Tujuan Latihan Kelentukan dan Penjelasannya

Diposting pada

Tujuan Melakukan Latihan Kelentukan

Melakukan pemanasan statis dan pemanasan dinamis menjadi salah satu penerapan gaya hidup sehat. Melakukan latihan kelentukan dapat dijadikan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan keseimbanagan yang ada dalam tubuh. Melakukan latihan kelentukan juga dapat memberikan efek postur tubuh yang baik.

Latihan Kelentukan

Hakekatnya latihan kelentukan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya dapat dilakukan dengan latihan kelentukan dengan meletakan togok depan, latihan kelentukan punggung bagian belakang. Latihan kelentukan sebaiknya dilakukan dengan memperhatikan prinsip-prinsip latihan serta kemampuan yang ada dalam tubuh.

Tujuan Latihan Kelentukan

Latihan kelentukan dilakukan dengan tujuan tertentu. Antara lain:

  1. Melatih otot dan sendi

Melakukan kegiatan latihan kelentukan dilakukan dengan tujuan untuk melatih otot dan sendi. Bagi seseorang yang melakukan secara individu, latihan kelentukan hanya dilakukan dengan tujuan yang bersifat standar. Tidak ada kriteria khusus maupun beban khusus untuk melakukannya.

  1. Memperoleh Prestasi

Bagi bebepara orang yang memang memiliki potensi dan kemampuan diatas rata-rata, melakukan latihan kelentukan bertujuan untuk mengikuti perlombaan yang dijadikan sebagai ajang untuk memperoleh prestasi. Banyak cabang olahraga yang mengedepankan unsur kelentukan dalam aspek penilaian.

  1. Mengembangkan diri

Potensi diri yang dimiliki sesoorang berbeda-beda. Pengembangan potensi harus disesuaikan pula dengan minat yang tinggi. Bagi seseorang yang tertarik dengan teknik kelentukan, melakukan latihan kelentukan dilakukan dengan tujuan  untuk mengembangkan diri dan meningkatkan kemampuan untuk mencaapi kepuasan diri.

  1. Meningkatkan kesehatan badan

Semua jenis olahraga membantu meningkatkan kesehatan badan termasuk juga melakukan latihan kelentukan. Latihan kelentukan dilakukan dengan tujuan untuk menjaga kesehatan badan dan menghindari dari berbagi penyakit dan rasa nyeri di berbagai bagian tubuh, seperti nyeri sendi, nyeri pinggang, maupuan nyeri pada tulang dan anggota tubuh lainnya.

  1. Memperindah bentuk tubuh

Memiliki tubuh indah adalah impian semua orang. Banyak orang yang melakukan latihan kelentukan dengan tujuan untuk memperindah bentuk tubuh. Selain itu, dengan melakukan latihan kelentukan, tubuh menjadi lebih fleksibel sehingga mudah melakukan gerakan maupun aktivitas apapun.

Bentuk Latihan Kelentukan

Adapun untuk jenis pelatihan kelentukan yang dapat kita jalankan. Antara lain sebagai berikut;

  1. Latihan kelentukan otot leher
  2. Latihan kelentukan sendi bahu
  3. Latihan kelentukan otot pinggang
  4. Latihan kelentukan sendi pinggul
  5. Latihan kelentukan sendi lutut
  6. Latihan kelentukan pergelangan tangan
  7. Latihan kelentukan kombinasi

Peranan implementasi dalam latihan kelentukan ini misalnya saja dapat kita lihat pada arti olahraga sepak bola. Dimana dalam permainan ini terdapat seorang kipper yang bertugas menjaga gawang agar tidak kemasukan bola. Maka tak khayal banyak para kipper yang terlebih dahulu menjalankan aktvitas peregangan pada tangannya.

Tangan yang dilakukan peregarangan tersebut tujuannya ialah untuk mampu meningkatkan kecepatan dan kelemasan saat akan menerima bola dari lawan bermain.

Nah, demikianlah postingan lengkap yang bisa kami berikan penjelasan dan pemaparan terkait dengan tujuan melakukan latihan kelentukan dan bentuknya. Semoga bisa memberi edukasi, referensi, dan menambah pemahaman bagi kalian.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *