Manfaat Bermain Sepak Takraw bagi Tubuh

Diposting pada

Manfaat Olahraga Sepak Takraw

Permainan sepak takraw yang dikenal juga denga sebutak sepak raga awalnya dimainkan oleh sekelompok bangsawan yang ada di berbagai daerah-daerah dataran Melayu, termasuk di Indonesia.

Akan tetapi lambat laut permainan semakin berkembang dan bisa dimainkan oleh rakyat lainnya. Hingga sampai akhirnya permainan ini lebih dikenal dengan istilah sepak takraw dan menjadi salah satu jenis olahraga di Indonesia yang bisa digunakan untuk mengisi waktu luang, karena selain itu memiliki banyak manfaat yang bisa di dapatkan.

Sepak Takraw

Sepak takraw adalah permainan yang berasal dari dua jenis olahraga yaitu dari sepak bola dan bola voli. Umumnya permainan sepak takraw ini dimainkan di lapangan ganda bulu tangkis dan pemain berdiri membenruk lingkaran. Kejuaraan yang paling bergengsi dari olahraga ini ialah King’s Cup World Championships dan yang terakhir diadakan di Bangkok, Thailand.

Sebagai informasi bahwa sepak takraw ini memiliki tujuan dan manfaat tertentu yang ingin dicapai dari setiap regunya. Tujuan itu ialah mengembalikan bola sedemikian rupa sehingga dapat jatuh di lapangan lawan atau menyebabkan lawan membuat pelanggaran.

Manfaat Sepak Takraw

Adapun untuk beberapa manfaat yang bisa di dapatkan dari arti olahraga sepak takraw. Antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Menyegarkan dan membantu menjaga kebugaran tubuh

Sepak takraw ternyata sangat baik untuk menyegarkan dan membantu menjaga kebugaran tubuh. Apakah anda tahu mengapa hal itu bisa terjadi? Karena pada permainan sepak takraw ini para pemain hampir melakukan gerakan dari seluruh tubuh.

Maka dari itu setiap gerakan tersebut berdampak baik pada tubuh dan membuatnya merasakan kekuatan atau kebugaran yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan seseorang yang hanya berdiam diri saja.

  1. Membantu koordinasi fisik

Kemampuan mengkoordinasikan fisik tidak bisa dengan mudah dilakukan semua orang. Karena untuk mengkoordinasikan fisik, seseorang perlu melatih dirinya agar terbiasa bergerak dan bisa menempatkan setiap gerakan tersebut sesuai dengan fungsinya masing-masing.

Melalui permainan sepak takraw inilah anda bisa mendapatkan manfaat berupa kemudahan untuk membantu koordinasi fisik. Artinya anda akan lebih mudah untuk merasakan dampak sehat, kuat, dan bugar yang semakin baik.  

  1. Meningkatan stamina dan daya tahan tubuh

Stamina dan daya tahan tubuh merupakan dua hal yang berkaitan dengan kekuatan tubuh. melalui olahraga sepak takraw seseorang bisa meningkatkan stamina maupun daya tahan tubuh itu sendiri.

Alasannya karena mereka sudah terbiasa melakukan olahraga dan hampir semua anggota tubuh bergerak demi mencapai kekuatan maupun kebugaran pada badan. Melalui tubuh yang kuat itu pula maka permainan sepak takraw bisa dimainkan dengan lebih mudah dan lancar.  

  1. Meningkatkan kekuatan otot

Permainan sepak takraw ini ternyata juga dikenal sebagai olahraga yang bisa meningkatkan otot. Karena pada setiap gerakan olahraga ini dilakukan secara maksimal yang pastinya berdampak pada kebugaran, keseimbangan, dan kekuatan pada tubuh itu sendiri.

  1. Meningkatkan fleksibilitas tubuh

Bukan hanya perkara kekuatan dan kebugaran saja. Akan tetapi sepak takraw juga mampu meningkatkan fleksibilitas tubuh. maksud dari fleksibilitas ini yaitu kemampuan tubuh untuk melakukan berbagai gerakan dengan lebih mudah dan ringan.

Sehingga dengan demikian setiap orang yang melakukan permainan ini bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan lebih mudah lagi karena sudah terbiasa melakukan olahraga yang notabenanya hampir seluruh tubuh bergerak serta berdampak pada ringannya melakukan kegiatan.

  1. Mengurangi resiko terjadinya cidera

Informasi lebihnya ternyata sepak takraw bermanfaat untuk mengurangi resiko terjadinya cidera. Sebetulnya cidera bisa dihindari apabila anggota tubuh sering melakukan gerakan dan dari sepak takraw yang pada umumnya melakukan gerakan dari seluruh tubuh inilah maka cidera bisa diminimalisir secara langsung.

  1. Melatih gerakan jungkir balik

Selanjutnya, permainan sepak takraw juga sangat baik untuk melatih jungkir balik. Maksud dari manfaat yang satu ini yaitu, bahwa dalam permainan sepak takraw para pemain bisa saja sampai melakukan gerakan jungkir balik demi mengincar bola.

Asalkan bola tidak disentuh menggunakan tangan. Maka dari itu secara tidak langsung olahraga yang satu ini sangta baik untuk membantu seseorang lebih aktif dan lincah.

  1. Meningkatkan ketrampilan tendangan

Bukan hanya membuat seseorang bergerak secara lebih lincah atau aktif, akan tetapi sepak takraw juga mampu meningkatkan ketrampilan menendang. Apalagi jika olahraga ini dilakukan secara terbiasa dan rutin, maka tendangan yang dilakukan bisa lebih berbobot atau lebih baik lagi.

Itulah tadi artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan beberapa kegunaan dan manfaat untuk bermain sepak takraw bagi tubuh dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi edukasi bagi semua kalangan yang membutuhkan.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *