Manfaat Lari Jarak Pendek (Sprint)

Diposting pada

Lari Jarak Pendek (Sprint)

Olahraga lari jarak pendek yang dikenal dengan sprint sering dijadikan sebagai ajang perlombaan pada olimpiade maupun jenis olahraga lainnya yang ada di Indonesia. Dalam pertandingan resmi, kategori yang dilombakan dalam lari jarak pendek antara lain seperti lari jarak pendek 100 meter, lari jarak pendek 200 meter, dan lari jarak pendek 400 meter.

Meskipun memiliki banyak manfaat, lari jarak pendek ternyata juga menguras banyak energy dan tenaga, serta diperlukan teknik pernafasan yang baik sehingga pelari tidak merasa kelelahan yang berlebihan. Latihan untuk kekuatan kaki sebagai tumpuan sangat diperlukan karena akan mempengaruhi kecepatan berlari.

Lari Jarak Pendek (Sprint)

Pada dasarnya dalam setiap pertandingan lari jarak pendek, seorang atlet harus memiliki teknik berlari yang baik dengan memperhatikan latihan kecepatan dan teknik berlari hingga teknik yang harus dilakukan ketika berada di depan garis finis. Atlet lari jarak pendek disebut dengan sprinter.

Banyak teknik-teknik yang harus dikuasasi oleh seorang sprinter untuk dapat memenangkan pertandingan lari, diantaranya seperti

  1. Teknik ketika start
  2. Teknik saat berlari,
  3. Teknik saat di depan garis finish.

Manfaat Lari Jarak Pendek

Melakukan lari jarak pendek memiliki banyak manfaat, antara lain:

  1. Membakar Lemak

Melakukan lari jarak pendek (Sprint) sangat baik dilakukanuntuk membakar lemak lebih banyak. Meskipun jarak yang ditempuh tidak terlalu jauh, namun intensitas kecepatan yang tinggi membuat pembakaran lemak yang ada dalam terjadi secara cepat.

Melakukan lari sprint ternyata lebih efektif untuk membakar lemak dibandingkan dengan jogging. Oleh karenanya, banayk orang yang memilih melakuakn lari Sprint dibandingkan dengan melakukan jogging. Melakuakn sprint selama tiga menit saja dapat membakar kalori sebanayak 230 kalori.

  1. Melatih Ketahanan Otot

Melakukan sprint dapat melatih ketahanan otot. Dalam melakukan lari jarak pendek diperlukan kecepatan dan kekuatan otot kaki yang seimbang.

Arti olahrag ini mampu melatih ketahanan otot, khususnya otot kaki karena intensitas kecepatan gerak yang tinggi pada saat berlari. Otot menjadi terlatih untuk melakukannya. Semakin sering melakukan sprint akan semakin kuat otot tubuh terutama otot kaki.

  1. Menjaga Kesehatan Tubuh

Kesehatan tubuh sanagat penting sebagai penunjang kegiatan sehari-hari. Kesehatan tubuh akan meningkat ketika kita rajin melakuakna olahraga, khususnya olahraga sprint serta dengan mengkonsumsi makanan yang sehat yang diperlukan oleh tubuh. Membiasakan diri untuk melakuakn lari mampu meningkatkan kesehatan dalam tubuh.

Menjaga kesehatan tubuh tidak serta merta mengabaikan kondisi tubuh. Kebutuhan olahraga dan intensitas latian harus disesuaikan juga dengan kondisi tubuh. Jangan samapi karena tubuh yang sedang merasakan sakit dipaksakan untuk melakukan sprint justru akan membuat tubuh semakin lemas karena kehabisan energi.

  1. Meningkatkan Kelincahan

Melakukan lari jarak pendek dipercaya dapat meningkatkan latihan kelincahan. Oleh karenanya lari jarak pendek seringkali dilakukan sebagai pemanasan sebelum memulai olahraga dengan intensitas lebih berat seperti arti sepak bola, makna bola basket, definisi bola voli, futsal, dan lain sebagainya. Melakukan lari jarak pendek membantu pergerakan otot kaki semakin kuat dan semakin lincah.

Sebenarnya setiap olahraga memiliki manfaat untuk melatih kelincahan gerak. Tetapi yang paling umum dan paling sering dilakukan adalah jenis lari jarak pendek. Membiasakan diri untuk melakukan lari jarak pendek berarti membiasakan otot untuk bergerak sehingga otot-otot pada kaki tidak kaku.

Kelincahan pada setiap gerak yang dilakukan memungkinkan seseorang untuk menerima respon lebih cepat ketika dalam situasi pertandingan. Respon yang cepat ini akan berpengaruh terhadap keberhasilan suatu tim. Oleh karenanya, jika ingin meningkatkan kelincahan gerak sebaiknya melakukan olaraga lari jarak pendek secara rutin.

  1. Melatih Kecepatan

Lari jarak pendek ternyata tidak hanya sekedar lari biasa yang tidak membutuhkan stamina karena jaraknya yang pendek.

Tetapi justru jenis olahraga ini mengharuskan seorang sprinter untuk memiliki tingkat kecepatana yang tinggi serta energy dan stamina yang kuat. Oleh karennya, melakukan olahraga lari jarak pendek dipercaya mampu meningkatkan kecepatan karena jenis olahraga ini menekankan teknik kecepatan dalam melakukannya.

  1. Meningkatkan Pertumbuhan Badan

Ternyata lari jarak pendek mampu meningkatkan pertumbuhan badan karena melakuakn lari dengan kecepatan tinggi akan meningkatkan hormon pertumbuhan. Namun perlu diperhatikan, bahwa  peningkatan pertumbuhan badan ini bersifat sementara.

Oleh karenanya, lari jarak pendek harus dilakukan secara rutin untuk mendapatkan tubuh yang tinggi karena dengan rutinitas ini tulang akan bertumbuh secara optimal.

  1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Ketika berlari, jantung akan berdenyut lebih kencang dibandingkan biasanya. Hal ini terjadi karena jantung mengimbangi meningkatnya kebutuhan aliran darah menuju otot yang diperlukan saat berlari. Dalam hal ini, jantung dapat bekerja secara optimal.

Oleh karenanya, keadaan jantung akan sehat karena dibiasakan untuk bekerja secara maksimal setiap hari jika dilakuakn secara rutin.

  1. Membentuk Otot

Ketika melakukan lari jarak pendek, tubuh dituntut untuk menghasilkan energy yang dapat meningkatkan kekuatan otot sehingga otot akan terbentuk secara ideal.

Pada olahraga lari jarak pendek, otot-otot akan terlatih dan bergerak secara bersamaan sehingga olahraga jenis ini termasuk olahraga untuk melatih dan membentuk otot paling kompleks. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, olahraga lari dapat dikombinasikan dengan olahraga lain.

  1. Meningkatkan Metabolisme

Semua jenis olahraga mampu meningkatkan sistem metabolisme dalam tubuh, tak terkecuali lari jarak pendek. Lari akan mempercepat sitem peredaran darah, peredaran darah yang lancar membantu penyebaran sitem imun ke seluruh tubuh. Sehingga zat-zat jahat dalam tubuh dapat berkurang.

Itulah tadi artikel yang bisa kami bagikan pada segenap pembaca. Berkenaan dengan ragam manfaat yang didapatkan dari olahraga lari jarak pendek bagi tubuh. Semoga bisa memberi edukasi serta menambah pengetahuan bagi semuanya.

Gambar Gravatar
Salah seorang yang menyukai olaharaga dan menulis terkait dengan bidang olahraga. Semoga tulisan saya di dosenpenjas.com ini membantu kalian semuanya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *