Manfaat Permainan Bola Kecil

Diposting pada

Manfaat Permainan Bola Kecil

Pada dasarnya serigkali seseorang melakuakan permainan bola kecil untuk beberapa manfaat. Akan tetapi tidak semua jenis olahraga di Indonesia dengan bola kecil dapat dilakukan dengan mudah. Beberapa jenis memerlukan tempat dan alat khusus yang harganya cukup mahal, seperti permainan golf.

Sehingga secara umum melakukan permainan bola kecil diperlukan tempat yang luas tanah yang lapang atau gedung khusus guna menjadi tempat yang disarankan untuk melakukan jenis permainan ini.

Permainan Bola Kecil

Permainan bola kecil adalah arti olahraga yang dilakukan secara beregu, berpasangan, serta perorangan. Tidak butuh teknik yang rumit untuk melakuakn jenis permainan bola kecil. permainan ini dapat dilakukan oleh semua usia dan tidak memerlukan ketrampilan khusus kecuali untuk ajang perlombaan.

Dalam ajang perlombaan, setiap jenis permainan bola kecil ditentukan panjang dan lebar lapangan yang digunakan. Ukuran lapangan ini disesuaikan dengan kemungkinan gerak para pemain maupun laju bola ketika melakukan permainan.

Namun ketika permainan ini dilakukan bukan sebagai ajang perlombaan resmi, ukuran lapangan yang digunakan tidak harus sesuai dengan aturan yang menjadi kesepakatan forum. Setiap cabang olalraga permainan bola keil memiliki forum atau organisasi perkumpulan baik di tingkat nasional maupun internasional.

Manfaat Permaianan Bola Kecil

Banyak manfaat yang diperoleh ketika melakukan permainan bola keci. Beberapa manfaat yang diperoleh antara lain:

  1. Merangsang Pertumbuhan

Melakaukan olahraga bola kecil dapat merangsangang saraf pertumbuhna khususnya pada anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

Salah satunya adalah olahraga bulutangkis. Gerakan loncat yang ada pada permainan bulutangkis bila dilakuakan secara terus menerus dapat merangsang pertumbuhan tulang sehingga proses pertumbuhan akan semakin cepat terjadi.

  1. Meningkatakan Kebugaraan Jasmani

Memiliki tubuh yang sehat dan bugar akan mendukung berbagai aktivtas. Kebugaran jasmani dipercaya dapat meningkatkan kebahagiaan.

Melakukan olahraga bola kecil dapat membuat tubuh bergerak ringan sehingga membuat badan menjadi bugar kembali tanpa rasa lelah yang berlebihan. Hal tersebut jelas menjadi keuntungan dari melakukan permainan bola kecil. tubuh menjadi bugar dan sehat tanpa merasakan rasa capek yang berlebihan.

  1. Mengembangkan Kemampuan Psikomotorik

Kemampuan gerak khususnya pada anak dapat dilaih dengan melakukan olahraga ringan. Slaah satu olahraga ringan yang dapaat dilakukan untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan psikomotorik pada anak adalah dengan melakukan permainan bola kecil.

Gerakan-gerakan ringan dapat membantu perkembangan geraka khususnya pada anak. meskipun gerakan yang dilakukan memiliki intensitas ringan, namun penuh dengan kelincahan.

  1. Mencegah Cidera Berulang

Cedera pereganagan berulang merupakan cedera ringan yang dpaat terjadi karena aktivitas yang terus menerus dilakukan dengan intensitas yang tinggi.

Contoh kegiatan yang berpotensi terjadinya cedera berulang adalah ketika mengetik atau memainkan alat musik, tangan maupun pergelangan tangan mengalami cedera beberapa saat. Hal tersebut karena tangan bekerja melebihi kemampuan yang dimiliki.

Melakukan olahraga bola kecil dapat membantu resiko terjadinya cidera ringan. Melakukan permainan bila kecil akan memperkuat otot-otot tangan serta membuat gerak tangan lebih fleksibel.

  1. Mengurangi ketegangan Otot

Ketegangan pada otot dapat terjadi karena otot melakukan gerakana-gerakan diluar kemampuan atau karena otot bekerja melebihi intensitas yang seharusnya dilakukan.

Oleh karenanya terjadi ketegangan pada otot saat melakukan permainan bola kecil terjadi karena gerakan menekan dan melepaskan bola membuat otot menjadi rileks dan mengurangi keteganagan pada otot. Gerakan-gerakan ringan membuat otot lebih fleksibel.

  1. Melatih Ketangkasan

Dalam permainan bola kecil dibutuhkan kosentrasi yang tinggi serta strategi yang matang. Namun hal tersebut akan sia-sia ketika tubuh tidak mampu merespon itu semua dengan baik. oleh karenanya, melakukan permainan bola kecil memiliki manfaat untuk melatih ketangkasan.

Gerakan dalam permainan ini penuh dengan gerakan lincah. Adanya lawan memungkinkan seeorang akan bergerak kesana-kemari demi menjatuhkan lawan atua mempertahankan posisi.

  1. Menghilangkan Stres

Tanpa disadari ternyata stress yang berlebihan dapat mengganggu kesehatan tubuh. Melakukan kegiatan olahraga khususnya permainan bola kecil ternyata dapat mengurangi dan menghilangkan stress. Dengan melakukan olahraga ringan seperti permainan bola kecil dapat membantu memberikan ketenangan pikiran.

Melakukan olahraga secara teratur dapata membantu kerja otak untuk fokus serta membantu mengalihkan perhatian dari sumber masalah yang membuat pikiran menjadi stress dan gelisah.

  1. Meningkatkan Koordinasi Tubuh

Koordinasi daya tahan tubuh merupakan keseimbangan antara pikiran dan respon yang sesuai. Meningkatkan koordinasi tubuh khusunya mata dan tangan agar terbentuk sistem koordinasi yang seimbang, diperlukan latihan yang baik.

Jenis olahraga permainan bola kecil membantu mengembangakan sistem koordinasi tubuh karena sebagaian besar gerakan dalam permainan bola kecil menuntuk respon yang cepat antara otak dan tangan. Koordinasi didapat ketika atlet harus memperkirakan arah bola dilempar dengan seberapa cepat anggota badan mereka harus merespon, dan lain sebagainya.

  1. Membangun Kepercayaan Diri

Kepercayaan diri akan muncul ketika seseorang berani untuk unjuk kebolehan di depan orang banyak. Jenis permaianan bola kecil ternyata dapat membangun rasa kepercayaan diri. Rasa percaya diri ini muncul dari sikap dan keberanian diri dalam menghadapi lawan.

Hal tersebut akan memupuk rasa percaya diri dan keberanian dalam diri seseorang untuk berhadapan dengan orang lain.

Nah, demikianlah tadi artikel yang bisa kami selesaikan pada segenap pembaca berkenaan dengan manfaat melakukan permainan bola kecil bagi kehidupan manusia dalam keseharian. Semoga bisa memberi pemahaman bagi kalian semuanya.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *