Manfaat Permainan Rugby

Diposting pada

Manfaat Olahraga Rugby

Menjadi pengakuan bahwa perkembangan permainan rugby di masa kini semakin meluas dan lebih dikenal banyak orang diberbagai belahan dunia., termasuk untuk di Indonesia sendiri kerapkali diajarkan dalam pendidikan jasmani.

Hal ini sangatlah wajar mengeingat arti olahraga yang satu ini juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, kerjasam antar pemain, dan lain sebagainya.

Rugby

Sejarah kelahiran olahraga rugby pada awalnya yaitu karena kejadian kebetulan semata yang bermula di negara Inggris tepatnya pada abad ke -19, dimana seorang yang bernama William Webb Ellis ketika ada pertandingan sepak bola tingkat sekolah di Inggris tahun 1823, dia mengambil bola menggunakan tangannya dan membawanya lari dengan cara yang cepat.

Berasal dari kejadian itulah maka muncullah permainan bola besar ini dinamakan rugby. Selanjutnya permainan ini dikenalkan dan dii rubah menjadi lebih baik oleh Unversitas Cambridge yang membuatnya semakin dikenal dan dimainkan hampir semua kalangan.

Manfaat Permainan Rugby

Adapun yang menjadi manfaat pdari ermainan rugby. Antara lain sebagai berikut;

  1. Kesehatan jantung

Permainan rugby membantu anda untuk memiliki kesehatan jantung yang lebih baik karena dalam olahraga ini anda akan berlatih banyak hal dengan gerakan-gerakan aktif yang dilakukan. Melalui gerakan tersebut mampu mendorong kinera jantung dan paru-paru agar lebih efektif lagi.

Sehingga secara tidak langsung manfaat yang bisa dirasakan dari permainan rugby ini bukan hanya baik untuk jangka waktu pendek melainkan sangta berguna untuk menjaga kesehatan dalam jangka waktu yang cukup panjang.

  1. Manajemen Berat Badam

Olahraga rugby merupakan olahraga yang dikenal dengan gerakan lari jarak jauh, di mana gerakan tersebut secara tidak langsung juga sangat mempengaruhi kebugaran jasmani dan kesehatan tubuh. Bahkan melalui permainan tersebut anda bisa mengatur berat badan agar menjadi semakin baik yaitu salah satunya menurunkan angka berat badan itu sendiri.

  1. Daya Tahan Otot

Latihan permainan rugby juga membuat diri anda memiliki daya tahan otot yang lebih kuat. Karena pada pelatihan rugby ini akan di fokuskan pada sekitaran kekuatan seperti menghilangkan lemak dan mengembangkan otot tanpa lemak.

  1. Meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik

Permainan rugby mampu membuat mood seseorang menjadi lebih baik, karena dalam kegiatan ini bukan hanya sekedar olahraga yang dilakukan. Akan tetapi ada permainan didalamnya yang membuat suasana hati para pemain menjadi lebih senang. Sehingga secara tidak langsung permainan rugby dapat membuat seseorang memperoleh banyak manfaat yang salah satunya yaitu memperbaiki kondisi hati yangs sedang kesal maupun jenuh.

Bahkan melalui olahraga ini anda bisa bertemu dengan lingkungan dan orang baru. Pada akhirnya semua hal tersebut membuat pemain merasakan situasi yang lebih baik dan pengalaman yang baru pula.

  1. Meningkatkan kesehatan mental

Olahraga rugby bukan hanya berfokus pada kesehatan fisik, akan tetapi permainan ini juga dikenal mampu membantu menjaga kesehatan mental seseorang.

Hal ini terbukti dari kemampuan para pemain rugby yang menjadi lebih senang dan dapat berinteraksi dengan lingkungan sosial. Sehingga secara tidak langsung kondisi tersebut membantu seseorang yang sedang mengalami depresi dan kecemasan.

  1. Tubuh semakin bugar

Sudah jelas bahwa setiap olahraga dapat membuat tubuh semakin bugar, hal ini juga bisa dirasakan dari olahraga rugby itu sendiri. Melalui permainan rugby seseorang akan mendapat banyak latihan yang membuat tubuh semakin kuat dan bugar.

  1. Menjalin relasi lebih luas

Bukan hanya masalah fisik, ternyata dalam permainan rugby ada manfaat sosial yang dapat dirasakan oleh setiap pemain. Manfaat tersebut yaitu terbukanya relasi yang lebih luas dengan bertemunya orang-orang baru yang bisa diajak berinteraksi satu sama lain.

  1. Melatih hubungan kerjasama dan pertemanan

Olahraga ini juga melatih kemampuan individu untuk bisa saling menghargai antara orang satu dengan yang lain. Mengingat dalam setiap tim ada sekitarr 22 orang didalamnya, sehingga diperlukan rasa kerjasama yang baik maupun sikap toleransi yang tinggi. Dari sinilah setiap orang bisa belajar untuk bersikap baik dan belajar kerjasama dengan banyak orang yang ada diluar.

Tipe Pemain dalam Olahraga Rugby

Setidaknya dalam permainan rugby ini ada dua tipe pemain;

  1. Pemain, tipe pemain bertahan biasanya diberikan kepada pemain yang tubuhnya ramping dan mampu melakukan gerakan dengan lincah atau gesit.
  2. Penyerang, tipe penyerang biasanya adalah pemain yang bertubuh besar. Selain itu pemain penyerang dan bertahan juga diklasifikasikan dalam penomoran punggung, yang mana nomor punggung 1 sampai dengan 8 sebagai penyerang, sedangkan 9 hingga 15 sebagai pemain bertahan.
Kesimpulan

Dari penjelasan yang dikemukakan dapatlah dikatakan bahwa rugby adalah olahraga yang mirip atau sejenis dengan permainan sepak bola dan dimainkan pula oleh dua tim.

Pada umumnya dari setiap tim permainan ini akan mencoba untuk mencetak skor dengan cara melontar, menyepak, atau membawa bola melewati garis gawang musuh dan membantingnya ke tanah untuk memperoleh nilai. Tim yang berhasil mencetak nilai atau skor paling banyak adalah tim yang menjadi pemenang.

Itulah tadi artikel yang bisa kami uraikan dan bagian pada segenap pembaca berkenaan dengan fungsi yang menjadi manfaat dalam permainan rugby. Semoga memberikan edukasi serta literasi bagi kalian semuanya yang sedang membutuhkannya pada saat ini.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *