Manfaat Lompat Kangkang bagi Kebugaran Jasmani

Diposting pada

Manfaat Lompat Kangkang

Lompat kangkang menjadi salah satu bahasan penting yang senantiasa dipelajari dalam materi pendidikan jasmani. Hal ini wajar lantaran beberapa jenis olahraga modern dan bentuk olahraga tradisional kerapkali memerlukan gerakan ini.

Alasannya karena gerakan lompat kangkang selain bermanfaat untuk proses percepatakan latihan kecepatan juga mampu menunjang kesiapan bagi seseorang yang akan melakukan olahraga inti. Seperti halnya lari.

Lompat Kangkang

Lompat kangkang bisa dikatakan sebagai salah satu jenis senam ketangkasan untuk melatih kekuatan otot. Dimana unsur gerakan lompat kangkang terdiri dari awalan, tolakan, dan pendaratan yang kesemuanya saling terkait satu sama lainnya.

Manfaat Lompat kangkang

Melakukan gerakan lompat kangkang memiliki beberapa manfaat antara lain:

  1. Mengencangkan otot

Gerakan lompat kangkang dapat mengencangkan otot. Gerakan tolakan mampu membantu mengencangkan otot kaki. Tolakan dalam hal ini bertumpu pada kaki sebelum akhirnya melewati peti kuda-kuda. Melakukan tupuan pada peti kuda-kuda, memanfaatkan kedua tangan sebagai tumpuan. Oleh karenanya melakukan kegiatan lompat kangkang secara rutin dapat nembantu mengencangkan otot tangan dan kaki.

Otot akan terasa kencang setelah melakukan gerakan lompat kangkang. Pada bagian kaki, ketika sedang menjadi tumpu tolakan, kaki menjadi kekuatan utama untuk membantu melakukan lompatan dengan tinggi melewati peti kuda-kuda atau peti lompat.

Pada saat melakukan tolakan pada peti kuda-kuda, bagian tangan menjadi tumpuan utama. Dalam hal ini, kekutan otot tangan akan terus terlatih apabila dilakuakn dengan rutin.

  1. Meningkatkan kelenturan tubuh

Melakukan kegiatan lompat kangkang secara rutin membantu meningkatkan proses latihan kelentukan tubuh. Meningkatkan kelentukan tubuh akan meningkatkan kemampuan tubuh dalam melakukan gerakan-gerakan atau jenis-jenis olahraga lainnya.

Gerakan yang sukar dilakukan dalam kegiatan olahraga akan terasa menjadilebih mudah ketika memiliki kelentukan tubuh yang baik. Tubuh akan terasa ringan dan fleksibel ketika melakukan gerakan. Dibutuhkan latihan yang rutin dan teratur untuk mendapatkan kelentukan tubuh yang baik. Gerakan lompat katak menjadi salah satu alternatuf untuk dapat memebntuk kelentukan tubuh yang baik.

Gerakan lompat kangkang tiak digolongkan menjadi salah satu gerakan yang mudah. Dieprlukan latihan yang cukup dan rutin untuk dapat melakukan lompat kangkang dengan baik. semakin sering berltih akan semakin baik pula tingkat kelentukan tubuh.

  1. Menjaga keseimbangan tubuh

Melakukan gerakan lompat kangkang diperlukan keseimbangan yang baik. Latihan keseimbangan dalam hal ini berupa keseimbangan seluruh tubuh terutama kaki dan tangan selaku tumpuan utama. Keseimbangan kaki akan terlatih karena ketika melakukan gerakan lompat kangkang kaki berperan seagai tolakan yang menjaga keseimbangan agar tidak melesat ketika akan melewati kuda-kuda lompat.

Keseimbangan tangan akan terlatih karena ketika melakukan gerakan lompat kangkang, tangan menjadi tumpuan ketika badan melewati kuda-kuda lompat. Ketika tangan tidak mampu menjaga keseimbangan, maka tubuh memiliki kemungkinan lebih besar untuk jatuh ke samping.

Keseimbangan seluruh tubuh juga sangat penting untuk mengimbangi agar tidak terjatuh. Melakukan gerakan lompat kangkang secara rutin akan melatih tubuh memiliki daya keseimbangan tinggi.

  1. Meningkatkan kebugaran

Gerakan lompat kangkang juga dapat meningkatkan kebugaran jasmani yang ada dalam tubuh. Dibutuhkan energi dan kekuatan otot yang kuat untuk dpaatv melakukan lompat kangkang. Oleh karenanya dibutuhkan pula tubuh yang fit.

Secara tidak langsung, gerakan lompat kangkang akan mendorong seseornag untuk selalu menjaga kebugaran tubuh. Selain itu, melakukan lompat kangkang membantu tubuh menjadi lebih fit dan lebih bugar. Stamina yang dikeluarlkan memicu otot untuk bekerja lebih keras, sehingga membentuk stamina tubuh yang kuat. Kebugaran tubuh akan terus meningkat sejalan dengan meningkatnya stamina dan masa otot.

Tujuan dan manfaat kebuagaran jasmani dalam tubuh yang baik tentunya akan meningkatkan kemampuan tubuh dalam melakukan segala aktivitas. Tubuh menjadi fit dan tidak mudah merasa lelah dan lemas.

  1. Meningkatkan kekuatan otot

Kekuatan otot tubuh akan terbentuk apabila otot tubuh sering digunakan dan dilatih. Salah satu jenis gerakan yang dapat melatih dan meningkatkan kekuatan otot adalah lompat kangakang. Melakukan lompat kangkang dibutuhkan otot yang kuat. Secara perlahan, latihan lompat kangkan membantu membentuk totot yang kuat. Otot akan terus terlath dan terbiasa untuk melakukan sesuatu yang berat.

Kekuatan otot yang meningkat akan memudahkan tubuh melakukan gerakan-gerakn yang berat. Selain itu, meningkatnya kekuatan otot akan memudahkan seseorang mengangkat beban yang lebih berat.

  1. Membakar kalori

Sama seperti jenis olahraga lainnnya, melakukan gerakan lompat kangkang juga dapat membantu membakar kalori dalam tubuh. Meskipun menggunakan otot kaki dan tangan sebagai tumpuan utama, tetapi gerakan pada lompat kangkang secara keseluruhan memanfaatkan seluruh anggota badan.

Penggunaan seluruh anggota badan dalam lompat kangakng akan membantu memabakar kalori dalam tubuh. Kalori dikeluarkan melalui keringat. Pembakaran kalori ini terjadi ketika tubuh banyak memanfaatkan tenaga.

  1. Meningkatkan konsentrasi

Melakukan kegiatan lompat kangkang dibutuhkan kosentrasi yang tinggi untuk mempeloreh ketepatan. Ketepatan dan kosentrasi juga menjadi penentu keberhasilan dalam emalkukan kegiatan lompat kangkang. Melakukan lompat kangkang seara rutin berarti melatih kosentrasi secara rutin pula. Oleh karenanya, semakin sering melakukan gerakan lompat kangkang semakin sering pula tubuh akan berlatih untuk terus berkonsentrasi.

Konsentrasi dibutuhkan tidak hanya ketika mealakukan olahraga saja, tetapi juga dalam melakukan kegiatan lain. Oleh karenya, lompat kangkang sebagai salah satu cara untuk meningkatkan konsentrasi sangat perlu dilakukan. Konsentarsi yang baik, membuat segala sesuatu dilakukan dengan baik.

  1. Memperindah tubuh

Melakukan gerakan lomopat kangkang membantu melatih kelentukan tubuh dan membakar kalori denga baik. Hal tersebut membantu terbentuknya tubuh yang indah dan proporsional.

Tubuh yang indah tidak hanya dilihat dari segi fisik, tubuh yang bugar juga mempengaruhi bentuk tubuh yang indah. Oleh karenanya, gerakan lompat kangkang memiliki perpaduan manfaat yang baik untuk membentuk tubuh yang indah, serta bugar.

Nah, demikian saja artikel yang bisa kami berikan pada semua pembaca berkenaan dengan manfaat melakukan lompat kangkang bagi tubuh dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi wawasan bagi semua pembaca yang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *