Manfaat Latihan Kelentukan bagi Tubuh

Diposting pada

Kegunaan Latihan Kelentukan

Istilah kelentukan sudah tidak asing lagi dalam arti olahraga terutama terkait dengan pemanasan statis dan pemanasan dinamis. Hal ini lantaran kelentukan sama dengan kelenturan tubuh yang mana jikalau dimiliki tubuh memiliki banyak manfaat.

Disisi lain, latihan kelentukan dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan berolahraga. Jenis-jenis olahraga yang dapat melatih kelentukan tubuh pun bermacam-macam, mulai dari senam, lompat, berenang, dan lain sebagainya. Akan tetapi yang pasti, prinsip latihan kelentukan yang paling baik dilakukan adalah melakuka senam. Gerakan-gerakan dalam senam membantu meningkatkan amplitudo pada sendi untuk melakukan berbagai macam gerak.

Latihan Kelentukan

Kelentukan adalah serangkaian kemampuan dan keleluasaan tubuh baik pada bagian persendian/pergelangan maupun bagian tubuh lainnya untuk melakukan gerak-gerak dalam jangkauan ruang yang luas. Kelentukan yang dimiliki tubuh dapat memudahkan seseorang untuk menyesuaikan diri dalam segala aktivitas. Dimana jikalau kalian yang ingin berlatih kelentukan dapat melakukan sendiri dengan mudah di rumah. Melakukan latihan kelentukan tidak harus dengan melakukan olahraga berat. Contoh latiahan kelentukan seperti peregangan otot kepala, tangan, dan kaki juga termasuk salah satu latihan kelentukan.

Dalam kegiatan olahraga, tujuan seseorang yang memiliki tingkat kelentukan tubuh yang baik dapat meminimalisir terjadinya cedera pada tubuh. Tingkat kelentukan tidak bergantung pada tinggi atau tidaknya seseorang. Siapa saja dapat memiliki kelentukan tubuh yang baik apabila rajin berlatih.

Manfaat Latihan Kelentukan

Latihan kelentukan tubuh memiliki berbagai macam manfaat, antara lain:

  1. Melepaskan ketegangan otot

Ketika melakukan olahraga khususnya olahraga berat, otot akan terasa kaku dan tegang. Hal tersebut karena otot bekerja terlalu keras. Ketegangan pada otot setelah melakukan olahraga dapat dihindari dengan melakukan latihan kelentukan.

Ketegangan otot dapat menimbulkan kram dan hingga rasa nyeri pada kaki. Hal tersebut tentunya akan mengurangi produktivitas dalam melakukan sesuatu. Tidak jarang, ketegangan otot terjadi ketika sedang melakukan perlombaan olahraga.

Dengan melakukan latihan kelentukan secara rutin, resiko-resiko seperti yang sudah disebutkan diatas dapat dihindari. Tubuh akan terasa lebih nyaman dalam melakukan sesuatu.

  1. Memperbaiki postur tubuh

Postur tubuh yang baik adalah dambaan semua orang, termasuk kalian. Beberapa bentuk bagian tubuh ternyata dipengaruhi juga oleh tingkat kelentukan yang dimiliki. Oleh karennaya latihan kelentukan dapat bermanfaat untuk memperbaiki postur tubuh agar menjadi lebih baik.

Beberapa bagian tubuh yang yang dipengaruhi oleh kelentukan tubuh antara lain: panjang bahu, pajang tulang punggung, serta panjang kaki. Meskipun latihan kelentukan bukan faktor yang dominan dalam membentuk postur tubuh, latihan kelentukan dapat menjadi pilihan bagi kalian yang ingin memperbaiki postur tubuh yang ideal.

  1. Mengurangi resiko cedera

Kurangnya latihan dan pemanasan seringkali membuat olahragawan mengalami cedera ketika melakukan olahraga. Melakukan latihan kelentukan bermanfaat untuk mengurangi resiko cedera dalam melakukan sesuatu tidak hanya ketika berolahraga, tetapi dalam kehidupan sehari-hari.

Manfaat latihan kelentukan juga dapat berpengaruh terhadap penyembuhan cedera. Denagn melakukan latihan kelentukan, cedera yang sudah terlanjur dialami dapat pulih dengan lebih cepat.

  1. Meningkatkan produksi cairan synovial persendian

Cairan synovial merupakan cairan pelumas dalam persendian yang berfungsi untuk mengurangi gesekan pada sendi ketika bergerak. Cairan syinovial pada sendi memudahkan sendi untuk bergerak lebih leluasa. Melakukan latihan kelentukan bermanfaat untuk membantu meningkatkan produksi cairan synovial.

Cairan synovial pada tubuh akan berkurang seiring bertambahnya usia. Dengan melakukan latihan-latihan peregangan seperti latihan kelentukan, dapat membantu menstabilkan cairan synovial pada sendi.

  1. Mengurangi nyeri

Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa melakukan latihan kelentukan dapat meningkatkan produksi cairan synovial. Meningkatnya cairan synovial pada sendi akan mengurangi rasa nyeri pada sendi ketika bergerak. Selain itu, latihan kelentukan membiasakan sendi bergerak lebih aktif. Hal tersebut akan mengurangi nyeri dan kaku pada sendi.

  1. Menghemat tenaga saat beraktivitas

Memiliki kelentukan tubuh yang baik membuat aktivitas olahraga ataupun aktivitas sehari-hari berjalan dengan mudah. Tidak memerlukan banyak energy untuk melakukan suatu hal. Kelentukan tubuh yang baik membantu menghemat pengeluaran energy ketika beraktivitas.

  1. Memudahkan pergerakan tubuh

Kelentukan menjadi salah satu unsur penting dalam gerak tubuh selain kekuatan, keseimbangan, dan kardiovaskular. Melakukan latihan kelentukan tubuh bermanfaat pula untuk memudahkan pergerakan tubuh.

Kelentukan sangat membantu penguasaan gerak khususnya pada anak-anak yang sedang mengalami masa pertumbuhan. Perlu kalian ketahui bahwa kelentukan sangat penting bagi pertumbuhan gerak pada anak karena usia anak-anak adalah usia yang perka terhadap pertumbuhan, termasuk pertumbuhan gerak.

  1. Menyehatkan otot dan sendi

Melakukan latihan kelentukan membantu menyehatkan otot dan sendi. Latiahan kelentukan membantu meningkatkan jaringan ikat di sekitar sendi yang memungkinkan sendi untuk bergek secara bebas. Sendi dan otot yang sehat memudahkan segala aktivitas sehari-hari.

  1. Mengurangi kelelahan saat beraktivitas

Aktivitas yang berat membuat tubuh mudah lelah. Kelelahan dapat diakibatkan karena tubuh tidak siap menerima beban aktivitas yang terlalu berat.

Segala aktivitas berat mungkin akan terasa ringan apabila kalian memiliki kekuatan otot dan tingkat kelentukan yang baik. Secara tidak langsung, melakukan latihan kelentukan akan mengurangi rasa lelah kalian ketika beraktivitas.

  1. Meningkatkan elastisitas otot

Elastisitas otot merupakan kemampuan otot untuk berkonstruksi menjadi relaksasi. Secara sederhana, elastisitas otot adalah kemampuan otot untuk kembali pada ukuran yang sebenarnya setelah mengalami pemanjangan ataupun pemendekan.

Melakukan latihan kelentukan dapat membantu mengembalikan ukuran semula setelah mengalami pemendekan atau pemanjangan. Hal tersebut karena gerakan pada latihan kelentukan membantu meregangkan otot-otot.

  1. Memiliki tubuh yang lincah

Memiliki tubuh yang lincah menjadi dambaan setiap orang. Kelincahan merupakan kemampuan seseorang untuk mengubah gerak dalam waktu yang singkat. Kelincahan tidak serta merta didapat dengan sendirinya. Melakukan latihan kelentukan membantu meningkatkan kelincahan tubuh.

  1. Meningkatkan keseimbangan tubuh

Keseimbangan tubuh adalah reaksi tubuh atas suatu perubahan posisi tubuh, sehingga tubuh tetap terkendali. Memiliki kelentukan tubuh yang baik bermafaat untuk memudahkan tubuh menyeimbangkan diri.

Kelentukan tubuh memungkinkan tubuh memiliki keleluasaan gerak ketika tubuh dalam posisi tidak seimbang karena gerakan yang dilakukan tidak sesuai. Tubuh memiliki banyak ruang gerak karena semua sendi dan otot dapat digerakan dengan baik.

  1. Meningkatkan kemampuan berolahraga

Hampir semua jenis olahraga membutuhkan kelentukan tubh. Sebagai contoh adalah olahraga beladiri. Dalam olahraga bela diri, banyak yang tidak mementingkan kemampuan kelentukan tubuh. Dalam latihan bela diri, para atlet mungkin akan lebih mementingkan latihan kekuatan.

Pentingnya kelentukan tbuh untuk olahraga bela diri ini adalah untuk menciptakan tendangan dan gerakan menghindar dengan baik. Kelentukan tubuh dapat membantu jangkauan tendangan menjadi lebih jauh/tinggi.

  1. Meningkatkan kelentukan otot punggung

Latihan kelentukan ternyata berpengaruh terhadap peningkatan kekeuatan otot punggun. Bentuk latihan kelentukan untuk meningkatkan kelentukan otot punggung antara lain latihan kayang. otot punggung yang sehat menghindari kalian dari berbagai penyakit pada otot punggung, seperti nyeri.

Itulah tadi artikel yang bisa dibagikan pada kalian tentang adanya manfaat melakukan latihan kelentukan bagi tubuh dalam kehidupan sehari-hari.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *