Tujuan dan Manfaat Kebugaran Jasmani

Diposting pada

Tujuan dan Manfaat Kebugaran Jasmani

Dalam era modern ini seseorang bisa menemukan segala sesuatu dengan lebih mudah. Bahkan dengan kemajuan teknologi yang serba canggih ini mampu memudahkan setiap orang dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Melalui kemajuan teknologi tersebut lah ternyata membuat seseorang tidak perlu bekerja atau bergerak terlalu banyak, karena adanya teknologi yang mengendalikan berbagai pekerjaan tersebut.

Oleh karena itu agar kehidupan bisa seimbang, seseorang tetap harus menjaga kesehatan hidupnya dengan cara berolahraga. Kegiatan dalam arti olahraga tersebut salah satunya yaitu untuk menjaga kebugaran jasmani. Terjaganya kebugaran jasmani akan membuat seseorang memiliki kesehatan yang baik dan mampu menangkal terserangnya berbagai penyakit.

Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani adalah kesiapan tubuh untuk melakukan berbagai kegiatan tanpa mengalami atau bahkan merasakan kelahan yang berarti. Kemudian kebugaran jasmani ini juga dianggap sebagai kemampuan seseorang dalam melakukan berbagai pekerjaan sehari-hari secara lebih ringan dan mudah.

Bukan hanya itu manusia yang memiliki kebugaran tubuh juga menyimpan banyak tenaga cadangan yang mampu untuk digunakan melakukan berbagai aktivitas tertentu.

Tujuan Kebugaran Jasmani

Kebugaran jasmani memiliki banyak sekalian tujuan. Antara lain sebagai berikut;

  1. Meningkatkan Suasana Hati

Kebugaran jasmani merupakan salah satu hal yang membuat seseorang bisa melakukan aktivitas menjadi lebih mudah dilakukan dan tidak mudah merasakan lelah secara berlebihan.

Maka dari itu dengan memiliki kebugaran jasmani yang baik ini, seseorang dapat meningkatkan suasana hati secara lebih baik juga. Artinya dengan terlaksananya kegiatan atau tugas-tugas yang bisa diselesaikan mampu membuat individu merasa laga dan bahagia.

  1. Melenturkan Sendi

Salah satu tujuan dari kebugaran jasmani ini yaitu mampu melenturkan sendi. Melalui latihan yang dilakukan secara rutin maka akan membuat otot-otot pada tubuh dan anggota gerak tertentu yang lainnya menjadi semakin lentur.

Bahkan untuk memperoleh kebugaran jasmani yang berdampak pada kelenturan sendi ini pun bisa melakukannya dengan berbagai olahraga. Salah satunya yaitu senam lantai. Gerakan pada senam lantai ini bisa berupa roll depan, roll belakang, split, kayang, lompat harimau atau melakukan gerakan dari kepala hingga ke kaki.

Dengan gerakan-gerakan tersebut maka sendi-sendi pada tubuh menjadi lebih lentur dan membuat tubuh semakin kuat serta sehat. Bahkan luar biasanya lagi dengan kelenturan sendi tersebut tubuh dapat lebih kecil mengalami resiko terjadinya cidera.

Misalnya pada saat seketika anda terjatuh atau terbentur sesuatu otot sendi lebih lentur sehingga bisa dengan mudah untuk kembali pada keadaan yang normal.

  1. Memperkuat Tulang

Selain untuk melenturkan sendi, ternyata memiliki kebugaran jasmani juga sangat baik untuk memperkuat tulang. Apabila anda bisa rutin berlatih olahraga maka hal tersebut akan membuat anda mengharuskan melakukan gerakan-gerakan yang bisa meningkatkan kebugaran jasmani.

Sehingga secara tidak langsung tulang pun menjadi kuat dan bisa membawa beban tanpa menemukan kesulitan yang berarti. Maka dari itu anda juga bisa meminimalisir terkena penyakit pengeroposan tulang (osteoporosis), patah tulang ketika terjatuh dan lain – lain.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Dengan melakakukan olahraga secara rutin maka anda bisa meningkatkan kebugaran jasmani. Secara tidak langung hal ini juga mempengaruhi daya tahan tubuh yang semakin kuat. Akibatnya anda bisa terhindar dari serangan berbagai penyakit baik penyakit menular ataupun tidak menular. Ajaibnya lagi kebugaran jasmani juga dapat membuat wajah nampak lebih cerah, bersih, sehat, dan segar.

  1. Meredakan Stres

Stress merupakan suatu hal yang bisa terjadi kepada siapun. Apalagi jika orang tersebut tidak bisa menjadwalkan kegiatan yang terlalu menumpuk, maka rasa stress bisa menghampiri mereka. Perlu anda tahu bahwa stress ini bisa saja terjadi apabila seseorang merasa tidak mampu menyelesaikan tanggung jawabnya dan ada banyak masalah dalam hidunya.

Oleh karena itu melakukan olahraga secara teratur merupakan salah satu hal yang bisa mengurangi tingkat stress, karena kita ketahui bersama dengan olahrag mood yang ada dalam diri bisa semakin meningkat.

Bahkan banyak juga yang sudah tahu bahwa stress merupakan pikiran yang berdampak pada berbagai sumber segala penyakit. Apabila anda bisa melakukan olahraga secara rutin maka kebugaran tubuh bisa dirasakan dan rasa rileks, nyaman bisa membantu anda untuk mengurangi beban pikiran.

  1. Meningkatkan imun tubuh

Apakah anda tahu bahwa dengan melakukan latihan kebugaran jasmani ternyata bisa mengurangi risiko terserang flu atau penyakut lainnya yang menyerang daya tahan tubuh. oleh karena itu kebugaran jasmani harus selalu dimiliki semua orang dan caranya yaitu harus melakukan beberapa olahraga mulai dari senam aerobik atau jogging dan lain-lain.

  1. Mengurangi rasa sakit artritis

Latihan kebugaran jasmani seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya yaitu dapat melenturkan sendi. Hal ini ternyata berhubungan pula untuk mengurangi rasa sakit bagi penderita arthritis atau radang persendian. Oleh karena itulah bagi orang memiiki riwayat radang persendian bisa melakukan olahraga secara runtin.

Manfaat Kebugaran Jasmani

Sedangkan untuk beberapa manfaat kebugaran jasmani itu sendiri diuraikan lebih banyak lagi sebagai berikut;

  1. Menurunkan Berat Badan dan Mencegah Obesitas

Kebugara jasmani bisa diperoleh dengan melakukan olahraga secara rutin dan teratur. Melalui olahraga itu juga anda bisa membakar lemak pada tubuh dan secara langsung berdampak pula untuk kesehatan tubuh. bahkan dengan olahraga rutin tersebut mampu menurunkan berat badan dan mencegah obesitas atau berat tubuh secara berlebihan.

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Olahraga adalah kegiatan yang mampu membuat seseorang merasakan kenikmatan, kenyamanan, dan rasa rileks pada tubuh.

Bukan hanya itu dengan olahraga secara teratur maka hal tersebut membuat seseorang bisa merasakan aliran darah dari jantung ke seluruh tubuh secara lebih lancar. Akibatnya jantung menjadi lebih sehat dan menghindari terserangnya berbagai penyakit jantung itu sendiri.

  1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Melalui olahraga anda mampu menjaga kesehatan tubuh dengan lebih baik. Otomatis hal ini juga disebabkan kebugaran tubuh yang baik pula. Dengan hal tersebut maka bisa memberikan manfaat pada seseorang yaitu berupa penurunan tekanan darah tinggi dan membuat tubuh lebih rileks.

  1. Menambah Kepintaran

Bukan main-main ternyata dengan melakukan olahraga anda bisa menambah kepintaran. Karena dengan latihan kebugaran jasmani anda bisa memperlancar sirkulasi oksigen yang ada di dalam otak. Ole karena itulah sebabnya rasa pintar bisa anda peroleh.

  1. Memberi Banyak Energi

Sudah banyak yang tahu bahwa dengan berolahraga secara teratur mampu memberikan energi yang banyak pada tubuh. Dengan demikianlah itulah orang yang sering berolahraga cenderung tidak mudah merasakan kelelahan yang berlebih.

  1. Mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular

Apakah anda tahu bahwa melatih kebugaran jasmani secara rutin ternyata bermanfaat untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung, pembuluh darah, maupun stroke. Maka dari itu tidak heran jika kegiatan olahraga termasuk salah satu aktivitas yang banyak peminatnya karena olahraga itu sendiri bisa mengurangi resiko penyakit kardiovaskular seperti yang sudah dijelaskan diatas.

  1. Memperpanjang usia

Latihan kebugaran jasmani yang baik dan benar sudah pasti akan membuat tubuh lebih sehat. Dengan tubuh yang sehat maka penyakit tidak mudah datang. Dan kondisi itulah pada akhirnya akan mampu memperpanjang usia anda yang rajin berolahraga.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan  abwha kebugaran jasmani adalah suatu kondisi yang menunjukan rasa baik sehingga mampu menunaikan tugas hariannya dengan mudah dan tanpa hambatan serta tidak akan cepat merasa kelelahan yang berarti.

Artinya tubuh memiliki cadangan tenaga yang cukup banyak dan bisa digunakan untuk melakukan aktivitas mendadak maupun yang darurat. Oleh karena demikianlah kebugaran jasmani bukan hanya dianggap sebagai kemampuan seseorang melakukan sesuatu dengan mudah. Akan tetapi kebugaran jasmani merupakan kekuatan yang sangat bermanfaat untuk keberlangsungan hidup manusia.

Demikinalah artikel yang bisa kami kemukakan pada segenap pembaca berkenaan dengan tujuan dan manfaat yang didapatkan dari latihan kebugaran jasmani bagi tubuh yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Semoga memberi edukasi bagi segenap pembaca yang membutuhkannya.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *