati jaring ke sisi lawan. Gagal menendang bola melewati hasil bersih dalam satu poin ke oposisi dan tim pertama yang mencetak poin maksimum dinyatakan sebagai pemenang.

Sepak takraw

“Sepak” berarti mendobrak (smash) atau menendang (kick) dalam bahasa Melayu, sedangkan “Takraw” berasal dari bahasa Thailand, yang berarti “bola rotan”, sehingga sepak takraw bisa diartikan sebagai olahraga permainan dengan menggunakan bola yang terbuat dari rotan yang dimainkan menggunakan kaki dan semua anggota badan kecuali tangan.

Permainan ini dilakukan oleh dua regu yang masing-masing regu terdiri atas tiga orang di lapangan berbentuk persegi panjang yang di bagian tengah lapangan dibatasi dengan sebuah jarring atau net.

Pengertian Sepak takraw

Permainan sepak takraw di Asia Tenggara, kadang-kadang juga disebut chinlone atau “kick volley (voli sepak)” adalah olahraga tim di mana para pemain menyepak bola tenunan kecil (terbuat dari karet sintetis atau rotan) di atas net yang ketinggiannya 1,5 kaki (1,52 meter), menggunakan bagian tubuh apa pun kecuali untuk lengan atau tangan mereka.

Sepak takraw juga bisa dikatakan sebagai salah satu cabang olahraga permainan bola yang merupakan kombinasi dari makna permainan sepak bola dengan bola voli, yang dimainkan di lapang bulu tangkis, dan memiliki peraturan bola tidak boleh menyentuh tanah.

Pengertian Sepak takraw Menurut Para Ahli

Adapun definisi sepak takraw menurut para ahli, antara lain:

Darwis dan Basa (1992)

Sepak takraw adalah sebagai perpaduan atau penggabungan tiga buah permainan yaitu permainan sepak bola, bola voli dan bulu tangkis.

PERSETASI (1999)

Sepak takraw merupakan cabang makna olahraga beregu yang dimainkan diatas lapangan empat persegi panjang, dengan permukaan yang rata, baik ditempat terbuka (outdoors) maupun diruangan tertutup (in doors), yang bebas dari rintangan.

Iyakrus (2012)

Sepak takraw adalah sebagai suatu permainan yang menggunakan bola (takraw) yang terbuat dari rotan dimainkan di atas lapangan yang berukuran 13,42 m, dan lebar 6,1 m.

Sejarah Sepak Takraw

Sepak Takraw berasal dari Malaysia sekitar 500 tahun yang lalu. Pada abad ke-15, sebagian besar dimainkan oleh mahkamah kerajaan. Sekitar abad ke-16, permainan ini tersebar di seluruh Indonesia, di mana orang menyebutnya Sepak Raga.

Pada tahun 1940, versi permainan dengan menggunakan net dari permainan ini tersebar di seluruh Asia Tenggara dan aturan serta regulasi formal untuk permainan ini pun dibentuk. Kompetisi resmi Sepak Takraw pertama diadakan di klub renang pada 16 Mei 1945 di Penang di mana tim yang sebagian besar dari berbagai desa di Penang berpartisipasi di dalamnya.

Selama periode itu, permainan dulu disebut Sepak Raga Jaring. Perlahan-lahan permainan menyebar ke seluruh Asia Tenggara dan sekitar tahun 1950-an, permainan itu dimainkan di hampir setiap sekolah. Federasi Sepak Raga Malaysia didirikan pada 1960 di Penang dan pada 1965 dimasukkan ke dalam South Peninsular Games Asia Tenggara.

Itu kemudian secara resmi disebut sebagai Sepak Takraw dan pada tahun 1965 Federasi Sepak Takraw Asia (ASTAF) didirikan sebagai komite yang mengatur olahraga. Pada tahun 1992, Federasi Sepak Takraw Internasional (ISTAF) dibentuk sebagai badan pengatur permainan dunia.

Meskipun Sepak Takraw cukup populer di negara-negara Asia Tenggara, popularitasnya juga menyebar di bagian lain dunia termasuk negara-negara Eropa dan Amerika. Di Los Angeles, sudah ada komunitas Sepak Takraw yang membiasakan permainan di seluruh negeri. Di Kanada juga, gim ini telah mengalami popularitas yang luas.

Beberapa negara di mana Sepak Takraw cukup populer atau muncul sebagai salah satu permainan populer adalah Malaysia, Thailand, Indonesia, Korea, Jepang, India, Filipina, Brunei, AS, Pakistan.

Tujuan Sepak Takraw

Tujuan dari permainan sepak takraw adalah untuk memukul bola melewati jaring atau net ke area lapangan lawan untuk mencetak poin. Pemain diizinkan menggunakan kaki, kepala, dan dada untuk menghubungi bola, tetapi setiap kontak dengan tangan atau tangan merupakan pelanggaran aturan.

Kompetisi dan turnamen dijalankan sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang ditetapkan oleh Federasi Sepak Takraw Internasional (ISTAF). Semua peralatan dan pakaian harus mematuhi spesifikasi yang ditetapkan oleh ISTAF.

Manfaat yang bisa kita peroleh melalui permainan ini adalah:

  1. Menjaga tubuh agar tetap bugar

Bermain sepak takraw melibatkan banyak gerakan, dengan demikian itu akan membantu kita tetap menjaga kebugaran jasmani dan melestrikan budaya hidup sehat. Permainan ini menawarkan banyak latihan fisik ke seluruh tubuh. Kini ini orang pergi untuk kelas aerobik demi menjaga tubuh mereka. Sepak takraw melibatkan gerakan yang mirip dengan latihan aerobic.

  1. Menjaga kesehatan kardiovaskular

Sepak takraw adalah permainan di mana seluruh tubuh terlibat dalam aktivitas fisik. Oleh karena itu, permainan ini bisa menjaga sistem kardio tetap sehat, juga meningkatkan sirkulasi darah.

  1. Meningkatkan fleksibilitas

Ketika kita terlibat dalam aktivitas fisik apa pun dengan gerakan yang mirip dengan permainan sepak takraw, maka tubuh kita akan menjadi fleksibel. Ini akan menghindarkan dari nyeri lutut dan gangguan kronis lainnya

Teknik Sepak Takraw

Teknik dasar sepak dalam permainan sepak takraw menurut Ratinus Darwis, diantaranya yaitu:

  1. Sepak Sila

Sepak sila ialah teknik menyepak bola yang dilakukan dengan menggunakan kaki bagian dalam. Teknik tersebut berguna untuk menerima dan menimang bola, serta mengumpan dan menyelamatkan bola dari serangan lawan.

  1. Sepak Kuda (Sepak Kura)

Sepak kuda atau sepak kura ialah teknik menyepak dengan menggunakan kura kaki atau dengan punggung kaki, yang berguna untuk menyelamatkan bola dari serangan lawan, memainkan bola dengan usaha menyelamatkan bola dan mengambil bola yang rendah.

  1. Sepak Cungkil

Sepak cungkil ialah teknik menyepak bola dengan menggunakan kaki (jari kaki), yang berguna untuk mengambil bola yang jauh, rendah dan bola-bola yang liar pantulan dari bloking.

  1. Menapak

Menapak ialah teknik menyepak bola yang dilakukan dengan menggunakan telapak kaki. Teknik ini berguna untuk melakukan smash atau pukulan ke pihak lawan, menahan atau membloking smash dari pihak lawan dan menyelamatkan bola yang berada di dekat net atau jarring.

  1. Sepak Simpuh atau Sepak Badek

Sepak badek ialah teknik menyepak bola dengan kaki bagian luar atau samping luar, yang berguna untuk menyelamatkan bola dari pihak lawan dan mengontrol bola dalam upaya penyelamatan.

  1. Main Kepala (heading)

Main kepala (heading) ialah teknik memainkan bola yang dilakukan dengan kepala. Teknik ini berguna untuk menerima bola pertama dari pihak lawan, meyelamatkan bola dari serangan lawan.

  1. Mendada

Mendada ialah memainkan bola dengan dada, yang berguna untuk mengontrol bola untuk dapat dimainkan selanjutnya.

  1. Memaha

Memaha ialah memainkan bola dengan paha dalam usaha mengontrol bola, yang berguna untuk menahan, menerima dan menyelamatkan bola dari serangan lawan.

  1. Membahu

Membahu ialah memainkan bola dengan bahu sebagai upaya untuk mempertahankan diri dari serangan pihak lawan yang mendadak. Dalam hal ini pihak pertahanan dalam keadaan terdesak dan dalam posisi yang kurang baik.

Aturan Permainan Sepak Takraw

Peraturan yang sangat mendasar dari permainan ini adalah sebagai berikut :

  1. Pertandingan dilakukan antara dua tim, yang masing-maisng tim terdiri atas 3 orang pemain.
  2. Pertukaran tempat akan dilakukan setelah ada satu tim yang mencapai skor 8.
  3. lstirahat diberikan lima menit sebelum pertandingan set terakhir dimulai.
  4. Posisi pemain dua orang di depan dan 1 orang di belakang.

Pelanggaran terjadi jika:

  1. Pemain berada di luar lingkaran,
  2. Pemain menginjak garis,
  3. Bola menyangkut pada jaring,
  4. Bola keluar lapangan,
  5. Memainkan bola lebih dari tiga kali berturut-turut,
  6. Memegang tiang jaring atau bangku wasit.
  7. Masuk ke lapangan lawan,
  8. Tekong tidak menyepak bola pada lambungan pertama.
  9. Permainan dimenangkan untuk tim yang berhasil meraih 15 poin nilai.
  10. Permainan diawasi pelaksanaannya oleh wasit dan hakim garis.

Maka, demikianlah tadi materi pendidikan jasmani yang bisa kami berikan kepada pembaca sekalian terkait dengan pengertian sepak takraw menurut para ahli, sejarah, tujuan, teknik, dan aturan dalam permainannya. Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *